Carrier Oil – Minyak Alami yang Tak Kalah Bermanfaatnya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

carrier oil

Selain essential oil, apakah kamu pernah mendengar tentang jenis minyak alami yang lain? Yap, kali ini kita akan membahas tentang carrier oil atau minyak pembawa.

Carrier oil umumnya diambil dari kacang-kacangan, biji, atau buah. Hanya saja meski sama-sama diambil dari ekstrak tumbuhan, baik minyak esensial maupun minyak pembawa memiliki sifat yang berbeda.

Carrier oil tidak memiliki aroma dan cenderung lebih ramah digunakan untuk merawat kulit, karena tidak menimbulkan iritasi seperti essential oil.

Sifat carrier oil yang tidak mengubah aroma dan netral juga tidak akan menganggu fungsi utama essential oil, lho. Sebagian besar minyak pembawa juga cocok dicampur dengan berbagai jenis esensial oil.

Nah, selain sebagai campuran minyak esensial, carrier oil rupanya juga mempunyai banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut, lho!

Penasaran apa saja manfaat carrier oil untuk kecantikan dan bagaimana cara pakainya? Langsung baca penjelasan super lengkapnya di bawah ini, ya!

Kandungan dalam Carrier Oil

jenis carrier oil

Carrier oil memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut kita. Ini disebabkan oleh berbagai kandungan dalam minyak alami ini, khususnya kandungan asam lemak.

Dalam carrier oil terdapat dua jenis asam lemak atau fatty acid yang enggak bisa diproduksi oleh tubuh kita. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Asam Lemak Esensial

Asam lemak esensial atau essential fats acid (EFA) merupakan lemak alami yang tidak diproduksi oleh tubuh, namun kebutuhan akan kandungan ini sebenarnya sangat dibutuhkan.

Jenis asam lemak esensial yang ada dalam carrier oil adalah linoleic acid (asam lemak omega-6) dan aphalinoleic acid (asam lemak omega-3).

Kekurangan EFA dalam tubuh bisa menyebabkan banyak masalah, khususnya menangani jerawat dan komedo. Dengan terpenuhinya EFA, kandungannya akan membantu penyerapan nutrisi ke dalam kulit, juga menjagantya terap lembap dan mendorong sel-sel kulit tetap berfungsi dengan baik.

Asam Lemak Non-Esensial

Jenis asam lemak satu ini sebenarnya dapat dihasilkan oleh tubuh kita. Misalnya asam lemak omega-9, stearic acid, palmitic acid, myristic acid, lauric acid.

Berbagai kandungan ini memang dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, namun terkadang kadarnya tidak cukup untuk memenuhi kadar yang dibutuhkan.

Manfaat Carrier Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

minyak zaitun untuk kecantikan

Selain berguna untuk melarutkan essential oil, carrier oil juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut kita.

Berikut penjelasan lengkap mengenai manfaat carrier oil untuk kecantikan kulit dan rambut, baca sampai habis, ya!

Merawat Kulit Sensitif dan Berjerawat

jenis jerawat (1)

Merawat kulit sensitif dan berjerawat bisa dibilang susah-susah gampang. Gimana enggak? Salah pakai skincare yang kandungannya enggak cocok di kulit, malah kadang bikin kondisi wajah makin enggak karuan.

Jangankan jerawat, bisa-bisa malah bikin breakout hingga mengalami iritasi atau alergi karena kosmetik. Susah, dong, ya?

Namun, rupanya minyak pembawa bisa membantu merawat kulit yang sensitif dan berjerawat juga, lho. Sebab, carrier oil bisa menyeimbangkan kebutuhan linoleic acid dalam tubuh kamu.

Terlebih, jerawat dan iritasi pada kulit cenderungnya disebabkan oleh kandungan linoleic acid dalam tubuh yang tidak dipenuhi dengan baik.

Kekurangan asam linoleic ini bisa merangsang produksi sebum dan melebarkan pori-pori wajah, yang jadi penyebab munculnya jerawat dan iritasi kulit.

Mengembalikan Kelembapan Kulit

pelembap 1

Kulit yang kering seringnya disertai pengelupasan, kemerahan, rasa perih, hingga peradangan seperti teriritasi.

Ini dikarenakan perlindungan pada kulit yang kering juga sangat rendah, sehingga kemungkinan kulit terluka akibat paparan sinar matahari dan perubahan cuaca sangatlah tinggi.

Nah, untukmu yang bermasalah dengan kulit yang kering dan membutuhkan kelembapan ekstra, bisa deh coba merawat wajah dengan carrier oil.

Utamanya yang mengandung asam oleic yang tinggi, sebab kandungan satu ini bisa membantu mengembalikan kelembapan alami kulit dan menjaga kadar air yang ada agar tidak mudah menguap.

Menghaluskan Kulit

melembutkan kulit

Hidrasi kulit yang baik enggak hanya akan membuat wajahmu jadi tak mudah kering. Kondisi ini juga akan membuat kulit wajah jadi lebih sehat, kenyal, bahkan terasa lebih lembut.

Bahkan hal ini pun bisa membuat tampilan kerutan dan garis halus yang muncul di wajah secara prematur jadi lebih tersamarkan. Hasilnya wajahmu akan tampak awet muda dan mempesona.

Memperbaiki Jaringan Kulit yang Rusak

membantu memelihara kesehatan tubuh

Sinar matahari yang berlebihan dan radikal bebas bisa memicu masalah dan kerusakan pada jaringan kulit kita.

Hal ini bisa memicu munculnya tanda penuaan dini, kulit yang jadi kusam, kasar, munculnya bitnik-bintik hitam, dan warna yang tidak merata.

Beberapa jenis carrier oil memiliki healing power, yang bisa merangsang produksi kolagen dan elastisitas kulit, pun membantu meregenerasi sel, mencerahkan, hingga dapat digunakan sebagai tabir surya.

Tak hanya itu, kemampuannya ini pun bisa memperbaiki kondisi kulit wajah sehingga bisa tampak lebih mulus dan sehat.

Memperkuat Akar Rambut

manfaat serum rambut (5)

Untuk kamu yang memiliki masalah kerontokan rambut, minyak pembawa bisa menjadi solusi keresahanmu ini.

Sebab asam lemak dalam carrier oil bisa membantu menyehatkan dan menguatkan akar rambut. Akhirnya rambut enggak akan mudah rontok, bisa lebih lebat, dan tampak lebih sehat

Melembutkan Rambut yang Kering dan Kasar

manfaat carrier oil

Salah satu ciri rambutmu dalam kondisi yang prima adalah teksturnya yang lembut dan tampak berkilau. Sementara, pada rambut yang rusak cenderung tampak lebih kusam, kering, dan mudah kusut.

Melembutkan rambut yang kering dan kasar merupakan manfaat carrier oil untuk kecantikan lainnya.  Ini dikarenakan kandungan asam linoleic yang ada dalam carrier oil mampu mengembalikan kelembapan pada akar dan batang rambut, menutrisinya, dan memperbaiki jaringan yang rusak.

Cara Menggunakan Carrier Oil yang Tepat

kulit berminyak

Meski jarang menimbulkan reaksi negatife saat digunakan, cara menggunakan carrier oil juga haruslah diperhatikan agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal dan dapat segera kamu rasakan.

Nah, tanpa berlama-lama, simak beberapa cara menggunakan carrier oil yang tepat di bawah ini. Ingat, jangan sampai kelewatan!

Sesuaikan dengan Jenis Kulit

Melembabkan Kulit

Sama halnya dengan menggunakan perawatan kecantikan apapun, sebelum mengaplikasikan carrier oil kamu pun harus menyesuaikan jenis dan kondisi kulit wajahmu.

Sebab, jenis dan tekstur carrier oil sangatlah beragam yang enggak mungkin bakalan cocok untuk semua jenis kulit.

Misalnya, beberapa jenis carrier oil memunyai tekstur yang cenderung ringan dan mudah menguap. Jenis ini tentunya kurang cocok untuk kulit yang membutuhkan kelembapan ekstra, seperti kulit kering mengelupas.

Sebagai gantinya, kamu harus mencari carrier oil yang memiliki kadar asam lemak esensial yang tinggi dan mampu mengganti kelembapan yang hilang dari kulit.

Sedangkan, jika memiliki kulit yang lebih berminyak, kamu bisa memilih carrier oil dengan tekstur lebih ringan. Minyak pembawa jenis ini akan lebih mudah diserap oleh kulit dan tidak bersifat komedogenik.

Cocokkan Jenis Carrier Oil Dengan Kebutuhan

Telah disebutkan sebelumnya bahwa jenis dari carrier oil sangatlah beragam, hal inilah yang akhirnya membuat manfaat minyak alami ini juga tak kalah banyaknya.

Namun, enggak lantas semua jenis carrier oil ini bisa kamu gunakan sekaligus. Ada baiknya untuk memilih carrier oil yang cocok dengan tipe dan kebutuhanmu.

Sebagai gambaran, berikut beberapa jenis carrier oil beserta manfaatnya untuk kecantikan. Perhatikan baik-baik, ya, Ladies!

Cocounut Oil

Minyak kelapa atau coconut oil merupakan jenis minyak carrier yang dibuat dari daging buah kelapa matang.

Meski dinilai cukup comedogenic dan rentan menyebabkan jerawat bagi kulit berminyak, kandungan asam lemak dan polifenol yang tinggi dalam minyak kelapa bisa menjadikan bahan alami satu ini sangat bagus untuk merawat kulit.

Jojoba Oil

Minyak jojoba sudah cukup umum digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Aromanya yang lembut memberikan sensasi yang menenangkan dan menyenangkan ketika digunakan.

Selain itu, minyak jojoba diketahui bisa membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada kulit. Sebab formulanya yang sangat mirip dengan minyak alami kita.

Jojoba oil dapat kamu temukan dengan mudah dalam formula produk perawatan kulit, seperti krim pelembap, losion, serum, hingga perawatan kulit kepala dan rambut.

Rosehip Oil

Berbeda dengan minyak bunga mawar biasa, rosehip oil memiliki aroma yang mirip dengan kacang. Minyak pembawa satu ini pun kaya akan vitamin A dan C yang sangat baik untuk kecantikan.

Untuk kulit, vitamin A bisa membantu mencerahkan kulit, mengangkat sel-sel kulit mati, dan merangsang pembentukan kolagen.

Sementara itu, vitamin C bisa membantu menangkal radikal bebas serta meminimalisir kerusakan pada kulit dan rambut yang diakibatkan stress oksidatif.

Rosehip oil biasanya dapat dengan mudah kamu temukan dalam berbaai produk perawatan kecantikan. Juga sering dikombinasikan atau dicampur dengan minyak esensial.

Minyak Almond

Jenis carrier oil selanjutnya adalah minyak almond, yang bisa jadi pilihan ideal untuk mengatasi kulit kering. Kandungan vitamin E dalam minyak alami ini mampu melembapkan serta memberikan nutrisi pada kulitmu, lho.

Enggak hanya itu, almond oil juga memiliki sifat antiinflamasi yang bisa menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Bahkan, minyak almond juga dikenal sebagai pelembap rambut alami yang bisa melembutkan dan mengembalikan kilau rambut kamu.

Minyak Alpukat

Avocado oil adalah jenis minyak pembawa lain yang memiliki sifat pelembap sangat baik. Selain itu, minyak ini pun mengandung vitamin A, D, dan E yang sangat bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

Minyak alpukat juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit pecah-pecah dan rambut yang kering.

Minyak Biji Anggur

Agak berbeda dengan jenis carrier oil lainnya, minyak biji anggur memiliki tekstur yang lebih lembut dan halus. Yang akhirnya membuatnya mudah terserap ke dalam pori-pori kulit.

Menariknya lagi, meski tidak terlalu kuat, minyak biji anggur memiliki aroma wine yang manis. Sehingga bisa dipakai untuk mengencerkan minyak esensial yang memiliki aroma kuat, seperti thieves oil dan basil oil.

Cuci Wajah Hingga Bersih

jenis cleanser

Hal yang harus kamu perhatikan sebelum mulai merawat wajah dengan carrier oil adalah menjaga kebersihan kulit, yakni rajin mencuci muka menggunakan facial foam atau wash.

Sisa kotoran, make up, dan minyak yang menempel di wajah dapat menghambat kandungan dalam carrier oil terserap dalam kulit. Bahkan bisa membuat kotoran tersebut semakin terperangkap dan malah menimbulkan komedo.

Aplikasikan Carrier Oil Secukupnya

Saat menggunakan carrier oil, kamu hanya memerlukan 2-3 tetes saja. Penggunaan minyak pembawa bisa dilakukan sebelum menggunakan pelembap dan menggantikan fungsi serum wajah.

Jangan menggunakan carrier oil dalam jumlah yang berlebihan, sebab akan membuat wajah lebih berminyak dan bisa menyebabkan iritasi.

Itu adalah hal-hal mengenai minyak pembawa yang mungkin belum kamu ketahui. Mulai dari pengeritannya, jenisnya, hingga bagaimana cara menggunakannya dengan tepat.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment