Tranexamic Acid – Kandungan Skincare Baru yang Wajib Dicoba

manfaat tranexamic acid untuk kulit (1)

Sebagai seorang beauty enthusiast kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan satu ini. Terlebih, tranexamic acid terbilang cukup popular belakangan ini.

Yap! Tak kalah sama kandungan skincare lain seperti retinol, asam hialuronat, dan bahkan vitamin C, tranexamic acid merupakan zat asam yang diklaim memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan alami kulit wajahmu.

Karenanya, bahan satu ini akan sangat mudah kamu temukan dalam berbagai formula produk perawatan wajah yang dijual bebas di pasaran.

Penasaran tentang kehebatan bahan aktif skincare satu ini? Yuk, simak penjelasan lengkap soal tranexamic acid dan manfaatnya buat kulitmu di ulasan berikut ini!

Sekilas Tentang Tranexamic Acid

tranexamic acid

Meski terbilang cukup baru dalam industry kecantikan, bahan satu ini pada dasarnya telah lama digunakan dalam dunia kedoteran.

Penggunaan teranexamic acid biasanya untuk membanut mereakan dan menghentikan pendarahan pada pasien, ketika dilakukan operasi.

Sebab bahan satu ini mampu mengontrol dan mencegah terjadinya penggumpalan darah. Sehingga banyak digunakan untuk merawat luka pasca operasi, baik yang umum maupun pasca cabut gigi.

Bahan yang juga dikenal dengan asam traneksamat ini bisa digunakan dalam betuk tablet maupun dalam sediaan cair, untuk disuntikkan ke dalam tubuh.

Nah, baru-baru ini beberapa penelitian menyebutkan bahwa tranexamic acid ini pun bisa digunakan untuk membantu merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Manfaatnya pun sangat beragam, dari mencerahkan, melembapkan, hingga diklaim dapat melawan kemunculan tanda-tanda penuaan yang datang secara premature.

Manfaat Tranexamic Acid untu Kecantikan Kulit

manfaat glycolic acid untuk kecantikan (1)

Tranexamic acid telah digadang-gadang menjadi kandungan yang sangat ampuh mengatasi berbagai masalah kecantikan.

Nah, kira-kira apa saja sih manfaat tranexamic acid untuk kecantikan kulit? Sampai-sampai bahan ini harus kamu perhitungkan? Yuk, cek ulasannya berikut ini!

Dapat Meratakan Warna Kulit

khasiat daun sirih untuk wajah

Apakah kamu merasa warna kulitmu enggak rata atau banyak belang di bagian kulit tertentu?

Masalah kecantikan satu ini emang sangat umum terjadi, dan seringnya dikarenakan adanya pengaruh eksternal seperti sinar matahari berlebihan.

Namun kamu enggak perlu khawatir, sebab kamu bisa menggunakan skincare berkandungan tranexamic acid untuk mengatasinya.

Kok bisa? Ya, jenis asam satu ini dapat membantu meratakan warna kulitmu. Bahkan, efeknya akan jauh lebih maksimal saat kamu mengombinasikannya dengan bahan aktif pencerah lainnya, seperti ceramide, niacinamide, hingga vitamin C.

Tak Cuma itu, skincare berkandungan asam traksenamat pun sangat baik bila dikombinasikan dengan sunscreen.

Sebab keduanya akan bersinergi dalam membantu menetralisir berbagai dampak buruk yang disebabkan paparan sinar matahari berlebihan, seperti warna kulit yang tidak merata.

Akhirnya, penggunaan topikal yang teratur skincare berkandungan tranexamic ini akan membantu meratakan warna kulit dan membuatnya lebih cerah.

Mengatasi Masalah Hiperpigmentasi

Selain warna kulit yang tidak merata, hiperpigmentasi pun menjadi masalah kecantikan yang sangat umum terjadi dan dirasakan sebagian besar perempuan.

Hiperpigmentasi yang dimaksudkan bisa kulit yang tampak lebih kusam, muncul sun spot atau flek hitam di bagian yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Nah, kalau kamu memiliki masalah serupa, enggak ada salahnya untuk mencoba produk perawatan wajah yang mengandung asam tranexamic.

Karena bahan aktif satu ini dapat membantu mengacaukan jalur kimia yang menyebabkan pigmentasi pada kulit dan menghambat produksi melanin.

Tak Cuma itu, kalau kamu memiliki masalah dengan bintik hitam yang parah, seperti melasma, kandungan ini juga diklaim sangat membantu, lho!

Bekerja Sebagai Anti Aging

membantu memelihara kesehatan tubuh

Memiliki kulit wajah yang selalu tampak awet muda adalah keinginan semua orang.  Apalagi kalau wajah kita bakalan selalu kencang, sehat dan tampak cerah berseri.

Karenanya, kini semakin banyak pula produk perawatan kecantikan yang menawarkan fungsi antiaging, yang bisa membantu merawat keremajaan kulitmu.

Selain itu, asam ini pun mampu membuat wajahmu jadi lebih bersih dengan menyamarkan bintik-bintik penuaan serta kerutan pada wajah kamu.

Membantu Mengontrol Kelembapan dan Peroduksi Sebum di Kulit

Apakah kamu memiliki wajah yang sangat berminyak, sampai-sampai sangat mudah berjerawat dan berkomedo?

Well, hal itu pastinya membuatmu jadi tidak nyaman. Apalagi kalau harus menggunakan make up dengan cukup sering atau dalam durasi yang agak lama.

Pastinya, akan susah untuk mempertahankan keawetan riasan yang kamu pakai dan membuat wajah jadi lebih lengket karena minyak berlebih.

Nah, tahukah kamu kalau asam traneksamat pun diketahui mampu membantu mengontrol kelembapan dan produksi sebum pada kulit.

Ya, pada penelitian awal-awal yang dilakukan pada bahan aktif satu ini, asam traneksamat sangat cocok digunakan untuk mencegah produksi sebum berlebih atau membuat wajah terlalu kering.

Meski begitu, manfaat satu ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Agar penggunaan asam traneksamat bisa lebih aman dan efektif bagi pemilik kulit berminyak.

Meredakan Peradangan Pada Kulit

iritasi kulit

Meski bernama asam, rupanya traksenamat memiliki sifat antiinflamasi jika digunakan dalam formula produk kecantikan tertentu.

Sebab, jenis asam ini pada dasarnya merupakan salah satu jenis asam amino yang dapat menimbulkan efek antiplamin.

Efek antiplasmin bekerja dengan menekan produksi enzim yang bisa menyebabkan reaksi peradangan pada tubuh, termasuk pada kulit wajah kamu.

Melindungi Kulit dari Sinar Ultraviolet

sinar ultraviolet untuk kulit (2)

Sinar matahari berlebihan merupakan salah satu penyebab terbesar dari berbagai masalah kecantikan, termasuk hiperpigmentasi, kulit kering dan kusam, hingga sun burning.

Bahkan beberapa penelitian pun menyebutkan radiasi uv dari sinar matahari bisa menyebabkan penuaan dini dan memperparah kondisi melasma pada kulit wajah kamu.

Untuk mencegah berbagai dampak buruk sinar matahari pada kulitmu, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan asam traneksamat yang dipadukan dengan bahan seperti vitamin C dan sunscreen.

Sebab, ketiganya dapat bersinergi untuk meningkatkan kekuatan pelidungan kulit dan menetralisir berbagai efek buruk yang disebabkan oleh sinar UV.

Mencerahkan Kulit Wajah

mencerahkan kulit

Hingga kini, banyak orang yang mengingkan wajah berseri dan cerah, akhirnya banyak juga produk perawatan kecantikan yang menawarkan klaim sama beredar di pasaran.

Nah, tranexamic acid ini hadir untuk memenuhi kebutuhan kecantikan tersebut. Bahan ini mampu menghambat produksi melanin pada kulit, membuat noda di wajah tersamarkan, dan membuat wajah tampak lebih cerah dari sebelumnya.

Membuat Kulit Jadi Lebih Sehat dan Terawat

memperkuat skin barrier

Tranexamic acid merupakan salah satu kandungan skincare yang wajib banget kamu coba. Sebab, bahan aktif satu ini mampu membuat kulit jadi lebih sehat dan terawat.

Dengan kemampuannya dalam melindungi, menghidrasi, dan meningkatkan kecerahan kulit. Tranexamic acid memberikan kesan sehat dan terawat pada wajah kamu, bila digunakan sebagai bagian dari perawatan kecantikan secara rutin.

Tak hanya itu, bahan aktif ini pun akan membuat kulitmu jadi lebih kencang, lembut, melawan kusam, hingga bisa selalu tampil mempesona dan awet muda.

Nah, itu adalah berbagai manfaat tranexamic acid yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan manfaat kandungan ini, kamu bisa menggunakan skincare dengan ekstrak yang sama sebagai perawatan harian.

Meski begitu, ada baiknya unutk menyesuaikan produk skincare yang kamu gunakan dengan kebutuhan kulit wajahmu.

Dengan begitu, kandungan dalam skincare akan bekerja jauh lebih efektif dalam menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit yang kamu alami.

Well, semoga artikel ini membantumu dan selamat mencoba, Ladies!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment