Cek Manfaat Buah Apricot untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Berikut Ini

manfaat buah aprikot untuk kecantikan (1)

Meski tidak seterkenal buah untuk kecantikan lainnya, seperti lemon dan alpukat, buah apricot rupanya menyimpan manfaat yang tak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut kamu, lho!

Apricot merupakan buah yang banyak ditemukan tumbuh liar di beberapa negara, yakni Armenia, Yunani, Roma, dan India. Karena terbilang jarang dibudidayakan di dalam Negeri, enggak heran kalau banyak orang yang juga asing dengan apricot.

Jarang bukan berarti sulit untuk ditemui, kamu bisa mendapatkan buah yang hampir mirip dengan peach dan plum ini dengan mudah di berbagai supermarket.

Buah dengan cita rasa yang menyegarkan, manis, dan sedikit masam ini sebenarnya telah banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit.

Mulai dari gel pelembap, serum, essence, bahkan hingga body lotion pun tak jarang menggunakan apricot ke dalam formula produknya.

Nah, penasaran apa saja manfaat apricot untuk kecantikan kulit? Yuk, segera cek penjelasan dan daftar lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Kandungan Nutrisi Buah Aprikot yang Baik untuk Kulit

manfaat buah apricot untuk kecantikan (2)

Salah satu hal yang membuat buah ini sangat baik untuk merawat kecantikan kulit adalah kandungan nutrisinya yang tinggi.

Ya, apricot terbilang sangat kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh, serta bisa bekerja untuk menjaga kecantikan kulit.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam buah apricot adalah vitamin A. Kamu pasti udah enggak asing dengan manfaat kandungan satu ini.

Ya, vitamin A atau lebih dikenal dengan nama retinoid, kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit. Khususnya yang bekerja sebagai antiaging dan agen pencerah kulit.

Hal ini dikarenakan vitamin A dapat membantu merawat keremajaan kulit, yakni dengan mendorong produksi elastin dan kolagen.

Keduanya merupakan protein yang berperan penting dalam menunjang keremajaan kulit, membuat wajah tampak kenyal dan kencang, bahkan menghalangi munculnya tanda penuaan.

Tak hanya itu, vitamin A pun diketahui dapat merangsang proses regenerasi sel kulit, sehingga sel-sel kulit mati pada epidermis akan terdorong dan terangkat. Hasilnya, kulit wajah akan jadi tampak lebih cerah, sehat, bahkan awet muda.

Vitamin C

Kandungan buah apricot yang baik untuk kecantikan lainnya adalah vitamin C. Tak kalah dengan retinoid, kandungan ini pun banyak ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Tak hanya menjadi bahan campuran, vitamin C pun sering menjadi bahan utama dan bahkan kerap jadi formulasi tunggal dalam suatu produk.

Hebat banget, kan? Yap! Kemampuan vitamin C dalam menjaga vitalitas kulit sudah tidak perlu diragukan kembali. Kandungan ini mampu bekerja sebagai antioksidan, yang dapat menangkal berbagai efek buruk akibat stress oksidatif.

Tak hanya itu, vitamin C pun dapat membantu memperbaiki kondisi sel-sel kulit yang rusak dan bermasalah akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Akhirnya proses regenerasi sel kulit akan jauh lebih optimal dan efektif. Sehingga tampilan wajah pun akan jauh lebih meningkat, yakni jadi cerah, sehat, kecang, bahkan tampak awet muda.

Vitamin E

Tak hanya vitamin C, antioksidan alami lain juga ditemukan dalam buah apricot berupa kandungan vitamin E. Ya, kamu yang sangat aktif merawat tubuh dan kulit pasti sudah sangat akrab dengan manfaat kandungan ini bagi kecantikan.

Selain bekerja sebagai antioksidan alami, vitamin E pun dikenal karena kemampuannya yang sangat baik untuk menenangkan dan menghidrasi kulit.

Jenis vitamin ini bahkan terbilang ramah dan sangat minim menimbulkan reaksi alergi. Sehingga cocok digunakan untuk semua jenis kulit, termasuk kamu yang sensitif.

Vitamin E diketahui dapat menutrisi, menyehatkan kulit, memperbaiki struktur sel secara menyeluruh, bahkan jika digunakan atau dikonsumsi secara rutin bisa memberikan perubahan signifikan pada tampilan kulit.

Kalium

Selain vitamin, kamu bisa menemukan kandungan mineral dalam buah apricot lho, Ladies. Salah satu mineral yang dimaksud adalah kalium.

Kalium merupakan jenis mineral yang cukup banyak digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan, khususnya dalam pelembap, lotion, ataupun serum.

Sebab, mineral ini dapat membantu membuat kulit jadi lebih terhidrasi, terhindar dari masalah kulit kering dan kusam, mencegah adanya iritasi, bahkan mampu membuat pH kulit jadi lebih seimbang.

Beta Karoten

Apricot memang dikenal karena kandungan antioksidannya yang tinggi, salah satunya beta karoten. Senyawa ini enggak hanya akan membantu melindungi kulit dari berbagai pengaruh buruk dari polusi dan radiasi sinar UV sehari-hari.

Beta karoten bahkan dapat meminimalisir kerusakan sel kulit yang diakibatkan paparan sinar matahari, yakni dengan memperbaiki dan memulihkan sel-sel yang terdampak.

Selain itu, jika beta karoten dikonsumsi dengan kadar yang tepat secara rutin, maka vitamin ini dapat memberikan efek mencerahkan pada kulit wajah dan tubuhmu, lho.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya apricot masih mengandung bebagai gizi lain yang tak kalah baiknya untuk kulit. Sebut saja lutein, seaxanthin, lemak,  protein, serat, dan masih banyak lainnya.

Berbagai Manfaat Buah Apricot untuk Kecantikan Kulit

manfaat buah aprikot untuk kecantikan (3)

Setelah mengetahui berbagai manfaat buah apricot untuk kecantikan kulit di atas, kamu pasti pengen banget mencoba buah satu ini jadi bagian perawatan kecantikan harianmu, bukan?

Eits! Jangan buru-buru dulu. Sebaiknya kamu tahu lebih banyak lagi mengenai manfaat buah apricot untuk kecantikan kulit berikut ini.

Mengatasi Gejala Iritasi pada Kulit

Iritasi maupun peradangan pada kulit merupakan hal yang sangat lumrah terjadi. Penyebabnya pun cukup beragam, mulai dari adanya reaksi alergi, akibat jerawat, atau bahkan terkena paparan sinar matahari berlebihan.

Peradangan ini enggak hanya akan menunjukkan reaksi fisik pada permukaan kulit, seperti kemerahan maupun pembengkakan. Tidak jarang, peradangan ini pun menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman pada penderitanya.

Nah, kalau kamu bermasalah dengan iritasi kulit, buah apricot bisa dicoba untuk menanganinya. Sifat antiinflamasi dari kandungan vitamin E yang ada dalam buah ini akan membantu meredakan peradangan yang kamu alami.

Memberikan Efek Mencerahkan pada Kulit

Sebenarnya, dari uraian mengenai kandungan dalam buah apricot, kamu pasti menyadari ada banyak kandungan yang bisa memberikan manfaat mencerahkan pada kulit. Sebut saja vitamin A, vitamin C, beta karoten, hingga vitamin E.

Kandungan-kandungan tersebut diketahui dapat bekerja sebagai agen pencerah yang cukup efektif dan baik untuk kulit.

Misalnya pada vitamin C yang diketahui dapat mengatasi masalah kulit kusam, menyamarkan noda hitam bekas jerawat dan sunspot, bahkan bisa meratakan warna kulit.

Sementara itu, vitamin A dan beta karoten akan membantu mencerahkan kulit. Khususnya dengan mendorong produksi kolagen, serta mengangkat sel-sel kulit mati dari epidermis.

Di sisi lain, vitamin E akan membantu menutrisi kulit, mengoptimalkan proses regenerasi, dan menenangkan wajah. Akhirnya, proses pencerahan wajah ini enggak akan menimbulkan reaksi negative pada kulit.

Membantu Cegah Munculnya Berbagai Tanda Penuaan Dini

Buah aprikot kaya akan kandungan antioksidan yang mampu memberikan perlinudngan kulit terhadap radikal bebas dan paapran sinar UV yang menjadi penyebab munculnya tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

Kandungan dalam buah aprikot pula yang diketahui mampu membantu meremajakan kulit, menjaga elastisitas, dan kekenyalan kulit dengan menambah produksi kolagen di dalam kulit.

Mengatasi Jerawat di Wajah

Jerawat memiliki jenis yang beragam, mulai dari komedo, pustula, bruntusan, hingga jerawat kistik. Semua jenis ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda, penanganannya pun sama sekali tidak sama.

Namun, beberapa jenis skincare seperti peeling cream, face scrub, hingga facial wash berkandungan apricot diklaim dapat mengatasi masalah minyak berlebih, mengangkat kotoran serta sel kulit mati, yang dapat mengakibatkan penyumbatan pori-pori.

Hal ini tentunya akan membantu mencegah kemunculan jerawat, serta membuat proses penyembuhannya jadi kian efektif.

Memberikan Kelembapan Ekstra pada Kulit

Salah satu indicator kulit kamu dalam kondisi sehat adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Sebab, dengan kelembapan yang cukup, perlindungan pada kulit pun akan jauh lebih optimal.

Namun, kalau kamu memiliki kulit yang kering bahkan terasa kasar, jangan khawatir. Karena kamu dapat mengatasinya dengan menggunakan buah apricot sebagai perawatan kecantikan.

Buah yang diketahui kaya akan asam lemak, vitamin A, dan vitamin E ini dapat membantu melembapkan kulit dan menguncinya agar tidak mudah menguap.

Hasilnya wajah akan jadi tampak lebih kenyal, terasa lembut, dan tampak sehat terawat.

Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit

Tahukah kamu, selain mengambil manfaat dari daging buahnya, kamu pun dapat memperoleh khasiat yang sama besarnya dengan minyak biji apricot, lho!

Sebab, minyak biji buah apricot ini mengandung vitamin C, asam linoelat, rangkaian vitamin B, dan juga asam lemak esensial omega-6.

Semua nutrisi alami ini, merupakan agen katalis proses penyembuhan luka atau penyakit kulit yang cukup mujarab. Termasuk untuk mengatasi ruam, jamur kulit, eksim, bahkan psoriasis.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada di dalamnya pun dapat menstimulasi proses perbaikan pada jaringan kulit. Sehingga proses penyembuhan luka tidak akan menimbulkan bekas menghitam pada kulit.

Dapat Menyehatkan Kulit Kepala

Tak Cuma untuk kulit wajah dan tubuh, manfaat buah apricot untuk kecantikan juga bisa kamu rasakan untuk kulit kepala, lho.

Kandungan vitamin E dalam minyak apricot pun rupanya bisa menyehatkan kulit kepala, membantu mendorong pertumbuhan rambut, serta mencegahnya rapuh dan rontok.

Ini karena, vitamin E dan asam lemak dalam buah apricot dapat bergerak beriringan sebagai pencegah serta penetralisir kerusakan akibat radikal bebas.

Nah, itu adalah beberapa manfaat buah apricot untuk kecantikan kulit yang wajib kamu tahu. Sama halnya seperti buah-buahan lain, kamu pun bisa memperoleh berbagai khasiat di atas dengan mengonsumsi apricot secara rutin.

Selain itu, kamu pun bisa menggunakan berbagai produk olahan kandungan apricot dalam bentuk skincare, body care, hingga hair care yang dijual dengan bebas di pasaran.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment