Anti Ribet, Ini 8 Langkah Skincare Routine Ala Jepang yang Bisa Dicoba

skincare routine ala jepang

Kamu mungkin sudah sangat familiar dengan perawatan kecantikan ala Korea Selatan. Namun, masih banyak perawatan wajah dari Negara Asia lain yang tak kalah baiknya dan patut untuk dicoba, termasuk skincare routine ala Jepang.

Meski sering mempromosikan tentang perawatan kulit yang sederhana, justru ada banyak produk asal Negeri Sakura ini bisa digunakan dalam skincare routine harian kamu.

Terlebih, Jepang terkenal akan kemampuan risetnya yang baik. Hasilnya, kualitas bahan dan produk yang digunakan pun tak akan bisa dipungkiri kehebatannya.

Nah, kamu juga pasti penasaran untuk mencoba 8 langkah skincare routin ala Jepang? Yuk, segera cek ulasan lengkapnya di bawah ini!

Double Cleansing

mencuci muka (1)

Membersihkan wajah dari berbagai kotoran dan residu kosmetik merupakan sebuah langkah dasar menjaga kecantikan kulit, termasuk dalam mencoba 8 langkah skincare routine ala Jepang.

Para ahli kecantikan di Jepang banyak yang juga menyarankan agar kamu meluangkan waktu lebih banyak untuk merawat dan membersihkan wajahmu, apalagi di malam hari. Sebab, pada waktu inilah proses regenerasi kulit dan produksi kolagen akan bekerja dengan optimal.

Salah satu cara membersihkan berbagai polusi dan kotoran dari wajah kita adalah dengan menggunakan teknik double cleansing. Kamu pasti udah tahu benar mengenai cara kerja dan penggunaan metode ini.

Ya, pertama kamu perlu menghapus kotoran sisa make up dengan menggunakan cleansing oil ataupun cleansing balm. Kedua produk berbahan dasar minyak ini akan melunakkan kotoran yang membandel sehingga dapat lebih mudah dibersihkan.

Setelah itu, kamu bisa melanjutkannya dengan menggunakan pembersih wajah lainnya, biasanya berbentuk facial wash atau facial foam.

Pilih produk yang akan kamu gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi kulit wajahmu. Bila kamu memiliki kulit yang cenderung kering, maka gunakan facial foam yang biasanya diformulasikan untuk lebih lembut dan tidak terlalu memberikan sensasi kering pada kulit.

Proses mencuci wajah ini akan membuat kulit kian bersih dengan mengangkat noda yang tidak bisa hilang pada proses pertama.

Double cleansing sangat dianjurkan untuk kamu lakukan. Karena hal ini pun akan berkaitan dengan keefektifan kulit dalam menerima dan menyerap berbagai kandungan dalam skincare nantinya.

Penggunaan Toner Wajah

toner 1

Setelah membersihkan wajah dengan metode double cleansing, kamu bisa melanjutkan 8 langkah skincare routine ala Jepang ini ke tahap kedua, yakni penggunaan toner wajah.

Toner wajah akan memberikan hidrasi yang lebih pada kulitmu, apalagi dalam proses double cleansing minyak pada wajah cenderung hilang dan memberikan sensasi kering pada kulit.

Produk ini umumnya dibuat dalam sediaan yang ringan dan cair. Bahan-bahan yang digunakan pun sangat beragam, memiliki banyak manfaat, bersifat astringent, menenangkan, dan menghidrasi kulit wajah. Seperti ceramide, aloe vera, centella, pitera, hingga hyaluronic acid.

Tak hanya menghidrasi dan menutrisi, penggunaan toner pun bisa membantu kulit menjadi lebih siap dalam menerima berbagai produk perawatan wajah lain yang akan kamu gunakan dalam langkah selanjutnya.

Mengaplikasikan Essence

essence

Yang satu ini pasti udah banyak kamu kenal, apalagi belakangan ada satu merk skincare asal yang menggunakan ekstrak pittera sebagai kandungan essence dan diklaim memiliki khasiat yang tidak main-main untuk merawat kulit.

Essence merupakan salah satu skincare yang cukup sering dilupakan keberadaannya, terlebih jika dibandingkan dengan serum ataupun krim wajah.

Padahal produk ini pun enggak kalah hebatnya. Sebab, essence dapat memiliki manfaat yang sama banyak dan tingginya dengan produk skincare lain.

Yakni bisa memberikan nutrisi tambahan, mencerahkan, melembapkan, hingga mampu bekerja sebagai agen antiaging pada kulit wajahmu.

Serum Wajah (Face Serum)

cara menggunakan glycolic acid

Langkah keempat dalam skincare routine ala Jepang adalah serum wajah, atau yang kerap juga dikenal sebagai ‘biyoueki’ dalam Bahasa Jepang. Kata tersebut sangat pas dalam menggambarkan serum wajah, yakni berarti cairan kecantikan.

Berbeda dengan essence, serum wajah memiliki tekstur yang terkadang lebih oily, konsentrasinya lebih tinggi, dan bisa mengatasi berbagai masalah kecantikan kulit.

Konsentrasi kandungannya yang cukup kompleks dan tinggi pun membuat produk ini sangat cepat dalam mengatasi permasalahan tertentu, seperti jerawat, bintik hitam, keriput, penuaan dini, dan masih banyak lainnya.

Pelembap Wajah (Moisturizer)

skincare routine ala jepang (2)

Setelah serum, langkah selanjutnya dari skincare routine ala Jepang adalah dengan menggunakan pelembap wajah atau moisturizer.

Pelembap wajah memang menduduki posisi pertama dalam skincare yang paling dibutuhkan dan diinginkan oleh masyarakat. Tak peduli sebanyak apapun produk yang menggantikan skincare ini, pasti banyak orang tetap kembali menggunakan moisturizer.

Di Jepang pun perawatan wajah menggunakan minyak telah menjadi bagian dalam kehidupan tradisional. Tak hanya bisa membersihkan wajah dan membuat kulit jadi lebih lembap, penggunaan moisturizer bisa menjaga keremajaan kulit.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kandungan sonbahyu oil, squalane oil, dan berbagai jenis bahan alami lain yang kerap diolah ke dalam formula skincare ala Jepang.

Melakukan Eksfoliasi Rutin Tiap Minggu

Selain kotoran dan minyak berlebih, ada satu masalah lagi yang menunggu untuk kamu singkirkan dari permukaan kulit. Ya, itu adalah sel-sel kulit mati yang menumpuk.

Dalam skincare routine ala Jepang ini kamu pun harus melakukan eksfoliasi rutin tiap minggu. Perempuan Jepang secara khusus lebih suka menggunakan teknik gentle cleansing, karenanya mereka selalu memakai produk berupa gel dibanding scrub wajah.

Gel memiliki tekstur yang lebih lembut dan cenderung tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit. Beda halnya ketika kamu menggunakan scrub, butiran halus dalam produk ini bisa berisiko melukai kulit dan membuat wajah jadi sensitif jika digunakan terlalu sering.

Meski risiko iritasi cukup minim, kamu pun enggak dianjurkan untuk melakukan eksfoliasi dengan gel ini terlalu sering, ya.

Sebab ini akan membuat kulit mengalami over exfoliating dan malah memberikan dampak buruk pada kesehatan wajahmu.

Mengencangkan Otot Wajah dengan Face Roller

JENIS BEAUTY TOOLS

Langkah ketujuh yang bisa kamu lakukan dalam skincare routine ala Jepang adalah dengan mengencangkan otot wajah memakai Face Roller.

Alat kecantikan satu ini akan membantu memberikan pijatan yang lembut dan menennagkan pada wajah kamu. Tak hanya untuk relaksasi, kandungan ini pun bisa membantu mengoptimalkan penyerapan kandungan dalam produk skincare.

Para ahli kecantikan di Jepang pun telah menyarankan penggunaan face roller sebagai pijat wajah beberapa kali dalam seminggu. Ini penting untuk memberikan kualitas tidur yang baik bagi kamu, mengurangi kesan bengkak pada wajah, dan membuat otot kulit wajah jadi lebih kencang.

Kalau kamu tidak memiliki alat tersebut pun sebenarnya bukan masalah, karena kamu tetap bisa melakukan spa sederhana ini dengan menggunakan tangan secara manual. Asal, tetap berikan tekanan yang lembut, tidak terlalu keras maupun terlalu lemah.

Penggunaan Sunscreen

sunscreen

Apapun skincare routine yang kamu gunakan, sunscreen tetap menjadi produk wajib yang harus masuk ke dalam list produk perawatan wajah yang dipakai.

Penggunaan sunscreen secara teratur tiap hari akan membuat perlindungan kulit kian optimal, khususnya pada sinar matahari.

Apalagi sinar matahari memiliki banyak dampak buruk untuk kulit wajah dan tubuhmu. Seperti kerap menimbulkan masalah hiperpigmentasi, kulit yang kering dan kusam, bintik penuaan, hingga sunburning.

Nah, itu adalah rangkaian skincare ala Jepang yang bisa kamu coba dan aplikasikan di rumah. Langkah dan produknya juga terbilang lebih sederhana dibandingkan menggunakan skincare rountine ala Korea.

Namun, urutan tersebut bisa kamu ubah atau sesuaikan dengan kondisi kulit wajahmu sendiri. Jadi, enggak paten, ya, teman-teman.

About Author

Related posts

Leave a Comment