Jangan Dilewatkan, Ini Manfaat Geranium Essential Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat geranium essential oil untuk kecantikan (2)

Essential oil merupakan salah satu bahan alami yang didapat dari proses ekstraksi tanaman tertentu. Baik dari bunga, buah, hingga rempah-rempah.

Minyak alami ini pun telah banyak digunakan dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Misalnya dengan menggunakan secara langsung, ataupun dijadikan bahan dasar maupun campuran dalam formula kosmetik.

Minyak esensial memiliki berbagai jenis yang juga mempunyai beragam khasiat yang berbeda. Salah satu jenis minyak esensial yang tak kalah bermanfaatnya adalah geranium essential oil.

Geranium essential oil didapatkan melalui proses ekstraksi, atau penyulingan uap, dari batang dan daun tanaman bunga geranium.

Meski lebih popular karena kemampuannya dalam mengusir serangga dan nyamuk, manfaat geranium essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut pun cukup beragam, lho.

Faktanya, pada masyarakat Mesir Kuno, minyak geranium digunakan sebagai bagian perawatan kulit para perempuan agar mendapatkan kulit yang indah dan tampak bercahaya.

Kira-kira apa saja manfaat geranium essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai hal tersebut di uraian berikut ini, ya!

Berbagai Manfaat Geranium Essential Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat geranium essential oil untuk kecantikan (3)

Manfaat geranium essential oil untuk kecantikan kulit ini didapat dari berbagai kandungan nutrisinya yang sangat baik. Mulai dari antibakteri, antijamur, antiseptic, antioksidan, hingga senyawa antiinflamasi pun ada dalam minyak atsiri satu ini.

Nah, untuk lebih jelasnya simak berbagai manfaat geranium essential oil untuk kecantikan kulit berikut ini.

Membantu Mengurangi Tampilan Keriput dan Garis Halus

mencegah penuaan dini

Manfaat geranium essential oil untuk kecantikan yang pertama adalah mampu membantu mengurangi tampilan keriput dan garis halus pada wajah.

Stress dan paparan radiasi sinar UV yang berlebihan dikatakan dapat menjadi faktor penyebab munculnya berbagai tanda penuaan dini pada kulit, termasuk keriput dan garis halus di area ekspresi wajah.

Untungnya beberapa bahan alami bisa digunakan untuk mengatasi kemunculan tanda penuaan premature tersebut, khususnya minyak geranium.

Minyak geranium memiliki sifat astringent yang diketahui dapat meningkatkan produksi kolagen dalam jaringan kulit. Sehingga dapat meminimalisir tampilan keriput dan garis halus.

Membantu Meningkatkan Elastisitas Kulit

manfaat emas untuk wajah

Selain garis halus dan keriput, salah satu tanda penuaan kulit yang bisa saja kamu alami sejak dini adalah hilangnya elastisitas pada kulit. Maksudnya, wajahmu akan tampak kendor dan tidak kecang lagi.

Lagi-lagi manfaat geranium essential oil untuk kecantikan dapat membantu mencegah pengenduran kulit wajah tersebut, lho.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dan astringent di dalamnya, yang mampu menjaga produksi kolagen dan elastin pada jaringan kulit.

Sehingga mencegah adanya pengenduran pada bagian kulit dan membuatnya senantiasa tampak kencang dan kenyal.

Membantu Proses Pertumbuhan Sel Kulit Baru

kulit sehat

Menjaga metabolisme sel kulit terbilang sangat penting untuk kamu lakukan. Karena dengan begitu, kulit akan melepas sel yang bermasalah dan tua, serta menggantinya dengan yang baru dan lebih sehat.

Hal ini kemudian akan memberikan efek yang sangat signifikan pada penampilan kulit wajahmu, yakni dengan menjadikannya tampak segar, sehat, dan terawat.

Geranium essential oil pun bisa membantu mendorong proses pertumbuhan sel kulit baru. Yang artinya, proses metabolisme sel pun akan jauh lebih optimal daripada sebelumnya.

Tak hanya itu, minyak alami satu ini pun terbilang sangat efektif dalam bekerja untuk memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan menggantinya dengan sel baru yang jauh lebih sehat.

Mencegah Berbagai Masalah Kecantikan

cara mengatasi komedo

Tahukah kamu kalau manfaat geranium essential oil untuk kecantikan selanjutnya juga bisa membantu mencegah adanya berbagai masalah kulit?

Ya, ini dikarenakan bunga geranium memiliki berbagai kandungan alami yang bersifat sebagai antibacterial, antifungal, haemostatic, serta tonic yang bisa menjaga dan merawat kesehatan kulit hingga ke bagian paling dalam.

Berbagai kandungan ini pun juga dipercaya dapat mengatasi dan mencegah berbagai masalah kulit, seperti jerawat, candidia (jamur kulit), beruntusan, serta masih banyak lainnya.

Membantu Menenangkan Gejala Peradangan

rosacea

Telah disinggung sebelumnya bahwa minyak geranium mengandung senyawa antiinflamasi, yang bisa bekerja dalam menenangkan dan meredakan gejala peradangan pada kulit. Termasuk kemerahan, pembengkakan, bahkan meringankan rasa nyeri yang turut dirasakan.

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa geranium essential oil pun dapat menghambat respon inflamasi dalam kulit, serta bisa membantu tubuh dalam melawan berbagai masalah kesehatan.

Memberikan Kelembapan Ekstra pada Kulit Wajah

Kulit yang terlalu kering tidak bisa dibilang merupakan kondisi wajah yang ideal. Karena kondisi ini pun bisa memicu berbagai permasalahan lain, misalnya keriput, kusam, bahkan rentan terkena infeksi dan iritasi.

Tak hanya itu, salah satu hal yang bisa membuat kesehatan kulitmu terjaga adalah kelembapannya yang cukup. Sebab, skin barrier akan bekerja lebih optimal ketika kulit kamu mendapatkan hidrasi yang diperlukan.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan kulit yang kering dan kusam, geranium essential oil bisa mmebantumu untuk mengatasinya.

Kandungan asam lemak yang dimilikinya akan membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulitmu, juga akan menguncinya agar tidak mudah hilang dan kering.

Mengendalikan Jerawat Membandel

muncul jerawat dan beruntusan

Apakah kamu tahu kalau geranium essential oil juga sangat dikenal karena kemampuannya dalam mengendalikan jerawat membandel?

Ya, manfaat geranium essential oil untuk kecantikan ini didapat dari kandungan antiinflamasi, antioksidan, dan antibacterial yang dimilikinya.

Ketiga senyawa tersebut akan bersinergi dan membantu merawat kulit yang berjerawat. Sementara antioksidan membantu mengembalikan kondisi kulit dan mempercepat proses penyembuhan luka, senyawa antibakteri akan menghalau bakteri penyebab jerawat muncul.

Kemudian, senyawa antiinflamasi akan membantu menenangkan gejala peradangan dan rasa tidak nyaman yang menyertai jerawat membandel.

Membantu Mengontrol Produksi Sebum

manfaar caviar untuk wajah

Tak hanya baik untuk merawat wajah yang kering, manfaat geranium essential oil untuk kecantikan lainnya pun dapat mengontrol produksi sebum di wajah, lho.

Karenanya, kamu pun bisa memanfaatkan minyak alami satu ini untuk membantu mengatasi masalah kulit yang berminyak.

Bisa Digunakan Oleh Semua Jenis Kulit

Minyak atsiri atau essential oil umumnya bersifat iritatif. Artinya orang dengan kulit yang sensitif atau hypersensitive tidak dianjurkan untuk menggunakannya sebagai perawatan kulit.

Namun, hal ini enggak berlaku untuk minyak geranium, lho. Karena rupanya minyak geranium diklaim cukup aman untuk kulit dan tidak akan menimbulkan gejala iritasi.

Karenanya minyak esensial satu ini dapat digunakan untuk semua jenis kulit. Akan tetapi jangan sembarangan pakai juga, ya. Sebelum mengaplikasikannya langsung ke kulit, kamu pun harus melarutkan minyak ini dengan carrier oil.

Manfaat Geranium Essential Oil untuk Kecantikan Rambut

Selain untuk kulit, manfaat geranium essential oil untuk kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya. Mau tahu apa saja khasiat yang dimaksud tersebut? Well, simak ulasannya di bawah ini sampai habis, ya, Guys!

Membantu Menyuburkan Rambut

Memiliki rambut yang tampak sehat dan lebat tentu menjadi idaman banyak orang. Karena, selain kulit, rambut yang cantik pun bisa membantu meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

Sayangnya, enggak semua orang bisa mendapatkan hal itu dengan mudah. Sebab beberapa tindakan penataan rambut dengan bahan kimiawi maupun menggunakan alat-alat styling panas pun bisa menyebabkan kerusakan hingga kerontokan pada rambut.

Nah, kabar baiknya salah satu manfaat minyak geranium untuk kecantikan adalah membantu menyuburkan rambut, lho!

Ya, kandungan nutrisi yang ada dalam minyak ini dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan memperkuatnya agar tidak mudah rontok. Akhirnya, kamu pun bisa mendapatkan rambut yang sehat dan lebat dengan alami.

Mengatasi Masalah Rambut Kering dan Kasar

Rambut yang kering dan kasar menunjukkan bahwa kondisi kulit kepalamu sedang tidak baik-baik saja. Bahkan, bisa jadi kedua hal ini akan berujung pada rambut rontok dan kebotakan dini, lho.

Nah, untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan rambut ini. Kamu bisa menggunakan geranium oil untuk merawat kecantikan rambut.

Sebab, minyak esensial satu ini akan membantu mengembalikan kelembapan alami pada rambut dan menutrisi kulit kepala dengan optimal. Akhirnya, rambut akan jauh lebih lembut, sehat dan tampak berkilau alami.

Nah, itu adalah beberapa manfaat geranium essential oil untuk kecantikan rambut dan kulit yang mungkin belum kamu ketahui.

Apakah setelah mengetahuinya kamu akan mencoba menggunakan geranium oil sebagai bagian dari perawatan kecantikanmu?

Well, tak harus memakainya secara langsung jika kamu sangsi dengan keamanannya. Cukup gunakan produk skincare, body care, atau hair care yang menggunakan ekstrak geranium sebagai bahan dasarnya.

Hasil yang akan kamu dapatkan pun sama dan mungkin lebih efektif. Sebab, dalam produk-produk tersebut telah ditambahkan berbagai bahan lain yang bisa mendukung manfaat geranium essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut kamu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment