Efektif dan Aman Dicoba, Ini Cara Menghilangkan Jerawat pada Remaja

cara mengatasi jerawat pada remaja (1)

Apakah kamu bermasalah dengan jerawat yang tiba-tiba muncul, membandel, terasa meradang dan kemerahan? Tenang, sebab cara menghilangkan jerawat pada remaja cukup mudah untuk dilakukan.

Pada masa pertumbuhan dan pubertas, kemunculan jerawat di wajah bukanlah hal baru. Malahan bisa dibilang masalah kulit satu ini kerap mengiringi dan sangat umum terjadi pada semua orang saat melewati masa pubertas.

Selain dapat mengganggu penampilan, jerawat pun bisa menimbulkan rasa tidak nyaman karena mengalami peradangan. Misalnya nyeri ketika disentuh, gatal saat terkena keringat, hingga menimbulkan bekas yang susah dihilangkan nantinya.

Secara umum, jerawat akan muncul pertamakali dalam rentan usia 11 hingga 25 tahun. Yang kadang tidak hanya dalam jumlah sedikit, melainkan bisa di sebagian besar area wajah remaja.

Untungnya, kondisi ini akan hilang seiring dengan proses pubertas terlewati. Meski begitu, kamu pun harus merawatnya dengan baik agar jerawat tidak bertambah buruk dan meradang.

Penasaran bagaimana cara mengatasi jerawat pada remaja yang tepat? Yuk, cek berbagai penyebab kemunculan jerawat di bawah ini dan langkah merawatnya yang benar!

Berbagai Penyebab Jerawat pada Remaja

cara mengatasi jerawat pada remaja (2)

Sebelum membahasa bagaimana cara mengatasi jerawat pada remaja, kamu pun harus mengetahui apa saja yang menyebabkan munculnye jerawat pada wajah.

Karena selain faktor hormonal ada beberapa kebiasaan buruk dan hal-hal yang perlu kamu perhatikan agar jerawat dapat dicegah.

Well, langsung simak ulasannya berikut ini, ya, Guys!

Faktor Hormonal

Telah disinggung sebelumnya, seiring dengan masa pertumbuhan dan pubertas, kemunculan jerawat pada wajah merupakan hal yang sangat umtum terjadi.

Bahkan berdasarkan beberapa studi, pada fase ini kemunculan jerawat tidak bisa dicegah begitu saja. Sehingga hanya bisa dirawat dengan baik, agar kondisi tidak memburuk atau menimbulkan bekas yang susah hilang setelahnya.

Kamu juga enggak perlu khawatir, karean seiring bertambahnya usia, maka fase ini pun turut berlalu.

Terlalu Sering Menyentuh Wajah dengan Tangan

Tahukah kamu, kalau jerawat yang tumbuh di wajah pun bisa disebabkan oleh kebiasan menyentuh wajah dengan tangan terlalu sering?

Mungkin kamu merasa hal ini tidaklah terlalu penting atau cukup sepele, padahal tanpa sadar kotoran dan bakteri yang menempel pada tangan dan kuku bisa berpindah ke wajah.

Hal inilah yang akhirnya bisa memicu kemunculan jerawat baru pada wajah, ataupun bisa membuat jerawat yang lama terinfeksi dan menyebar.

Ketika kamu ingin menyentuh atau memeriksa wajah, ada baiknya untuk memastikan kebersihan tangan dan jangan melakukannya terlalu sering.

Menggunakan Handuk Badan di Wajah

Kebiasaan satu ini juga kerap dianggap remeh. Ya, menggunakan handuk untuk badan di area wajah ternyata bisa memicu kemunculan jerawat di wajah kamu, lho!

Kok bisa? Tentu saja, sebab handuk bisa menjadi sarang bakteri apabila tidak diganti atau dicuci secara teratur. Karenanya, ada baiknya kalau kamu menyiapkan handuk yang berbeda untuk area wajah dan tubuh kamu.

Menggunakan Produk Facial Wash yang Tidak Tepat

Keinginan untuk merawat wajah adalah hal yang sangat baik, tandanya kamu sudah tahu benar apa yang dibutuhkan oleh kulitmu. Namun, sayangnya beberapa produk facial wash bisa tidak cocok atau baiknya kamun hindari.

Sebab, sejatinya jenis kulit wajah tiap orang sangatlah berbeda-beda. Ada yang kering, normal, berminyak, kombinasi, ataupun sensitif.

Karenanya, kamu pun harus lebih teliti dalam memilih produk facial wash yang akan kamu pakai. Kamu bisa mencari tahu berbagai kandungan yang sebaiknya dihindari ataupun yang harusnya ada dalam produk facial wash yang kamu beli.

Sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan wajahmu. Dengan demikian, produk facial wash ini pun akan dapat bekerja lebih efetikf serta tidak akan menyebabkan reaksi iritiatif pada kulit.

Pola Tidur Tidak Teratur

Siapa yang tidak suka menghabiskan banyak waktu untuk bermain game, menonton maraton drama Korea kesukaan, atau mendengarkan lagu idol kesukaan berkali-kali?

Yap! Yakin banget deh, kamu pasti juga rela sampai meluangkan waktu tidurmu untuk melakukan beberapa kegiatan di atas.

Sayangnya, pola tidur yang tidak teratur ini kurang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Sebab, dengan tidur yang cukup kamu bisa meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga mampu menghalangi dan menggerus bakteri di area wajah.

Pola Makan yang Tidak Terjaga dengan Baik

Selain menjaga pola tidur, kamu pun harus memperhatikan apa yang kamu konsumsi dan jam makan kamu untuk mendapatkan kulit yang sehat.

Sebab, ternyata makanan yang kamu konsumsi juga akan berpengaruh pada kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Misalnya, makanan yang bergizi tinggi akan memberikan berbagai nutrisi yang diperlukan dalam sel-sel kulitmu.

Sebaliknya, makanan dengan kandungan gula dan tepung yang tinggi, diyakini dapat memicu kemunculan jerawat di wajah, lho.

Oleh karenanya, kamu harus bisa menjaga kualitas makanan dan pola konsumsi yang teratur, ya.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyak dari kita yang mengira dengan mencuci wajah sesering mungkin, maka wajah akan jadi lebih bersih dan terhindar dari berbagai masalah kulit.

Padahal, enggak juga. Membersihkan wajah memang perlu, namun juga tidak boleh terlalu sering karena akan menyebabkan iritasi dan membuat kulit wajahmu jadi lebih kering.

Selain itu, kekika terlalu sering mencuci wajah, produksi sebum pun akan kian banyak. Sehingga menyebabkan wajah jadi lebih berminyak, memicu penumpukan pada lubang pori, kemudian memicu adanya jerawat.

Tak hanya itu, kamu juga enggak disarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap hari. Hal ini juga bisa membuat kulit jadi iritasi dan kian sensitif.

Normalnya, kamu bisa mencuci wajah cukup dua kali dalam sehari. Sementara itu, cukup 1-2 kali dalam seminggu untuk melakukan eksfoliasi.

Cara Mengatasi Jerawat pada Remaja

perbedaan skincare dan make up

Setelah mengetahui berbagai penyebabnya, kamu bisa mencegah kondisi jerawat yang kamu alami agar tidak memburuk dengan menghindari kebiasaan buruk tersebut.

Selain menghindari berbagai kebiasan buruk yang telah disebutkan di atas, kamu pun dapat menerapkan beberpaa cara mengatasi jerawat pada remaja berikut ini, ya!

Menghindari Penggunaan Make Up

Adanya jerawat di wajah memang kadang bikin kepercayaan diri berkurang, lantas akhirnya membuat banyak dari kita yang menutupinya dengan menggunakan bantuan make up.

Tapi langkah itu sama sekali enggak tepat, Guys. Selain hasilnya juga sementara, penggunaan make up ini akan menutupi pori-pori kulit dan berpotensi memperparah jerawat yang kamu alami.

Justru ketika kulit sangat berjerawat, akan lebih baik untukmu menggunakan bedak tabur yang memiliki tekstur lebih ringan dan tidak lengket di kulit.

Gunakan Facial Foam Berbahan Lembut

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa sabun wajah yang salah bisa menyebabkan kulit jadi teriritasi, kering, hingga menimbulkan jerawat di wajah.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah dengan jerawat, sangat dianjurkan untuk memilih produk sabun wajah yang lembut dan berbahan dasar air.

Hindari menggunakan sabun batang atau yang khusus dibuat untuk tubuh, sebab penggunaan keduanya justru akan membuat kulit jadi kering dan memicu proses produksi sebum lebih banyak.

Tak cuma untuk cewek, bagi para cowok juga penting untuk melakukan hal ini juga lho. Apalagi aktifitas harian sebagai pelajar juga sangat tinggi dan membuat kulit lebih rentan terpapar polusi maupun radikal bebas.

Hindari juga sabun pembersih wajah dengan buliran-buliran scrub yang kasar, sebab produk ini bisa membuat masalah kulit jadi kian memburuk.

Pilih Produk Penghilang Jerawat yang Tepat

Selain minyak berlebih, jerawat pun biasanya juga terjadi karena penumpukan sel kulit mati pada epidermis kulit. Karenanya, kamu pun perlu menggunakan produk penghilang jerawat yag dapat mengeksfoliasi sel kulit mati.

Misalnya, menggunakan produk skincare berkandungan salycilic acid. Tida hanya efektif, kandungan ini bisa memulai proses pengelupasan pada permuakaan kulit.

Kandungan ini pun dapat memabntu melakukan pengelupasan di dalam pori-pori, membunuh bakteri, dan memiliki akndungan yang mencegah kemerahan pada kulit.

Selain itu, ada pula benzoyl peroxide yang ampuh membunuh bakteri penyebab jerawat puber. Namun, kamu juga enggak boleh sembarangan pakai, ya. Ada baiknya mematuhi aturan penggunaan yang ada dalam kemasan atau berkonsultasi dengan ahli terlebih dahulu.

Menggunakan Pelembap Wajah

Banyak orang enggan menggunakan pelembap, karena anggapan akan membuat kulit kian berminyak. Kulit yang lembap dan berminyak sejatinya berbeda.

Ketika kamu memiliki jerawat puber, bukan berarti karena terlalu banyak minyak pada wajah dan akhirnya menghindari pakai pelembap. Kulit wajah tetap harus dijaga kelembapannya.

Maka itu, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit termausk pelembap yang bebas minyak.

Memakai Tabir Surya

Produk lainnya yang bisa kamu gunakan untuk merawat wajah berjerawat adalah tabir surya atau sunscreen. Kulit yang berjerawat pun bisa semakin teriritasi kalau terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Selain itu, sinar mantahari pada dasarnya juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan berbagai masalah kulit. Karena radiasi ultraviolet diketahui dapat merusak sel yang ada dan menghambat proses penyembuah diri serta regenerasi kulit.

Karena itulah, akan sangat penting untukmu menggunakan tabir surya secara rutin.

Mengaplikasikan Produk Skincare Non-comedogenic

Satu lagi yang perlu diperhatikan, skincare memiliki berbagai jenis dan ragam. Bahan-bahan yang digunakan pun tak kalah inovatifnya.

Karena itu, pastikan kamu memilih produk skincare berlabel noncomedogenic. Karena produk ini tidak akan memberikan minyak berlebih pada kulit, ataupun membuat wajahmu jadi lebih berminyak.

Nah, itu adalah cara menghilangkan jerawat pada remaja yang bisa kamu coba. Selain merawat dan mengatasinya dari luar, kamu pun bisa memperbaiki kondisi kulit dengan rajin olahraga dan memakan makanan yang sehat.

Well, sampai di sini dulu ya! Sampai jumpa di tips-tips kecantikan selanjutnya.

About Author

Related posts

Leave a Comment