Banyak Banget, Ketahui Manfaat Vitamin B untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat vitamin B untuk Kecantikan (2)

Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang sangat umum digunakan dalam industry kecantikan, khususnya sebagai bahan dalam formula produk perawatan kulit dan rambut.

Hal ini dikarenakan vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin larut yang sangat baik untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Jenis vitamin B pun cukup beragam, setidaknya ada delapan jenis vitamin B yang memiliki fungsi dan peranan berbeda-beda dalam merawat kecantikan kulit, kuku, bahkan rambut kamu.

Nah, penasaran apa saja jenis dan manfaat vitamin B untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, simak ulasan lengkap mengenai bahan alami ini lewat ulasan berikut!

8 Ragam Vitamin B yang Perlu Kamu Tahu

face oil

Telah disebutkan sebelumnya bahwa ada delapan ragam vitamin B yang bisa membantu mempertahankan kecantikan kulitmu dari dalam. Ya, beragam jenis vitamin B yang dimaksudkan antara lain:

  • Vitamin B1 (Tiamin)
  • Vitamin B2 (Riboflavin)
  • Vitamin B3 (Niacin)
  • Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
  • Vitamin B6 (Pyridoxine)
  • Vitamin B7 (Biotin)
  • Vitamin B9 (asam Folat)
  • Vitamin B12 (Cobalamin)

Semua jenis vitamin B di atas, memiliki sistem kerja tersendiri dalam membantu merawat dan menjaga kecantikan alamimu. Misalnya dengan menutrisi kulit, rambut, hingga kukumu, serta membuatnya tampak jauh lebih sehat terawat.

Manfaat Vitamin B untuk Kecantikan Kulit

menutrisi kulit

Manfaat vitamin B untuk kecantikan yang akan dibahas pertama adalah fungsinya dalam merawat kulit. Ya, vitamin yang mudah larut dalam air ini dapat memberikan efek yang sangat baik terhadap kulit jika dikonsumsi maupun diaplikasikan secara topical.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak berbagai manfaat vitamin B untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Memperlancar Distribusi Nutrisi pada Sel Kulit

Salah satu hal yang sangat mempengaruhi kesehatan kulit adalah terpenuhinya asupan nutrisi atau gizi yang dibutuhkan oleh sel tubuh.

Jika, nutrisi tercukupi maka proses regenerasi sel kulit akan jauh lebih optimal sehingga dapat membuat wajah jadi lebih sehat dan awet muda.

Manfaat vitamin B untuk kecantikan kulit yang pertama adalah membantu memperlancar distribusi nutrisi dalam tubuh, hingga mencapai sel kulit.

Dalam hal ini vitamin B1 atau tiamin memegag peranan penting, lho. Ya, sebab jenis vitamin B satu ini memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat membantu meningaktkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Hasilnya, peredaran darah akan semakin lancar, yang kemudian akan berdampak pada efektifnya proses distribusi oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan oleh sel-sel dalam tubuh, khususnya pada sel kulit.

Inilah yang akhinya membuat sel kulit akan kian mudah beregenerasi dan merevitalisasi diri, yang kemudian menjadikan kulit sehat serta tampak awet muda.

Mampu Membantu Menghidrasi Kulit

Kulit yang terlalu kering dan bebas kilap tidak menandakan bahwa wajahmu serta merta dalam keadaan sehat. Karena kondisi ini pun sama rawannya terkena berbagai masalah kecantikan, terutama masalah kulit yang kusam, jerawat, hingga iritasi.

Nah, untungnya salah satu manfaat vitamin B untuk kecantikan adalah mampu membantu menghidrasi kulit wajahmu.

Misalnya, vitamin B2 atau riboflavin yang diketahui dapat merangsang sekresi lender pada kulit, sehingga mencegah kondisi dehidrasi ataupun kekeringan pada kulit.

Tak hanya itu, fungsi ini kian maksimal karena vitamin B3 atau niacian akan membantu dalam produksi kolagen sehingga kelembapan yang sudah ada akan terkunci dan enggak akan mudah menghilang dari kulit kamu.

Memperbaiki Tekstur Kulit

Bukan rahasia lagi, kalau vitamin B dapat membantu memperbaiki tekstur kulit, yakni dengan melembutkan dan membuatnya jadi lebih kencang.

Ya, manfaat vitamin B untuk kecantikan ini dapat kamu peroleh dari jenis vitamin B2 dan B3. Sementara riboflavin merangsang pembentukan kolagen dan elastin, niacin akan bekerja untuk memperbaiki epidermis dan membuatnya senantiasa lembap.

Hal inilah yang akhirnya membuat keduanya mampu membuat tekstur kulit jadi lebih lembut dan halus. Bahkan penggunaan niacinamide dalam kadar yang tepat disinyalir mampu mengurangi keriput dan kerutan, lho!

Melindungi Struktur Kulit dari Kerusakan

Selai membuat kulit lembut dan lembap, manfaat vitamin B untuk kecantikan juga bisa membantu melindungi struktur kulit secara keseluruhan.

Khusunya vitamin B2 yang dapat membantu regerasi sel kulit dan merawat kolagen. Kedua proses ini diketahui sangat penting dan berpengaruh pada penampilan kulit secara keseluruhan.

Kolagen adalah jenis protein yang banya ditemukan di jaringan ikat, termasuk pada kulit. Fungsinya dapat menjaga struktur kulit, mengurangi gejala peradangan tertentu, menjaga kelembapan kulit, hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengatasi Jerawat dan Mencegahnya Muncul Kembali

Apakah kamu memiliki kulit yang sangat rentan terhadap jerawat? Mungkin, sudah waktunya kamu mencoba merawat wajah dengan produk berkandungan vitamin B5.

Ya, jenis vitamin B satu ini diketahui dapat mengurangi pembentukan sebum dan mencegah kemunculan jerawat di kulit.

Karenanya, kamu akan dapat sangat mudah menemukan bahan ini dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit yang dikhususkan untuk mengatasi masalah minyak berlebihan.

Memperbaiki Vitalitas Kulit Wajah dan Tubuh

Kesehatan tubuh dan pikiran ternyata juga memiliki pengaruh yang besar terhadap kesehatan maupun kecantikan kulit wajah kamu.

Nah, untungnya salah satu jenis vitamin B juga dapat membantu meningkatkan vitalitas kulit wajah dan tubuh kamu dengan bekerja mengelola stress.

Vitamin B6 atau pyridoxine diklaim bisa membantu mengatur mood dan membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Sebab, asupan vitamin ini yang cukup akan menghasilkan hormone yang sangat penting dalam mengorganisir stress, mood, dan tidur kamu.

Meski tidak memberikan efek yang langsung, dengan kualitas tidur dan kesehatan mental yang terjaga. Proses regenerasi dan antiinflamasi yang ada dalam tubuh akan kian optimal.

Akhirnya berbagai masalah seperti penuaan dini, jerawat, kulit yang kusam, hingga breakout pun bisa kamu hindari.

Memelihara Keremajaan Kulit

Salah satu manfaat vitamin B untuk kecantikan kulit yang utama adalah mampu memelihara keremajaan kulit.

Ya, ini dikarenakan hampir setiap jenis vitamin B mampu bersinergi dan bekerja untuk memperbaiki kondisi kulit dari dalam dan luar.

Jika beberapa jenis merangsang proses regenerasi sel kulit, mempertahankan kolagen, dan menjaga kelembapan kulit. Maka, beberapa lainnya membuat tekstur epidermis menjadi lebih lembut, bebas dari kerutan, serta garis halus.

Tak hanya itu, sifat antioksidan dari vitamin B1 diketahui dapat membantu menangkal berbagai efek tidak baik yang diberikan oleh radikal bebas pada kulit wajah dan tubuhmu.

Detoksifikasi Toxin dalam Tubuh

Asam folat atau vitamin B9 diketahui merupakan salah satu jenis antioksidan yang dapat bekerja efektif dalam memelihara kecantikan kulit dan rambut.

Bahkan, vitamin ini sangat direkomendasikan untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan alami dari ibu hamil.

Jenis vitamin B tersebut diketahui dapat mendorong perkembangan sel kulit baru yang sehat, serta melawan berbagai kemunculan tanda-tanda penuaan dini dari kulit kamu.

Selain itu, dengan kebutuhan asam folat yang telah terpenuhi, proses detoksifikasi tubuh dari toxin dan radikal bebas pun dapat kian efektif. Hasilnya, berbagai masalah kecantikan yang terjadi pada kulit dan rambut pun bisa kamu minimalisir.

Manfaat Vitamin B untuk Kecantikan Rambut

manfaat vitamin B untuk Kecantikan (1)

Selain membantu menjaga kesehatan kulit, manfaat vitamin B untuk kecantikan rambut pun bisa kamu dapatkan, lho.

Ya, karena sejatinya vitamin satu ini memang sangat dibutuhkan untuk merawat kesehatan sel-sel tubuh, termasuk pada sel kulit dan rambut.

Mendorong Pertumbuhan Rambut

Apakah kamu bermasalah dengan rambut yang rontok berlebihan hingga mengalami kebotakan dini? Wah, mungkin kamu perlu coba menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung vitamin B3.

Sebab, jenis vitamin satu ini enggak hanya bisa membantu merawat kecantikan kulit. Melainkan memabntu menstimulasi aliran darah di kulit kepala, sehingga proses pertumbuhan rambut pun dapat bekerja dengan optimal.

Akhirnya, rambutmu bisa jadi lebih lebat dan tumbuh dengan sehat kembali.

Menyehatkan dan Memperkuat Rambut

Selain vitamin B3, ada pula vitamin B7 atau biotin yang sangat baik dan diperlukan oleh tubuh untuk merawat kecantikan kulit, kuku, bahkan rambut kamu.

Ini karena biotin sangat diperlukan dalam proses metabolisme asam lemak, mencegah terjadinya kerusakan pada sel-sel kulit dan rambut, serta mencegah adanya dehidrasi.

Selain membuat kulit jadi kenyal, jenis vitamin B satu ini akan membantu rambut rapuh menjadi pulih. Batang rambut pun secara bertahap akan jadi lebih sehat, kuat, dan tidak mudah patah.

Meningkatkan Produksi Sel dan Mencegah Kerontokan Rambut

Manfaat vitamin B untuk kecantikan rambut lainnya adalah memabntu meningkatkan produksi sel, yang berpengaruh besar pada peningkatan kesehatan rambut kamu.

Jenis vitamin B yang bekerja untuk mendukung fungsi ini adalah cobalamin atau vitamin B12. Karenanya, jika kebutuhan akan vitamin ini tidak tercukupi dengan baik, maka kesehatan rambut akan sangat terdampak.

Seperti, terjadinya kerontokan rambut, penipisan, rambut yang tampak kering dan rusak. Karenanya, akan sangat penting buatmu untuk mencukupi kebutuhan nutrisi vitamin B12 ini dengan baik.

Berbagai Sumber Vitamin B yang Perlu Kamu Tahu

Setelah melihat berbagai manfaat vitamin B untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, kamu tentu menyadari betapa pentingnya memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi satu ini.

Bahkan defisiensi asupan vitamin B ini pun dikatakan dapat memberikan efek yang buruk pada kesehatan tubuh dan kecantikan alami kamu.

Nah, untuk itu enggak ada salahnya buatmu untuk mengetahui berbagai sumber asupan vitamin B berikut ini.

Ikan Salmon

Ikan laut yang memiliki gizi sangat tinggi ini, menjadi salah satu bahan alami yang mengandung vitamin B cukup tinggi dan beragam. Diantaranya adalah tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, hingga kobalamin.

Selain mengonsumsinya, kamu pun dapat memanfaatkan DNA Salmon yang juga digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah. Selain tinggi vitamin, salmon juga tinggi dengan asam lemak sehat omega-3, mineral selenium, dan protein.

Daging Sapi

Selain merupakan sumber protein yang sangat tinggi, tahukah kamu kalau daging sapi juga mengandung beragam vitamin B? Ya, jenis vitamin B yang ada dalam bahan hewani ini antara lain tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, dan kobalamin.

Selain vitamin B yang tinggi, daging sapi pun mengandung beragam jenis mineral, misalnya zat besi, selenium, zinc, dan fosfor. Yang mana, kandungan ini pun sama baiknya dalam menjaga kecantikan kulit dan rambut.

Telur Ayam

Telur ayam telah lama diketahui menjadi bahan alami yang sangat baik untuk kulit. Sebagai contohnya, kamu pasti dengan muda menemukan berbagai resep masker organic yang menggunakan telur sebagai bahan dasar maupun campurannya.

Telur mengandung berbagai jenis vitamin B dengan kadar yang cukup tinggi, sehingga baik untuk memelihara kecantikan rambut dan kulit.

Kandungan vitamin B dalam telur ataralain biotin, riboflacin, asam pantotenat, folat, hingga cobalamin.

Sayuran Hijau dan Kacang-Kacangan

Selain sumber-sumber hewani, kamu pun dapat menemukan kandungan vitamin B dalam berbagai jenis sayuran hijau dan kacang-kacangan.

Jenis vitamin B yang terdapat dalam sayuran hijau dan kacang-kacangan paling banyak ditemukan adalah asam folat atau vitamin B9.

Buah-Buahan

Buah-buahan memang terkenal memiliki berbagai nutrisi yang sangat tinggi utnuk kecantikan kulit dan rambut. Salah satu jenis nutrisi yang ada dalam buah adalah vitamin B.

Kamu bisa menemukan beragam jenis vitamin B dalam buah strawberry, pisang, jeruk, mangga, nanas, alpukat, blue berry, cherry, melon, semangka, dan masih banyak lainnya.

Selain mendapatkan vitamin B dari berbagai asupan dan sumber pangan di atas, kamu pun sebenarnya juga bisa mendapatkan manfaat senyawa satu ini dengan menggunakan produk perawatan kecantikan berkandungan sama.

Meski begitu, kamu bisa menyesuaikan penggunaan atau asupan-asupan di atas seuai dengan kebutuhan dan seleramu secara pribadi.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment