Awas Berbahaya, Ini Dia Cara Cek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu!

cara daftar bpom

Dalam hal merawat wajah, tentunya kamu tidak boleh sembarangan menggunakan produk skincare maupun make up. Kamu perlu mengetahui apakah produk tersebut aman atau tidak. Simak artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara memeriksa keamanan produk untuk wajah.

Hingga kini ada ribuan produk kosmetik yang diproduksi di Indonesia. Dari berbagai merk, jenis hingga perusahaan pembuatnya. Jika tak berhati-hati dan belum tahu cara cek aman atau tidaknya produk kosmetik menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), kamu bisa saja salah memilih produk yang ilegal dan berbahaya.

Misalnya nih, pada 2018 lalu Tirto.id membeberkan daftar merk kosmetik terkenal yang dipalsukan. Semuanya mengandung bahan-bahan yang berbahaya dan dilarang dalam pembuatan kosmetik. Tak hanya rugi secara ekonomi, dengan memakai kosmetik berbahaya juga malah bisa membuat kulitmu infeksi dan mengalami luka iritasi yang parah.

Nah, sebelum mencoba produk kosmetik tertentu, enggak ada salahnya untuk kita mencaritahu tentang keamanan produk tersebut. Apalagi enggak sedikit kasus-kasus kerusakan kulit wajah karena menggunakan kosmetik ilegal yang mengandung bahan-bahan berbahaya.

Cara cek BPOM kosmetik itu mudah banget. Mau tahu? Baca ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Cara Cek BPOM Kosmetik Secara Manual – Metode CEKLIK

Salah satu cara untuk mengecek keaslian dan legaligtas produk kosmetik adalah dengan menggunakan CEKLIK BPOM. Program cek BPOM ini telah dimulai sejak tahun 2015 lalu, lho.

CEKLIK ini merupakan pengecekan lewat kemasan atau kondisi barang secara fisik. Kalau kamu belinya langsung ke toko, cara ini paling efisien. CEKLIK merupakan gabungan kata “cek” dan akronim “KLIK”, yang memiliki uraian sebagai berikut:

K: Kemasan

Mulailah dengan cek kondisi kemasan produk kosmetik. Bila ketika beli kamu mendapati kondisi kemasannya tidak layak, maka kamu harus lebih waspada. Pasalnya jika kemasannya rusak, bisa saja kandungan yang ada dalam kosmetik tersebut telah terkontaminasi oleh bakteri dan teroksidasi.

Misalnya, kamu ingin membeli skincare di toko kosmetik yang tak jauh dari rumahmu. Langkah pertama, perhatikan kemasan pembungkus produk. Lihat baik-baik apakah kemasannya tidak rusak, misalnya kerdusnya robek atau botolnya tidak pecah atau retak.

Jika hal-hal itu terdapat dalam kemasan produk kosmetik yang akan dibeli, ada kemungkinan kandungan yang ada dalam kosemtik tersebut sudah teroksidasi atau bahkan terinfeksi mikroba.

L: Label

Setiap kosmetik pasti dilengkapi dengan label yang berisikan kandungan produk, manfaat dan nama serta informasi perusahaan. Nah dari label ini kamu bisa cari tahu bahan-bahan yang digunakan dalam kosmetikmu.

Kalau kamu tidak begitu memahami bahan-bahan itu, cobalah tanya pada shopkeeper atau melakukan pencarian singkat di Google. Bahan-bahan yang tidak diizinkan dalam kosmetik antara lain,  petroleum, polythylene, butylate hydroxyanisole (BHA), klorin, benzene, dan masih banyak lainnya.

I: Izin Edar

BPOM adalah lembaga dalam negeri yang bertugas memberikan perizinan mengenai obat-obatan dan makanan yang akan diedarkan. Nah, untuk mendapatkan izin edar tersebut, makanan dan obat-obatan yang dimaksud haruslah yang dinyatakan tidak berbahaya. Cek BPOM kosmetik selanjutnya adalah melalui izin edar.

Izin edar ini biasanya diwujudkan dalam bentuk nomor registrasi resmi dan biasa dicantumkan di kemasan produk. Yang keasliannya dapat kamu cek langsung lewat website resmi BPOM.

K: Kedaluwarsa

Ini krusial banget, ya! Meski merk terjamin, kalau kedaluarsa juga bahaya kalau digunakan. Dan tidak sedikit pula pedagang-pedagang yang nakal tanpa mau tahu menjual kosmetik-kosmetik yang kedaluwarsa.

Jika kamu tetap nekat juga memakai kosmetik yang telah lewat tanggal kedaluwarsanya, bisa-bisa kulitmu jadi iritasi dan infeksi. Hati-hati ya, guys!

Cara Cek BPOM Kosmetik Lewat Website

Cek BPOM Kosmetik melalui website
Cek BPOM Kosmetik Lewat Website

Bagi kamu yang mau belanja kosmetik secara online, sebelum beli ada baiknya cek dulu keamanan produk dan merk yang akan dibeli di website BPOM. Caranya cukup mudah, hanya ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Kunjungi website BPOM RI

Pertama kamu harus mengunjungi website resmi BPOM di cek.bpom.pom.go.id. Cara cek-nya sendiri cukup mudah, kamu hanya perlu menyetting kategori pencarian produk kosmetik yang diinginkan. Misalnya lewat nomor registrasi, merk, nama produk, merk hingga nama perusahaan pendaftar.

Cari Berdasarkan Nomor Registrasi

Begitu masuk di beranda situs, kamu dapat melihat dua kolom di bawah tulisan “Cari Produk”. Kolom pertama berisikan kategori yang dijadikan sebagai dasar pencarian. Kolom kedua kata kunci yang sesuai dengan kategori yang sebelumnya dimasukkan.

Bila mencari berdasarkan nomor registrasi, kamu bisa pilih kategori yang sama. Setelah itu cukup masukkan nomor registrasi BPOM kosmetik kamu di kolom kata kunci. Setelah itu klik enter atau klik ikon “CARI”.

Apabila kosmetik yang kamu cari telah terdaftar secara legal, maka data dan informasi mengenai produk dan perusahaan kosmetik tersebut akan muncul. Bahkan info yang diberikan cukup lengkap, dengan disertai tanggal kapan kosmetik yang kamu cari mulai diedarkan. Nah, sebaliknya jika kosmetik itu palsu atau ilegal, maka kemungkinan besar informasi tidak dapat dicari.

Sebagai contoh, mari kita cek nomor registrasi dari produk dari Sephora Collection berikut ini. Telah disebutkan bahwa nomor registrasi BPOM telah dicantumkan dalam kemasan tersebut. Nah, nomor itulah yang akan kita gunakan.

no registrasi web

Cari Berdasarkan Nama

Tak hanya dengan cara memasukkan nomor registrasi, kamu juga bisa cek keamanan produk kosmetik di BPOM dengan nama produk. Caranya juga sama, kamu tinggal mengklik tanda panah yang ada pada kolom di bawah tulisan “Cari Produk” dan pilih “Nama Produk”.

Selanjutnya di kolom “Kata Kunci”, kamu dapat menuliskan nama produk yang ingin dipastikan keasliannya. Setelahnya, mulai pencarian dengan menekan enter atau klik ikon “Cari”, lalu tunggu sampai produk yang kamu maksud muncul.

Sebagai contoh, Misalnya produk yang ingin dicari adalah liptint. Maka hal pertama yang harus dilakukan adalah mengatur kategori pencarian menjadi “Nama Produk”.

Setelah itu di bagian kata kunci masukkan nama produk, yakni “Lip Tint”, kemudian lakukan pencarian. Nah setelah berhasil akan muncul daftar liptint dari berbagai merek dan varian seperti gambar di bawah ini.

nama produk 1

Cari Berdasarkan Merk Produk

Sama halnya dengan mencari berdasarakan nama produk, langkah yang diperlukan untuk mencari data kosmetik dengan merk produk juga cukup mudah. Kamu hanya perlu mengubah kategori pencarian menjadi “Merk Produk”, lalu isi kata kunci dengan merk yang kamu inginkan.

Sebagai contoh lihat gambar di bawah ini. Kategori produk sudah disetting menjadi “Merk Produk”, sementara kata kunci sudah ditulis dengan merk kosmetik yang diinginkan, misalnya Sephora.

merk web

Ketika merk kosmetk yang kamu masukkan telah memiliki izin edar resmi, maka secara otomatis data dan informasi mengenai semua produk dari merk tersebut akan muncul, seperti gambar di atas.

Cari Berdasarkan Nama Pendaftar

Langkah berikutnya terkait cara cek kosmetik yang terdaftar di BPOM adalah dengan mencari berdasarkan perusahaan atau nama PT yang mendaftarkan kosmetik tersebut. Misalnya nih, kalau kamu maklon kosmetik di PT. Mash Moshem Indonesia, maka nama perusahaan juga akan dicantumkan dalam informasi produk kosmetik yang dicari.

Untuk mengetahui apakah produk kosmetik yang kamu pakai aman menurut BPOM, cukup klik pilihan Nama Pendaftar di kolom cari produk. Sebagai contoh mari kita cari produk kosmetik yang diproduksi oleh PT. Sephora Indonesia di bawah ini.

nama pendaftar web

Di kolom “Kata Kunci” masukkan nama perusahaan pembuat produk kosmetik yang kamu gunakan, setelah itu informasi mengenai kosmetik tersebut akan muncul seperti gambar di atas.

Cara Cek BPOM Kosmetik melalui Aplikasi Mobile

nama produsen cek bpom

Saat ini, kamu juga sudah bisa mengunduh aplikasi BPOM di smartphone untuk cek legalitas produk kosmetik yang akan kamu beli.

Sama halnya seperti lewat website, dalam aplikasi CEK BPOM juga terdapat pencarian yang didasarkan lewat kategori. Namun di aplikasi CEK BPOM hanya ada tiga kategori yang disediakan. Yakni berdasarkan nomor registrasi,  berdasarkan nama produk atau nama dagang, dan berdasar nama produsen/importir.

CEK BPOM Berdasarkan Nomor Registrasi

Aplikasi CEK BPOM ini sangat praktis lho, Kawan. Karena aplikasinya tidak memiliki banyak fitur atau menu lain, dan hanya dikhususkan untuk pengecekan keaslian produk kosmetik, obat-obatan dan makanan yang terdaftar di BPOM.

Pada halaman muka, kamu akan langsung disuguhkan mesin pencarian seperti gambar di bawah ini.

nomor reg cek bpom

Pada gambar di atas, dapat diketahui ada tiga kolom pengisian dan satu tombol CARI PRODUK. Ketika kamu ingin cek berdasarkan nomor registrasi, maka biarkan kolom kategori tetap pada “Nomor Registrasi”.

no reg hasil

Setelah itu kamu tinggal memasukkan nomor registrasi dari produk kosmetik yang diinginkan. Jika kosmetik yang kamu beli terdaftar di BPOM maka data dari produk tersebut akan muncul, seperti gambar di atas.

CEK BPOM Berdasarkan Nama Produk atau Nama Dagang

Dalam pencarian kategori ini, kamu bisa memasukkan dua kata kunci lho. Yakni nama atau jenis produk, dan nama dagang atau merk tertentu. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini.

nama produk cek bpom

Nah, untuk melakukan pencarian berdasarkan kategori nama produk atau nama dagang, kamu cukup menguba kategori pencarian seperti gambar di atas. Lalu ketik merk atau jenis produk yang ingin kamu cari. Nanti hasilnya akan ditampilkan seperti gambar di bawah ini.

nama produk

CEK BPOM Berdasarkan Nama Produsen / Importir

Sama halnya dengan dua pencarian sebelumnya, untuk menggunakan kategori ini kamu hanya perlu mengubah pilihan kategori menjadi “Nama Produsen / Importir”, seperti gambar di bawah ini.

nama produsen cek bpom

Setelah selesai kamu setting demikian, cukup masukkan nama perusahaan atau pabrik pembuat kosmetik yang kamu inginkan. Ketika nama produsen atau pabrik kosmetik yang dimaksud terdaftar, maka nama produk yang dikeluarkan akan muncul seperti gambar di bawah ini.

nama produsen hasil

Nah, sebenarnya ada tips untuk mempermudah penggunaan aplikasi ini. Pertama, kamu tidak perlu repot untuk memasukkan seluruh huruf atau angka secara lengkap. Cukup sebagian atau salah satunya saja. Aplikasi akan tetap bisa mendeteksi produk yang kamu cari, dengan catatan kalau emang terdaftar di BPOM, ya.

Kedua, khusus untuk pencarian berdasarkan kategori nomor registasi cukup memasukkan sebagian huruf atau angkanya saja tanpa tanda titik ataupun spasi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mendapati Kosmetik Palsu?

pengaduan

Setelah membaca langkah-langkah cek BPOM kosmetik di atas, akmu tentu sudah memahami bagaimana cara cek keamanan produk kosmetik favoritmu. Baik secara manual, lewat website resmi BPOM, dan aplikasi CEK BPOM di smartphone atau gadgetmu.

Ketika menemukan produk kosmetik yang diinginkan terdaftar di BPOM, kamu pasti sangat lega. Tapi bagaimana kalau hal sebaliknya yang terjadi. Apalagi kalau kamu cek saat setelah membeli. Pasti kesal dan khawatir banget, kan.

Nah, agar tidak ada orang lain yang mengalami hal serupa. Kamu bisa melakukan pengaduan ke BPOM atas kosmetik ilegal yang kamu temukan.

Cara pengaduannya juga cukup mudah, bisa lewat aplikasi atau situs web resmi BPOM. Lihat langkah-langkah di bawah ini untuk lebih jelasnya, ya.

1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id

2. Klik bagian Layanan Online

3. Klik bagian Layanan Pengaduan Konsumen

4. Setelah itu, akan muncul keterangan terkait Layanan Pengaduan Konsumen yang mencakup nomor telp, sms, email dan akun media sosial resmi BPOM.

Itu adalah langkah-langkah pengecekan kosmetik palsu atau asli lewat BPOM. Mulai dari yang manual, lewat website, sampai pakai aplikasi CEK BPOM. Tak hanya itu, kamu juga jadi tahu apa yang harus dilakukan ketika menemukan kosmetik palsu. Apa kamu udah pernah coba menerapkan hal itu saat membeli produk kosmetik? Diskusi di kolom komentar, yuk!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment