Tak Kalah dengan Susu Sapi, Ini Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan

manfaat susu kedelai untuk kecantikan (3)

Tahukah kamu, kalau selain susu sapi dan kambing, rupanya susu yang diambil dari sari kedelai juga menyimpan banyak manfaat untuk menjaga kecantikan dan kesehatan kulit?

Susu kedelai umumnya digunakan sebagai pengganti kebutuhan akan nutrisi yang dikandung dalam susu sapi maupun kambing.

Namun selain karena rasanya yang lezat, susu kedelai bisa membuat juga bisa membantu menutrisi kulit wajahmu.

Bahkan, beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahwa manfaat susu kedelai sama atau setara dengan manfaat susu hewani.

Kok bisa, ya? Untuk tahu lebih jauh soal manfaat susu kedelai untuk kecantikan, simak artikel ini sampai habis, ya, Cinta!

Kandungan Susu Kedelai yang Baik untuk Kecantikan

manfaat susu kedelai untuk kecantikan (1)

Tak kalah bergizinya dengan susu hewani, soya milk pun memiliki kandungan yang sangat beragam. Seperti protein, vitamin, hingga mineral yang baik untuk kecantikan kulit.

Yuk, cek info lengkap mengenai kandungan susu kedelai yang baik untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu.

Asam Amino

Asam amino merupakan kandungan yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit wajah kamu.

Kandungan ini memiliki peranan penting dalam proses pembentukan protein yang berada jaringan kulit, misalnya kolagen dan elastin.

Baik kolagen dan elastin bisa menjaga kulit wajahmu agar tetap sehat dan awet muda. Sebab keduanya mampu membuat kulit wajah jadi tetap kencang, bebas kendur, dan keriput.

Vitamin D

Kamu mungkin mengira kalau vitamin D hanya dapat berguna untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Padahal, vitamin D pun dibutuhkan untuk menjaga vitalitas kulit wajah kamu.

Vitamin D dapat bekerja sebagai agen anti peradangan alami, yang mengatasi gejala peradangan ringan hingga sedang.

Tak hanya itu, penggunaan krim berkandungan vitamin satu ini pun disinyalir mampu meringankan gejala pada masalah kulit tertentu, mulai dari psoriasis, eksim, dan vitiligo.

Vitamin B12

Kandungan lain yang ada dalam susu kedelai adalah vitamin B12. Varian vitamin B-Complex ini diketahui mampu mengatur produksi melanin, sehingga dapat menghambat dan mencegah adanya hiperpigmentasi pada kulit.

Seng (Zinc)

Selain protein dan vitamin, dalam susu kedelai pun diketahui terdapat berbagai jenis mineral, salah satunya zinc (seng).

Kandungan inilah yang membuat susu kedelai sangat cocok digunakan untuk merawat kulit berminyak. Zinc atau seng dapat memabntu mengontrol produksi sebum atau minyak alami pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan ini pun sangat dibutuhkan dalam pembentukan jaringan kulit dan protein, bekerja sebagai agen antiperadangan alami, dan mampu memperkuat skin barrier dari paparan sinar UV.

Asam Lemak Omega-3

Kandungan dalam susu kedelai satu ini memiliki banyak manfaat untuk kulit, lho. Omega-3 diketahui mampu memperbaiki kondisi kulit, yakni dengan melembapkan, meredakan peradangan, hingga meningkatkan fungsi lipid barrier pada epidermis wajah kamu.

Isoflavonoid

Semakin lengkap, susu kedelai pun kaya akan kandungan antioksidan alami seperti isoflavonoid.

Antioksidan diketahui mampu memperbaiki daya tahan kulit dan menangkal beragam dampak buruk sinar matahari maupun stressor lingkungan lain dari kulti kamu.

Selain itu, kandungan ini pun dipercaya dapat memulihkan sel atau jaringan kulit yang bermasalah. Yakni dengan merangsang proses produksi kolagen dan sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Berbagai Manfaat Susu Kedelai untuk Kecantikan Kulit

manfaat susu kedelai untuk kecantikan (2)

Setelah mengetahui berbagai nutrisi yang ada dalam susu kedelai, kamu pasti enggak heran mengapa bahan alami satu ini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Nah, kalau kamu secara rutin menggunakan susu kedelai ke dalam perawatan wajah harianmu, kulit wajahmu akan jadi kian terawat.

Berikut beberapa manfaat susu kedelai untuk kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui.

Megembalikan dan Menjaga Kelembapan Kulit

hair oil (1)

Kelembapan alami kulit sangat penting untuk dijaga dan dirawat. Karena selain dapat menjaga teksturnya agar tetap lembut, kulit yang terhidrasi dengan baik pun memiliki skin barrier yang kuat.

Nah, susu kedelai disinyalir mampu mengembalikan dan menjaga kelembapan alami kulit agar tidak mudah menghilang.

Ini dikarenakan kandungan asam lemak omega-3 yang dikandungnya dapat bekerja sebagai emollient dan mengikat kadar air dalam jaringan kulit agar tak mudah menguap.

Dengan begitu, penggunaan susu kedelai ke dalam perawatan wajah harianmu dapat mempertahankan hidrasi kulit dan wajah akan terhindar dari dehidrasi yang parah.

Mengurangi Tampilan Keriput dan Garis Halus

penuaan dini

Merasa wajahmu lebih kusam dan memiliki banyak keriput, utamanya pada area ekspresi? Well, jangan khawatir karena susu kedelai bisa membantumu mengatasinya.

Manfaat susu kedelai untuk kecantikan ini didukung oleh kandungan isoflavone, yang dapat mengembalikan kecantikan alami pada kulitmu.

Senyawa yang juga merupakan antioksidan alami ini pun diduga mampu mengurangi tampilan garis halus dan kerutan yang ada pada area ekspresi, khususnya jika kamu menggunakannya ke dalam rangakian skincare routine-mu secara teratur.

Menjaga Elastisitas dan Kekenyalan Kulit

masker kunyit

Selain bikin garis halur dan keriput memudar, susu kedelai juga diketahui mampu menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Kandungan asam lemak omega 3 dan asam amino yang dikandungnya, lagi-lagi berperan penting untuk mendukung manfaat susu kedelai untuk kecantikan satu ini.

Kedua kandungan ini enggak hanya akan menjaga kulit tetap terhidrasi, melainkan membantu merangsang proses regenerasi sel-sel kulit yang lebih sehat.

Dengan begitu, wajahmu enggak hanya akan tampak sehat dan terawat. Namun juga akan terlihat awet muda dan segar tiap hari.

Mengurangi dan Mengatasi Jerawat

wajah berjerawat

Sama halnya dengan susu hewani, susu kedelai pun disinyalir mampu memngurangi dan mengatasi kulit berjerawat.

Hal ini karena sifat antioksidan dan antiinflamasi dalam susu kedelai mampu mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat di wajah.

Enggak hanya itu, keduanya juga mampu mengembalikan kesehatan jaringan dan sel kulit, sehingga proses pengeringan jerawat pun akan semakin cepat.

Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Merasa kulitmu jadi kusam akhir-akhir ini? Jangan khawatir! Sebab susu kedelai bisa membantumu mencerahkan kulit wajahmu secara alami.

Kandungan vitamin C dan E yang tinggi dalam susu kedelai dapat menjadi agen pencerah alami. Tak hanya itu, keduanya pun tergolong sebagai antioksidan alami yang mampu melindungi kulit dari dampak buruk radiasi sinar matahari.

Antioksidan pun diketahui dapat mengembalikan vitalitas struktur kulit secara umum, sehingga berbagai tanda hiperpigmentasi dan flek hitam pun dapat disamarkan oleh bahan alami satu ini.

Mengankat Sel Kulit Mati Secara Alami

Selain mencerahkan kulit dari dalam, susu kedelai pun mampu membantu meningkatkan rona wajahmu dengan mengangkat sel kulit mati dari lapisan epidermis.

Tak hanya akan mencerahkan, kemampuan susu kedelai ini akan menjadikan kulitmu terbebas dari masalah kecantikan lainnya.

Misalnya, jerawat atau komedo, kulit yang terlalu berminyak, milia, hingga iritasi pada kulit.

Bikin Kulit Wajahmu Tampak Lebih Glowing

Meski bekerja sebagai eksfoliator alami, susu kedelai enggak akan membuat kulitmu teriritasi dan malah bikin wajahmu jadi tampak glowing.

Hal ini karena kandungan antioksidan yang dikandung susu kedelai mampu membantu merangsang proses regenerasi sel kulit dan kolagen.

Karenanya, jika digunakan dan dikonsumsi secara teratur, susu kedelai mampu merawat dan membuat tampilan kulitmu jadi prima yang bisa memicu efek glowing.

Nah, itu dia berbagai kandungan dan manfaat susu kedelai untuk kecantikan kulit wajah. Untuk mendapatkan berbagai khasiat tersebut, kamu bisa memanfaatkan susu kedelai sebagai masker alami, ataupun menggunakan skincare berkandungan yang sama.

Apapun metode kecantikan yang akan kamu gunakan, tetap perhatikan kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu, ya!

Selain bisa membuatu manfaatnya jadi lebih optimal, hal ini akan membantu mengurangi resiko terjadinya iritasi pada kulit wajah kamu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment