15+ Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan Kulit Tubuh dan Wajah

manfaat petroleum jelly untuk kecantikan (2)

Apakah kamu memiliki kulit yang kering dan mudah sekali mengelupas? Well, mungkin sudah waktunya untukmu mencoba menggunakan petroleum jelly.

Petroleum jelly merupakan produk perawatan kulit keirng yang diambil dari campuran minyak alami dan beeswax, yang akan menjadi semi memadat dan membentuk jelly.

Meski dikenal untuk membantu mengatasi kulit kering, tahukah kamu setidaknya ada lebih dari 25 manfaat petroleum jelly untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Penasaran kan, apa saja manfaat petroleum jelly untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, cek daftarnya berikut ini, Guys!

Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

manfaat petroleum jelly untuk kecantikan

Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan yang akan kita bahas pertama adalah khasiatnya untuk kulit tubuh dan wajah.

Kira-kira apa saja manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Langsung cari tahu di ulasan berikut ini, ya!

Memberikan Kelembapan Ekstra pada Kulit

Telah dikatakan sebelumnya, produk satu ini umumnya dibuat dengan menggunakan minyak alami dan wax sebagai bahan dasarnya.

Karenanya, sangat tidak mengherankan kalau produk satu ini bisa membantu merawat kulit yang kering dan membutuhkan lapisan kelembapan ekstra.

Beberapa penelitian pun menyebutkan bahwa produk ini terbilang efektif dalam mengembalikan kelembapan kulit, menjaganya agar bertahan seharian, dan memberikan perlindungan tambahan untuk kulit wajah kamu.

Mengatasi Masalah Bibir Kering dan Pecah-pecah

Sama halnya dengan kulit bagian tubuh yang lain, bibir pun bisa jadi kering dan mengelupas. Bahkan area kulit satu ini terbilang cukup sensitif dan mudah sekali mengalami dehidrasi.

Untuk meringankan gejala bibir yang kering, hingga mengelupas dan pecah-pecah. Kamu bisa mengaplikasikan petroleum jelly di bibir dan membiarkannya semalaman.

Kamu pun bisa menggunakannya tiap akan mengaplikasikan lipstick atu lipcream, sehingga produk ini bisa memberikan lipid pelindung tambahan yang akan mencegah bibir dehidrasi akibat kandungan dalam kosmetik.

Meringankan Masalah Kaki Pecah-pecah

Tak seperti wajah, kulit pada area kaki pun terbilang tak begitu diperhatikan bahkan ada yang tidak merawatnya sama sekali.

Padahal, bagian kaki kita pun akan sama berisikonya untuk mengalami berbagai masalah kecantikan dan kesehatan kulit, termasuk jadi kering dan pecah-pecah.

Kondisi ini enggak hanya akan membuat kulitmu terasa kasar, melainkan akan menimbulkan masalah lain jika tidak segera diatasi.

Kalau kamu berurusan dengan kondisi ini, kamu bisa menggunakan petroleum jelly ke telapak kaki yang bermasalah tiap sebelum tidur, kenakan kaus kaki agar jelly tidak mengenai sprei atau selimut, kemudian diamkan semalaman, dan bilas pada pagi harinya.

Sifat emolien dalam petroleum jelly akan membantu mengisi ruang-ruang kosong dalam kulit yang membutuhkan kelembapan ekstra. Hal ini akan mengurangi gejala kulit pecah-pecah, tekstur yang kasar akan menghalus, dan perlahan membantu mengembalikan kesehatan kaki.

Dapat Digunakan untuk Mengangkat Kotoran dari Wajah

Manfaat petroleum jelly untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengangkat kotoran dari wajah, baik itu yang disebabkan oleh debu maupun sisa kosmetik yang kamu kenakan sepanjang hari.

Produk ini diklaim cukup aman untuk membantu membersihkan sisa make up pada wajah, bahkan pada bagian mata sekalipun.

Kandungan minyak alami yang dimilikinya akan meluruhkan kotoran dan sisa makeup, sehingga akan lebih mudah diangkat dengan menggunakan kapas.

Merapikan dan Menambah Volume Alis

Bagi kamu yang suka banget menggunakan make up, alis tentu menjadi hal yang harus diperhatikan. Apalagi satu komponen di wajahmu ini bisa memberikan nilai lebih terhap penampilanmu.

Untuk mendapatkan alis yang rapi dan tampak bervolume, kamu bisa mengaplikasikan petroleum jelly secukupnya pada sisir alis, kemudian membentuknya sesuai dengan keinginan kamu.

Bisa Membuat Penggunaan Eyeshadow Lebih Lama

Selain bisa membantu menyehatkan kulit, tahukah kamu kalau petroleum jelly pun terbilang cukup baik untuk membuat kosmetik yang kamu kenakan jadi tahan lama?

Ya, petroleum jellu rupanya bisa membuat eyeshadow yang kamu kenakan dapat bertahan lama. Cukup aplikasikan produk ini tipis-tipis di kelopak mata sebagai primer, kemudian tambahkan sedikit concealer dan baru gunakan eye shadow.

Dengan begitu riasan yang kamu pakai akan bisa bertahan sepanjang hari, tanpa perlu sering touch up karena luntur di tengah acara.

Menjaga Aroma Badan Agar Tetap Wangi

Selain membuat make up jadi tahan lama, rupanya petroleum jelly pun bisa membantu wangi parfummu stay seharian.

Ya, penggunaan produk ini sebelum menggunakan parfum bisa membuat wanginya menempel dan mengikatnya agar tak lekas teroksidasi.

Caranya sangat sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan produk ini pada permukaan kulit di area biasa kamu menyemprotkan parfum sebelumnya.

Membantu Mengangkat Sel-sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati pada permukaan kulit akan menyebabkan berbagai masalah kecantikan, misalnya membuat pori-pori tersumbat, memicu jerawat dan komedo, hingga warna kulita akan jadi tampak lebih kusam.

Untungnya, petroleum jelly pun bisa membantumu mengatasi masalah yang berkaitan dengan sel kulit mati ini, lho!

Kmau hanya perlu menggunakan scrub yang berkandungan petroleum jelly, kemudian menggunakannya secara rutin di rumah untuk mengangkat kotoran dan sel mati di epidermis.

Meredakan Peradangan dan Iritasi Kulit

Selain melembapkan, manfaat utama dari petroleum jelly adalah membantu meredakan berbagai gejala peradangan dan iritasi pada kulit.

Baik yang kamu alami akibat melakukan chemical peeling, menggunakan scrub wajah dengan buliran terlalu kasar, lecet akibat terjatuh, akibat jerawat yang meradang dan gatal-gatal.

Produk ini bisa memberikan kelembapan yang menenangkan dan meringankan berbagai gejala di atas. Tak hanya itu, dengan penggunaan yang rutin bekas-bekas iritasi di wajah pun bisa memudar.

Eggak cuma aman digunakan untuk orang dewasa, petroleum jelly pun diyakini aman untuk diaplikasikan pada kulit bayi, lho. Apalagi kalau tujuannya ingin mengurangi berbagai gejala yang tak nyaman akibat ruam popok.

Mendukung Proses Penyembuhan Luka Bakar Ringan

Selain membantu meredakan rasa nyeri akibat iritasi, petroleum jelly pun bisa mendukung proses penyembuhan luka bakar ringan yang kamu alami, lho.

Ini dikarenakan produk tersebut akan menjaga kelembapan kulit, menenangkannya, sehingga adanya infeksi tambahan pun akan lebih bisa diminimalisir.

Untuk merawat luka bakar ringan ini, kam perlu membersihkan kulit terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan petroleum jelly. Agar lebih aman, kamu pun dapat mendisukusikannya dengan dokter.

Mencegah Terbentuknya Stretch Marks

Selain bisa membantu proses penyembuhan luka, petroleum jelly pun dapat bekerja mencegah terbentuknya stretch marks di kulit, lho.

Kamu bisa mengoleskan petroleum jelly pada kulit, atau area yang terluka untuk meminimalisir adanya jaringan parut setelahnya.

Meringankan Kemunculan Tanda Penuaan Kulit

Keriput, garis halus, tektur kulit yang tampak kasar, dan pori-pori wajah yang kian membesar menunjukkan bahwa tanda penuaan telah muncul pada wajahmu.

Nah, untuk meminimalisir hal ini, kamu bisa memanfaatkan petroleum jelly sebagai bahan pelembap alami untuk kulitmu.

Karena pada dasarnya, berbagai masalah tersebut muncul ketika kulit kehilangan kelembapan alaminya dan membuat wajah jadi lebih mudah mengalami masalah penuaan.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Kecantikan dan Kesehatan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan rambut dan susu

Selain baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit, tahukah kamu kalau petroleum jelly pun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rambut? Well, langsung cari tahu lewat ulasan berikut ini, ya!

Mengatasi Masalah Rambut Kering

Terlalu sering keramas, menggunakan produk yang terlalu keras atau tidak cocok dengan rambut, pun karena berada di bawah paparan sinar matahari dalam waktu yang lama bisa bikin rambutmu kering.

Kondisi ini akan memicu berbagai masalah lain, yakni perubahan warna pada rambut, kerapuhan dan kerontokan batang rambut, dan membuat teksturnya terasa sangat kasar.

Untungnya, petroleum jelly bisa bekerja untuk mengembalikan kelembapan rambut dan melapisinya dengan lipid perlindungan tambahan.

Dengan begitu, rambut tidak akan mudah kering dan rusak akibat panas dari paparan sinar matahari yang terlalu lama.

Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Selain mencegah rambut jadi kering dan memberikan perlindungan tambahan, petroleum jelly pun diketahui dapat mengatasi masalah rambut yang bercabang.

Kandungan emolien yang ada dalam produk ini akan mengisi bagian yang kosong pada rongga rambut, melembapkannya, menutrisi dan memperkuatnya kembali.

Hal inilah yang akhirnya membuat rambut kembali sehat dan mengurangi cabang-cabang kering yang ada.

Untuk mendapatkan manfaat petroleum jelly untuk kecantikan rambut ini, cukup oleskan produk pada telapak tangan dan gosokkan dengan lembut serta merata pada batang rambut kamu, terutama pada area yang kering dan bercabang.

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Pada dasarnya, rambut yang sehat dan terawat dengan baik akan memberikan kilau alami. Hal ini pulalah yang akan kamu dapatkan dengan rutin merawat rambut dengan menggunakan petroleum jelly secara rutin.

Nah, itu adalah berbagai manfaat petroleum jelly untuk kecantikan yang mungkin belum kamu tahu dengan rinci. Apakah selama ini kamu sudah memanfaatkan petroleum jelly dengan maksimal?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment