Sel Kulit Mati Menumpuk? Intip Cara Mengatasinya Berikut Ini!

sel kulit mati

Tahukah kamu, kalau sebenarnya kulit kita secara alami akan memperbaharui diri setiap 28 hingga 30 hari sekali. Dan pada proses inilah, sel kulit mati pun akan terangkat dari permukaan kulit secara alamaiah pula.

Sayangnya, proses ini kadang tidak berjalan dengan baik, yang kemudian akan menyebabkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Nah, hal inilah yang akhirnya menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Termasuk membuat wajah jadi kusam, rentan mengalami jerawat dan komedo, hingga menyebabkan kerja skincare yang akan kamu gunakan selanjutnya tidak bisa optimal.

Selain itu, sel kulit mati yang tidak bisa terangkat akan mengganggu fungsi kulit dalam memperoduksi sel baru yang lebih sehat.

Hasilnya, kesehatan wajahmu akan semakin menurun. Dan bukan tidak mungkin, jika berbagai tanda penuaan akan muncul secara premature di kulitmu.

Duh! Enggak kebayang, dong, kalau di umur 20-an udah muncul kerutan halus di wajah dan kulit kehilangan rona alaminya!

Tapi jangan khawatir, sel kulit mati bisa diatasi dengan cukup mudah. Kamu hanya perlu pantengin penjelasan lengkap soal berbagai cara mengangkat sel kulit mati berikut ini.

Penyebab Menumpuknya Sel Kulit Mati

Cropped shot of sad embarresed young woman with curly hair and healthy skin pressed her lips, feels confused, abused and sad isolated over white background Standing half naked after shower

Telah disinggung sebelumnya, penumpukan sel kulit mati ini dapat mengakibatkan berbagai permasalahan pada kulit wajah kamu.

Mulai dari penyumbatan pori-pori, bikin wajah tampak kusam, pun memicu kemunculan komedo ataupun jerawat di wajah.

Nah, sebenarnya apa, sih, yang menyebabkan sel kulit mati ini menumpuk? Yuk, cari tahu jawabannya dan cegah hal ini terjadi!

Cara Membersihkan Wajah yang Kurang Maksimal

fungsi toner

Sebenarnya, banyak sekali hal yang dapat membuat sel kulit mati menumpuk pada wajah kamu. Beberapa diantaranya adalah kotoran sisa make up, polusi, dan sebum berlebihan yang tidak dibersihkan dengan baik.

Nah, enggak semua dari kita melakukan cara membersihkan wajah yang maksimal. Hasilnya berbagai hal yang telah disebutkan di atas, akan menyebabkan produksi sel kulit baru terhambat dan sel kulit mati tidak bisa terangkat dengan maksimal.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan teknik double cleansing. Yakni, proses pembersihan wajah dengan dua langkah.

Pertama kamu bisa menggunakan produk pembersih berbahan dasar minyak, seperti cleansing balm, cleansing oil, dan cleansing milk. Sementara, di tahap kedua kamu bisa memakai produk pencuci wajah seperti cleansing foam.

Proses ini akan membantu proses pengangkatan kotoran jadi lebih maksimal, bahkan bisa membantu meluruhkan sel kulit mati yang terlanjur menumpuk hinga ke dalam pori-pori kulit.

Tidak Melakukan Eksfoliasi Secara Rutin

moisturizer

Selain membersihkan wajah dengan teknik double cleansing, kamu pun perlu melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Meski tidak setiap hari dilakukan, setidaknya tiap minggu sekali perawatan wajah satu ini perlu dilakukan.

Hal ini dikarenakan, eksfoliasi ampuh mengangkat sisa sel kulit mati yang menumpuk dan bahkan mengatasi masalah kecantikan tertentu, misalnya milia dan komedo.

Tak hanya itu, eksfoliasi pun dapat membantu proses regenerasi kulit dengan lebih maksimal. Karenanya, jika kamu tidak melakukannya denganteratur, maka kemungkinan besar sel kulit mati akan menumpuk dan malah menimbulkan masalah kecantikan lainnya.

Tidak Menggunakan Moisturizer atau Pelembap Wajah

manfaat memakai moisturizer secara rutin

Kamu mungkin mengira, pelembap atau moisturizer hanya berguna untuk memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Nyatanya, lebih dari itu, pelembap sangat berkaitan juga dengan penumpukan sel kulit mati di wajah.

Yap! Hal ini dikarenakan, penggunaan moisturizer sebenarnya juga sangat membantu kulit kamu untuk melakukan pengelupasan secara alamiah dengan lebih optimal.

Pelembap mengandung berbagai bahan aktif dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh kulit, yang juga sangat mendukung fungsi alamiah jaringan kulit kamu, termasuk dalam merangsang proses regenerasi sel baru.

Selain itu, kulit yang dalam kondisi terlalu kering pun diketahui lebih berisiko mengalami penumpkan sel kulit mati. Karena, fungsi kulit tidak dapat bekerja optimal dan akhirnya proses regenerasi sel baru akan terhambat dan tertumpuk dengan sel kulit lama yang enggan hilang.

Perubahan Lingkungan

polusi

Selain faktor kebersihan wajah, ada hal lain yang juga enggak kalah berpengaruhnya pada penumpukan sel kulit mati, termasuk perubahan lingkungan.

Perubahan yang dimaksudkan adalah mengenai iklim dan cuaca yang sangat umum terjadi. Misalnya saja, bila cuaca terlalu kering dan memiliki suhu yang sangat rendah, maka kelembapan pada kulit pun akan turut menurun.

Bila kamu tidak mengimbanginya dengan penggunaan moisturizer, maka akan membuat kulit jadi lebih kering. Hasilnya proses regenerasi pun akan jadi terhambat, dan sel kulit mati akan jadi lebih menumpuk.

Faktor Usia

faktor usia

Enggak bisa terelakkan lagi, faktor usia juga sangat berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Sebab, semakin bertambahnya usia seseorang maka akan semakin rendah juga kemampuan diri untuk memproduksi kolagen dan proses regenerasi sel kulit pun akan turut menurun.

Selain itu, kemampuan kulit untuk memproduksi sebum pun bisa berkurang, dan akhirnya menyebabkan kulit lebih mudah kering serta menimbulkan penumpukan sel kulit mati.

Rangakaian Skincare untuk Mengangkat Sel Kulit Mati

cara mengangkat sel kulit mati

Setelah mengetahui berbagai penyebab menumpuknya sel kulit mati dan dapat menghindarinya, kamu pun bisa menggunakan rangkaian skincare untuk mengangkat sel kulit mati berikut.

Melakukan Double Cleansing dan Membasuh Wajah dengan Air Hangat

mencuci muka (1)

Rangakaian skincare untuk mengankat sel kulit mati yang pertama adalah dengan melakukan double cleansing, plus membilas wajah dengan handung hangat.

Double cleansing merupakan cara membersihkan wajah dengan dua tahap pembersihan. Tahap pertama menggunakan cleansing oil, cleansing balm, maupun milk cleanser.

Tahap pertama ini membantu mengangkat kotoran yang susah dibersihkan jika hanya dengan menggunakan sabun muka, seperti sisa make up, minyak berlebih, hingga kotoran dan polusi.

Sementara pada tahap kedua, barulah kamu mencuci muka dengan facial wash maupun facial foam. Langkah ini akan memberikan pembersihan ekstra, dengan memastikan tak ada kotoran yang tersisa di wajahmu.

Agar semakin mudah, kamu bisa menggunakan handuk hangat setelah proses pembersihan tahap pertama.

Suhu hangat yang ada pada handuk bisa membantu membuka pori-pori wajah kamu, sehingga sel kulit mati yang menyumbat dan terlanjur menumpuk akan lebih mudah terangkat.

Tak hanya itu, suhu hangat pun disinyalir mampu memperlancar peredaran darah, sehingga fungsi kulit pun akan jauh lebih optimal dan mudah menyerap nutrisi dari skincare lanjutan yang kamu pakai.

Gunakan Scrub Wajah

mengangkat sel kulit mati

Selain menggunakan teknik double cleansing, kamu bisa pakai juga scrub wajah. Perawatan ini enggak perlu kamu lakukan tiap hari, cukup gunakan sebanyak seminggu sekali.

Dengan eksfoliasi secara rutin, sel kulit mati dapat dikikis sedikit demi sedikit. Hingga dapat mengurangi kadar penumpukannya.

Tak hanya itu, scrub wajah pun terbukti ampuh merangsang produksi sel kulit baru yang jauh lebih sehat. Sehingga penampilan kulit wajahmu akan jauh lebih optimal dari sebelumnya.

Gunakan Peeling Wajah

Selain dua acara di atas, kamu bisa juga menggunakan peeling wajah, lho. Cara ini pun enggak kalah efektifnya dalam membantu mengatasi sel kulit mati yang menumpuk.

Peeling wajah pun terbilang sama sederhananya dengan scrub wajah ataupun cleanser. Terlebih kini banyak pilihan produk dan jenis peeling wajah yang bisa kamu gunakan.

Mulai dari peeling gel, peeling powder, peeling pad, dan masih banyak lainnya. Kamu bisa sesuaikan jenis peeling wajah ini dengan kondisi dan kebutuhan kulit kamu.

Peel Off Mask

Masker wajah kini banyak variasinya, termasuk yang berjenis peel off. Masker ini biasanya berbentuk gel dan sangat ampuh untuk mengangkat kotoran, sisa minyak wajah, hingga sel-sel kulit mati di bagian terdalam pori-pori.

Nah, produk ini pastinya juga bisa kamu gunakan untuk menagatsi sel kulit mati. Sayangnya, untuk pemilik kulit sensitive, ada baiknya untuk menghindari peel off mask. Karena berkemungkinan besar dapat menimbulkan reaksi iritasi pada kulit.

Sel kulit mati memang seharusnya secara berkala dibersihkan agar tidak menumpuk. Selain membuat kulitmu kusam, hal tersebut pun akan memicu banyak masalah kecantikan kulit, seperti munculnya komedo, jerawat, dan lain-lain.

Kamu bisa mempraktekkan berbagai cara mengangkat sel kulit mati yang telah direkomendasikan di atas. Pilih yang paling cocok dan nyaman untuk kamu gunakan atau aplikasikan pada jenis kulit wajahmu, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment