Sederet Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan yang Wajib Kamu Tahu

manfaat daun kelor untuk kecantikan (3)

Telah lama dikenal dan digunakan dalam berbagai ramuan pengobatan tradisional, tahukah kamu kalau daun kelor atau moringa oleifera juga memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut?

Moringa oleifera belakangan ini kerap dijadikan sebagai bahan produk kecantikan, mulai dari krim wajah, serum, lotion, bahkan beberapa produk perawatan rambut pun menggunakan bahan alami satu ini ke dalam fromulanya.

Daun kelor umumnya dimanfaatkan dalam bentuk bubuk, minyak esensial, dan digunakan sebagai campuran kosmetik.

Bahan alami ini terbilang memiliki kandungan lemak yang teramat rendah, justru kandungan nutrisinyalah yang sangat beragam. Seperti protein, vitamin, dan berbagai jenis mineral yang baik buat tubuh dan kecantikan.

Kombinasi kesemua komponen dalam daun kelor inilah yang kamudian membuatnya cocok dan ideal sebagai bahan dasar produk skincare atau hair care.

Nutrisi daun Kelor yang Baik untuk Kecantikan

manfaat daun kelor untuk kecantikan (1)

Daun kelor memang memiliki beragam manfaat untuk kecantikan, baik untuk merawat rambut maupun kulit wajah dan tubuh kamu.

Meski begitu, manfaatnya ini tentunya tidak terlepas dari komponen yang ada dalam daun kelor itu sendiri. Nah, kira-kira apa saja kandungan atau nutrisi yang baik untuk kecantikan dalam daun kelor?

Cari tahu ulasan dan daftar lengkapnya di uraian berikut ini, ya, Ladies!

Asam Amino

Kandungan pertama yang ada dalam daun kelor atau moringa adalah asam amino. Asam amino bisa membantu pembentukan protein untuk menjaga sel kulit, mengoptimalkan hidrasi dan menguncui kelembapan kulit secara menyeluruh.

Tak hanya itu, asam amino pun dikenal dapat mengontrol dan mengurangi produksi sebum yang berlebihan, sehingga membuat kulit jadi tampak lebih bersih, segar, dan sehat.

Kalium

Selain asam amino, dalam daun kelor pun terdapat berbagai jenis mineral, salah satunya kalium.

Kamu pasti sudah mendengar tentang kontribusi kalium dalam dunia kecantikan. Ya, mineral ini sangat baik dalam menjaga kelembapan kulit dan menyeibangkan pH wajah.

Karenanya, enggak heran jika kalium pun cukup sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan.

Kalsium

Kamu mungkin mengira, kalau kalsium hanya baik untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang, Nyanyata, jenis mineral ini juga memiliki peranan yang penting bagi kecantikan kulit dan gigi.

Kandungan yang juga ditemukan dalam daun kelor ini mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit. Sehingga, ketika tubuh kekurangan asupan kalsium, maka akan sangat berpengaruh pada penampilan kulit.

Misalnya dengan menjadikan kulit tampak tipis, mudah sekali kering dan bersisik, hingga sangat rentan terkena iritasi.

Vitamin C

Selain protein dan mineral, dalam daun kelor pun terdapat berbagai jenis vitamin, termasuk vitamin C.

Kandungan ini memiliki reputasi yang sangat bagus di dunia kecantikan. Ya, apalagi kalau bukan karena manfaatnya untuk mencerahkan, meremajakan, dan menyehatkan kulit.

Vitamin C bisa mendorong produksi kolagen dalam kulit, mempercepat proses regenerasi sel, serta memperbaiki sel yang bermasalah.

Vitamin A

Tak kalah hebatnya dengan vitamin C, daun kelor juga mengandung komponen vitamin A.

Ya, kandungan yang kerap ditemukan dalam krim pemutih dan antiaging ini memang luarbiasa.

Bagaimana tidak? Vitamin A tidak hanya akan membantu membuat kulit cerah, melainkan mendorong luruhnya sel kulit mati dan menstimulus pertumbuhan sel baru yang sehat.

Karenanya, jika digunakan secara tepat dan teratur, penggunaan krim berkandungan vitamin ini akan membuat wajah tampak sehat dan awet muda.

Vitamin B

Kalau vitamin A dan C bisa membantu meningkatkan kecerahan kulit, maka vitamin B bisa merawat dan menutrisi kulit dengan melembapkannya.

Vitamin B sebenarnya memiliki jenis yang berbeda-beda. Namun, secara umum jenis vitamin ini sangat membantu dalam menghidrasi, mengunci kelembapan, juga memperbaiki struktur kulit secara keseluruhan.

Tak hanya itu, beberapa jenis vitamin B pun diketahui dapat meremajakan dan mencerahkan kulit wajah secara alami.

Zinc

Kandungan lain yang ditemukan dalam daun kelor adalah zinc (seng). Jenis mineral satu ini akan membantu mengontrol produksi sebum, mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan menghilangkan bekasnya dengan optimal.

Tak hanya itu, mineral ini pun akan mendukung fungsi membran sel dan protein, yang bisa memberikan perlindungan lebih pada kulit wajah kamu.

Antioksidan

Salah satu komponen dalam daun kelor yang memiliki peranan paling besar dalam melindungi kesehatan kulit dan rambut adalah antioksidan.

Daun kelor diklaim mengandung berbagai jenis antioksidan alami, seperti saponin, flavonoid, vitamin C, vitamin E, dan masih banyak lainnya.

Antioksidan dapat membantu melawan radikal bebas penyebab masalah pada kulit, memperbaiki sel-sel yang terdampak sinar matahari, dan mengembalikan vitalitas kulit dengan mendorong proses regenerasi sel kulit.

Manfaat Daun Kelor untuk Kecantikan Kulit

manfaat daun kelor untuk kecantikan (2)

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang ada dalam daun kelor di atas, kamu pasti sedikitnya telah mengetahui apa saja manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit.

Well, dengan penggunaan yang teratur, kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat daun kelor untuk kecantikan kulit berikut ini.

Membantu Menghidrasi Kulit

Menjaga kelembapan alami pada kulit merupakan hal yang sangat penting untuk kamu lakukan. Karena jika kulit terlalu kering atau mengalami dehidrasi, berbagai masalah kecantikan akan muncul, seperti mengelupas, kusam, iritasi, hingga kulit yang kasar.

Nah, untungnya salah satu manfaat daun kelor untuk kecantikan adalah dengan memabntu menghidrasi kulit. Beberapa dermatolog pun menyebutkan bahwa penggunaan krim pelembab wajah berkandungan daun kelor akan memberikan hidrasi signifikan pada kulit.

Karenanya, daun ini pun bisa digunakan untuk merawat kulit yang kering, bersisik, dan membutuhkan kelembapan ekstra.

Skincare pelembap yang emnagndung daun kelor dapat memberikan manfaat signifikan untuk perawatn kulit kering dan bersisik.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan ini didapatkan dari kandungan vitamin E dan B, asam oleat, serta antioksidan yang dimilikinya.

Merawat dan Mengatasi Jerawat

Jerawat memang masalah yang sangat umum dialami oleh sebagian besar orang, mau dewasa, remaja, hingga orang tua.

Masalah kulit ini pun dilatarbelakangi oleh banyak faktor, termasuk penggunaan skincare yang salah, kurangnya asupan nutrisi, stress yang berlenbihan, terlalu sering terpapar sinar matahari dan polusi udara.

Nah, manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah mampu mengatasi dan digunakan untuk merawat kulit berjerawat.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam daun kelor yang sangat tinggi, sehingga proses penyembuhan jerawat pun jadi lebih efektif.

Tak hanya itu, kandungan antibakterinya pun disinyalir dapat menghalangi pertumbuhan bakteri penyebab jerawat di wajah.

Karenanya, tak hanya akan membantumu mengatasi jerawat yang ada, daun kelor pun bisa digunakan untuk mencegahnya datang kembali.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

pelembap 1

Pada dasarnya, kulit wajah akan menghasilkan kelenjar minyak secara alami. Gunanya untuk menjaga dan melapisi kulit dengan membrane pelindung, agar tidak mudah teriritasi berbagai faktor eksternal.

Sayangnya, pada beberapa orang produksi minyak alami ini bisa sangat berlebihan hingga menyebabkan wajah jadi berminyak.

Bukannya baik, kondisi ini malah bisa memicu masalah jerawat dan komedo. Minyak yang terlalu banyak ini pun akan menyebabkan penyumbatan dan penumpukan toksin di pori-pori kulit.

Namun kamu tak perlu khawatir, sebab antioksidan dalam daun kelor bisa membantu mengatasi masalah kecantikan satu ini.

Yap! Kandugan ini akan mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit, menjaga kadar hormone agar tetap seimbang, sehingga dapat mencegah produksi minyak berlebih yang ada di wajah kamu.

Mengurangi Kemunculan Tanda Penuaan Dini

penuaan dini

Tingginya tingkat polusi udara dan paparan sinar matahari berlebihan, bisa menyebabkan kemunculan tanda-tanda penuaan datang lebih cepat daripada seharunya.

Sebab, partikel radikal bebas yang ada dalam tubuh akan kian bertambah dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit.

Kabar baiknya, hal ini bisa kamu hindari dan atasi dengan menggunakan daun kelor. Bisa lewar masker buatan alami, maupun menggunkaan produk berekstrak moringa yang dijual bebas di pasaran.

Bahan alami stau ini memiliki kandungan antioksidan, vitamin A, dan Vitamin C yang cukup tinggi. Ketiganya mampu berkolaborasi dan membantu menghalau dampak buruk radikal bebas yang menyebabkan kemunculan tanda penuaan.

Sementara vitamin A bekerja mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit, maka vitamin C dan E akan mendorong pembaharuan kolagen, mengurangi masalah hiperpigmentasi kulit, dan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit wajah kamu.

Merangsang Pembentukan Kolagen

Kolagen merupakan salah satu protein yang paling berperan dalam menjaga vitalitas kulitmu, seperti mempertahankan kekenyalan, kekencangan, dan kelembapan alaminya.

Sayangnya, produksi kolagen dapat kian menurun seiring bertambahnya usia, seringnya kulit terpapar radikal bebas dan sinar matahari berlebihan.

Namun, tak perlu cemas. Sebab beberapa ahli menyebutkan bahwa daun kelor mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Kalau dikalkulasikan, bisa tujuh kali lebih banyak dibandingkan yang ada dalam buah jeruk.

Jumlah vitamin C yang fantastis ini bisa mendorong dan merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh kamu. Hal ini pulalah yang kemudian membuat wajah jadi lebih kencang, mulus, dan kian tampak awet muda.

Menjaga Kelembapan Bibir

Bibir sehat

Tak seperti bagian kulit lainnya, bibir bisa jadi lebih mudah kering dan mengelupas. Bahkan dalam kondisi cuaca normal sekalipun, kemungkinan kondisi ini terjadi tetaplah sama besarnya.

Bibir yang kering pun dapat kian parah kalau kamu menggunakan lipstick matte atau yang tak mengandung zat pelembap.

Well, manfaat daun kelor untuk kecantikan berikutnya adalah membantu menjaga dan melembapkan bibir.

Manfaay ini bisa kamu dapatkan dengan menggunakan lipcare berkandungan moringa oil, yang bisa memberikan hidrasi tambahan pada kulit bibir, serta menguncinya agar tidak mudah menghilang.

Tak hanya akan membuat bibir lebih lembap, mornga oil pun akan memperbaiki tekstur bibir dengan menjadikannya lebih lembut dan halus.

Meningkatkan Kecerahan dan Meratakan Warna Kulit

mencerahkan kulit wajah

Kulit yang terlalu kering atau paparan sinar matahari yang berlebihan, bisa membuat wajahmu tampak kusam dan warna kulit jadi tak rata.

Kalau kamu sedang mengalami masalah kecantikan satu ini, kamu bisa menggunakan daun kelor untuk mengatasinya. Sebab, bahan alami ini mengandung vitamin A dan C yang dapat bekerja efektif dalam mencerahkan kulit.

Jangankan kulit yang kusam dan warna yang tak merata, kedua kandungan ini pun bisa berkolaborasi dan menyamarkan berbagai noda hitam di wajah. Baik yang disebabkan oleh bekas luka, jerawat, bintik-bintik penuaan sinar matahari, dan masih banyak lainnya.

Membantu Bekerja Sebagai Detoksifikasi Toksin

Selain bisa merawat kulit dari luar, daun kelor pun bisa dimanfaatkan untuk menyehatkan kulit dari dalam tubuh dengan mengonsumsinya secara rutin.

Daun kelor diketahui dapat membantu membuang toksin yanga da dalam tubuh, sehingga membersihkan darah dan membuat penyerapan nutrisi oleh sel-sel jadi kian optimal.

Hal ini pun bisa mencegah kemunculan jerawat akibat penumpukan racun dalam darah. Dengan begitu asupan nutrisi bisa lebih mudah didistribusikan ke seluruh sel dalam tubuh, termasuk pada kulit wajah kamu.

Mengurangi Pori-pori Besar

melembutkan kulit

Tak hanya mengurangi produksi minyak alami berlebihan, daun kelor pun bisa membuat pori-pori wajah jadi mengecil. Ini tentunya akan memberikan banyak keuntungan untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajahmu.

Sebab, dengan pori-pori yang lebih kecil produksi sebum akan lebih terkontrol, resiko penumpukan minyak dan toksin pun bisa diminimalisir, hingga adanya jerawat dan komedo pun bisa dicegah.

Manfaat daun kelor untuk kecantikan wajah ini pun akan membuat tampilan kulit jadi lebih halus, tampak kecang, dan bisa menerima produk riasan wajah dengan lebih mudah.

Kandungan asam amino, vitamin C, vitamin A, dan Vitamin E dalam daun kelor bisa meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi ukuran pori-pori kulit.

Nah, itu adalah berbagai manfaat daun kelor untuk kecantikan yang musti banget kamu tahu agar tidak ketinggalan.

Daun kelor sebenarnya telah lama digunakan sebagai bahan dasar formula kosmetik, namun dengan nama yang berlainan, yakni Moringa Extract. Jadi, apakah kamu sudah mencoba kandungan skincare satu ini?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment