Sebal dengan Banyaknya Komedo di Wajah? Begini Cara Mengatasinya!

cara mengatasi komedo

Kamu pasti udah enggak asing dengan yang namanya komedo. Jenis jerawat satu ini sebenarnya sangat umum terjadi, terutama di area T-zone wajah.

Secara umum, komedo ada dua jenis yakni komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). Keduanya sama-sama terjadi akibat tersumbatnya pori-pori wajah oleh sel kulit mati dan minyak berlebih.

Meski disebabkan oleh hal yang sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang  cukup berbeda. Pada komedo putih, permukaan kulit akan tertutup sehingga tampak seperti berujung putih.

Sementara, komedo hitam permukaannya tidak tertutup sehingga teroksidasi dan warnanya menghitam.

Meski dapat hilang dengan cukup mudah dan tidak menimbulkan peradangan, komedo bagi beberapa orang juga pasti cukup mengganggu.

Gimana enggak? Komedo, apapun jenisnya, bisa membuat wajah kita tampak lebih kusam dan tidak halus. Hasilnya, penampilanmu enggak akan maksimal, bahkan saat menggunakan riasan wajah pun make up tidak akan bisa menyatu di kulit dengan sempurna.

Nah, bagi kamu yang resah dengan komedo di wajah, berikut beberapa cara mengatasi komedo yang bisa kamu lakukan di rumah untuk menghilangkannya!

Bersihkan Wajah dengan Teratur

membersihkan muka

Telah disebutkan sebelumnya bahwa salah satu penyebab munculnya komedo adalah menumpuknya kotoran dan minyak pada pori-pori.

Untuk itu, ketika ingin mencegah dan mengatasi kemunculannya kamu perlu membersihkan wajah dengan teratur, baik di pagi hari maupun di malam hari.

Enggak hanya itu, kamu pun perlu membersihkan wajah setelah beraktivitas fisik yang menyebabkan keringat berlebih. Ini bertujuan untuk mencegah terperangkapnya keringat pada pori-pori kulitmu.

Sementara itu, jika kamu sering menggunakan riasan wajah, tak ada salahnya melakukan double cleansing. Yang bisa membantu mengangkat kotoran sisa make up dan polusi, serta sebum yang melekat di wajah terangkat hingga sempurna.

Namun, rutin bukan berarti dilakukan dalam kuantitas yang berlebih. Cukup cuci wajahmu sebanyak dua kali sehari saja, sebab terlalu sering melakukannya hanya akan membuat kulitmu jadi kering dan malah menimbulkan masalah baru.

Gunakan Produk Skincare untuk Mengatasi Komedo

skincare untuk menghilangkan milia

Selain menjaga kebersihan kulit, kamu juga bisa menggunakan produk skincare yang tepat sebagai cara mengatasi komedo . Dengan demikian, masalah satu ini dapat diatasi dengan lebih efektif dan optimal.

Facial Wash Berkandungan Khusus

Facial wash untuk wajah berkomedo juga enggak bisa sembarangan, ada baiknya kamu menggunakan facial wash berkandungan benzoil peroksida dan asam salisilat.

Begitu pun sebaliknya, hindari produk yang bersifat komedogenik dan bisa membuat kulitmu semakin berminyak.

Asam salisilat merupakan senyawa yang dapat menghancurkan minyak dan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori wajahmu. Inilah yang kemudian menyebabkan senyawa ini sangat efektif sebagai cara mengatasi komedo.

Selain itu, asam salisilat pun bisa membantu mengontrol produksi sebum di kulit. Sehingga kadar minyak di wajahmu lebih stabil dan enggak berlebihan.

Benzoyle peroxide dapat membantu mengatasi masalah jerawat dari yang ringan dan hingga berat, misalnya untuk komedo.

Yang lebih menarik lagi, senyawa ini dipercaya mampu mendorong pengelupasan sel kulit mati dan merangsang produksi sel baru yang lebih sehat. Hasilnya, bekas jerawat pun bisa tersamarkan dengan baik.

Pakai Krim Retinoid

krim pemutih wajah

Retinoid merupakan bentuk lain dari vitamin A yang dikenal mampu membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori kuli. Bahkan, jenis kandungan satu ini dapat merangsang pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

Oleh sebab itu, penggunaan krim wajah retinoid dapat menjadi cara yang ideal untuk mengatasi komedo.

Namun, ada baiknya bagimu menggunakan krim ini hanya di malam hari saja. Sebab retinoid diketahui sangat sensitif di bawah paparan sinar matahari secara langsung.

Mengaplikasikan Masker Wajah dengan Rutin

tips memakai charcoal mask yang benar

Masker wajah memang enggak bisa dilakukan setiap hari, melainkan hanya dalam kurun 1-2 kali dalam seminggu.

Namun bukan berarti tidak ada gunanya, justu pengaplikasian masker wajah secara rutin dapat membantu mengatasi komedo di wajah.

Ada baiknya untuk menggunakan masker wajah yang mampu mengontrol sebum dan mengecilkan pori-pori, seperti clay mask dan charcoal mask.

Clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang dibuat dari tanah liat. Masker ini mampu membantu mengangkat minyak berlebih pada wajah kamu.

Tak hanya itu, clay mask pun memiliki tekstur yang lembut sehingga dapat mengangkat sel kulit mati dan kotoran dari wajah tanpa menimbulkan iritasi.

Sementara itu, charcoal mask atau masker arang dapat membantu membersihkan kulit wajahmu dari minyak berlebih dan kotoran.

Charcoal mask bekerja dari dalam kulit dan menarik keluat minyak serta berbagai kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Enggak hanya akan membuat wajahmu bersih dari komedo, kedua jenis masker ini pun akan membantumu mencegah jerawat atau komedo muncul kembali.

Peeling

Peeling atau proses pengangkatan sel-sel kulit mati di kulit sebenarnya telah lama dilakukan sebagai terapi anti penuaan pada kulit. Tak hanya itu, peeling pun sebenarnya juga bisa membantu menghilangkan komedo.

Sebab, peeling dapat membantu mengangkat sel kulit mati hingga lapisan terdalam dan membuat pori-pori wajah jadi semakin kecil. Inilah yang akhirnya membuat sebum lebih terkontrol serta mencegah adanya penyumbatan pada pori-pori.

Enggak sampai sana, peeling pun akan membuat wajahmu jadi tampak lebih awet mudah dan tampak cerah alami.

Pakai Produk Berlabel Non-komedogenik

Yang harus kamu perhatikan dalam memilih skincare untuk mengatasi komedo adalah label non-komedogenik pada produk.

Label non-komedogenik menunjukkan bahwa produk-produk skincare tersebut tidak akan menyebabkan pembentukan komedo atau penyumbatan pada pori-pori wajah kamu.

Sebab meski telah menggunakan berbagai perawatan yang bisa menghilangkan komedo, semuanya akan tetap sia-sia bila kamu menggunakan produk yang bersifat komedogenik atau dapat menyumbat pori-pori kulit.

Ini akan membuat komedo yang sudah susah payah kamu hilangkan datang kembali. Dan perawatan yang kamu lakukan sebelumnya akan sia-sia.

Pakai Bahan Alami untuk Mengangkat Komedo

khasiat yogurt untuk kecantikan (3)

Selain menggunakan produk kecantikan atau skincare untuk mengangkat komedo, kamu juga bisa menggunakan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah ini.

Penggunaannya pun cukup sederhana dan minim menimbulkan risiko iritasi pada kulit. Namun, kamu harus menggunakannya dengan cara yang tepat, agar hasilnya sesuai dengan ekspektasimu.

Penasaran gimana cara pakai bahan alami untuk mengangkat komedo di wajah? Cek penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Minyak Kelapa (Coconut Oil)

Minyak kelapa pada dasarnya dapat digunakan untuk membersihkan wajah, yakni dengan mengangkat kotoran sisa make up hingga polusi yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Bahan alami ini pun tergolong non-comedogenic sebab dapat meresap dengan cepat ke dalam pori-pori kulit. Untuk itulah coconut oil sangat cocok untuk digunakan merawat kulit yang berkomedo.

Untuk menghilangkan komedo di wajah dengan minyak kelapa, kamu hanya perlu mengoleskan bahan alami ini pada area kulit yang berkomedo.

Kemudian tunggu hingga beberapa menit, sampai minyak kelapa terserap sempurna ke dalam kulit. Demi hasil yang optimal, kamu bisa melakukan perawatan yang sama ini sebanyak dua kali dalam sehari.

Perpaduan Lemon dan Madu

Untuk menghilangkan komedo yang sangat membandel, kamu bisa memanfaatkan perpaduan madu dan lemon.

Dua bahan alami ini bisa membantu mengangkat sel kulit mati dan komedo dari wajahmu tanpa menimbulkan iritasi.

Cara menggunakannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan air perasan lemon dengan satu sendok makan madu dan gula pasir.

Setelah itu, oleskan campuran dari ketiga bahan tersebut pada area yang berkomedo. Pijat dengan lembut dan memutar, lakukan selama beberapa menit.

Kalau sudah, kamu bisa membersihkan wajah dengan air suhu biasa. Agar hasilnya maksimal, kamu bisa mengulangi cara ini tiap minggu.

Oatmeal

Enggak hanya enak dimakan, oatmeal rupanya juga cukup ideal untuk digunakan merawat kulit berkomedo. Ini dikarenakan sifat antiinflamasi, cara kerjanya sebagai eksfoliator alami, dan kemampuannya yang menyejukkan kulit.

Nah, kamu bisa memanfaatkan oatmeal untuk mengangkat sel kulit mati dan komedo yang membandel dari permukaan wajah.

Kamu dapat memadukan bahan alami ini dengan yogurt dan mengubahnya menjadi masker wajah alami.

Putih Telur

Tahukah kamu, kalau putih telur bisa mengencangkan kulit dan dapat membantu menghilangkan komedo?

Kandungan protein dalam putih telur enggak hanya mampu membuat komedo terangkat, melainkan juga membuat wajahmu jadi lebih kencang dan cerah alami.

Cara pemakaiannya sangat sederhana dan bisa dengan mudah kamu terapkan sendiri di rumah. Yakni dengan memadukan putih telur dengan beberapa tetes perasan lemon.

Aduk campuran kedua bahan di atas hingga membentuk pasta yang diinginkan. Kalau sudah, oleskan ke area komedo.

Diamkan selama beberapa menit hingga mengering, kemduian pijat wajah untuk membantu meluruhkan komedo.

Selain beberapa bahan alami yang disebutkan di atas, sebenarnya masih banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengangkat komedo membandel dari kulit. Misalnya aloe vera, jeruk nipis, tea tree oil, dan masih banyak lainnya.

Ekstraksi Komedo

Barangkali kamu sering mendengar atau mengira bahwa mengangkat komedo secara langsung dapat memperburuk kondisinya.

Sebenarnya hal ini benar adanya, dengan catatan kalua kamu melakukannya tanpa prosedur yang benar dan sembarangan. Hasilnya akan terjadi peradangan pada area komedo, dan jerawat akan berkembang jadi lebih parah.

Selain meminta bantuan tenaga ahli, kamu bisa menggunakan nose pore strips yang telah banyak dijual di pasaran. Sebelum menggunakannya, perhatikan kebersihan tangan dan wajahmu terlebih dahulu, agar hasil yang kamu dapatkan lebih maksimal dan tidak ada risiko iritasi.

Tips Tambahan untuk Cegah Komedo Datang Kembali

cara merawat wajah dengan greentea

Setelah mencoba berbagai cara untuk menghilangkan komedo di atas, bukan berarti komedo enggak bakal datang lagi di wajahmu.

Kalau tidak terus merawat wajah dengan cepat, kemungkinan munculnya komedo itu akan terus ada. Nah, supaya enggak balik lagi, ikuti tips cegah munculnya komedo di bawah ini, ya!

Gunakan Skincare Sesuai dengan Jenis Kulit

Komedo umumnya lebih mudah dialami oleh orang dengan tipe kulit berminyak. Produksi minyak berlebihan ini biasanya juga bisa disebabkan oleh penggunaan skincare yang tidak tepat.

Untuk itu, ada baiknya kamu menggunakan produk perawatan wajah yang tidak akan memicu produksi minyak berlebih. Misalnya yang berjenis water based, non-komedogenik, atau oil free.

Perhatikan Nutrisi dalam Makananmu

Pengaruh makanan yang dikonsumsi terhadap penampilan luar kita dapat terbilang cukup besar. Meski, pada tiap orang reaksi ini juga terbilang beragam dan enggak mesti sama.

Namun, berbagai artikel kesehatan menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan rendah karbohidrat dan lemak dapat mengontrol hormon pada jerawat, sehingga mengurangi tampilannya dan menjadikannya lebih baik.

Deep Cleansing dengan Face Brush

Cara mencegah dan mengatasi komedo selanjutnya adalah dengan melakukan deep cleansing menggunakan face brush, atau menyikat pori-pori kulit dengan sikat pembersih khusus untuk wajah.

Langkah satu ini bisa membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah dan dapat menjadi penyebab kemunculan komedo.

Saat menggunakan sikat ini lakukan dengan lembut, juga aplikasikan pelembap sesuai jenis kulit wajahmu untuk menghindari iritasi.

Komedo memang seringnya enggak bakalan menimbulkan iritasi atau peradangan, namun bagi beberapa orang keberadaannya dinilai cukup mengganggu penampilan.

Namun, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Kalau kamu ragu untuk menggunakan produk kosmetik tertentu, bisa coba aplikasikan di bagian kulit yang lain terlebih dahulu sebelum benar-benar menggunakannya pada wajah.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment