Bercukur dengan Aman, Ini Dia Pentingnya Pre Shave Oil yang Harus Kamu Tahu

pre shave oil

Pertumbuhan bulu-bulu halus di area terbuka tubuh pasti membuatmu terganggu. Apalagi jika ada acara tertentu, pasti kamu akan segera menghilangkannya dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mencukur.

Mencukur jadi kegiatan rutin bagi setiap orang untuk menghilangkan bulu-bulu yang mengganggu. Namun tahukah kamu jika terlalu sering mencukur bisa membuat kulit rusak? Apalagi kalau kamu tidak menggunakan krim cukur atau pre shave oil. Pasti kulitmu akan terasa lebih kasar dan justru akan menganggu penampilan.

Pre shave oil ini sangat penting untuk digunakan sebelum mencukur. Selain bisa menjaga kulit untuk tetap mulus, pre shave oil juga berfungsi untuk menutrisi kulit dan menghindari iritasi akibat mencukur.

Jadi untuk kamu yang sering mencukur bulu di ketiak, tak perlu khawatir lagi kulitmu akan berubah seperti kulit ayam jika menggunakan pre shave oil.

Selain itu pre shave oil mempunyai banyak manfaat lain untuk kamu yang suka mencukur. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini mengenai manfaat dari pre shave oil.

Manfaat Pre Shave Oil yang Harus Kamu Tahu

Memakai pre shave oil sebelum mencukur memang wajib hukumnya. Apalagi untuk kamu yang rutin mencukur bulu di daerah tertentu. Seperti ketiak, organ vital hingga wajah.

Kulit yang ditumbuhi bulu-bulu halus itu cenderung sensitif. Oleh karena itu diperlukan pre shave oil sebelum menghilangkan bulu-bulunya.

Berikut adalah daftar dari pre shave oil untuk mencukur. Simak baik-baik ya!

Melembabkan Wajah

Kulit kering sangat rentan terhadap iritasi. Apalagi jika bersentuhan dengan benda-benda tajam. Resiko iritasinya akan semakin tinggi dan kulit akan menjadi merah, ruam bahkan lecet. Di sinilah peran pre shave oil itu dibutuhkan.

Pada umumnya kandungan dalam pre shave oil bersifat melembabkan. Selain itu pre shave oil juga bisa menenangkan kulit. Sehingga ketika proses pencukuran bulu berlangsung, kulit tidak mudah teriritasi dan tetap halus.

Selain itu penggunaan pre shave oil juga berguna untuk melancakan pisau cukur. Jika kulit lembab, seretan pisau cukur akan berjalan dengan mulus dan minim resiko melukai kulit.

Memperbaiki Kulit Rusak

Selain untuk menghindari kerusakan kulit akibat mencukur, pre shave oil juga berguna untuk memperbaiki kulit yang rusak. Kandungannya yang bersifat melindungi dapat mengembalikan tektur kulit kasarmu akibat sering mencukur.

Apalagi mencukur bisa membuat kulit kering dan bisa mengelupas. Kehadiran pre shave oil dapat mengatasi permasalahan berikut.

Pisau Cukur Lebih Awet

Selain memiliki banyak manfaat untuk kulit, pre shave oil ternyata juga berguna untuk menjaga pisau cukur agar tetap awet dan tidak berkarat. Kandungan pre shave oil dapat meminimalisir oksidasi pada mata pisau cukur. Sehingga akan membuatnya tidak mudah berkarat.

Lebih Aman

Menggunakan preshave oil saat mencukur dinilai lebih aman. Terutama untuk kulit. Mencukur tanpa menggunakan produk ini sangat mempunyai banyak resiko. Seperti membuat kulit iritas hingga bisa meninggalkan luka.

Sebab tanpa menggunakan pre shave oil, pisau cukur akan beresiko tersendat dan dapat melukai kulit. Apalagi jika kondisi kulitmu sangat kering. Itu akan sangat bahaya.

Itulah beragam manfaat dari pre shave oil. Lantas apa saja bahan-bahan yang cocok untuk kamu gunakan sebagai pre shave oil? Well, simak ulasannya berikut.

Pre Shave Oil Dari Bahan Alami

Selain lebih murah dan mudah didapatkan, bahan-bahan alami ini juga bisa minim efek samping. Jadi bisa dipastikan lebih aman daripada krim cukur yang sudah dicampur dengan bahan-bahan aktif. Apa saja bahan-bahan pre shave oil?

Minyak Kelapa

Bahan yang satu ini memang sudah tidak diragukan lagi khasiatnya. Selain efektif dan bermanfaat untuk kecantikan, minyak kelapa juga berfungsi untuk melindungi kulit dari iritasi akibat mencukur. Kandungan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa berfungsi sebagai pengganti krim cukur.

Kandungan tersebut dapat melembabkan kulit dan melindunginya dari iritasi akibat gesekan pisau cukur. Selain itu, kandungan minyak kelapa juga sangat bagus untuk melembabkan kulit pasca cukuran. Kulit tidak akan terasa kering setelah bulu-bulu itu hilang.

Tapi perlu diketahui, untuk kamu yang sedang berjerawat dan memiliki kulit sensitive tidak disarankan untuk mengaplikasikan minyak kelapa sebagai pengganti krim cukur di wajah.

Sebab minyak kelapa termasuk dalam salah satu bahan yang bersifat komedogenik. Jika kamu mengaplikasikannya di wajah, akan sangat beresiko memperparah kondisi kulit berjerawatmu.

Baca Juga: Multifungsi! Ini Manfaat Coconut Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Olive Oil

Bahan alternative lain yang bisa kamu manfaatkan jadi krim cukur adalah olive oil. Nggak hanya beguna untuk memasak saja, ternyata keberadaan olive oil ini juga efektif sebagai krim cukur. Olive oil atau minyak zaitun ini bersifat melembabkan. Sehingga ketika diaplikasikan ke kulit saat mencukur akan mengurangi resiko iritasi.

Tak hanya itu, menggunakan minyak zaitun sebagai krim cukur juga bisa membuat hasil cukuran menjadi lebih halus. Bahkan jika sebelumnya kamu mempunyai masalah tekstur kulit akibat mencukur, minyak zaitun bisa membantumu mengatasi permasalahan tersebut.

Namun juga perlu diperhatikan, sama seperti minyak kelapa, minyak zaitun juga bersifat komedogenik. Jadi sangat tidak disarankan bagi kamu yang sedang berjerawat atau memiliki kulit yang sensitive memakainya di wajah. Sebab itu akan semakin memperburuk kondisi wajah.

Cukup gunakan minyak zaitun di area-area tubuh tertentu. Seperti ketiak, betis, lengan, ataupun paha.

Ingin tahu apa saja manfaat minyak zaitun (olive oil)? Cek di sini!

Aloe Vera Sebagai Pre Shave Oil

Siapa sih yang nggak tahu bahan yang satu ini? Keberadaannya banyak digandrungi para brand kosmetik. Bahkan berbagai macam produk kecantikan menawarkan aloe vera sebagai bahan utama. Mulai dari facewash, pelembab, hingga body lotion.

Selain bermanfaat untuk produk kecantikan, aloe vera juga bisa difungsikan sebagai krim cukur yang cukup efektif. Bahkan pengaplikasian aloe vera sebagai pelumas cukur diklaim bagus untuk menenangkan dan melembabkan kulit.

Tekturnya yang berbentuk gel juga berfungsi melancarkan mata pisau bekerja di atas permukaan kulit. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya iritasi atau lecet saat proses pencukuran.

Produk Alternative Pre Shave Oil

Jika kamu kesulitan untuk menemukan bahan-bahan alami itu, tenang saja. Sebab ada alternative produk lain yang bisa kamu gunakan sebagai pengganti krim cukur. Tentunya alternative ini sangat mudah didapatkan. Apa saja?

Body Lotion

Produk yang satu ini pasti selalu ada di rumahmu. Selain berguna untuk melembabkan kulit dan melindungi dari sinar matarahari, body lotion juga sangat efektif untuk digunakan sebagai pengganti krim cukur. Tekturnya yang lembut dan cair ini hampir menyerupai krim cukur pada umumnya.

Selain itu karena sifatnya yang melembabkan, body lotion bisa membuat bulu-bulu halus itu menjadi lembut sehingga lebih mudah untuk dihilangkan dengan pisau cukur. Demikian pula setelah selesai cukuran, body lotion dapat menenangkan kulit dan mencegah timbulnya iritasi di kulitmu.

Sehingga mencukur pun bisa dilakukan dengan mudah dan aman. Selamat mencoba!

Body Oil

Bagi kamu yang sangat menyukai perwatan tubuh, pasti tidak melewatkan produk yang satu ini. Selain berguna untuk melembabkan dan membuat kulit menjadi lebih sehat, body oil juga berfungsi sebagai krim perncukur yang cukup efektif.

Kamu cukup mengoleskan body oil ke area bulu yang ingin kamu cukur. Tekturnya yang cair itu akan melembutkan bulu-bulu. Sehingga ketika proses pencukuran juga akan lebih mudah.

Body oil juga dapat meminimalisir resiko kulit kasar setelah mencukur. Jadi kamu tidak perlu khawatir tekstur kulit akan berubah usai mencukur nanti.

Body Wash

Body wash atau sabun mandi ini ternyata juga bisa menjadi pelumas saat bercukur. Bahkan para ahli juga menyarankan untuk menggunakan produk yang satu ini jika kamu sedang kehabisan krim cukur.

Gunakan body wash dengan kandungan nabati yang melembabkan, sebab ini akan sangat efektif untuk  menenangkan kulit saat mencukur nanti.

Cara pengaplikasiannya cukup mudah. Cukup dengan basahi tubuhmu dengan air dan gunakan body wash. Busa yang dihasilkan dari sabun tersebut bertekstur sangat lembut, jadi akan menenangkan kulit dan melancarkan mata pisau bekerja di atas permukaan kulit.

Setelah mengetahui alternatif bahan-bahan yang dapat kamu gunakan sebagai preshave oil, kini saatnya kamu tahu tentang cara mencukur yang benar dengan pelumas saat bercukur. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Langkah-langkah Mencukur Pakai Pre Shave Oil dengan Aman

pre shave oil

Kegiatan yang satu ini sangat sering dilakukan oleh banyak orang. Namun tak jarang juga di antara mereka yang melakukannya dengan asal-asalan. Jika tidak dilakukan sesuai dengan prosedur tentu akan berbahaya dan bisa merusak kulit.

Sehingga tak teran jika sebagian besar orang setelah mencukur justru mendapati kulit mereka semakin kasar dan rusak. Bahkan ada yang mengalami kemerahan dan iritasi.

Itulah pentingnya mengetahui langkah-langkah mencukur. Jika melakukannya sesuai dengan prosedur, resiko efek samping dari mencukur akan sangat minim. Berikut langkah-langkahnya.

Basuh Wajah

Sebagian orang menganggap remeh langkah pertama dari mencukur ini. Membasahi wajah menjadi hal yang penting sebelum mencukur. Kondisi kulit yang kering akan rentan terhadap iritasi dan goresan mata pisau.

Dengan kondisi wajah yang basah, kulit akan terasa lebih lembab. Sehingga proses pencukuran pun tidak akan melukai kulit dan meninggalkan bekas ruam.

Aplikasikan Pre Shave Oil

Setelah membasuh wajah, kini saatnya bagi kamu untuk menggunakan minyak cukur. Oleskan minyak cukur ini pada bagian-bagian tertentu yang ingin kamu cukur bulunya. Mulai dari ketiak, paha, betis, wajah atau bahkan area kemaluan.

Setelah terapilkasikan dengan sempurna, kamu harus menunggu selama 2-3 menit. Tunggu sampai preshave oil meresap dan kulit bisa beradaptasi dengan sempurna. Proses ini juga akan membuat kulit lebih bernutrisi. Sehingga akan lebih memudahkan proses pengangkatan bulu tanpa meninggalkan rasa sakit.

Gunakan Mata Pisau Yang Tajam

Jika pre shave oil sudah teraplikasikan, kini saatnya kamu siap untuk mencukur bulu-bulu yang menganggu. Wajib hukumnya bagi kamu untuk menggunakan mata pisau yang tajam. Ini akan memudahkanmu untuk mengangkat bulu-bulu tersebut.

Apabila mata pisau kurang tajam, ini akan sangat beresiko untuk melukai kulit dan membuat iritasi. Selain itu bulu-bulu halus juga tidak bisa terangkat dengan sempurna. Kulit wajahmu pun akan jadi lebih kasar karenanya.

Jika kamu melakukan cukur di area wajah, kamu bisa melakukannya dengan memulai dari telinga. Lalu turun kea rah pipi, dagu dan bibir. Selain itu, ingat-ingat untuk tidak mencukur dengan dua arah. Lakukan gerakan satu arah saja. Sebab jika kamu mencukur dengan dua arah akan beresiko melukai kulit.

Tak lupa kamu juga harus selalu membilas pisau cukur ketika dirasa sudah banyak bulu yang menempel. Biasanya kamu bisa melakukan itu setelah satu atau dua kali gerakan mencukur.

Apabila pre shave oil yang kamu gunakan telah habis karena ikut terangkat mata pisau, kamu juga tidak boleh ragu untuk menambahkannya lagi.

Bilas dengan Air Dingin

Setelah selesai mencukur, bilaslah dengan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menutup kembali pori-pori yang telah terbuka akibat mencukur tadi. Pori-pori yang tertutup kembali akan membuat area yang telah dicukur terasa lebih halus.

Jangan lupa juga setelah selesai membilasnya, gunakan pelembab. Ini berfungsi untuk melembabkan kulit setelah usai dicukur yang cenderung akan kering.

Perlu kamu ingat, kulit yang telah selesai dicukur juga bersifat sensitive, jadi kamu perlu menghindari pelembab yang mengandung alcohol.

Sekarang kamu sudah tahu kan manfaat, bahan dari pre shave oil dan juga cara penggunaannya. So, untuk kamu yang sering cukuran, sangat wajib hukumnya untuk menggunakan preshave oil ini sebelum memulai mencukur. Be gentle to your skin!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment