Yuk! Cari Tahu Manfaat Glycolic Acid untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini

manfaat glycolic acid untuk kecantikan (2)

Kulit yang sehat, tampak cerah, dan senantiasa awet muda adalah dambaan hampir semua orang. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, berbagai tanda-tanda penuaan pada kulit pun akan semakin banyak bermunculan.

Untuk menjawab kebutuhan kecantikan, khususnya dalam melawan tanda penuaan ini, kemudian banyak diciptakan berbagai produk perawatan kulit dengan sifat antiaging.

Mulai dari serum wajah, krim, booster, essence, dan masih banyak produk skincare lain yang diformulasikan secara khusus untuk meningkatkan keremajaan kulit.

Salah satu bahan skincare yang banyak ditemukan dalam skincare antiaging adalah gylicolic acid. Kandungan satu ini digadang-gadang ampuh membantu merawat keremajaan kulit dan melawan berbagai tanda penuaan.

Glycolic acid pun diketahui memiliki molekul yang sangat kecil, sehingga dapat terserap dengan baik oleh kulit bahkan ke bagian paling dalam.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan glycolic acid dapat bekerja efektif dalam memelihara fungsi kulit, serta memaksimalkan tampilannya dari dalam.

Manfaat Glycolic Acid untuk Kecantikan Kulit

manfaat glycolic acid untuk kecantikan (1)

Sekilas telah disebutkan bahwa glycolic acid banyak digunakan dalam berbagai formula produk kecantikan, khususnya yang bekerja membantu melawan tanda-tanda penuaan.

Namun, apakah fungsi glycolic acid dalam skincare hanya sampai di sana? Tentu tidak, karena ada banyak manfaat lain dari kandungan ini yang perlu kamu tahu, seperti dalam ulasan berikut ini.

Meningkatkan Kecerahan Kulit

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kehilangan kecerahan alaminya dan kemudian berubah menjadi kusam.

Mulai dari terpapar radiasi ultraviolet dalam waktu yang cukup lama, terlalu sering di ruangan ber-AC hingga kulit jadi kering, sampai masalah penipisan kulit akibat salah menggunakan produk tertentu.

Untungnya, manfaat glycolic acid untuk kecantikan yang pertama adalah mampu meningkatkan kecerahan kulit.

Glycolic acid telah terbukti memiliki peranan penting dalam merangansang proses pengelupasan sel kulit mati yang bersarang di epidermis.

Selain itu, kamu pun enggak perlu merasa khawatir karena kandungan ini enggak akan memberikan efek yang terlalu keras pada kulit. Karena glycolic acid dapat bekerja dengan baik dan lembut dalam proses eksfoloasi tersebut.

Mengatasi Masalah Jerawat

masker alami untuk jerawat

Punya jerawat yang membandel dan susah hilang merupakan hal yang sangat menyebalkan bukan? Apalagi kalau jerawat tersebut juga disertai rasa tidak nyaman, peradangan, dan iritasi pada kulit.

Eits! Jangan keburu senewen dulu, ya. Sebab manfaat glycolic acid untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah jerawat dan mencegah kemunculnanya kembali.

Lagi-lagi manfaat glycolic acid ini didapatkan dari efek eksfoliatif yang dimilikinya, sehingga mampu menghilangkan kotoran, sel-sel kulit bermasalah, dan sebum berlebihan yang dapat menyumbat pori-pori kulit.

Karena dengan pori-pori kulit yang bersih, maka kemungkinan jerawat untuk muncul di wajah akan semakin kecil dan dapat diminimalisir.

Membantu Meratakan Warna Kulit

mencerahkan wajah

Terlalu sering beraktivitas di bawah sinar matahari dan tanpa menggunakan tabir surya, akan membuat kulit jadi mudah terbakar hingga mengalami hiperpigmentasi kulit.

Nah, untuk mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata ini, kamu bisa mencoba menggunakan skincare berkandungan glycolic acid sebagai perawatan wajah harian.

Sebab kandungan glycolic acid akan membantu membersihkan lapisan epidermis dari berbagai kotoran, sel kulit mati, dan residu riasan wajah.

Tak hanya itu, bahan ini pun dapat mendorong proses regenerasi sel kulit, sehingga secara berkala dapat membantu menyamarkan area kulit yang menggelap dan mencerahkan warnanya.

Membersihkan dan Mengecilkan Lubang Pori

manfaat pitera (1)

Salah satu faktor yang paling banyak menyebabkan masalah pada kesehatan kulit adalah lubang pori-pori yang terlalu besar. Kondisi ini akan memicu kemunculan jerawat, minyak berlebih, dan komedo di kulit.

Manfaat glycolic acid untuk kecantikan lainnya adalah membantu membersihkan pori-pori kulit dari berbagai residu yang menyumbatnya.

Tak hanya itu, kandungan ini pun dapat mengurangi ukuran lubang pori-pori di wajah. Sehingga membuat kulit jadi lebih mulus, lembut, dan terhindar dari berbagai masalah kecantikan seperti jerawat.

Membantu Memperhalus Tekstur Kulit

melembutkan kulit

Selain membuat kulit jadi lebih cerah, glycolic acid rupanya juga dapat membuat tekstur kulit kamu jadi lebih halus dan lembut, lho.

Hal ini dikarenakan glycolic acid dapat memicu proses pergantian sel-sel kulit baru. Sehingga keremajaan dan kesehatan kulit akan jauh lebih terawat.

Tak hanya itu, kemampuannya dalam mengontrol pori-pori wajah, mengangkat sel kulit mati, dan mengatasi masalah kulit kering pun bisa memberikan reaksi yang sama bagi tekstur kulit kamu.

Melawan Kemunculan Tanda Penuaan Dini

keremajaan kulit

Selain karena faktor usia, sebenarnya tanda penuaan dapat muncul lebih dini karena adanya pengaruh buruk dari lingkungan sekitar kita.

Misalnya paparan sinar matahari berlebihan yang bisa memicu sunspot, radikal bebas yang merusak sel kulit, hingga infeksi bakteri pada epidermis.

Untungnya, berbagai tanda penuaan ini dapat kamu hambat kemunculannya dengan rutin menggunakan glycolic acid sebagai perawatan wajah harian.

Ya, seperti yang telah disinggung sebelumnya. Glycolic acid memiliki peranan yang cukup penting dalam produksi kolagen dan elastin.

Kedua jenis protein ini merupakan kunci untuk membuat kulit wajah kamu senantiasa kencang, kenyal, dan tampak lembut.

Glycolic pun akan dapat bekerja kian maksimal ketika digunakan secara teratur. Hasilnya wajah akan jadi lebih cerah, garis halus dan kerutan akan kian berkuran, dan dapat mempengaruhi vitalitas struktur kulit secara keseluruhan.

Cara Menggunakan Skincare Glycolic Acid dengan Aman

cara menggunakan glycolic acid

Glycolic acid secara umum diketahui memiliki sifat yang cukup aman dan dapat bekerja efektif pada semua jenis kulit.

Meski begitu, enggak ada salahnya untuk tetap berjaga-jaga dan memilih menggunakan skincare glycolic acid dengan cara yang aman.

Dengan demikian berbagai reaksi alergi atau iritasi yang berkemungkinan muncul, dapat dengan mudah kamu hindari. Untuk itu, perhatikan beberapa hal ini sebelum menggunakan skincare berkandungan glycolic acid sebagai perawatan kecantikan rutinmu.

Kombinasikan dengan Tabir Surya

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa glycolic acid dapat bekerja sebagai eksfoliator kulit alami. Inilah yang akhirnya dapat membuat kulit kamu jadi lebih sensitif pada siang hari.

Karenanya, untuk menjaga dan memberikan perlindungan ekstra pada kulit yang menjalani perawatan dengan glycolic acid, ada baiknya kamu menggunakan sunscreen atau tabir surya secara rutin.

Gunakan Dosis Glycolic Acid Secara Bertahap

Dilansir dari Halodoc, bila kamu ingin mencoba berbagai produk yang mengandung glycolic acid. Ada baiknya untuk menggunakan produk tersebut secara bertahap terlebih dahulu.

Misalnya, pada minggu pemakaian pertama, kamu hanya perlu menggunakan glycolic acid sebanyak satu hingga tiga kali seminggu. Kemudian pada minggu berikutnya kamu bisa menggunakannya pada pagi ataupun malam hari.

Sebenarnya, beberapa produk telah menyematkan aturan pakai dalam kemasan skincare mereka. Kamu pun dapat menyesuaikan cara penggunaan glycolic acid yang aman dengan petunjuk penggunaan dari produk tersebut.

Hindari Penggunaan Glycolic Acid dengan Zat Eksfoliator Lainnya

Meski terbilang cukup aman dan tidak akan menimbulkan reaksi yang cukup keras pada kulit, efek eksfoliasi pada glycolic acid bisa saja berbeda pada tiap orang.

Untuk itu, ada baiknya kamu menghindari produk perawatan wajah yang mengandung senyawa eksfoliasi lainnya, seperti tretinoin, retinoid, AHA/BHA, adapalene, atau isotretinoin, ketika menggunakan skincare glycolic acid.

Penggunaan glycolic acid berbarengan dengan zat eksfoliator lainnya hanya akan membuat risiko kulit mengalami iritasi dan alergi lebih besar. Bahkan pada beberapa kasus, penggunaan kombinasi skincare yang tidak bijak ini bisa menyebabkan breakout, lho!

Nah, itu adalah berbagai manfaat glycolic acid untuk kecantikan dan cara penggunaannya yang aman. Melihat banyaknya manfaat bahan ini untuk kulit, apakah kamu berniat menggunakannya ke dalam rangkaian perawatan kecantikanmu?

About Author

Related posts

Leave a Comment