Humektan – Kandungan Skincare yang Ampuh Hidrasi Kulit

moisturizer

Sebelum membeli sebuah produk perawatan kecantikan kulit dan rambut, kamu pasti mempertimbangkan kandungan apa saja yang ada dalam produk tersebut.

Kandungan dalam produk kosmetik memiliki peranan penting dalam merawat kesehatan dan kecantikan bagian tubuh yang akan dirawat.

Salah satu jenis kandungan yang hampir selalu ada dalam tiap produk perawatan rambut dan kulit adalah humektan. Apakah kamu sudah pernah mendengar tentang kandungan ini?

Humektan adalah salah satu kelompok agen pelembap yang kerap digunakan dalam produk perawatan kulit dan rambut.

Pada dasarnya jenis humektan pun sangat beragam, sejalan dengan manfaatnya dalam memelihara kecantikan kulit.

Penasaran apa saja manfaat humektan dan jenis-jenisnya yang sering ditemukan dalam skincare, body care, maupun hair care? Cek ulasan lengkapnya di sini, ya!

Sekilas Tentang Humektan yang Perlu Kamu Tahu

Sebelum jauh membahas jenis dan manfaat agen pelembap untuk kecantikan, ada baiknya untukmu mengetahui lebih detil tentang kandungan skincare ini.

Telah disinggung sebelumnya, bahwa humektan merupakan kandungan penghidrasi kulit yang mampu melembapkan kulit dan mempetahankan kadar air yang ada dalam durasi yang cukup lama.

Karenanya kandungan ini pun menjadi salah satu bahan skincare yang baik untuk merawat kulit dan rambut, mencegahnya dari kerusakan dan dehidrasi. Namun, tidak semua jenis humektan bersifat dan bekerja dengan cara yang sama.

Namun pada dasarnya, kandungan ini bekerja sebagai magnet yang menarik kelembapan air dari udara dan membawanya ke lapisan teratas kulit wajah kamu.

Kerja humektan ini pun akan sama jika digunakan dalam merawat rambut, sebab itu pulalah kelembapan dan kesehatan rambut pun akan jauh lebih terjaga serta bertahan lebih lama.

Jenis-Jenis Humektan yang Perlu Kamu Tahu

jenis humektan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, humektan memiliki berbagai jenis dan dapat bekerja dengan cara yang berbeda dalam merawat kulit maupun rambut kamu.

Beberapa jenis agen humektan terkadang tidak bisa digunakan untuk merawat rambut atau kulit sekaligus, melainkan hanya salah satunya saja. Sementara, jenis lainnya bisa digunakan di rambut dan kulit sekaligus.

Nah, biar enggak tambah pusing, kamu bisa cek beberapa jenis humektan yang kerap ditemukan dalam kandungan skincare berikut ini, ya!

Gliserin

Jenis yang pertama adalah gliserin atau gliserol. Kandungan ini sangat mudah ditemukan dalam produk pelembap wajah, baik dalam bentuk krim maupun lotion.

Tak Cuma itu, gliserin pun bisa digunakan ke dalam formula produk perawatan rambut, seperti sampo, sabun, kondisioner, krim pembersih wajah, hingga produk pelembap kulit.

Gliserin merupakan jenis humektan yang bisa langsung membantu mengembalikan kulit, tanpa melalui proses eksfoliasi terlebih dahulu.

Karenanya, kandungan ini memiliki sifat yang sangat ramah dan bisa digunakan untuk merawat semua jenis kulit. Baik dari yang normal, kering, berminyak, bahkan kulit sensitif sekalipun.

Umumnya, gliserin didapatkan dari berbagai produk nabati, seperti minyak pembawa (carrier oil), ekstrak buah maupun tanaman lainnya.

Glycolic Acid

Jenis humektan lain yang bisa kamu temukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit adalah glycolic acid atau asam glikolat.

Kandungan satu ini termasuk jenis humektan yang tidak bisa langsung melembapkan kulit, melainkan mengeksfoliasi sel kulit mati terlebih dahulu.

Namun, dibandingkan dengan jenis yang serupa, asam glikolat memiliki partikel yang sangat kecil lebih efektif dan mudah terserap dalam kulit wajah.

Asam Salisilat

Jenis kandungan lainnya yang tergolong sebagai humektan adalah asam salisilat atau salicylic acid. Kandungan ini utamanya dikenal karena mampu mengatasi masalah jerawat, meski begitu ia juga bisa membantu melembapkan kulit.

Berbeda halnya dengan gliserin, asam salisilat bekerja dengan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati terlebih dahulu, kemudian membantu melembapkan kulit wajah dan mendukung kandungan skincare lain untuk menembus kulit dengan lebih efektif.

Sayangnya, pada beberapa orang yang memiliki kulit cenderung hypersensitive, kandungan ini dinilai kurang cocok digunakan dalam kondisi tersebut. Sebab, eksfoliasi yang berlebihan pada kulit hypersensitive hanya akan menimbulkan resiko lebih besar akan adanya iritasi.

Asam Alfa Hidroksi

Dikenal sebagai kandungan yang dapat mempercepat proses eksfoliasi kulit mati, alpha hydroxy acids (AHA) atau asam alfa hidroksi merupakan jenis humektan lainnya yang kerap ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit wajah.

AHA utamanya bekerja untuk membantu mencerahkan kulit, mengurangi penumpukan sel kulit mati pada epidermis, dan bekerja sebagai antiaging yang efektif.

Namun, siapa sangka kalau kandungan ini pun bisa tergolong ke dalam humektan? Ya, AHA bisa membantu produk pelembap wajah untuk masuk ke dalam lapisan kulit.

Setelah itu, kandungan-kandungan tersebut akan meningkatkan hidrasi kulit, menjadikannya lebih lembap, dan tidak mudah kering.

Asam Hyaluronat

Buat kamu yang sudah aktif mengikut berbagai macam tren kecantikan dan kesehatan kulit, pasti udah enggak asing dengan yang namanya asam hialuronat atau hyaluronic acid.

Ya, kandungan ini termasuk salah satu jenis humektan yang sangat popular di kalangan beauty enthusiast. Asam hyaluronat bisa mmebantu melumasi kulit, mempertahankan kadar air dalam jaringan kulit, dan mengembalikan vitalitas kulit.

Bila dipadukan beberapa kandungan yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi, kandungan ini bisa bekerja lebih efektif dan memberikan peningkatan signivikan pada kesehatan kulit wajah.

Asam hyaluronat pun tergolong sebagai humektan yang aman digunakan untuk semua jenis kulit. Karena ia bisa langsung membantu melembapkan atau menghidrasi kulit, tanpa perlu melakukan proses eksfoliasi terlebih dahulu.

Ceramide

Kandungan satu ini pun kian naik daun dan kerap dibandingkan dengan hyaluronic acid. Ceramide, merupakan jadi jenis humektan yang bakalan kita bahas selanjutnya.

Sama seperti kebanyakan humektan atau bahan pelembap lain dalam skincare, ceramide sebenarnya pun bisa ditemukan secara alami dalam tubuh manusia.

Kandungan ini berperan penting dalam mengunci kelembapan, menjaga tekstur kulit, dan mendukung fungsi skin barrier yang kamu miliki.

Sayangnya, ceramide pun bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Karena itu dibuatlah beberapa produk perawatan yang mengandung bahan ini, sehingga bisa menambah jumlah yang ada tersebut.

Ceramide ini bisa didapatkan dari berbagai jenis minyak nabati, dalam beberapa jenis buah-buahan, ekstrak tumbuhan, dan bahkan kandungan dalam daging ikan-ikan laut.

Urea

Kandungan selanjutnya yang masuk dalam golongan humektan adalah urea. Bahan satu ini bahkan sangat dianjurkan untuk merawat kulit yang dehidrasi atau kering parah, lho!

Sayangnya, terkadang urea tidak bisa digunakan dengan sembarang dan untuk membelinya kamu perlu resep dari dokter spesialis yang berkaitan.

Hal ini dikarenakan urea bisa menimbulkan efek yang menyengat ataupun tak nyaman, ketika diaplikasikan ke bagian kulit yang kering dan pecah-pecah. Karenanya, pemakaiannya pun haruslah hati-hati dan disesuaikan dengan rekomendasi dokter spesialis.

Manfaat Kandungan Humektan untuk Kecantikan

manfaat humektan untuk kecantikan

Setelah melihat berbagai jenis kandungan humektan di atas, apakah kamu pernah menggunakan salah satu jenisnya dalam produk skincare yang kamu gunakan?

Nah, meski bisa bekerja dalam menghidrasi kulit, sebenarnya manfaat humektan juga sangat beragam, lho. Penasaran apa saja manfaat kandungan ini untuk kulit dan rambut? Sama-sama cari tahu di sini, yuk!

Menghidrasi Kulit dan Mempertahankan Kelembapan Seharian

Manfaat humektan yang utama adalah menghidrasi kulit dan mempertahankan kadar air dalam kulit sepanjang hari. Inilah yang akhirnya membuat wajah kamu enggak mudah kering, bersisik, atau pecah-pecah karena dehidrasi.

Membantu Pembentukan Kolagen

Tahukah kamu kalau kolagen merupakan jenis protein yang sangat penting untuk merawat kesehatan kulit wajah dan rambut?

Ya, protein ini akan membantu memperbaiki kerusakan pada sel-sel yang disebabkan oleh radikal bebas, menghalau kondisi dehidrasi, hingga mengembalikan elastisitas kulit.

Sayangnya, produksi kolagen secara alami dalam tubuh akan berkurang seiring bertambahnya usia. Yang kemudian akan menyebabkan munculnya berbagai tanda penuaan, kulit yang menjadi mudah kering, serta tampak kusam.

Nah, untungnya humektan ini memberikan dukungan dalam pembentukan kolagen pada jaringan kulit. Yakni dengan bekerja menghidrasi kulit, membuat kandungan skincare lain bekerja lebih optimal, dan mencegah adanya kerusakan pada epidermis.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Salah satu manfaat lain dari kandungan humektan untuk kecantikan adalah memperbaiki tekstur kulit wajah kamu secara menyeluruh.

Kulit yang kering umumnya akan terasa kasar, bersisik, dan bahkan disertai pengelupasan. Hal ini tentunya akan membuat penampilanmu jadi tak optimal, atau bahkan menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit.

Namun, tak usah khawatir! Sebab, humektan juga bisa membantumu untuk memperbaiki tekstur kulit dengan melembapkannya.

Beberapa jenis humektan akan melapisi kulit dengan menarik kandungan air dari udara ke epidermis. Hal ini akan mengembalikan kelembapan yang hilang, dan mempertahankannya seharian.

Kerja humektan ini pun akan membuat perubahan yang cukup signifikan pada tekstur kulit, yakni jadi lebih halus, lembut, dan meringankan gejala pengelupasan yang ada.

Menenangkan Kulit

Iritasi dan peradangan kerap terjadi pada kulit yang kekurangan kelembapan alami. Ini karena skin barrier yang ada pun dalam kondisi yang tidak optimal, sehingga membuat kulit rentan mengalami iritasi.

Salah satu manfaat humektan adalah membantu menenangkan dan meringankan kulit yang terlalau kering. Kandungan ini akan menghidrasi kulit, membuatnya lebih lembap, sehingga bisa meredakan rasa tak nyaman yang ada.

Well, setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti jadi lebih tahu soal kandungan dan manfaat humektan untuk kecantikan kulit, bukan?

Karenanya, akan sangat menguntungkan buatmu jika berbisnis skincare dengan brand sendiri menggunakan humektan sebagai kandungannya.

Jangan khawatir soal formulasi, PT Mash Moshem Indonesia akan membantumu menciptakan produk skincare wajah impianmu dengan sangat mudah.

Ya, kami menyediakan jasa maklon skincare terlengkap jika dibandingkan dengan yang lain. Mulai dari proses pembuatan ide, konsep skincare, peracikan formula produk, pengurusan legalitas, desain logo dan kemasan produk, produksi skincare masal, hingga pemasaran, semua akan kami sediakan untukmu.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment