Banyak Khasiatnya, Ini Cara Penggunaan Toner Cuka Apel yang Aman

toner cuka apel

Tak hanya dapat diguanakan sebagai pelengkap masakan. Cuka apel rupanya juga memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Mulai dari mengontrol kadar gul darah, menurunkan risiko penyakit jantung dan masih banyak yang lainnya.

Merupakan fermentasi dari buah apel yang sudah dihancurkan, cuka apel memiliki banyak kandungan yang sangat berguna bagi tubuh. Misalnya  senyawa asam gallic, katekin, asam folat, biotin, fosfor dan kalium.

Bahkan cuka apel juga mengandung berbagai vitamin (A,B,B1,B2,B6,C dan E). Tak hanya itu ada pula potassium, kalsium dan magnesium. Nah seluruh komponen tersebutlah yang membuat cuka apel dapat berfungsi sebagai anti oksidan dan anti bakteri.

Karena kandungan-kandungan itu pula, belakangan ini cuka apel digunakan sebagai skincare alami juga, lho. Terlebih untuk mengatasi permasalahan-permasalahan kulit seperti mengatasi jerawat, menghilangkan bekas-bekas jerawat, dan banyak lainnya.

Selain digunakan langsung, banyak pula merk perawatan wajah yang mengadopsi kandungan-kandungan dari cuka apel ke dalam produk mereka. Misanya menjadi produk masker wajah, toner dan lain sebagainya.

Namun apakah benar begitu? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai habis.

Manfaat Toner Cuka Apel untuk Kecantikan

manfaat cuka apel

Dilansir dari laman halodoc.com, penelitian resmi terkait dengan keamanan cuka apel bagi wajah belumlah pernah dilakukan. Penelitian yang telah dilakukan hanya sebatas mencari tahu kandungan dalam cuka apel tersebut.

Nah dari kandungan-kandungan inilah kemudian diperoleh klaim-klaim tentang berbagai manfaat cuka apel  sebagai toner wajah. Untuk lebih jelasnya, yuk simak manfaat toner cuka apel untuk kecantikan di bawah ini sampai tuntas, ya!

Mengurangi bintik-bintik di wajah

Dalam cuka apel terkandung Alpha Hydroxy Acid atau AHA, kandungan yang sama yang digunakan dalam berbagai produk kosmetik dan kecantikan yang sering kamu pakai. Senyawa ini berguna membantu menghilangkan sel-sel kulit mati serta meregenerasi kulit yang menghasilkan kulit lebih sehat.

Berkas proses tersebut, cuka sari apel dapat membantu mengurangi bintik-bintik yang muncul pada wajah karena penuaan. Tak hanya itu, bahkan bekas jerawat pun dapat hilang dengan perlahan ketika menggunakan cuka apel.

Mengatasi jerawat

Apa kamu salah satu orang yang punya masalah dengan jerawat membandel? Well, rupanya cuka apel ini juga bisa mengatasi masalah kulit wajahmu itu, lho.

Diketahui cuka apel mengandung asam malat yang berfungsi sebagai antibakteri dan anti jamur. Nah kandungan-kandungan ini pula yang akan menghindarkan bercampuynya kotoran, minyak dan bakteri yang meimbulkan jerawat.

Mencegah kerutan

Kita semua pastinya akan bertambah tua, dan tidak bisa dihindari banyak perubahan yang akan muncul pada penampilan kita. Misalnya warna rambut yang sedikit demi sedikit berubah, dan garis-garis halus yang mulai muncul di wajah kita.

Meski begitu, dengan cuka apel, kamu bisa meminimalisir kerutan itu lho. Karena kandungan asam dari cuka apel dapat memberikan manfaat untuk mengurangi garis-garis halu yang muncul pada wajahmu. Yang mungkin saja tumbuh bukan karena penuaan, melainkan karena stress atau hal-hal lainnya.

Cara aman pakai Cuka Apel

toner 1

Namun jika kamu masih sangat penasaran dengan manfaat toner cuka apel, tidak apa-apa untuk mencoba, asal kamu tahu cara aman untuk memakainya. Jadi jangan asal oles sana-sini, ya Guys. Kalian harus hati-hati!

Supaya kamu enggak bingung dan cemas sendiri, cermati langkah-langkah di bawah ini, yuk!

Coba Toner Cuka Apel di Bagian Kulit Lain

Untuk mengetahui apakah kulitmu dapat menerima toner cuka apel atau tidak, pertama-tama cobalah di kulit bagain yang lain terlebih dahulu. Misalnya dengan mengoleskan di belakang telinga kamu.

Setelah itu tunggu hingga 2-3 jam, jika tidak ada tanda-tanda seperti iritasi maka tidak ada salahnya untuk mengaplikasikannya ke wajahmu. Namun  yang harus kamu perhatikan, jangan pernah mengoleskan toner cuka apel secara langsung ke bagian kulit yang meradang karena jerawat.

Hal ini untuk menghindari adanya infeksi yang bisa memperparah kondisi kulit wajahmu.

Encerkan Toner Cuka Apel dengan Air

Meski kondisi kulit wajahmu baik-baik saja, artinya tidak ada jerawat meradang sama sekali. Mengoleskan atau mengusapkan toner cuka apel secara langsung ke wajah juga tidak direkomendasikan.

Agar lebih aman, kamu bisa mengencerkan terlebih dulu toner cuka apel dengan air. Kamu bisa menggunakan perbandingan 1:4, namun jika kondisi kulitmu sensitif, kamu bisa menambahkan lebih banyak air supaya lebih encer.

Oleskan Toner Cuka Apel ke Wajah Memakai Kapas

pembersih

Sama halnya dengan memakai toner pada umumnya, untuk mengaplikasikan toner cuka apel juga harus menggunakan kapas. Dan agar tidak iritasi, lakukan secara perlahan-lahan. Dengan demikian wajah berjerawatmu tidak akan mengalami peradangan yang parah.

Tunggu selama 5-15 menit

Sayangnya setelah memakai toner cuka apel, kamu tidak bisa langsung beralih ke tahap pemakaian skincare seperti biasanya. Karena sekali lagi, belum pernah ada penelitian lebih jelas mengenai keamanan cuka apel untuk skincare wajah.

Dengan demikian, bisa saja kandungan dalam toner cuka apel justru bertolak belakang dan tidak cocok dengan skincare yang biasanya kamu pakai.

Untuk itu, tunggulah selama kurang lebih 5 hingga 15 menit. Jangan terlalu lama juga ya, Guys. Sebab cuka apel bisa membuat kulit kering lebih cepat. Dan kandungan asam dalam cuka apel bisa membuat pH dalam kulit makin tidak imbang kalau dipakai terlalu lama.

Bilas dengan Air hingga Bersih

Setelah kamu mendiamkan toner cuka apel itu selama 5-15 menit di wajahmu, langkah yang seharusnya kamu lakukan selanjutnya adalah membilas wajahmu dengan air bersih. Pastikan tidak ada bekas cuka apel yang tertinggal di wajahmu.

Gunakan Pelembap Wajah

pelembap

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa toner cuka apel dapat membuat wajah jadi cepat kering. Untuk itu agar pH kulit kembali seimbang dan kelembapan wajahmu terjaga, pakailah pelembap wajah.

Gunakan Teratur

Pengunaan yang teratur sangat mempengaruhi pemakaian skincare jenis apapun, termasuk toner cuka apel. Namun yang perlu diperhatikan adalah kamu tidak bisa terlalu sering menggunakan toner cuka apel. Karena jika terlalu banyak juga akan membuat pH kulitmu tidak seimbang.

Gunakanlah toner cuka apel kurang lebih 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Penggunaan toner cuka apel tidak boleh sembarangan, melainkan kamu harus lebih berhati-hati. Minimal dengan menggunakan langkah-langkah di atas ya, Guys.

Bikin Toner Cuka Apel yang Aman dan Mudah Diaplikasikan

membuat skincare

Meski memiliki berbagai macam kandungan yang sangat bermanfaat, telah dikatakan bahwa keamanan menggunakan toner cuka apel belum pernah diteliti secara resmi.

Tapi, bukannya ada banyak juga beauty blogger dan influencer yang membagikan pengalaman mereka saat memakai cuka apel? Dan malah hasilnya dapat dibilang memuaskan dan positif?

Walaupun sudah banyak yang coba, bukan berarti minim resiko juga dong, Guys. Soalnya tiap orang memiliki jenis dan sensitifitas kulit wajah yang berbeda. Oleh sebab itu reaksi dan efek sampingnya juga bakalan beda untuk tiap orang.

Misalnya nih, kamu memiliki problem kulit wajah kering, nah toner cuka apel ini enggak begitu dianjurkan lho. Karena dengan menggunakan cuka apel sebagai toner dan mengaplikasikannya secara langsung di wajah, malah akan membuat kulitmu cepat kering.

Nah sementara untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, kamu harus lebih berhati-hati lagi, ya. Karena kandungan asam dalam toner cuka apel ini begitu tinggi. Sehingga kalau tidak cocok di kulit wajahmu, bisa-bisa menyebabkan iritasi pada wajah, bahkan seperti ada efek terbakar dan gatal pada kulit.

Intinya, keamanan penggunaan cuka apel di wajah belum divalidasi secara medis. Namun kamu bisa meminimalisir kemungkinan tersebut dengan membuat toner wajah dengan khasiat yang sama dengan cuka apel namun tetap aman dan bebas resiko.

PT. Mash Moshem Indonesia akan siap membantu mewujudkan produk skincare impianmu itu jadi kenyataan, lho. Dan tentunya dengan nama brandmu sendiri.

Tim kami terdiri dari orang-orang yang handal di bidangnya. Kami akan membantumu untuk mulai dari pengonsepan produk dan pembentukan formula kosmetik yang kamu inginkan.

Jangan takut abal-abal, ya. PT. Mash Moshem Indonesia telah mengantongi sertifikat CPKB tingkat A, jadi udah terjamin dong bagaimana keamanan bahan dan proses produksi kosmetik di pabrik kami.

Sehingga kamu bisa menciptakan berbagai produk kosmetik yang kamu inginkan bersama tim kami, termasuk mengandung khasiat yang sama dengan toner cuka apel. Bedanya kamu bisa menciptakan toner yang sudah terjamin lebih aman dan mudah untuk diaplikasikan oleh orang-orang.

About Author

Related posts

Leave a Comment