Tak Cuma Lezat, Ini Manfaat Minyak Wijen untuk Kecantikan Kulit

manfaat minyak wijen untuk kecantikan (1)

Minyak wijen dikenal sebagai salah satu bahan yang kerap digunakan dalam berbagai jenis makanan, khususnya sebagai dressing salad.

Padahal manfaat minyak wijen untuk kecantikan kulit dan rambut pun cukup beragam, lho. Apalagi beberapa produk perawatan kulit dengan merk ternama kerap menggunakan jenis minyak nabati ini ke dalam formulanya.

Minyak ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit tetap optimal. Selain itu, minyak wijen jadi lebih digemari karena daya tahannya terbilang cukup tinggi terhadap oksidasi.

Sayangnya, enggak banyak orang yang tahu apa saja kandungan dan manfaat minyak wijen untuk kecantikan. Apakah kamu juga jadi salah satunya?

Well, tanpa banyak basa-basi lagi, langsung simak berbagai manfaat minyak wijen untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini.

Kandungan Nutrisi Minyak Wijen yang Baik untuk Kecantikan

manfaat minyak wijen untuk kecantikan (4)

Sebelum membahas manfaat minyak wijen untuk kecanitkan kulit, enggak ada salahnya kalau kamu tahu juga tentang berbagai kandungan yang ada dalam bahan alami ini.

Sebab, kandungan-kandungan nutrisi inilah yang bakalan membuat kulitmu jadi tampak sehat dan terawat. Dalam minyak wijen terdapat mineral, vitamin, dan berbagai kandungan lainnya. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap kandungan-kandungan tersebut lewat uraian berikut ini.

Vitamin E

Kandungan pertama yang ada dalam minyak wijen adalah vitamin E. Buat orang yang sangat aktif mengikuti perkembangan tren kecantikan, pasti udah enggak asing dengan senyawa satu ini.

Yap! Vitamin E merupakan senyawa antioksidan alami yang bisa membantu merawat kesehatan kulit dan mempercantiknya secara alami.

Senyawa ini bisa ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit, seperti krim wajah, serum, toner, essence, masker wajah, dan masih banyak lainnya.

Fungsi utama vitamin E adalah menangkal dampak buruk tekanan lingkungan, membantu menghidrasi kulit, menenangkan dan meredakan inflamasi, memperbaiki serta memperhalus tekstur kulit, bahkan membantu merawat keremajaan wajah kamu.

Vitamin B Kompleks

Jenis vitamin lain yang ditemukand alam minyak wijen adalah vitamin B Kompleks, khususnya vitamin B1 (Tiamin), B2 (Riboflavin) , B3 (Niacin), B5, B6 (Pyrodixine), hingga vitamin B9.

Semua jenis vitamin B ini memiliki kelebihan dan cara kerja yang cukup berbeda. Ada yang membantu melembapkan kulit, meningkatkan peredaran darah, menghasilkan kolagen dan elastin, hingga membantu membuat kulit jadi awet muda.

Misalnya, vitamin B1 (Tiamin) yang mengandung antioksidan alami, sehingga dapat meningkatkan sirlukasi darah pada tubuh, termasuk pada jaringan kulit kamu.

Hal ini sangat penting untuk menunjang kesehatan kulit. Sebab, aliran darah yang lancar akan membantu meningkatkan efektivitas proses distribusi nutrisi serta oksigen pada sel kulit.

Selain itu, vitamin B2 (Riboflavin) akan membantu mendorong pergantian sel dan menjaga kolagen dalam jaringan kulit. Karenanya vitamin ini bisa memabntu melindungi struktur kulit, mengurangi peradangan, serta membantu mempercepat penyembuuhan luka.

Vitamin B3 (niacin) merupakan jenis vitamin B yang cukup populer belakangan ini. Sebab, senyawa ini bisa membantu mencerahkan kulit, mengatasi jerawat dan bekasnya, juga meredakan gejala rosacea.

Ngomong-ngomong soal jerawat dan luka, vitamin B5 pun bisa membantu mengatasi kedua masalah tersebut. Sementara itu, vitamin B6 (pyridoxine) bisa memelihara skin barrier kulit.- Kalsium

Selenium

Selain berbagai jenis vitamin yang telah disebutkan di atas, dalam minyak wijen pun terdapat banyak kandungan mineral, lho. Salah satu jenis mineral yang ada dalam bahan alami ini adalah selenium.

Selenium merupakan jenis mineral yang sangat penting dalam mencegah terbentuknya sel kanker kulit. Mineral ini pun bisa ditemukan dengan mudah dalam berbagai produk perawatan wajah.

Lebih khususnya, selenium dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari berlebihan. Tak hanya itu, mineral ini pun bisa membantu melembapkan dan melembutkan kulit kamu, lho.

Zinc (Seng)

Jenis mineral lain yang adalam minyak wijen adalah zinc (seng). Kandungan ini bisa membantu merawat kulit berminyak, dengan mengontrol produksi sebum berlebih.

Tak sampai di sana, kandungan ini pun dapat merangsang proses penyembuhan jerawat dan mengatasi bekasnya.

Seng pun diketahui dapat meningkatkan perlindungan kulit, bekerja sebagai antiradang, dan mendukung pembentukan membran sel serta protein yang dibutuhkan kulit.

Berbagai Manfaat Minyak Wijen untuk Kecantikan

manfaat minyak wijen untuk kecantikan (3)

Setelah melihat banyaknya kandungan bermanfaat dalam minyak wijen, tentunya kamu pasti paham banget mengapa bahan alami ini bisa digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan kulit.

Nah, kira-kira apa saja manfaat minyak wijen untuk kecantikan? Langsung baca ulasan berikut ini untuk tahu jawaban lengkapnya, ya!

Mencegah dan Menyembuhkan Jerawat Lebih Cepat

perbedaan purging dan breakout (1)

Jerawat merupakan masalah kecantikan kulit yang sangat umum terjadi dan hampir dialami oleh semua orang. Meski kadang tidak begitu parah, beberapa jerawat sangat susah diatasi dan bahkan berpotensi menyebar ketika tidak ditangani dengan baik.

Penyebab kemunculan jerawat pun cukup beragam, mulai karena paparan polusi udara, perubahan hormone tubuh, hingga penggunaan skincare yang tidak cocok dengan jenis kulit wajah.

Untuk merawat kulit berjerawat dan meredakannya, kamu bisa menggunakan minyak wijen sebagai alternatif alami. Bahan alami ini akan membantu membuat kulit bersih dari minyak berlebih, juga membuat pH kulit seimbang.

Manfaat minyak wijen untuk kecantikan ini pun didapatkan dari kandungan vitamin E dan vitamin B kompleks yang dimilikinya.

Kedua kandungan ini akan membantu menenangkan kulit, sementara beberapa jenis vitamin B akan membuat proses penyembuhan jerawat jadi lebih cepat.

Tak hanya itu, baik vitamin E maupun vitamin B3 bisa membantu menghilangkan bekas jerawat dari kulit wajah kamu, lho.

Mencegah Munculnya Tanda Penuaan Dini

mengatasi masalah penuaan

Manfaat minyak wijen untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah munculnya tanda penuaan pada kulit yang terlalu cepat.

Penggunaan minyak wijen sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit kamu akan membuat wajah jadi lebih lembap, mencegah kemunculan keriput dan garis halus, pun bisa membantu meningkatkan elastisitas kulit.

Beberapa kandungan dalam minyak wijen dapat bekerja sebagai antioksidan alami, sehingga bisa membantu menangkal radikal bebas yang bisa membuat sel kulit menua lebih cepat dari seharusnya.

Membantu Memberikan Hidrasi Tambahan pada Kulit

Seperti halnya minyak alami lain, manfaat minyak wijen untuk kecantikan kulit lainnya adalah membantu memberikan hidrasi tambahan pada wajah.

Hal ini sangatlah penting, mengingat kulit yang terhidrasi dengan cukup lebih mudah menerima kandungan nutrisi yang ada dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Tak hanya itu, kondisi ini bisa membuat produksi kolagen kian optimal dan menjaga elastin kulit wajah kamu. Minyak wijen bahkan bisa membantu meredakan berbagai gejala akibat psoriasis maupun eksim.

Dapat Digunakan Sebagai Makeup Remover Alami

cara membuat toner alami (2)

Kotoran dan minyak berlebih pada wajah bisa memicu berbagai masalah kesehatan pada kulit wajah. Seperti memicu kemunculan jerawat, komedo, dan berbagai masalah kecantikan lainnya.

Nah, untungnya minyak wijen bisa membantumu mengangkat kotoran bekas makeup dan minyak di wajah, lho! Dengan demikian wajah akan jadi lebih bersih, sehat, dan tampak cerah terawat.

Membantu Menenangkan Kulit Wajah

Satu lagi manfaat minyak wijen untuk kecantikan yang perlu kamu tahu, yakni dapat membantu menenangkan otot kulit wajah kamu.

Tahukah kamu, kalau kerutan dan garis halus akan lebih mudah muncul ketika kamu mengalami stress dan membuat otot jadi sangat tegang.

Nah, memijatnya dengan menggunakan minyak wijen akan membuat ketegangan pada otot wajah mengendur. Sehingga menciptakan sensasi menenangkan dan relaksasi pada kulit kamu.

Hal ini pun akan membuat kulit jadi lebih sehat, terawat, kencang, dan selalu tampak awet muda.

Mengurangi Tampilan Mata Panda

mata panda

Bagi yang suka nonton drama ataupun berkegiatan sampai larut malam, pasti membuat tampilan mata panda muncul di area mata.

Lingkaran hitam ini menunjukkan bahwa kulit di area mata tidak cukup mendapatkan waktu relaksasi, sehingga menghambat peredaran oksigen pada jaringan kulit.

Untung mengatasi masalah kantung mata ini, kamu bisa menggunakan minyak wijen untuk menenangkan dan memberikan efek relaksasi pada area mata kamu.

Kandungan vitamin E dan B kompleks yang dimiliki minyak wijen pun akan membuat kulit ternutrisi dengan baik, serta membuat tampilan mata panda lebih tersamarkan.

Setelah membaca artikel di atas, rupanya minyak wijen enggak hanya enak untuk dijadikan bahan makanan. Malahan manfaat minyak wijen untuk kecantikan kulit bisa dibilang sangat beragam.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment