Banyak Digemari, Cari Tahu Manfaat Mangga untuk Kecantikan Yuk!

manfaat mangga untuk kecantikan (2)

Kamu pasti udah enggak asing lagi dengan buah satu ini, mengingat buah mangga memang sangat popular dan digemari oleh banyak orang.

Gimana enggak? Kalau melihat dari berbagai jenis makanan dan minuman yang dijual di pasaran, mangga sering dijadikan sebagai bahan dasar ataupun campuran dalam olahannya.

Namun, tahukah kamu selain kelezatan dan kesegarannya, buah mangga pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit?

Ya, berbagai manfaat mangga ini tidak terlepas dari kandungan gizinya yang sangat tinggi. Seperti mengandung beragam vitamin, mineral, hingga serat yang baik untuk tubuh dan kulit.

Penasaran apa saja kandungan dan manfaat buah mangga untuk kecantikan kulit? Yuk, simak ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Kandungan Buah Mangga yang Baik untuk Kecantikan

kandungan skincarae

Sama halnya dengan buah-buahan lainnya, mangga pun terkenal memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi. Sehingga dapat membantu merawat kecantikan kulit dan mengatasi berbagai masalah yang bisa saja kamu alami.

Nah, tanpa basa-basi lagi, berikut ini kandungan dalam buah mangga yang baik untuk kecantikan kulit.  Simak baik-baik, ya!

Vitamin A

Buah mangga mengandung berbagai vitamin yang baik untuk kecantikan kulit, salah satunya vitamin A. Jenis vitamin ini dapat membantu  menjaga vitalitas kulit dan memperbaiki fungsi kulit agar berjalan normal.

Vitamin yang juga dikenal dengan nama retinoid ini sangat sering digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan. Fungsinya juga sangat beragam, yakni sebagai antiaging, agen pencerah, dan mampu merawat wajah berjerawat.

Ini karena vitamin A dapat bekerja sebagai antioksidan alami yang mampu melawan berbagai damnpak buruk radikal bebas pada kulit, serta memperbaiki kondisi jaringan yang bermasalah.

Tak hanya itu, vitamin A pun mampu menghambat pembentukan melasma, sehingga dapat mencegah dan mengatasi masalah hiperpigmentasi pada kulit wajah.

Vitamin C

Jenis vitamin lainnya yang ada dalam buah mangga adalah vitamin C. Senyawa ini ditemukan dalam kadar yang cukup tinggi dan memiliki peranan yang besar dalam menjaga kecantikan wajahmu secara alami.

Vitamin C juga dikenal sebagai antioksidan alami yang sangat efektif untuk melawan radikal bebas dan meminimalisir berbagai dampak buruknya pada tubuh.

Tak Cuma itu, senyawa ini pun dapat bekerja sebagai antiaging dengan menyamarkan dan melawan terbentuknya tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan, garis halus, bintik-bintik hitam di wajah, maupun kulit yang tampak kendur.

Ini karena vitamin C bisa membantu merangsang produksi kolagen dan regenerasi sel kulit yang lebih sehat. Sebab itu pula, vitamin C dapat membuat penampilan kulit wajahmu jadi kian maksimal dan tampak lebih cerah.

Vitamin E

Selain vitamin C, kamu juga bisa mendapatkan senyawa antioksidan lain dalam buah mangga. Ya, apalagi kalau bukan kandungan vitamin E.

Tak hanya dapat bekerja sebagai antioksidan alami, senyawa ini memiliki sifat antiinflamasi yang mampu membantu menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan yang ada.

Hal inilah yang akhirnya membuat buah mangga sangat cocok digunakan untuk merawat kulit berjerawat, maupun yang mengalami iritasi.

Vitamin E juga sangat dikenal karena kemampuannya dalam menjaga elastisitas kulit, sehingga menjadikan wajah tampak lebih kencang, tidak  mudah keriput, maupun kendur.

Kalsium

Selain jenis vitamin yang telah disebutkan di atas, buah mangga pun memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, salah satunya adalah kalsium.

Ya, mineral yang sangat dikenal karena kemampuannya untuk merangsang pertumbuhan tulang dan gigi pada anak ini, juga memiliki peranan yang penting dalam menjaga vitalitas serta fungsi kulit berjalan normal.

Kalsium pun secara alami ditemukan dalam jumlah yang cukup banyak di kulit kita. Fungsi utamanya adalah untuk menghidrasi dan mengunci kelembapan alami yang ada agar tidak mudah menghilang dari permukaan kulit.

Oleh karenanya, jika tubuh kekurangan asupan kalsium, maka wajah akan tampak mudah kering, bersisik, bahkan jauh lebih mudah teriritasi.

Kalium

Mineral lainnya yang bisa kamu dapatkan dari buah mangga adalah kalium. Jenis mineral satu ini sangat sering digunakan dalam formula produk-produk perawatan kecantikan.

Kalium utamanya dikenal karena kemampuannya dalam menjaga kelembapan alami kulit, menghidrasinya, dan menjaga kesehatan kulit dengan mengoptimalkan fungsi skin barrier kamu.

Beta Karoten

Beta karoten merupakan salah satu asupan nutrisi yang bisa kamu dapatkan dalam buah mangga. Senyawa satu ini juga memiliki peranan  yang penting untuk menjaga keremajaan kulit, lho.

Well, beta karoten dikenal mampu mencegah munculnya tanda penuaan dini secara prematur. Tak hanya itu, jika dikonsumsi atau digunakan dalam kadar yang pas, senyawa ini pun dapat mengurangi kerusakan kulit yang diakibatkan oleh sinar matahari.

Inilah yang akhirnya membuat kulit wajahmu jadi tampak lebih sehat dan cerah berseri.

Selain berbagai kandungan yang telah disebutkan di atas, buah mangga tentunya memiliki banyak kandungan lain yang juga tak kalah bermanfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan.

Misalnya kandungan polifenol sebagai antioksidan, serat, protein, fosfor, dan karbohidrat yang dapat memaksimalkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Berbagai Manfaat Mangga untuk Kecantikan Kulit

manfaat mangga untuk kecantikan (1)

Hanya dengan mengenali kandungan-kandungan yang ada dalam buah mangga, kamu pasti sudah memiliki gambaran apa saja manfaat buah tersebut untuk kecantikan kulit.

Meski begitu, enggak ada salahnya buatmu untuk mengetahuinya dengan lebih detil lagi. Nah, langsung saja simak berbagai manfaat mangga untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Mencegah dan Melawan Munculnya Tanda Penuaan Dini

mengatasi masalah penuaan

Usia bukanlah satu-satunya faktor yang menyebabkan munculnya keriput dan garis halus pada kulit. Berbagai penyebab lain, seperti radikal bebas, sinar UV, dan pola hidup yang tidak sehat dapat memicu kemunculan tanda penuaan secara premature.

Untungnya, manfaat mangga untuk kecantikan kulit yang pertama ialah untuk mencegah dan melawan kemunculan tanda-tanda penuaan dini pada wajah.

Ini dikarenakan mangga terbilang kaya akan berbagai macam antioksidan, misalnya vitamin A, C, E, potassium, dan betakaroten.

Semua senyawa antioksidan tersebut dapat membantu melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, dengan mengurangi tampilannya dan merevitalisasi fungsi kulit kamu.

Tak hanya itu, antioksidan dalam buah mangga pun dapat melindungi kulit dari berbagai dampak buruk lingkungan. Misalnya yang diakibatkan oleh paparan sinar UV berlebihan, debu atau polusi di jalanan, hingga akibat cuaca yang ekstrem.

Selain mengembalikan keremajaan kulit, mangga pun dapat mencegah penuaan dini. Yakni dengan mendorong produksi kolagen, sehingga wajah jadi lebih kenyal, halus, serta kecang.

Membantu Mengatasi Komedo

cara mengatasi komedo

Komedo merupakan salah satu jenis jerawat yang tergolong sangat mudah diatasi. Meski begitu kamu juga enggak bisa meremehkannya, karena jika dibiarkan komedo bisa bertambah banyak dan berkemungkinan besar untuk terinfeksi serta menjadi jerawat yang lebih parah.

Nah, untuk mengatasi masalah komedo ini kamu bisa menggunakan buah mangga sebagai perawatan wajah.

Kandungan vitamin A dan C-nya yang tinggi, membuat buah mangga mampu memperkecil pori-pori besar yang menjadi dalang masalah komedo.

Tak hanya itu, kedua kandungan tersebut pun bersifat eksfoliatif, sehingga dapat membantu mengangkat kelebihan minyak, kotoran, maupun komedo yang ada.

Agar manfaat buah mangga untuk kecantikan kulit ini semakin optimal, kamu bisa menggunakannya sebagai bahan membuat scrub wajah alami.

Dengan begitu, enggak hanya komedo, sel-sel kulit mati yang menumpuk pun bisa terangkat dengan lebih mudah. Akhirnya, kulit wajah akan jadi lebih bersih dan tampak sehat terawat.

Membuat Kulit Tampak Lebih Cerah Bercahaya

mencerahkan kulit wajah

Manfaat buah mangga untuk kecantikan kulit lainnya adalah membuatnya tampak lebih cerah dan bercahaya. Kemampuan buah mangga ini didapatkan dari kandungan vitamin A, C, dan E-nya yang sangat tinggi.

Ketiganya memiliki manfaat yang hampir serupa. Misalnya, vitamin A dapat membantu merangsang produksi kolagen, bekerja sebagai eksfoliator alami dan mengangkat sel kulit mati, hingga membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Sementara, vitamin C dapat bekerja melawan munculnya tanda-tanda penuaan dini, melawan hiperpigmentasi kulit, dan memperbaiki tampilan wajah secara optimal.

Tak kalah hebatnya, vitamin E mampu merawat dan menutrisi kesehatan kulit kamu. Yakni dengan mempertahankan kelembapan kulit dan memaksimalkan perlindungannya. Akhirnya, wajahmu jadi lebih sehat dan akan tampak cerah dalam pemakaian yang teratur.

Mengatasi Masalah Jerawat

jerawat

Apakah kamu memiliki masalah dengan jerawat membandel, atau ditambah dengan peradangan dan rasa tidak nyaman lainnya?

Mungkin sudah waktunya kamu mencoba mengatasinya menggunakan buah mangga sebagai perawatan wajah alami.

Buah mangga mengandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk membantu mengatasi masalah jerawat. Misalnya vitamin A, C, E, dan berbagai mineral lainnya.

Vitamin A dan C akan membantu proses penyembuhan jerawat, yakni dengan membantu proses pengeringannya. Tak hanya itu, keduanya pun dapat mencegah kemunculan jerawat kembali dengan mengontrol produksi sebum dan mengecilkan pori-pori.

Untuk mengimbangi vitamin A dan C, ada mineral serta vitamin E yang mampu membantu menenangkan kulit dan meredakan gejala peradangan yang disebabkan oleh jerawat.

Dapat Mengecilkan Pori-pori Wajah

melembutkan kulit

Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa menimbulkan beberapa masalah pada kulit, misalnya wajah yang jadi kian berminyak, menumpuknya sel kulit mati dan kotoran, hingga rentannya kulit dengan jerawat.

Untuk mengatasi masalah pori-pori wajah yang besar ini, kamu bisa menggunakan buah mangga sebagai perawatan wajah alami.

Sebab, dalam buah ini terkandung antioksidan yang mampu meremajakan sel-sel kulit dan memulihkannya dari kerusakan akibat radikal bebas, serta membersihkan pori-pori agar tidak kotor dan membuatnya jadi lebih kecil.

Tak hanya itu, vitamin A dan C pun dapat bekerja untuk memperkecil lubang pori. Sehingga produksi minyak pun jauh lebih terkontrol dan kulit jadi kian lembut.

Cocok untuk Merawat Kulit Sensitif

Apakah kamu memiliki tipe kulit yang sensitif dan cukup mudah teriritasi? Kalau iya, kamu bisa menggunakan buah mangga untuk merawatnya, lho.

Karena kandungan vitamin E dan mineralnya yang tinggi, buah mangga memiliki sifat antiradang yang baik. Sehingga dapat menenangkan dan meringankan gejala peradangan yang mungkin saja tengah kamu alami.

Tak hanya itu, kandungan-kandungan tersebut pun mampu menghidrasi kulit dan mengikat kelembapan yang ada agar tidak menghilang. Hasilnya, perlindungan kulit akan jadi lebih optimal, dan menurunkan risiko terjadinya iritasi.

Membantu Menenangkan dan Meminimalisir Sun Burning

paparan sinar matahari

Terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari dapat menyebabkan berbagai masalah pada kulit, salah satunya bisa memicu sunburning.

Sunburning enggak hanya akan membuat kulitmu terbakar ataupun melepuh. Selain rasanya yang menyakitkan, hal ini pun bisa menimbulkan bekas pada kulit tubuhmu.

Seperti warna kulit yang tidak merata, timbulnya bintik hitam, atau kulit yang berubah jadi kemerahan dan tampak kusam.

Nah, untungnya buah mangga bisa membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh sunburning, lho. Tak Cuma menyegarkan dan menenangkan kulit, buah ini pun diperkaya dengan agen pencerah alami yang bisa melawan hiperpigmentasi.

Wah! Enggak nyangka banget, ya, kalau ternyata manfaat mangga untuk kecantikan juga sangat beragam. Jadi pengen segera mencobanya di rumah, bukan?

Well, kabar baiknya buah mangga ini bisa juga kamu gunakan sebagai bahan masker wajah organic sendiri. Khasiatnya pun enggak akan berubah dan sama efektifnya ketika kamu mengonsumsinya sebagai jus atau secara langsung.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment