Jangan Diremehkan, Ini Deretan Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan

manfaat labu kuning untuk kecantikan (1)

Kosmetik bisa dibilang jadi bagian kehidupan sebagian besar dewasa ini. Hampir setiap hari orang mengaplikasikan berbagai produk kosmetik ke tubuh dan rambut mereka, mulai dari skincare, hair care, body care, dan lainnya.

Karenanya keamanan produk harus menjadi salah satu hal yang dipertimbangkan dan diperhitungkan sebelum menggunakan produk kosmetik.

Nah, bahan-bahan alami bisa menjadi salah satu alternatif untukmu merawat wajah dengan risiko yang lebih rendah, salah satunya menggunakan labu kuning.

Labu kuning merupakan salah satu jenis bahan pangan yang bisa kamu temukan dengan mudah di Indonesia. Beberapa orang pun memiliki dan membudidayakan labu kuning di kebun pribadi mereka, lho.

Well, selain bisa dikonsumsi dan dikreasikan menjadi hidangan penutup yang lezat, labu kuning rupanya juga mengandung berbagai banyak manfaat untuk memelihara kecantikan kamu.

Ini dikarenakan, labu kuning sangat kaya akan antioksidan dan berbagi jenis nutrisi lain yang dibutuhkan oleh kulit.

Penasaran apa saja kandungan dan manfaat labu kuning untuk kecantikan kulit dan rambut? Kepoin ulasannya berikut ini, yuk!

Kandungan Labu Kuning yang Baik Buat Kecantikan                                     

manfaat labu kuning untuk kecantikan (2)

Telah disinggung sebelumnya, kalau labu kuning memiliki banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan tubuh kamu.

Nah, kandungan inilah yang akan bekerja untuk membantu merawat dan menjaga kecantikan kulit serta rambutmu.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam labu kuning adalah vitamin A. Senyawa satu ini dapat bekerja efektif untuk menjaga keremajaan dan kesehatan kulit kamu.

Ya, sebagai contoh kamu bisa menemukan berbagai produk kecantikan yang menggunakan vitamin A sebagai bahan dasar maupun campuran di dalam formulanya.

Ini karena vitamin A mampu mendorong produksi kolagen, merangsang proses regenerasi sel kulit, mampu merawat kulit berjerawat, dan meratakan warna kulit secara alami.

Tak hanya itu, vitamin A pun bisa membuat penampilan garis dan kerutan halus jadi memudar. Juga membuat kulit jadi lebih kencang, akhirnya kamu pun akan senantiasa tampak awet muda.

Vitamin C

Selain vitamin A, labu kuning pun memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Seperti yang kamu tahu, senyawa ini merupakan sumber antioksidan yang tinggi dan sangat efektif untuk membantu menangkal berbagai dampak buruk dari faktor eksternal.

Vitamin C pun sebenarnya tak kalah popular dibandingkan vitamin A. Sebab, kamu pun dapat melihat atau menemukan berbagai produk perawatan kecantikan yang menggunakan senyawa ini sebagai bahan dasar.

Tak hanya membantu meningkatkan tampilan kulit secara umum, vitamin C bekerja sebagai agen pencerah yang efektif mengatasi hiperpigmentasi, bintik penuaan, pun meratakan warna kulit.

Kandungan ini pun dinilai sama efektifnya dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu. Sehingga dapat memberikan tampilan kulit yang awet muda dan tampak bercahaya.

Vitamin B6

Berbeda dengan kedua kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, vitamin B6 bekerja untuk menjaga kelembapan kulit.

Seperti yang kamu tahu, kulit yang terhidrasi dengan baik akan lebih sehat dibandingkan kulit yang terlalu kering. Kondisi ini pun akan menghindarkanmu dari penuaan dini, iritasi, dan minim risiko jadi sensitiff.

Vitamin E

Telah dikatakan sebelumnya kalau labu kuning mengandung antioksidan tinggi, salah satunya berbentuk vitamin E.

Buat kamu yang mengikuti tren dunia kecantikan, pasti udah enggak asing dengan kandungan ini. Sebab kemampuannya dalam menutrisi, menenangkan, dan menjaga kesehatan kulit dengan optimal.

Tak hanya itu, vitamin E pun bisa memberikan banyak perlindungan pada kulit kepala, serta bisa memperkuat akar dan batang rambut kamu.

Berbagai Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan Kulit

manfaat labu kuning untuk kecantikan (4)

Salah satu manfaat labu kuning untuk kecantikan adalah mampu merawat kesehatan kulit wajah dan tubuh kamu. Berbagai nutrisi, baik vitamin, mineral maupun antioksidan di dalamnya akan membantu melindungi serta menutrisi kulit.

Nah, dengan penggunaan labu kuning secara teratur dalam rutinitas kecantikanmu, maka kamu akan mendapatkan berbagai manfaatnya untuk kecantikan kulit berikut ini.

Dapat Membuat Kulit Tampak Awet Muda

Selain faktor pertambahan usia, berbagai penyebab eksternal lain pun bisa menimbulkan masalah pada kesehatan kulit, termasuk membuat wajah jadi tampak lebih tua dari seharusnya.

Kondisi ini lebih umum disebut dengan penuaan dini, penyebabnya bisa karena paparan radikal bebas, kurangnya asupan nutrisi, dan kebiasaan hidup yang kurang sehat.

Untungnya, kamu enggak perlu berlarut-larut dalam kekhawatiran. Sebab, manfaat labu kuning untuk kecantikan yang pertama adalah membantu merawat keremajaan kulit wajah.

Kamu bisa menggunakan labu kuning untuk melawan serangan radikal bebas pada kesehatan kulitmu, baik dengan mengonsumsinya secara rutin maupun menggunakannya sebagai masker wajah organic.

Labu kuning mengandung senyawa antioksidan yang tinggi sehingga dapat menstabilkan kadar radikal bebas dalam tubuh dan jaringan kulit.

Bahkan antioksidan pun bisa membuat proses regenerasi kulit dan produksi kolagen jadi optimal. Hal inilah yang akhirnya membuat tampilan kulit menjadi lebih awet muda.

Membantu Meningkatkan Kecerahan Kulit

Buat kamu yang memiliki masalah dengan kulit yang tampak kusam dan banyak noda hitam, kayaknya harus coba mengonsumsi bahan pangan satu ini, deh.

Karena labu kuning telah terbukti memiliki sebuah enzim yang berkhasiat dan dapat bekerja mirip dengan Asam Alfa Hidroksida (AHA). Enzim tersebut dapat menyingkirkan sel kulit mati, sehingga memberi kesempatan pada kulit untuk beregenerasi jadi lebih sehat.

Tak hanya itu, kandungan vitamin A dan C yang ada dalam labu kuning pun bisa mendorong produksi kolagen serta menyingkirkan berbagai masalah pigmentasi yang kamu alami.

Merawat dan Mengatasi Masalah Jerawat

Meski sangat umum dan kerap terjadi, jerawat tetaplah jadi musuh terbesar bagi sebagian besar orang. Apalagi kalau kondisi jerawat tersebut dibarengi dengan peradangan dan sangat susah untuk dihilangkan.

Untungnya, kandungan Vitamin C dan vitamin E dalam labu kuning bisa membantumu merawat kulit berjerawat serta mengatasinya dengan efektif.

Sifat antioksidan dan asam aktif dalam vitamin C akan membantu mengembalikan vitalitas sel kulit, mendorong proses regenerasi, dan membuat proses penyembuhan jerawat jadi lebih optimal.

Proses ini akan diseimbangankan dengan sifat vitamin E yang menenangkan serta menutrisi kulit. Sifat antiinflamasi ini akan meredakan peradangan atau rasa tidak nyaman yang muncul akibat jerawat meradang.

Membantu Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat labu kuning untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah membantu melembapkan dan menghidrasi kulit. Wah, kabar baik untuk kamu yang bermasalah dengan kulit kering, bukan?

Yap, kulit kering memang terbilang cukup bikin resah dan kadang menimbulkan berbagai masalah kecantikan. Termasuk membuat wajah jadi rentan iritasi, sensitif, dan mudah terlihat kusam.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, Ladies. Labu kuning bisa menjadi penyelamat alami dari kulit kering dan kusam ini.

Sebab, dalam labu kuning terdapat kandungan vitamin E, antioksidan, dan vitamin B6 yang bisa membantu melembapkan serta mempertahankan kelembapan alami kulit wajah.

Kamu hanya perlu menggunakannya sebagai masker wajah alami atau mengonsumsinya secara teratur agar bisa mendapatkan manfaat labu untuk kecantikan kulit ini.

Mencegah Produksi Minyak Berlebih

Tak hanya bisa membantu mengatasi kulit kering, kamu pun dapat menggunakan labu kuning untuk merawat kulit berminyak, lho.

Kulit berminyak pun tak bisa dibilang ideal, karena dalam kondisi ini kulit pun rentan mengalami penyumbatan pori, penumpukan toksin, hingga memicu kemunculan jerawat di wajah.

Yap! untungnya labu kuning mengandung mineral zinc yang dapat mengontrol produksi minyak berlebihan pada wajah.

Kamu bisa menggunakan bahan alami ini sebagai masker organic, dan menambahnya dengan beberapa bahan lain yang sama baiknya buat kulit.

Manfaat Labu Kuning untuk Kecantikan Rambut

Tak cuma buat kulit, manfaat labu kuning untuk kecantikan rambut juga banyak. Ini dikarenakan kandungan-kandungan dalam sumber makanan ini pun sangat penting untuk menunjang kesehatan rambut dan kulit kepala.

Nah, biar enggak kelamaan, berikut beberapa manfaat labu kuning untuk kecantikan rambut yang perlu kamu tahu.

Membantu Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Tahukah kamu, selain vitamin dan antioksidan, labu kuning pun kaya akan kandungan mineral? Ya, salah satunya adalah kalium dan zinc.

Mineral inilah yang akan membantu dalam menjaga dan merawat kesehatan rambut kamu. Sementara itu, zinc akan mendorong produksi kolagen, yang berperan dalam peningkatan kesehatan rambut.

Tak hanya itu, kandungan lain seperti asam folat dan vitamin B6 akan menstimulasi pertumbuah rambut baru yang sehat dengan meningkatkan peredaran darah.

Mencegah Kerontokan Rambut Secara Alami

Tak cuma bikin pertumbuhan rambut jadi lebih cepat dan meningkat, buah labu kuning pun bisa menjadi bahan alami untuk membantu mencegah dan mengatasi kerontokan rambut yang kamu alami.

Manfaat labu kuning untuk kecantikan ini didapat dari kandungan vitamin A dan Asam amino yang dimilikinya. Sementara vitamin A dapat memperkuat batang dan akar rambut, maka asam amino akan menutrisi tiap helai rambut dan mencegah adanya kerusakan.

Melawan Infeksi pada Kulit Kepala

Tak hanya untuk rambut, labu kuning pun bisa menjaga dan menutrisi kulit kepala agar jadi lebih sehat. Manfaat lainnya, bahan pangan ini akan membantu melawan dan mencegah adanya infeksi pada bagian kulit kepala kamu.

Kandungan sulfur yang dimilikinya bahkan bisa mengatasi kondisi psoriasis, ketombe, eksim, dan masih banyak lainnya.

Nah, itu adalah berbagai manfaat labu untuk kecantikan yang mungkin belum kamu ketahui dengan baik. Akan sangat disayangkan kalau kamu kelewatan memanfaatkan buah yang sangat mudah dijumpai di Indonesia ini.

Apakah kamu berminat menggunakan labu sebagai bagian dari perawatan kecantikan tubuh dan rambut? Jangan lupa bagikan pendapatmu lewat kolom komentar, ya, Gays!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment