Beragam Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Kulit dan Rambut yang Sayang Dilewatkan

Manfaat vitamin E untuk Kecantikan

Bagi kamu yang selalu rajin menjaga kesehatan kulit dan rambut, mungkin sudah familiar dengan berbagai manfaat vitamin E untuk kecantikan tubuh.

Ya, kandungan alami yang bisa ditemukan dengan mudah di berbagai bahan pangan ini memang sangat baik untuk menjaga kecantikan dan peremajaan sel kulit.

Tak hanya itu, vitamin E pun memiliki efek yang sama baik dan efektifnya dalam menjaga kekuatan dan keindahan alami rambut.

Hal inilah yang akhirnya membuat vitamin E kerap digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan. Baik yang diformulasikan untuk merawat kulit tubuh dan wajah, maupun untuk menjaga kesehatan rambut.

Nah, apa sajakah sebenarnya manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit dan rambut, hingga kandungan ini sangat popular dan kerap digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan?

Well, biar kamu enggak terus bertanya-tanya dan dihantui rasa penasaran, cek berbagai manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini, ya!

Manfaat Vitmain E untuk Kecantikan Kulit

manfaat vitamin e untuk kecantikan (2)

Vitamin E merupakan salah satu micronutrient yang sangat berkontribusi pada kesehatan kulit tubuhmu. Kandungan alami ini bahkan diketahui ampuh melawan beberapa masalah kecantikan dan kesehatan pada kulit.

Penasaran apa saja manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit wajah dan tubuhmu? Cek langsung penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Mendukung Fungsi Perlindungan Kulit

menutrisi kulit

Kulit secara alami memiliki lapisan pelindung, yang disebut dengan nama skin barrier. Lapisan ini akan menangkal berbagai dampak buruk lingkungan, paparan matahari, maupun radikal bebas pada jaringan di bawah epidermis.

Sebenarnya, skin barrier pun bisa memperbaiki diri. Namun seiring bertambahnya usia dan semakin banyak tekanan polusi yang kamu dapat, maka kemampuan skin barrier ini pun akan juga berkurang.

Nah, beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin E yang diolah sebagai minyak maupun lotion, rupanya dapat membantu mendukung fungsi perlindungan kulit.

Ya, senyawa ini akan mengurangi peradangan, memperbaiki jaringan kulit yang bermasalah, bahkan memberikan lapisan perlindungan ekstra pada kulitmu, lho.

Dapat Menyamarkan dan Menghilangkan Bekas Luka

cara menghilangkan bekas luka

Manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah mampu menyamarkan dan menghilangkan bekas luka secara berkala.

Bekas luka memang merupakan bagian alami dari proses penyembuhan, hal itu pun akan memudar seiring berjalannya waktu.

Meski begitu, luka-luka yang besar dan pada area kulit yang terbuka seringnya menimbulkan masalah tidak percaya diri. Karenanya, enggak sedikit juga orang yang ingin segera menghempaskan bekas luka tersebut secepat mungkin.

Vitamin E mungkin bisa menjadi alternatif yang patut dicoba untuk mengatasi masalah ini. Sebab sifatnya sebagai antioksidan akan mampu mendorong produksi kolagen dan merangsang regenerasi kulit.

Hal ini akan membuat sel-sel kulit yang gelap mudah tersingkir dan tergantikan dengan sel baru yang lebih sehat serta bersih.

Membantu Merawat Kesehatan Sel Kulit

manfaat essential oil untuk kecantikan

Radikal bebas seolah menjadi ancaman besar bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Karena molekul ini diketahui dapat menimbulkan kerusakan pada sel-sel kulit kamu.

Bahkan dalam kondisi dan kadar tertentu, radikal bebas bisa memicu munculnya masalah kesehatan yang cukup serius. Seperti penyakit jantung, ginjal, diabetes, hingga kanker kulit.

Untuk mencegah berbagai masalah kecantikan dan kesehatan tubuh itu, kamu bisa menggunakan krim atau suplemen vitamin E sebagai perawatan.

Ini dikarenakan senyawa vitamin E mampu bekerja sebagai antioksidan yang cukup kuat. Sehingga dapat memberikan perawatan pada sel-sel kulit, mencegahnya dari kerusakan akibat stress oksidatif dan memulihkan vitalitasnya dengan optimal.

Tak hanya itu, Vitamin E pun diketahui dapat memperlambat dan menghambat proses penuaan sel-sel tubuh, sehingga tubuh dan kulitmu akan selalu tampak awet muda.

Menghalau Munculnya Berbagai Tanda Penuaan

mengatasi masalah penuaan

Mungkin kamu mengira, bahwa diusia yang masih terbilang muda enggak akan ada tanda penuaan yang berani muncul di wajahmu. Padahal, kalau kamu simak baik-baik, kondisi penuaan dini ini bisa saja terjadi.

Cukup lihat apakah di wajahmu terdapat kerutan atau garis halus, apakah kantung mata tiba-tiba muncul, dan kulit sering terkena berbagai masalah?

Semua itu merupakan tanda kulit kamu sedang mengalami penuaan dini. Yap, berbagai tanda itu enggak semata-mata ada karena usiamu kian bertambah, melainkan karena dampak buruk lingkungan dan asupan nutrisi yang tidak seimbang.

Untuk itu, kamu bisa mulai merawat keremajaan kulit dengan menambah asupan vitamin E. Sebab, senyawa ini sangat kaya akan antioksidan, sehingga mampu memberikan efek yang baik pada sirkulasi darah.

Enggak hanya akan membuat kulit tampak sehat, keremajaan wajahmu pun akan selalu terawat dengan baik dan optimal.

Mengatasi Jerawat dan Menghilangkan Bekasnya

masker alami untuk jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum dialami oleh setiap orang. Malah, pada bebera orang, jerawat ini bisa bertahan cukup lama dan menyebabkan peradangan yang bikin enggak nyaman.

Untungnya, vitamin E dengan sifat antiinflamasi yang dimilikinya mampu merawat dan menenangkan peradangan oleh jerawat.

Tak hanya itu, banyak juga yang meyakini bahwa vitamin E dapat bekerja sama baiknya dengan bahan alami lain untuk membantu menyamarkan bekas jerawat dari kulit wajah.

Hal ini dikarenakan vitamin E mengandung sifat antioksidan, yang dapat bekerja dalam membantu memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, melindungi kesehatan kulit dalam jangka panjang, dan membuat vitalitas kulit kian meningkat.

Beragam Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (1)

Selain merawat kulit, apakah kamu juga familiar dengan manfaat vitamin E untuk kecantikan dan kesehatan rambut?

Ya, vitamin E merupakan bentuk antioksidan alami yang juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut kamu.

Asupan vitamin E yang terpenuhi dengan baik, akan memberikan efek sama efektifnya untuk memperindah rambut kamu.

Nah, lantas apa saja manfaat vitamin E untuk kecantikan rambut yang dimaksudkan tersebut? Langsung cek jawabannya di ulasan berikut ini, Ladies!

Memberikan Kilau Alami pada Rambut

Kalau kamu memperhatikan dengan baik iklan-iklan sampo di berbagai media sosial, enggak sedikit produk yang menawarkan efek hitam dengan kilau alami pada rambut, bukan?

Ya, efek ini sebenarnya menunjukkan bahwa rambutmu dalam kondisi prima dan terawat dengan baik. Dan rupanya, untuk mendapatkan rambut dengan kilau alami ini enggak susah-susah amat, lho!

Benar sekali! Lewat mengonsumsi atau menggunakan vitamin E sebagai perawatan rambut dan kulit kepala akan membuat kilau tersebut muncul secara alami.

Ini dikarenakan, vitamin E dapat bekerja untuk mereparasi jaringan dan sel yang ada pada rambut, sehingga membuatnya jauh lebih sehat dan dapat mengeluarkan kilau alaminya.

Memperlambat Munculnya Tanda Penuaan pada Rambut

Bukan cuma pada kulit wajah dan tubuhmu saja, rambut pun bisa mengalami gejala-gejala penuaan dini, lho. Ini juga disebabkan adanya paparan radikal bebas, ketidakseimbangan asupan nutrisi dalam tubuh, juga karena kebiasaan hidup yang buruk.

Untuk memperbaikinya, kamu bisa mulai mengonsumsi berbagai sumber pangan yang mengandung vitamin E setiap hari.

Senyawa yang bisa bertindak sebagai antioksidan alami ini, akan membantu menyehatkan dan memperkuat kembali jaringan yang ada pada rambut serta kulit kepala.

Bahkan jika dikombinasikan dengan vitamin D dan C, vitamin E akan membantu meminimalisir munculnya uban di rambutmu, lho.

Membuat Rambut jadi Lebih Lebat

Apakah kamu bermasalah dengan penipisan rambut, kerontokan, dan masalah sejenisnya? Wah, mungkin kamu kekurangan vitamin E, nih.

Tahukah kamu kalau vitamin E dapat membantu menyehatkan rambut dan membuatnya jadi lebih lebat? Ya, kandungan ini dapat bekerja sebagai antioksidan sehingga mampu memperlancar aliran darah ke seluruh bagian tubuuh, termasuk kulit kepala kamu.

Karena aliran darah yang lancar, maka proses penyampaian nutrisi ke area kulit kepala pun akan jadi lebih optimal. Hasilnya, kulit kepala dan rambut pun akan jadi lebih sehat dan tidak gampang terkena masalah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan berbagai jenis produk perawatan rambut berkandungan vitamin  E secara teratur.

Memperbaiki Rambut Bercabang

Apakah kamu termasuk orang yang suka mengganti warna rambut atau menggunakan alat hair styling yang menghantarkan panas?

Hal ini tentunya membuatmu harus memberikan perawatan serta perlindungan ekstra pada rambut, bukan? Pasalnya kedua kegiatan tersebut dapat bersifat destruktif dan membuat rambut jadi kian tidak sehat.

Salah satu ciri rambut kamu dalam keadaan rusak adalah adanya cabang-cabang kering di bagian ujung rambut. Tak perlu panik dulu, karena vitamin  E bisa mmebantu mengatasi kerapuhan dan kerusakan pada rambut.

Dengan penggunaan vitamin E sebagai perawatan rambut secara rutin, kamu bisa mengembalikan kesehatan rambutmu dan mengurangi rambut bercabang.

Selain berbagai manfaat yang telah dijelaskan di atas, vitamin E pun dikatakan ampuh dalam merawat rambut yang kering dengan memberikan kelembapan ekstra pada batang rambut.

Berbagai Sumber Alami Vitamin E yang Wajib Kamu Tahu

bahan alami skincare untuk mata panda

Setelah mengetahui berbagai manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, apakah kamu tertarik untuk menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan rutin kecantikanmu?

Kalau iya, ketahui berbagai sumber alami vitamin E yang wajib kamu coba berikut ini!

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Sumber vitamin E yang bisa kamu coba pertama dalah biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain dikonsumsi, kamu juga bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan menggunakan minyak hasil biji atau kacang tersebut.

Contohnya, biji bunga matahari, kacang almond, minyak zaitu, kedelai, dan masih banyak bahan alami lainnya.

Sayuran Hijau

Tak kalah dengan biji-bijian, banyak juga sayur-sayuran yang mengandung vitamin E, lho. Meski begitu, beberapa artikel kesehatan menyebutkan bahwa bayam dan brokolilah yang memiliki kandungan vitamin E tertinggi.

Buah-buahan

Buah-buahan yang segar sangat kaya akan berbagai kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari vitamin, protein nabati, hingga mineral.

Salah satu jenis vitamin yang juga bisa kamu dapatkan dengan mudah dalam buah-buahan adalah vitamin E. Umumnya, buah seperti kiwi, mangga, dan anggur, terbilang mengandung vitamin E yang sangat tinggi.

Nah, itu adalah berbagai manfaat vitamin E untuk kecantikan kulit dan rambut, beserta sumber asupannya yang wajib banget kamu tahu.

Well, menjaga kecantikan kulit enggak melulu harus menggunakan berbagai macam jenis skincare. Kamu bisa mulai dengan memperhatikan kesehatan tubuh, asupan nutrisi dan gizi dalam makananmu, hingga menghindari stress.

Jadi, stay healthy and always be pretty, ya, Ladies!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment