Simak Rahasia Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Ini

manfaat tea tree oil untuk kecantikan (2)

Manfaat teh dalam memelihara kesehatan kulit dan rambut bukanlah hal yang baru lagi di dunia kecantikan. Bahkan, kamu akan sangat mudah menemukan berbagai produk kosmetik yang menggunakan teh sebagai bahan dasar maupun campuran dalam formulanya.

Namun, selain dari daun teh itu sendiri, apakah kamu pernah mendengar tentang manfaat tea tree oil untuk kecantikan kulit dan rambut?

Well, minyak pohon teh juga telah sempat popular beberapa waktu lalu. Apalagi kalau kamu penggemar K-beauty product, pasti sudah enggak asing lagi dengan bahan satu ini.

Minyak pohon teh diduga memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut.

Penasaran apa saja manfaat tea tree oil untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, cek daftar lengkapnya lewat ulasan berikut ini, Ladies!

Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat tea tree oil untuk kecantikan (1)

Tea tree oil telah banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah. Hal ini dikarenakan kandungan antibakteri, antiinflamasi, dan antioskidan yang dimilikinya sangat tinggi serta baik untuk merawat kulit.

Membantu Mengobati Jerawat Membandel

wajah berjerawat

Tahukah kamu kalau minyak pohon teh telah terbukti dan teruji mampu mengurangi jerawat pada wajah, serta meredakan tingkat keparahannya?

Well, manfaat tea tree oil untuk kecantikan ini didukung dari kandungan antimikroba serta antiinflamasi yang dimilikinya.

Bahkan, kerja tea tree oil dalam mengatasi jerawat juga bisa disejajarkan dengan kefektifan benzoil peroksida.

Tak hanya itu, enggak sedikit juga produk perawatan wajah berjerawat yang berekstrak tea tree oil, mengklaim bahwa kandungan ini mampu mencegah kemunculan jerawat kembali, menyamarkan luka, dan menghilangkan bekasnya dari kulit wajah.

Menenangkan Berbagai Gejala Peradangan

iritasi kulit

Peradangan pada kulit wajah sangatlah umum terjadi. Selain pada orang dengan kulit sensitif, peradangan ini bisa muncul karena kesalahan menggunakan produk perawatan wajah tertentu, akibat jerawat atau luka, hingga sengatan serangga.

Kabar baiknya, manfaat tea tree oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengatasi gejala peradangan dan menenangkannya. Misalnya membantu menetralisir iritasi, kemerahan, dan pembengkakan yang sering muncul.

Memberihkan Penyumbatan pada Kelenjar Minyak

berbagai masalah kulit wajah

Selain masalah hormone dan genetika, jerawat juga bisa disebabkan karena adanya penyumbatan pada kelenjar minyak atau pori-pori kulit.

Untuk mencegah situasi tersebut bertambah buruk, kamu bisa menggunakan tea tree oil untuk mengatasinya.

Ya, sebab bahan alami ini akan membantu meluruhkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Sehingga proses pembersihan dan eksfoliasi wajah akan jadi kian mudah serta lebih efektif.

Mengontrol Produksi Minyak Alami pada Kulit

kulit sehat

Meskipun berbentuk minyak, tapi tahukah kamu kalau manfaat tea tree oil selanjutnya adalah membantu mengontrol produksi sebum pada kulit?

Ya, kandungan antiseptic dalam minyak alami ini diketahui dapat membantu mengangkat minyak berlebih pada epidermis. Tak hanya itu, ia bahkan bisa mengontrol produksi minyak yang berlebihan pada jaringan kulit.

Bahkan beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa dengan menggunakan tabir surya berekstrak tea tree oil selama sebulan rutin, kulit akan mengalami perbaikan dan tidak akan terlalu berminyak.

Mengatasi Rasa Gatal pada Kulit

cara mengatasi melasma

Manfaat tea tree oil untuk kecantikan lainnya juga bisa membantu dalam meringankan rasa gatal yang timbul pada kulit. Khasiatnya ini didapat dari kandungan antiradang yang ada dalam tea tree oil, sehingga berbagai gejala seperti infeksi yang ada dapat diminimalisir.

Membantu Melembapkan Kulit

Melembabkan Kulit

Selain membantu membuat kulit tidak berminyak, tea tree oil juga enggak akan membiarkan kulitmu jadi kering ataupun dehidrasi.

Malahan bahan alami ini akan membantu meringangkan gejala kulit kering dan membantu memberikan lapisan kelembapan ekstra pada epidermis.

Dapat Menghilangkan Bau Badan

penyebab ketiak hitam

Bau badan yang tidak sedap kerap kali membuat kepercayaan diri kita menurun. Kondisi ini sebenarnya juga dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya kebiasaan yang buruk, makanan yang salah, hingga kondisi hormone tertentu.

Nah, untuk mengurangi bau badan tak sedap ini, kamu pun dapat memanfaatkan tea tree oil, lho. Karena bahan alami satu ini dapat bekerja sebagai antimikroba atau antibacterial yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan.

Manfaat Tea Tree Oil untuk Kecantikan Rambut

hair oil (2)

Selain masalah pada kesehatan kulit, manfaat tea tree oil pada kecantikan rambut pun tak kalah banyaknya. Bahkan minyak alami ini telah digunakan selama berabad-abad untuk membantu merawat kecantikan dan rambut perempuan zaman dulu.

Nah, kira-kira apa saja manfaat tea tree oil untuk kecantikan rambut yang perlu kamu ketahui? Langsung simak ulasan tentang khasiat bahan alami ini berikut, ya, Guys!

Melembutkan dan Menghaluskan Rambut

Apakah kamu memiliki masalah dengan rambut yang tampak kasar dan kusam? Well, untuk mengatasinya kamu bisa mencoba menggunakan tea tree oil sebagai perawatan rambut, lho.

Kemampuannya dalam melembapkan dan menutrisi bisa memberikan efek yang sangat baik bagi rambut kamu, dan menjadikannya lebih lembut dan halus.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengkombinasikannya dengan beberapa jenis minyak pembawa lain, seperti coconut oil atau olive oil.

Merangsang Pertumbuah Rambut

Tak hanya dapat memperbaiki tekstur rambut, tea tree oil pun dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Hal ini tentunya sangat pas untuk kamu yang bermasalah dengan kerontokan dan penipisan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat tea tree oil untuk kecantikan rambut ini, kamu bisa mencampurnya dengan minyak kelapa dan menggunakannya sebagai hair mask alami.

Kedua bahan alami ini akan mengembalikan protein yang hilang pada akar rambut. Sehingga akan meningkatkan kesehatan kulit kepala dan dapat merangsang pertumbuhan rambut agar lebih efektif.

Memberikan Kelembapan Tambahan pada Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Rambut yang terhidrasi dengan baik akan memiliki kekuatan dan perlindungan ekstra, sehingga tidak akan mudah rapuh ataupun mengalami kerontokan yang esktrem.

Nah, untuk menjaga kelembapan pada rambut kamu bisa menggunakan campuran minyak pohon teh dengan aloe vera gel sebagai hair mask alami.

Penggunaan kombinasi kedua bahan ini akan memberikan hidrasi ekstra pada rambutmu. Sehingga dapat mencegah kondisi rambut yang kering, kusut, kusam, bahkan tampak rapuh.

Menghalau Adanya Ketombe di Kulit Kepala

sampo untuk rambut berketombe (1)

Selain rambut rontok, ketombe adalah masalah lain yang kerap dialami oleh banyak orang. Penyebab kondisis ini pun sangatlah beragam, mulai dari produksi minyak berlebih pada kulit kepala, atau justru rambut yang terlalu kering, hingga infeksi jamur tertentu.

Nah, untungnya tea tree oil dapat membantu menghalau adanya ketombe di kulit kepala kamu. Yakni dengan menghambat dan menghilangkan penyebabnya dari ketombe di kulit kepala dan mecegah adanya pengelupasan berlebihan.

Tak hanya itu, sifat antiinflamasi dalam kandungan ini pun dapat membantu menenangkan dan meredakan rasa gatal yang muncul akibat ketombe.

Menghilangkan Kutu dari Rambut

Kutu rambut adalah masalah paling menyebalkan yang mungkin bisa kamu bayangkan. Bagaimana tidak? Sudah menimbulkan rasa gatal dan bau pada kulit kepala, kutu-kutu ini pun dapat berkembang biak dan menginvasi seluruh kulit kepalamu.

Adanya kutu pada kulit kepala ini bisa disebabkan oleh kesehatan dan kebiasaan yang buruk. Bisa juga karena tertular atau kontak dengan orang yang memiliki masalah serupa.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebab tea tree oil juga bisa membantumu mencegah masalah kutu rambut ini kian parah dan membesar, lho.

Kemampuan tea tree oil ini didapatkan dari kandungan senyawa insektisida yang dimilikinya. Sehingga ketika kamu menggunakan bahan alami ini sebagai masker rambut secara rutin, maka kutu-kutu yang ada di kepala disinyalir akan hilang secara bertahap.

Memperkuat Rambut dan Mencegah Kerontokan

rambut rusak parah

Manfaat tea tree oil untuk kecantikan rambut lainnya adalah dapat memperkuat rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

Manfaat ini didapatkan dari berbagai kandungan nutrisi yang ada dalam tea tree oil, sehingga ketika digunakan sebagai perawatan rambut, bahan alami ini akan membantu merawat kesehatan dan kekuatannya.

Nah, itu adalah berbagai manfaat tea tree oil untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu ketahui. Untuk mendapatkan khasiat bahan alami ini, kamu bisa menggunakannya sebagai bagian dari rangkaian perawatan kecantikan harianmu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment