Boleh Dicoba, Berikut Berbagai Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

cara menghilangkan bekas luka

Selain noda hitam akibat jerawat dan sun spot, bekas luka yang ada di kulit pun terkadang sangat mengganggu serta butuh waktu lama sampai menghilang.

Memang sih, penampilan bekas luka di kulit ini bisa ditutupi menggunakan foundation atau alas bedak. Namun sifatnya hanyalah sementara, kalau make up sudah dibersihkan maka bekas itu juga akan masih ada.

Sebenarnya munculnya bekas menghitam akibat luka ini hal yang sangat alami dan menjadi bagian dari proses penyembuhan kulit.

Karena saat lapisan dermis rusak akibat luka sayatan, terbakar, atau yang lainnya, jaringan kolagen akan beregenerasi dengan cpat untuk menambal luka tersebut.

Hal inilah yang kemudian menyebabkan bekas luka tampak hitam di banding kulit pada area yang lain. Lalu adakah cara menghilangkan bekas luka di kulit wajah dan tubuh yang bisa dilakukan sendiri di rumah?

Tentu ada! Kamu bahkan bisa menggunakan bahan-bahan alami dan meraciknya secara berkala sebagai perawatan mandiri di rumah.

Tak hanya itu, enggak sedikit juga berbagai skincare atau produk perawatan kulit yang dibuat secara khusus untuk mengatasi bekas luka membandel pada kulit.

Nah, biar enggak makin penasaran, cek berbagai cara menghilangkan bekas luka di kulit tubuh dan wajah berikut ini, ya!

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kulit Menggunakan Bahan Alami

cara menghilangkan bekas luka (3)

Cara menghilangkan bekas luka yang akan kita bahas pertama adalah dengan menggunakan racikan bahan alami. Ya, kamu bisa mengombinasikan beberapa bahan alami yang dapat memiliki efek mencerahkan sekaligus menyamarkan bekas menghitam di kulit.

Apa saja bahan-bahan alami yang dimaksud tersebut? Intip beberapa daftar bahannya di bawah ini, ya, Guys!

Madu Murni

khasiat madu untuk kecantikan (4)

Bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi bekas luka di kulit wajah dan tubuh adalah madu murni. Kamu bisa menggunakan madu murni sebagai masker alami dan mengombinasikannya dengan bahan-bahan alami lain.

Madu murni diketahui memiliki berbagai jenis vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik untuk membantu menyamarkan bekas luka di kulit.

Antioksidan yang tinggi dalam madu akan merangsang proses regenerasi dan perbaikan sel kulit, sehingga dapat meningkatkan kecerahan wajah secara umum, termasuk menyamarkan noda gelap dan bekas luka yang ada.

Tak cuma itu, madu pun memiliki sifat antibakrer dan kemampuan penyembuhan luka yang sangat baik. Sehingga dapat membantu memperbaiki tampilan kulit wajahmu jadi kian optimal.

Tea Tree Oil

manfaat tea tree oil untuk kecantikan (2)

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk memudarkan bekas luka di kulit tubuh dan wajah adalah tea tree oil.

Minyak esensial pohon teh ini memang telah lama popular karena kemampuannya dalam mencerahkan dan merawat kulit berjerawat.

Tak hanya itu, tea tree oil pun memiliki kemampuan yang sama dengan benzoil peroksida, yakni kandungan obat jerawat. Inilah akhirnya yang membuat bahan alami ini mampu mengurangi peradangan pada luka dan membantu menghilangkan bekasnya.

Meski dikatakan cukup aman dan bisa digunakan untuk merawat kulit, tea tree oil pun masih bisa memicu reaksi alergi pada kulit sensitif atau hypersensitive.

Untuk itu kamu harus melarutkan tea tree oil dengan minyak pembawa terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikannya pada kulit wahah maupun tubuh.

Aloe Vera (Lidah Buaya)

manfaat lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang sangat dikenal luas karena kemampuannya dalam merawat kecantikan kulit dan rambut.

Selain bisa memberikan kelembapan alami pada kulit, lidah buaya pun dapat digunakan sebaga cara menghilangkan bekas luka di kulit wajah dan tubuh secara alami.

Karena sifatnya yang sangat menenangkan dan bisa memberikan hidrasi pada kulit, kamu bisa langsung mengaplikasikan lidah buaya pada area bekas luka.

Cukup tunggu selama beberapa menit, hingga kandungan meresap dengan sempurna. Barulah kamu bilas dengan air bersuhu normal hingga bersih. Lakukan perawatan ini sebanyak dua kali dalam sehari agar hasilnya kian optimal.

Coconut Oil

coconut oil

Bahan alami lain yang bisa kamu gunakan sebagai cara menghilangkan bekas luka di kulit adalah minyak kelapa, khususnya yang berjenis virgin coconut oil (minyak kelapa murni).

Virgin coconut oil mengandung rangkaian asam lemak yang sangat baik dalam menutrisi kulit, mencerahkan, dan menjaganya agar selalu sehat.

Untuk mendapatkan manfaat minyak kelapa ini, kamu hanya perlu menghangatkan coconut oil, kemudian mengaplikasikannya pada area berbekas luka dan pijat dengan lembut.

Sari Lemon

manfaat lemon untuk kecantikan (2)

Lemon pada dasarnya adalah buah yang sangat kaya akan vitamin C dan merupakan sumber antioksidan alami yang besar.

Karenanya sari lemon dipercaya dapat membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi dan membantu dalam memudarkan bekas luka di wajah.

Ini dikarenakan lemon pun dapat membantu mengangkat sel kulit yang kusam pada permukaan kulit, sehingga dapat meningkatkan kecerahan wajah secara keseluruhan.

Cara menghilangkan bekas luka di kulit dengan lemon ini bisa dengan mudah kamu praktekkan di rumah. Cukup larutkan beberapa tetes perasan lemon di setengah gelas cangkir ukuran sedang, kemudian aplikasikan pada area bekas luka.

Cuka Apel

toner cuka apel

Sama halnya dengan sari lemon, cuka apel juga bisa membantu menghilangkan bekas luka dari kulit wajah dan tubuh kamu.

Bahan alami dengan kandungan asam salisilat tinggi ini akan mendorong proses regenerasi kulit, kemudian membuat proses eksfoliasi sel kulit yang bermasalah akan terjadi lebih efektif.

Akhirnya, kulit tubuh dan wajah pun akan diisi dengan jaringan kulit yang lebih sehat, tampak cerah, dan bekas luka pun akan kian memudar.

Sayangnya cuka apel memiliki sifat yang cukup iritatif, bahkan pada mereka yang berkulit normal. Untuk itu, kamu enggak disarankan untuk mengaplikasikan bahan ini secara langsung pada kulit.

Melainkan larutkan terlebih dahulu dengan air yang cukup banyak, sehingga kadar asam pada cuka bisa lebih dinetralisir.

Olive Oil (Minyak Zaitun)

Green olives in oil

Kandungan alami lain yang bisa membantu menghilangkan bekas luka di kulit adalah minyak zaitun atau olive oil. Sama halnya dengan coconut oil, jenis minyak pembawa ini pun sangat ramah di kulit dan sangat minim menimbulkan iritasi.

Olive oil mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi. Keduanya dapat membantu memperbaiki sel kulit yang bermasalah, dan mendorong pembentukan jaringan baru yang lebih sehat.

Hal itu akhirnya bisa memberikan dampak yang sangat besar pada penampilan kulit. Enggak hanya membuatnya tampak sehat, kulit pun jadi lebih cerah dan berbagai noda hitam bekas luka bisa tersamarkan dengan optimal.

Cara Mengatasi Bekas Luka di Kulit dengan Produk Skincare

cara menghilangkan bekas luka (1)

Selain menggunakan bahan-bahan alami, kamu pun bisa menyamarkan dan menghilangkan bekas luka di kulit menggunakan produk perawatan kecantikan kulit yang dijual bebas di pasaran.

Penasaran apa saja skincare routine untuk menghilangkan bekas luka di wajah yang bisa kamu lakukan di rumah? Cek langkah-langkahnya di bawah ini, ya, Guys!

Cleansing Oil

fungsi toner

Langkah pertama sebagai cara menghilangkan bekas luka dengan skincare adalah dengan mengaplikasikan cleansing oil.

Cara ini sangat penting untuk membantu mengangkat residu dan minyak berlebih pada epidermis kulit. Akhirnya kebersihan area luka pun bisa terjamin, dan risiko adanya infeksi bisa diminimalisir.

Serum dengan Khasiat Mencerahkan

serum wajah

Setelah proses pembersihan wajah telah kamu lalui, maka skincare routine untuk menghilangkan bekas luka selanjutnya adalah menggunakan serum berkhasiat mencerahkan.

Serum ini biasanya dikombinasikan dengan bahan-bahan aktif yang sangat baik dan efektif untuk meningkatkan kecerahan kulit dan mengatasi noda-noda hitam di wajah.

Moisturizer atau Pelembap Wajah

moisturizer

Kalau kamu masih berpikir jika moisturizer hanya berfungsi untuk melembapkan kulit, maka kamu keliru besar.

Pelembap wajah memang bisa menghidrasi kulit, namun manfaatnya ini pun akan berdampak panjang pada kesehatan kulitmu. Yakni dengan mempercepat dan mengoptimalkan fungsi kulit, termasuk dalam memulihkan diri dan menyamarkan bekas luka yang ada.

Kamu bisa memilih moisturizer dengan kandungan vitamin E, shea butter, vitamin C, dan niacinamide yang bisa membantu menyamarkan bekas hitam di kulit.

Sunscreen atau Tabir Surya

sunscreen

Langkah selanjutnya yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi bekas luka adalah dengan menggunakan sunscreen.

Cara ini sangat penting, mengingat sinar matahari dapat memperburuk hiperpigmentasi pada kulit kamu.

Karena itu, mengaplikasikan sunscreen dapat melawan berbagai dampak buruk sinar matahari dan memberikan perlindungan maksimal pada kulit.

Nah, itu adalah berbagai cara menghilangkan bekas luka di kulit yang bisa kamu coba di rumah.  Meski begitu, langkah-langkah di atas enggak akan bisa menunjukkan hasil yang instan, setidaknya butuh waktu 3-4 minggu pemakaian rutin baru hasilnya dapat terlihat.

Jadi, sabar dan tekun ya, Ladies!

About Author

Related posts

Leave a Comment