Bikin Relax! Ini Dia Resep Foot Spa dari Bahan Alami di Rumah

resep foot spa di rumah (2)

Setelah aktivitas padat sepanjang minggu, akan menyenangkan bila memanjakan diri di hari libur, bukan? Ya, apalagi kalau bukan dengan merawat dan merelaksasi tubuh kamu.

Salah satu jenis perawatan yang bisa memberikan sensasi relaksasi dan juga menambah kecantikan adalah dengan foot spa.

Foot spa sangat direkomendasikan untuk kamu lakukan saat me time, karena sifatnya yang mudah dan berbagai manfaat untuk kesehatan serta kecantikan yang akan kamu dapatkan.

Terlebih, kaki seringnya jadi bagian tubuh yang jarang dan kurang diperhatikan perawatannya. Sehingga dengan melakukan kegiatan ini, kamu dapat memperbaiki kondisi kaki kamu, sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Nah, penasaran bagaimana cara melakukan foot spa di rumah dengan memakai bahan-bahan alami? Yuk, cek bahan dan cara melakukannya di ulasan berikut ini!

Foot Spa dengan Lemongrass Oil

Resep foot spa dengan bahan alami yang pertama adalah memadukannya bersama lemongrass essential oil.

Seperti yang kamu ketahui, bahan alami satu ini sangat kaya akan kandungan nutrisi dan memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit.

Lemongrass mengandung berbagai jenis senyawa antioksidan yang sangat tinggi, sehingga ampuh memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah, khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas.

Tak cuma itu, bahan alami satu ini pun dapat memberikan sensasi menenangkan dan menghangatkan pada kulit. Juga, mampu merangsang produksi kolagen sehingga memberikan efek drastic pada penampilan dan tekstur kulit.

Dengan memadukan lemongrass dalam air foot spa, kamu pun dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mencegah adanya penyumbatan, meredakan ketegangan otot, dan dapat meredakan stress yang kamu alami.

Bahan-bahan Foot Spa dengan Lemongrass

– satu setengah gelas bubuk atau jahe parut segar.

– lima hingga 20 tetes minyak esensial serai (lemongrass)

– enam sendok teh coconut oil (sebagai pelarut minyak esensial)

Langkah Melakukan Foot Spa Memakai Lemongrass Essential Oil

  • Siapkan baskom yang berisi air hangat atau suam-suam kuku.
  • Tambahkan bubuk jahe, minyak esensial serai, dan minyak kelapa ke dalam air hangat. Aduk hingga semua bahan tersebut larut dalam air rendaman.
  • Rendam kedua kaki kamu selama 20 menit, sambil melakukan pijatan lembut selama beberapa menit.
  • Jika sudah, bilas kaki dengan air dingin dan keringkan dengan handuk yang lembut.

Resep Foot Spa dengan Bentonite Clay

bentonite clay

Pernahkah kamu mendengar spa dengan menggunakan tanah liat? Kalau belum, kamu bisa simak dan coba perawatan ini di rumah, ya!

Bahan utama yang akan dipakai dalam resep foot spa ini adalah bentonite clay, cuka apel, dan garam Epsom. Yang ketiganya memiliki banyak manfaat untuk kulit kaki kamu.

Bentonite clay merupakan jenis tanah liat yang kerap digunakan sebagai masker wajah. Sifatnya sangat efektif untuk menyerap produksi minyak dan kotoran dari permukaan kulit, bahkan bisa sampai ke dalam pori-pori.

Sementara cuka apel kaya akan kandungan asam salisilat yang mampu membantu mencerahkan kulit, bekerja sebagai eksfoliator alami, dan membantu merangsang regenerasi kulit.

Garam Epsom sendiri telah lama dikenal dan digunakan sebagai campuran air spa di area Epsom, Surrey, Inggris. Ini dikarenakan sifatnya yang menyehatkan dan mampu menjaga kecantikan kulit tubuh.

Bahan yang Perlu Kamu Siapkan untuk Foot Spa

  • Dua sendok makan bentonite clay, atau sesuaikan dengan kebutuhan.
  • Dua sendok makan cuka apel
  • Setegah gelas garam Epsom.

Langkah Pembuatan Foot Spa degan Bentonite Clay

  • Kombinasikan bentonite clay dan cuka apel yang telah disiapkan dalam wadah yang sama.
  • Aduk hingga merata dan terbentuk pasta kental yang diinginkan.
  • Aplikasikan pasta ini secara merata pada area kaki kamu, dan diamkan selama 10-15 menit atau hingga pasta telah mengering.
  • Setelah itu, siapkan air suam-suam kuku dalam baskom dan campurkan dengan garam Epsom tadi.
  • Rendam kaki di dalamnya selama 10-20 menit, baru angkat dan bersihkan sisa tanah liat menggunakan handuk atau waslap.

Foot Spa dengan Lavender Oil

foot spa

Resep foot spa selanjutnya adalah menggunakan lavender oil. Ya, minyak essential yang didapatkan dari bunga, daun, dan batang bunga lavender ini mampu memberikan banyak manfaat untuk kulit.

Selain menenangkan, bunga lavender juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sehingga dapat menangkal dan meminimalisir berbagai dampak buruk yang disebabkan oleh partikel radikal bebas.

Tak hanya itu, kandungan asam oleic dan linoleic dalam bunga lavender pun bisa membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit dan menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Di samping manfaatnya untuk kecantikan, cara foot spa dengan bahan alami ini pun bisa membantu meredakan stress, nyeri, dan pegal-pegal yang kamu rasakan setelah beraktivitas seharian.

Bahan-bahan yang Kamu Perlukan

– Setengah gelas garam Epsom.

– Lima hingga dua puluh tetes minyak esensial lavender, sesuaikan dengan kebutuhan kulit kakimu.

– Enam sendok teh minyak zaitun, untuk melarutkan minyak esensial.

Langkah Foot Spa dengan Lavender Oil

  • Siapkan sebaskom air hangat, kemudian campurkan garam terlebih dahulu.
  • Setelah larut dengan sempurna, kamu bisa tambahkan minyak lavender dan minyak zaitun yang telah kamu siapkan.
  • Rendam kaki kamu selama beberapa waktu, paling tidak 15-20 menit.
  • Selingi dengan pijatan lembut dan tekan pada area-area yang terasa paling lelah.

Foot Spa dengan Perasan Lemon

manfaat lemon untuk kecantikan (2)

Cara foot sap dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan air perasan lemon dan cuka apel. Kedua bahan ini akan membantu kamu melawan berbagai dampak buruk antioksidan pada tubuh dan kulit.

Bahkan, vitamin C dalam air perasan lemon dapat bekerja sebagai agen antiaging dan pencerah kulit secara alami. Dengan begitu, kamu tak hanya sehat, melainkan penampilan dan tekstur kulit akan meningkat.

Perpaduan beberapa bahan ini pun dinilai ampuh untuk eksfoliasi sel kulit mati. Mengingat berbagai masalah pada kulit kaki umumnya terjadi karena sel mati, tentunya perawatan ini sangat membantumu memaksimalkan vitalitas bagian tubuh satu ini.

Penggunaan foot spa ini juga disinyalir ampuh mencegah infeksi bakteri dan jamur penyebab berbagai masalah pada kulit.

Bahan yang Perlu Kamu Siapkan untuk Foot Spa

  • satu hingga 3 buah lemon segar dan peras sarinya.
  • Satu hingga tiga sendok makan cuka apel.
  • tiga gelas garam Epsom, tambahkan air sedikit namun jangan terlalu larut.

Langkah-langkah untuk Foot Spa denga Perasan Lemon

  • siapkan sebaskom air hangat, tambahkan cuka apel dan perasan lemon ke dalamnya.
  • Bagian kulit lemon yang telah diperas gunakan untuk membersihkan kulit kaki dan sela-sela jari kaki, gosok dengan lembut dan menyeluruh.
  • Setelah itu, pakai setengah atau secukupnya garam Epsom sebagai eksfoliator. Namun, gunakan dengan sangat berhati-hati, agar tidak menimbulkan iritasi pada kulit.
  • Kalau sudah, tambahkan garam Epsom ke dalam air rendaman.
  • Rendam kaki kamu dan lakukan pijatan atau gosok lembut menggunakan bath glove atau handuk lembut, untuk mempermudah proses pengangkatan sel kulit mati

Nah, itu adalah berbagai resep foot spa yang bisa kamu coba dan lakukan di rumah. Bahan-bahan yang diperlukan pun cenderung mudah didapat dan aman untuk kulit.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment