Tak Hanya Cerahkan Wajah, Berikut Macam-macam Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan

manfaat niacinamide untuk kecantikan

Bermula dari kemampuannya yang efektif untuk membantu mencerahkan wajah, niacinamide kini jadi salah satu kandungan skincare yang paling dicari oleh para beauty lovers.

Kamu juga pastinya sudah enggak asing dengan niacinamide, apalagi sering kali kandungan ini disebutkan dalam berbagai artikel sebelumnya.

Meski begitu populer, rupanya banyak dari kita yang enggak tahu dengan pasti apa itu niacinamide. Dan apa pula manfaatnya untuk kesehatan kulit kita.

Nah, niacinamide adalah bentuk turunan dari vitamin B3, yang dikenal sangat ampuh mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Misalnya mengatasi jerawat, mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan, dan lain sebagainya.

Enggak hanya itu, niacinamide pun rupanya dapat bermanfaat untuk mencerahkan, menyamarkan dan mengencangkan pori-pori wajah.

Berbagai manfaat inilah yang akhirnya membuat niacinamide menjadi begitu menonjol di antara bahan dasar skincare lainnya. Misalnya retinol serta turunannya, bahkan popularitasnya pun mengalahkan vitamin C.

Yang lebih menarik, niacinamide ini juga cenderung cocok digunakan oleh berbagai jenis kulit. Dari yang normal, berminyak, hingga yang kering dan sensitif.

Meski tentunya, ada beberapa aturan pakai dan hal-hal yang harus diperhatikan secara khusus.

Dengan banyaknya skincare berkandungan vitamin ini, kamu jadi bisa merasakan berbagai manfaat niacinamide untuk kecantikan wajah dan kulit. Yakni memakainya secara rutin pada perawatan wajah harianmu.

Berbagai Manfaat Niacinamide untuk Kecantikan

Melembabkan Kulit

Telah disebutkan sebelumnya, niacinamide adalah kandungan pada skicare yang memiliki fungsi beragam. Hal inilah yang kemudian membuat niacinamide digadang-gadang dan digemari oleh para pecinta kosmetik.

Namun sebelum benar-benar mencoba, enggak ada salahnya untuk mengetahui lebih jelas dan rinci mengenai berbagai manfaat niacinamide untuk kecantikan kulit dan wajah di bawah ini.

Menghidrasi Kulit Wajah

glowing

Manfaat niacinamide untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mampu menghidrasi wajah. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa niacinamide dapat membantu membangun lapisan penghalang pada kulit.

Hal inilah yang membuat kadar air dalam kulit dapat bertahan lama dan tidak mudah menguap. Enggak hanya itu, niacinamide pun rupanya juga mampu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan yang ada.

Dengan begitu, kerusakan pada sel kulit yang disebabkan oleh berbagai faktor luar, seperti polusi dan radikal bebas, dapat dicegah.

Manfaat niacinamide untuk kecantikan yang satu ini bisa dirasakan oleh semua orang, lho. Terutama bagi pemilik kulit kering, kusam, dan sensitif, yang membutuhkan kelembapan wajah ekstra.

Mengatasi dan Meredakan Jerawat Meradang

mempercepat penyembuhan luka

Fungsi niacinamide untuk kulit selanjutnya adalah mampu mengobati jerawat, terutama yang mengalami peradangan.

Hal ini disebabkan niacinamide memiliki sifat antiinflamasi, yang mampu menenangkan kulit kita. Dengan begitu, saat menggunakan skincare yang mengandung niacinamide secara rutin, jerawat bisa diredakan hingga lesi dan teksturnya membaik.

Memperkuat Perlindungan Kulit

manfaat charcoal mask

Telah disebutkan bahwa niacinamide mampu memperkuat ceramide (lapisan lemak pada kulit). Yang rupanya merupakan bagian penting di lapisan terluar kulit kita.

Ceramide adalah struktur kulit yang sangat berperan penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikannya. Sebab ia dapat menyatukan sel-sel kulit dan melindunginya dari dampak buruk stressor lingkungan.

Fungsi niacinamide untuk kulit satu ini bisa dibilang sangat krusial. Sebab seiring dengan bertambahnya usia kita, kelembapan kulit akan berkurang dan penghalang kulit bisa terganggu.

Dengan memakai skincare berkandungan niacinamide, kita bisa meningkatkan ceramide dan secara tidak langsung memperkuat perlindungan kulit.

Mampu Menenangkan Kulit

ciri-ciri muka alergi kosmetik

Kamu pasti menyadari bahwa niacinamide seringnya ditemukan dalam komposisi produk perawatan kulit berjerawat dan rosacea.

Hal ini bukannya kebetulan saja, sebab niacinamide memiliki efek menengkan untuk kulit kita. Sifat antiinflamasi dalam kandungan ini bisa meredakan peradangan, bengkak, dan iritasi yang muncul di kulit.

Membantu Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Manfaat niacinamide untuk kecantikan kulit ini bisa dibilang jadi yang paling populer di kalangan masyarakat. Yap, apalagi kalau bukan membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di kulit.

Hal ini dikarenakan naicinamide mampu mengurangi hiperpigmentasi dengan cara menghambat laju melanosom dari melanosit ke keratinosit.

Enggak hanya itu, kandungan ini pun diyakini dapat meningkatkan produksi kolagen dalam kulit. Yang akhirnya membuat noda hitam dan bekas jerawat dapat tersamarkan.

Untuk mendapatkan manfaat niacinamide untuk kecantikan ini, kamu bisa menggunakan produk skincare dengan kandungan yang sama secara rutin.

Mengontrol Produksi Sebum

skincare untuk beruntusan (1)

Enggak cuma pemilik kulit kering dan kusam, niacinamide juga bermanfaat untuk pemilik kulit berminyak, lho.

Sebab, turunan vitamin B3 ini rupanya mampu mengontrol produksi sebum secara berlebihan. Yakni dengan mengendalikan kelenjar sebasea yang ada pada kulit kita untuk tidak menghasilkan minyak alami dalam kadar berlebihan.

Soalnya, dengan minyak wajah yang berlebihan, kulit jadi rentan terkena berbagai masalah kulit. Misalnya banyak kotoran yang menempel, menyumbat pori-pori wajah, hingga menimbulkan komedo dan jerawat.

Mengurangi Munculnya Kerutan dan Garis Halus

Pernah enggak, kamu menemukan adanya kerutan dan garis halus muncul di wajahmu? Barang kali di dekat sudut mata dan bibir?

Yap, itu adalah tanda-tanda penuaan dini. Yang kemunculannya bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari stress, radikal bebas, kulit yang kering, dan masih banyak lainnya.

Namun kamu enggak perlu khawatir, niacinamide rupanya juga bisa membantumu mengatasi masalah yang satu ini. Sebab jenis vitamin B3 ini mampu mengurangi munculnya tanda-tanda penuaan, seperti dua hal yang telah disebutkan itu.

Melawan Dampak Buruk Radikal Bebas

faktor usia

Radikal bebas adalah salah satu penyebab munculnya berbagai masalah pada kesehatan kulit dan wajah. Mulai dari komedo, iritasi kulit, hingga menyebabkan kanker.

Nah, berbagai dampak buruk dari radikal bebas ini rupanya dapat dilawan oleh niacinamide, lho. Yakni dengan membantu membangun sel kulit dan memperkuat perlindungan pada epidermis.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari berlebihan (2)

Selain radikal bebas, paparan sinar matahari secara berlebihan juga bisa menimbulkan kerusakan pada kulit kita.

Mulai dari warna kulit yang tidak merata, menjadikannya lebih kusam, iritasi, hingga sunburning. Berbagai masalah ini disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari.

Namun, kamu enggak perlu terlalu khawatir, sebab niacinamide bisa membantumu melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari berlebih ini.

Yakni dengan memperkuat skin barier dan membangung kembali sel-sel kulit yang sehat. Jadi enggak hanya mencegah, niacinamide juga bisa membantu memperbaiki kondisi kulitmu.

Membantu Mengecilkan Pori-pori Kulit

melembutkan kulit

Kamu pasti tahu, kalau pori-pori kulit yang terlalu besar bisa memicu berbagai masalah pada kulit wajah kita. Mulai dari munculnya komedo, jerawat, hingga rosacea.

Hal ini dikarenakan dalam pori-pori kulit yang terlalu besar, berbagai kotoran, debu, dan minyak wajah dapat masuk dengan mudah dan akhirnya menumpuk.

Manfaat niacinamide untuk kecantikan juga bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit. Dengan demikian wajah kita akan tetap halus, tidak terlalu berminyak, dan berbagai masalah yang telah disebutkan tadi bisa dicegah.

Berbagai Produk Skincare Dengan Niacinamide

skincare dengan niacinamide

Kamu telah mengetahui kalau niacinamide kini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai produk perawatan kecantikan. Hal ini disebabkan oleh berbagai manfaat niacinamide untuk kecantikan kulit dan wajah.

Namun, apakah kamu tahu jenis produk skincare apa saja yang bisa mengandung niacinamide? Lalu apa fungsinya untuk kecantikan kulit kita?

Biar enggak makin penasaran, berikut beberapa produk skincare dengan niacinamide yang perlu kamu ketahui!

Facial Wash

Salah satu syarat utama untuk membuat kulit wajah tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihannya. Apalagi kalau aktivitas harian yang kita lakukan begitu padat, dan membuat kita harus berurusan dengan polusi dan radikal bebas di jalanan.

Hal itulah yang kemudian membuat produk pencuci wajah atau facial wash jadi begitu penting untuk dimiliki. Sebab dengan mencuci wajah, kita juga akan membersihkan berbagai kotoran dan minyak yang menempel pada kulit.

Niacinamide yang memiliki fungsi melembapkan dan mampu mengontrol sebum terbilang cukup ideal digunakan dalam produk facial wash.

Sebab, terkadang saat mencuci wajah, kulit jadi terasa kering dan kasar. Dengan fungsi niacinamide yang bisa melembapkan, tentu kandungan air dalam kulit bisa terjaga dan wajah jadi lebih lembut.

Krim Pencerah Wajah

tips memilih moisturizer

Niacinamide dapat merangsang produksi kolagen dan menghambat transfer melanosit. Yang kemudian membuat kulit wajah tampak lebih cerah.

Manfaat niacinamide untuk kecantikan satu ini sangat cocok dengan tujuan krim pencerah wajah, yang biasanya digunakan untuk mengatasi kulit yang kusam.

Dengan menggunakan niacinamide sebagai bahan dalam formula krim pencerah, wajah akan jadi tampak lebih bercahaya dan warna kulit pun akan lebih merata.

Enggak hanya itu, berbagai bekas jerawat dan flek hitam di kulit pun akan tersamarkan dengan baik.

Serum Wajah

serum wajah

Serum wajah merupakan salah satu produk skincare yang memiliki banyak fungsi dan manfaat untuk kesehatan kulit.

Mulai dari mengatasi kulit kering, mencerahkan kulit kusam, mengatasi jerawat dan komedo, serta masih banyak lainnya.

Penggunaan niacinamide dalam produk serum wajah dapat mendukung semua manfaat tersebut. Sebab, niacinamide juga merupakan kandungan yang sangat multifungsi.

Essence

manfaat essence

Kandungan yang pertama kali diperkenalkan dalam serangkaian skincare ala K-beuaty, essence sempat jadi primadonanya produk kecantikan.

Essence memiliki tekstur yang lebih ringan dari serum, dan lebih kental daripada toner. Hal ini membuat essence menjadi produk dengan kandungan yang beragam, namun sangat mudah diserap oleh kulit.

Enggak hanya itu, essence pun dapat membuat efektivitas penyerapan kulit terhadap kandungan skincare lain menjadi lebih efektif.

Nah, niacinamide rupanya juga digunakan dalam produk perawatan wajah satu ini. Yang sebenarnya sama sekali tidak mengherankan, karena niacinamide termasuk jenis vitamin B3 yang mudah larut dalam air.

Dengan menggunakan essence berkandungan niacinamide, kulit wajah akan terasa lebih segar, lembap, dan terasa lebih lembut.

Eye Cream

eye cream

Apakah kamu termasuk orang yang memiliki masalah dengan kantung mata yang gelap atau mata panda?

Kondisi ini bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor dan umumnya tidak membahayakan. Mata panda dapat terjadi karena kita kurang tidur, stres, perubahan hormon, hingga kebiasaan meminum kafein.

Meski tidak berbahaya, mata panda terkadang dinilai dapat mengurangi penampilan. Sebab wajah akan tampak lebih lemas, lesu, dan tidak segar.

Menggunakan eye cream adalah salah satu cara untuk mengatasi mata panda ini. Dan niacinamide bisa lebih mengoptimalkan produk perawatan satu ini, lho.

Sebab, kemampuan niacinamide yang dapat merangsang pertumbuhan kolagen bisa menyamarkan warna gelap di area mata.

Cara Memilih Skincare dengan Niacinamide yang Aman

cara memilih skincare niacinamide yang aman

Setelah mengetahui berbagai manfaat niacinamide dan bagaimana perannya dalam skincare di atas, kamu yang sebelumnya tidak tertarik pasti jadi ingin mencobanya juga.

Meski pada dasarnya niacinamide cukup aman digunakan dalam skincare, enggak ada salahnya juga untuk berjaga-jaga dan memilih produk yang aman untuk kulitmu.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih skincare dengan niacinamide yang aman.

Yuk, cari tahu sama-sama!

Kandungan Niacinamide untuk Kulit Berjerawat

skincare untuk beruntusan (4)

Setiap produk perawatan wajah memiliki berbagai formula yang berbeda, baik jenis hingga takaran bahan-bahan yang digunakan.

Begitu pula dengan niacinamide, umumnya digunakan dalam konsentrasi yang berbeda-beda antara satu produk dengan yang lainnya.

Akan tetapi, sebagian besar produk skincare cenderung menggunakan niacinamide sebesar 5 persen.

Nah, kadar niacinamide ini sangat cocok untuk kamu yang bermasalah dengan jerawat dan ingin mengatasi bekasnya.

Enggak hanya itu, niacinamide berkadar 5% juga mampu mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Kandungan Niacinamide untuk Kulit Sensitif

penyebab kulit sensitif

Punya kulit yang cenderung sensitif membuat kita harus lebih berhati-hati dalam memilih skincare, termasuk saat memilih produk berkandungan niacinamide yang aman.

Meski diklaim cocok digunakan untuk semua jenis kulit, niacinamide juga bisa menimbulkan iritasi pada kulit, khususnya kalau kulit kita sensitif.

Untuk itu, ada kadar khusus yang harus diperhatikan bagi pemilik kulit sensitif. Dilansir dari Hellodoc, setidaknya kamu harus menggunakan skincare dengan kandungan niacinamide dengan konsentrasi lebih rendah, yakni sekitar 2 persen.

Meski kadarnya rendah, niacinamide juga masih dapat mengurangi gejala eksim dan masalah kulit yang sama.

Perhatikan Petunjuk Penggunaan Produk

Hal utama yang harus kamu perhatikan dalam memilih skincare adalah petunjuk penggunaan produknya.

Meski sama-sama mengandung niacinamide, setiap jenis produk dan merk pasti memiliki cara penggunaan tersendiri.

Sebab enggak semua skincare mengatasi masalah yang sama atau mengedapankan fungsi tertentu saja. Melainkan lebih beragam dan bervariasi, oleh sebab itu cara penggunaan dan kadar dalam tiap produk pun akan berbeda.

Perhatikan Efek Samping yang Bisa Saja Muncul

skincare untuk kulit kusam

Minim resiko bukannya berarti tidak akan menimbulkan efek samping apapun. Pada kulit yang cenderung sensitif, iritasi dan gejala alergi bisa saja muncul.

Hal ini sebenarnya sangat lumrah, apalagi kalau kamu baru saja mulai memakai skincare berkandungan niacinamide.

Untuk itu, bila ada gejala yang barang kali muncul, seperti ruam, iritasi, dan jerawat meradang. Enggak ada salahnya untuk menghentikan pemakaian secara sementara.

Well, itu adalah hal-hal yang berkaitan tentang niacinamide dan khasiatnya untuk kulit kita. Kalau kamu tertarik untuk mencoba skincare dengan kandungan ini, ingat tetap cermat memilih, ya!

Sesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan kulitmu. Jangan sampai karena tergoda manfaat-manfaat itu, kamu jadi sembrono dan asal memakai.

Agar lebih terasa khasiatnya, perhatikan petunjuk penggunaan skincare dengan kandungan niacinamide baik-baik.

Nah, semoga artikel kali ini bisa bermanfaat untukmu. Jangan lupa share, like, dan tinggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment