Enggak Boleh Sembarangan, Ini Tips Memilih Skincare untuk Remaja

tips memilih skincare untuk remaja

Pada usia remaja, hormone tubuh pun berada dalam fase perubahan atau transisi. Maka, enggak heran juga kalau dalam usia inilah berbagai masalah kesehatan kulit sering terjadi, misalnya muncul jerawat, bruntusan, hingga kulit yang jadi kusam.

Karenanya, skincare menjadi alternatif yang paling dicari untuk menyelesaikan dan mencegah masalah pubertas tersebut.

Namun, saking banyaknya produk perawatan kulit yang dijual di pasaran, kadang membuat bingung juga untuk menentukan produk mana yang paling baik dan cocok untuk digunakan pada wajah.

Padahal, dalam memilih produk skincare pun enggak bisa dilakukan dengan sembarangan. Apalagi pada kulit remaja yang masih rentan dan lebih sensitive dengan kulit orang dewasa.

Nah, untuk itu, kali ini kami akan berbagi beberapa tips memilih skincare untuk remaja yang aman dan efektif menangani berbagai masalah kecantikan.

Simak ulasan lengkapnya berikut ini, ya, Guys!

Mengapa Skincare untuk Remaja itu Perlu?

Apakah kamu tahu, bahwa tiap orang memiliki masalah kecantikan yang berbeda-beda, termasuk dipengaruhi oleh usia mereka?

Ya, beberapa artikel menyebutkan bahwa perubahan fisiologis pada remaja akan menimbulkan masalah tersendiri. Salah satu masalah yang sangat rentan terjadi adalah jerawat yang cukup banyak.

Jerawat ini muncul karena adanya gangguan pada kelenjar polosebaseus. Yang menimbulkan sumbatam dan peradangan pada lubang folikel, sehingga dapat memicu kemunculan jerawat di wajah.

Tak cuma itu, faktor kebersihan kulit, pola makan, dan perubahan hormonal pada remaja pun turut menjadi pemicu timbulnya jerawat.

Selain itu, kebanyakan juga remaja mengalami masalah kulit berminyak, hiperpigmentasi akibat bekas jerawat membandel, ataupun infeksi bakteri tertentu.

Karena berbagai masalah inilah, sangat wajar untuk para remaja mencari produk perawatan wajah yang mereka inginkan. Dan sebenarnya tidak ada batasan pasti juga, kapankah seseorang boleh menggunakan produk perawatan tertentu.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kondisi dan kebutuhan kulit itu sendiri. Sehingga ketika memilih produk, kamu tidak asal-asalan dan ketika digunakan tidak menimbulkan efek samping yang buruk bagi kulit.

Tips Memilih Skincare untuk Remaja yang Aman

tips memilih skincare untuk remaja (2)

Telah disinggung sebelumnya, bahwa permasalahan kulit akan berbeda-beda seiiring dengan pertambahan usia seseorang.

Begitu pun pada remaja, permasalahan yang dialami pun enggak akan sama dengan orang yang telah berumur antara 20-an awal ataupun akhir.

Nah, lalu bagaimana cara memilih skincare untuk remaja yang aman dan tepat? Gampang, banget! Kamu tinggal ikuti beberapa tips mudahnya berikut ini, deh.

Jangan Terlena dengan Branding Produk

Belakangan ini banyak bermunculan beauty vlogger, influencer, maupun TikTokers, yang membuat review mengenai produk kecantikan tertentu.

Selain itu, perkembangan dunia digital pun kadang membuat branding produk kosmetik jadi tampak begitu hebat dan menjanjikan.

Sehingga enggak heran bahwa produk-produk tertentu bisa jadi begitu popular dan sangat memikat, yang kemudian membuat audiensnya merasa tergugah untuk menggunakan produk yang sama.

Namun, ada baiknya kamu tidak gampang terlena dengan branding atau kepopuleran suatu produk. Sebab, belum tentu apa yang digunakan oleh reviewer itu akan cocok ketika diaplikasikan pada kulit kamu.

Karena padasarnya tiap orang memiliki jenis dan kebutuhan kulit yang berbeda satu sama lain. Maka kalau asal pakai karena terkenal, malah akan rentan menimbulkan berbagai masalah pada kulit wajah kamu.

Kenali Jenis atau Tipe Kulit Wajah

Telah banyak disinggung sebelumnya bahwa kunci dari keberhasilan skincare yang kamu gunakan adalah dari kecocokannya terhadap kulit. Karenanya, kamu juga harus tahu dan mengenali jenis kulit wajahmu sendiri.

Ada beberapa jenis kulit wajah yang berbeda, misalnya kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, serta kulit sensitif.

Kamu bisa baca lengkap soal jenis kulit  dan cara mengenalinya di sini.

Setelah mengetahui jenis kulit wajah kamu, hal yang harus dilakukan adalah memilih produk yang dapat cocok untuk kamu gunakan dan tidak akan menimbulkan masalah lanjutan.

Nah, berikut ini ada beberapa bahan atau komposisi dalam skincare yang disesuaikan dengan jenis kulit dan wajah tertentu. Cek mana yang cocok dengan jenis kulitmu, ya!

Kulit Berminyak

Kulit wajah yang berminyak biasanya ditandai dengan kilap berlebihan pada permukaan wajah, hal ini bisa membuat wajah rentan mengalami jerawat dan infeksi bakteri.

Beberapa bahan yang bisa kamu pertimbangkan untuk merawat wajah adalah asam alfa hidroksi, benzoil peroksida, vitamin C, serta asam hialuronat, yang dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih pada jaringan kulit.

Kulit Kering

Kulit remaja merupakan kulit yang umumnya sangat rentan kering, ini karena mereka sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari yang berlebih.

Kulit yang kering pun sama berisikonya dengan kulit berminya, malahan kurangnya kelembapan ini dapat membuat wajah mudah teriritasi dan rentan terkena sunburning.

Untuk merawat kulit yang kering, kamu bisa mencoba skincare dengan kandungan emollient seperti shea butter, coconut oil, extra virgin olive oil, hingga ceramide.

Semua kandungan tersebut dapat mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit dan menjaganya agar tidak mudah menghilang.

Kulit Sensitif

Kulit remaja pun dikenal cukup sensitive, karena masih dalam masa pertumbuhan. Untuk itu, kamu perlu memilih kandungan yang cukup ramah untuk kulit dan bersifat hypoallergic.

Beberapa bahan yang dimaksudkan antara lain shea butter, aloe vera, centella asiatica, dan berbagai kandungan lain yang memiliki fungsi moisturizing, calming, serta shooting pada kulit.

Perhatikan Kebutuhan dan Masalah Kecantikan yang Dialami

Setelah tahu kondisi kulit wajahmu, perhatikan juga kebutuhan dan masalah kecantikan apa yang kamu alami.

Kalau kamu paling banyak mengalami jerawat, maka pilihlah skincare dengan kandungan yang dapat menekan dan mengatasi pertumbuhan jerawat di wajah.

Begitupun kalau kamu hanya ingin menghilangkan bekasnya, maka focus dengan kandungan yang dapat membantu menyamarkan bintik hitam maupun bekas jerawat dari wajah.

Namun, yang perlu diperhatikan adalah ketika memilih skincare kamu juga perlu mengetahui adakah kandungan yang membuat kulitmu alergi.

Dengan mengetahuinya, kamu bisa menghindari terjadinya beruntusan, atau mencegah kondisi breakout pada jerawat.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan uji tempel pada kulit tangan kamu. Lakukan ini dengan mengaplikasikan sedikit produk tester yang disediakan di toko ataupun ritel skincare yang kamu kunjungi.

Setelah itu, diamkan selama beberapa saat dan lihat reaksinya pada kulitmu. Kalau tidak ada gejala buruk sama sekali, kamu bisa gunakan untuk merawat wajah dalam jangka panjang.

Hindari Kandungan Skincare yang Terlalu Keras

Salah satu hal yang harus kamu perhatikan adalah kandungan dalam komposisi skincare yang terlalu keras, sebaiknya hindari dan gunakan kandungan yang ramah untuk kulit.

Sebab, kulit remaja sebenarnya tidak terlalu membutuhkan kandungan bahan aktif yang terlalu kuat. Karena pada saat itu pun, kulitmu sebenarnya dalam proses perkembangan agar lebih matang, sehingga sebagian besar masalah yang muncul disebabkan oleh hormone dan genetic.

Penggunaan bahan-bahan yang terlalu keras akan membuat wajah rentan terkena iritasi ataupun alergi kosmetik.

Beberapa bahan yang perlu kamu hindari dalam skincare remaja antara lain, fragrance, essential oil, SLS, Alcohol, Paraben, exfoliator yang terlalu keras, retinoid dan lain sebagainya.

Utamakan Produk Ber-pH Seimbang

Kulit normal dan sehat memiliki pH  antara 4.5 hingga 5.0. Untuk menjaga keseimbangan pH, kamu perlu memilih produk dengan pH asam yang serupa dengan kulitmu secara alami.

Hal ini penting untuk merawat kulit, karena produk yang tidak memiliki pH seimbang dapat menghilangkan minyak alami kulit dan membuatnya lebih rentan terkena iritasi.

Pertimbankan Produk Berkandungan SPF

Sebagai seorang remaja, kamu pasti suka hangout bersama teman-teman, jalan-jalan dan aktivitas lainnya yang mengharuskanmu terpapar sinar matahari berlebihan.

Untuk itu, ada baiknya bagimu menggunakan produk yang mengandung SPF. Sehingga berbagai dampak buruk akibat sinar ultraviolet dapat diminimalisir dan kulit wajahmu akan tetap sehat terawat.

Menggnunakan Skincare Berkandungan Alami

Belakangan ini skincare dengan kandungan alami sangat digemari oleh masyarakat. Enggak heran juga, sebab bahan alami terbilang lebih ramah pada kulit dan sangat jarang menimbulkan reaksi alergi atau negative lainnya.

Meski begitu, bahan-bahan alami pun tak kalah hebatnya dalam menjaga kecantikan kulit wajahmu. Misalnya aloe vera, yang tak Cuma menyegarkan tapi juga bisa membuat kulit lebih lembap, lembut, dan menangkal radikal bebas.

Selain itu, ada juga minyak zaitun yang kaya akan vitamin E dan antioksidan alami. Bahan alami ini bisa membantu menenangkan kulit, setelah seharian terpapar sinar matahari, membuatnya jadi lebih lembut, dan membuatnya tampak cerah alami.

Nah, selain dua kandungan itu, masih banyak bahan alami lainnya yang bermanfaat untuk kulit remaja. Kamu bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan kulit wajahmu sendiri.

Cek Keamanan Produk

Yang satu ini penting banget untuk kamu lakukan, karena hingga kini masih banyak ditemukan berbagai jenis skincare ataupun kosmetik palsu serta berbahaya yang dijual di pasaran.

Untuk mengetahui keamanan produk ini, kamu bisa melihat kemasan produk dan mencari label Badan POM atau nomor registrasi resminya.

Kalau tidak ada, maka sudah bisa dipastikan produk itu illegal dan dapat dipertanyakan keamanannya untuk wajahmu.

Agar lebih jelas, kamu juga bisa baca tentang Cara Cek BPOM Kosmetik Palsu Atau Asli.

Sesuaikan dengan Budget

Sebagai seorang remaja, kamu pasti juga hanya mengandalkan uang saku dari orang tua untuk membeli produk skincare yang kamu inginkan.

Sebenarnya, banyak kok skincare lokal yang tak kalah hebatnya dengan produk perawatan luar. Selain itu, produk ini pun biasanya memiliki harga yang jauh lebih murah, sehingga akan cocok dengan kantong pelajar.

Nah, itu adalah berbagai tips memilih skincare untuk remaja yang bisa kamu terapkan sebelum membeli produk perawatan wajah di berbagai ritel kosmetik.

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan kandungan dan fungsi produk dengan kebutuhan wajahmu. Dan jangan pula mudah tergiur dengan iklan atau kosmetik-kosmetik yang tengah viral di media sosial.

Sebab, hal yang paling utama adalah kecocokan kandungan dan bahan yang ada dalam skincare pada wajahmu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment