Multifungsi! Ini Manfaat Coconut Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

coconut oil

Buah kelapa merupakan salah satu komoditas pangan yang sangat besar dan lazim digunakan di berbagai negara tropis, termasuk Indonesia.

Di luar manfaatnya sebagai bahan olahan dan keperluan memasak makanan, buah kelapa pun dapat dimanfaatkan untuk merawat keseahatan dan kecantikan, lho.

Namun jenis minyak kelapa yang digunakan untuk merawat kecantikan ini adalah virgin coconut oil (minyak kelapa murni). Bahan alami ini diklaim ampuh merawat serta meningkatkan kecantikan kulit dan rambut kamu.

Tak heran, berbagai produk perawatan kecantikan rambut dan kulit telah banyak memanfaatkan bahan alami ini sebagai bahan dasar dan campuran dalam kandungannya.

Sekilas Tentang Virgin Coconut Oil (Minyak Kelapa Murni)

manfaat coconut oil untuk kecantikan (1)

Sebelum terlalu jauh membahas manfaatnya untuk kecantikan, enggak ada salahnya juga kalau kamu lebih tahu tentang virgin coconut oil terlebih dahulu.

Sebab, berbeda dengan minyak kelapa yang digunakan untuk memasak atau menggoreng makanan, minyak kelapa murni merupakan hasil ekstraksi buah kelapa segar yang diolah tanpa menggunakan tambahan bahan kimia pada prosesnya.

Tak hanya itu, proses ekstraksi minyak kelapa murni pun dilakukan dengan suhu yang sangat tinggi, demi menjaga agar kandungan nutrisi alami yang ada di dalamnya tidak menghilang.

Karenanya ketika memilih minyak kelapa sebagai perawatan kecantikan kulit dan rambut, gunakan yang berjenis extra virgin coconut oil atau yang berarti minyak kelapa murni.

Kandungan Minyak Kelapa yang Baik untuk Kecantikan

coconut oil

Hal yang membuat minyak kelapa ini sangat baik untuk kecantikan adalah kandungan nutrisinya yang tinggi. Dalam coconut oil terkandung rantai asam lemak yang cukup beragam, mulai dari asam laurat, asam oleat, asam kaprat, hingga asam linoleate.

Asam Laurat

Asam laurat merupakan salah satu kandungan khas yang ada dalam virgin coconut oil. Jenis asam lemak jenuh ini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit, seperti meredakan jerawat dan psoriasis.

Asam Oleat

Jenis asam lemak lain yang ditemukan dalam minyak kelapa alami adalah asam oleat. Kandungan ini dapat membantu melembutkan kulit, melembapkannya, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Asam lemak yang umumnya juga ditemukan dalam berbagai jenis carrier oil lainnya ini pun memiliki efek antiradang dan antioksidan. Sehingga dapat bekerja optimal dalam menjaga vitalitas kulit dan rambut.

Asam Kaprat dan Asam Linoleate

Kandungan selanjutnya yang juga ditemukan dalam minyak kelapa murni adalah asam kaprat dan asam linoleat.

Keduanya dapat bekerja aktif dalam memaksimalkan fungsi kulit, menjaganya agar tetap sehat dan ternutrisi dengan baik.

Asam linoleat secara khusus dapat memberikan hidrasi yang cukup, demi menyehatkan kulit dan rambut kamu.

Tak hanya itu asam lemak ini pun bisa mengatasi pori-pori tersumbat, namun tetap ampuh dalam mengontrol produksi sebum secara berlebihan.

Manfaat Coconut Oil untuk Kecantikan Kulit Wajah dan Tubuh

manfaat coconut oil untuk kecantikan (3)

Penggunaan minyak kelapa untuk merawat kecantikan kulit tubuh dan wajah sebelumnya telah dilakukan sejak masa tradisional.

Kamu bisa bertanya pada orang tua, nenek, atau bahkan kerabat lain yang sudah sepuh dan menanyakannya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat coconut oil untuk kecantikan kulit tubuh dan wajah? Cari tahu sama-sama dalam ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Membantu Mengatasi Jerawat Membandel

jerawat

Buat kamu yang punya masalah dengan jerawat membandel dan disertai peradangan, coconut oil bisa menjadi salah satu bahan alami yang bisa membantu menjawab permasalahanmu tersebut.

Ya, siapa sangka kalau kandungan asam laurat dalam virgin coconut oil dapat bekerja cukup efektif dalam merawat kulit berjerawat. Yakni dengan bekerja mengurangi berbagai gejala peradangan dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat tersebut.

Kandungan ini pulalah yang kemudian mampu dijadikan sebagai antibiotic alami dalam mengatasi masalah jerawat.

Kamu bisa membuat hasilnya kian maksimal dengan menggunakan coconut oil secara rutin, dibarengi dengan menjaga kebersihan kulit dan memperhatikan asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi.

Memberikan Hidrasi Ekstra pada Kulit

pelembap kulit

Terlalu sering bekerja di dalam AC terbilang sama enggak baiknya dengan terkena paparan sinar matahari berlebihan. Sebab, keduanya akan memicu kulit jadi kering dan lebih mudah teriritasi.

Padahal kulit yang kering akan berpotensi menghilangkan dan menurunkan kemampuan skin barrier dalam melindungi jaringan kulit.

Hal inilah yang akhirnya membuat kulit wajah dan tubuh kamu rentan terkena iritasi, alergi, bahkan infeksi bakteri maupun jamur.

Untuk itu, kamu perlu menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan coconut oil. Sebab selain menjaga wajah dari jerawat, kandungan asam laurat yang dimilikinya juga turut bekerja mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit.

Ditambah sifat antibacterial dan antiinflamasi yang ada di dalamnya, membuat kandungan ini bekerja ekstra maksimal dalam merawat kesehatan kulit tubuh dan wajah kamu.

Mengurangi Berbagai Gejala Peradangan pada Kulit

Apakah kamu memiliki kulit yang sangat sensitif atau mudah teriritasi? Enggak usah risau, karena peradangan di wajah memang sangat umum terjadi dan bahkan telah menjadi momok tersendiri bagi beberapa orang.

Gejala peradangan ini pun bisa timbul karena berbagai situasi, misalnya karena breakout jerawat, dermatitis kontak, psoriasis, hingga eksim.

Meski begitu, peradangan ini bisa diatasi dengan cukup mudah, kok. Misalnya dengan menggunakan perawatan dari berbagai bahan-bahan alami, seperti coconut oil.

Manfaat coconut oil untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu meredakan dan mengatasi beberapa gejala peradagan pada kulit.

Sifat antiinflamasinya yang cukup tinggi, membuat coconut oil terbukti ampuh menanggulangi dan menetralisir berbagai masalah peradangan tersebut.

Tak hanya mengurangi peradagan yang tampak pada kulit, seperti kemerahan dan bengkak. Kandungan asam lemak yang ada dalam minyak kelapa pun pisa membantu menghilangkan rasa tidak nyaman dan sakit yang disebabkan oleh peradangan itu.

Ini dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga dapat menstabilkan radikal bebas dan menetralkan atom reaktif yang menjadi pemicu terjadinya peradangan.

Mengatasi Masalah Kulit Kering dan Kusam

slugging skincare untuk kulit kering

Apakah kamu merasa kulit wajahmu terasa kering, kasar, bahkan tampak kusam? Tenang saja, karena coconut oil pun dapat membantumu mengatasi masalah kecantikan kulit satu ini.

Kulit yang tampak kusam dan terasa kasar umumnya disebabkan karena kulit wajah dan tubuh kamu tidak mendapatkan nutrisi serta hidrasi yang cukup.

Karenanya, menggunakan minyak kelapa dinilai sangat ampuh untuk mengembalikan kecantikan kulit tubuh dan wajahmu.

Sebab, kandungan nutrisi yang ada dalam minyak kelapa akan senantiasa membuat kulit terhidrasi sepanjang hari. Tak hanya itu, antioksidannya yang tinggi pun dapat mendorong produksi kolagen dan meningkatkan kecerahan kulit secara berkala.

Merangsang Penyembuhan Luka di Kulit

cara menghilangkan bekas luka (2)

Apakah kamu memiliki luka atau bekas luka di kulit yang susah sembuh maupun menghilang? Jangan terlalu khawatir, sebab berbagai penelitian menyebutkan bahwa virgin coconut oil bisa digunakan untuk mengatasi masalah satu ini.

Coconut oil diketahui mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan turut berperan penting dalam prosesnya.

Kemampuannya ini didapatkan dari kandungan antioksidannya yang tinggi, sehingga dapat meningkatkan kadar produksi kolagen dalam jaringan kulit.

Selain itu, minyak kelapa juga dikenal sangat baik untuk menghambat senyawa inflamasi (peradangan). Sehingga bisa membantu mengatasi nyeri atau perih yang ada di luka dan menyamarkan bekas luka yang tersisa.

Meningkatkan Elastisitas dan Kekenyalan Kulit

manfaat emas untuk wajah

Salah satu tanda kamu mengalami penuaan dini pada kulit adalah elastisitas dan kekenyalan kulit yang kian berkurang.

Munculnya tanda penuaan ini dipicu oleh berbagai hal, termasuk kurangnya produksi kolagen dan kelembapan kulit yang kian menurun.

Nah, untungnya kandungan asam lemak dalam coconut oil dapat menangani masalah tersebut untukmu. Khususnya asam laurat dapat membantu meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit, dengan mendorong produksi kolagen pada jaringan kulit.

Tak hanya itu, kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi dalam minyak kelapa pun membuat bahan alami ini kian ampuh dalam melawan berbagai tanda penuaan.

Dapat Digunakan Sebagai Make Up Removal Alami

cara membuat toner alami (2)

Untuk menjaga kesehatan kulit, kamu perlu memperhatikan kebersihan wajah kamu juga. Karena beberapa masalah, seperti jerawat atau komedo, dapat muncul karena residu make up yang kamu gunakan sehari-hari.

Manfaat coconut oil untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah dapat digunakan sebagai permbersih riasan wajah alami. Sifatnya pun tergolong ramah di kulit, sehingga dapat mengangkat kotoran dan sel kulit mati di wajah tanpa menimbulkan iritasi pada kulit.

Berbagai Manfaat Coconut Oil untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Selain untuk kulit tubuh dan wajah, manfaat coconut oil untuk kecantikan rambut juga enggak kalah ampuhnya. Terlebih bahan alami ini dapat digunakan untuk hampir semua jenis kulit kepala dan rambut, lho.

Penasaran apa saja manfaat coconut oil untuk kecantikan rambut? Yuk, cek daftar ulasannya di bawah ini ya, Guys!

Mampu Menghidrasi Rambut

Tak hanya kulit, kelembapan alami rambut pun perlu dijaga agar kesehatan dan kecantikan alaminya enggak mudah hilang maupun rusak.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam lemak dalam coconut oil terbukti bisa memberikan kelembapan ekstra pada rambut.

Mencegah dan Memperbaiki Kerusakan Rambut

manfaat serum rambut untuk atasi rontok

Apakah kamu termasuk orang yang suka mewarnai dan menggunakan berbagai macam alat styling rambut? Kalau iya, kamu harus coba merawat rambut dengan coconut oil karena bahan alami ini bisa membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan pada rambut.

Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa efektivitas minyak kelapa dalam melindungi rambut ini, terbilang lebih ampuh dibandingkan dengan mineral oil atau sun flower seed oil.

Karena kandungan asam laurat dalam minyak kelapa dikatakan mampu mengatasi kekurangan protein pada rambut, dengan menutrisi dan memberikan lapisan minyak tambahan.

Tak hanya itu, minyak kelapa pun terbilang sangat mudah terserap hingga ke bagian terdalam dari batang rambut kamu.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Banyak orang yang mendambakan memiliki rambut sehat, panjang, lebat dan berkilau alami. Namun, enggak semuanya bisa mendapatkannya dengan mudah.

Untungnya, minyak kelapa dapat membantu mewujudkan impian itu dengan mendorong pertumbuhan rambut kamu, khususnya bisa membuat rambut yang sulit tumbuh menjadi subur dan panjang.

Mencegah Adanya Kerontokan Rambut

rambut kusam dan kusut

Kulit kepala yang ternutrisi dengan baik akan memberikan efek yang sama baiknya juga dengan penampilan rambut kamu.

Untuk merawat kesehatan kulit kepala dan mencegah adanya kerontokan rambut, kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menjaga kecantikan rambut.

Ya, sebab bahan alami ini dapat mencegah kerusakan pada batang rambut dan menghalau kerontokan yang bisa saja disebabkan oleh proses styling rambut secara berlebihan.

Menghalau Munculnya Ketombe

sampo untuk rambut berketombe (1)

Manfaat coconut oil untuk kecantikan rambut lainnya adalah mampu menghalau kemunculan ketombe di kulit kepala.

Kemampuan minyak kelapa ini didapat dari sifat antimikroba dan antijamur yang dimilikinya. Dengan demikian, coconut oil dapat mengobati ketombe yang disebabkan jamur pada kulit kepala.

Nah, itu adalah berbagai manfaat coconut oil untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu ketahui.

Menggunakan bahan alami merupakan salah satu cara yang cukup efektif untuk merawat dan menjaga kecantikan. Setelah mengetahui khasiat coconut oil di atas, apakah kamu berminat menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kecantikanmu?

Well, jangan lupa bagikan pendapat dan cerita kecantikanmu menggunakan coconut oil di kolom komentar, ya! Selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment