Kulit Anak Juga Perlu Dirawat! Ini Dia Produk Skincare untuk Anak yang Aman Digunakan

skincare untuk anak

Kata siapa hanya orang dewasa yang membutuhkan berbagai produk perawatan kulit? Remaja dan anak-anak pun rentan mengalami masalah kulit, sehingga sama-sama membutuhkan produk-produk skincare untuk melindungi kulit mereka.

Pada dasarnya produk skincare untuk anak-anak telah banyak diproduksi. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, banyak brand-brand kecantikan yang berlomba-lomba menciptakan skincare anak.

Para ibu enggak perlu khawatir, sebab menggunakan skincare secara rutin merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

Begitu pula untuk anak-anak, yang umumnya sering beraktivitas di luar ruangan dan terkena berbagai polusi. Kulit mereka rentan mengalami iritasi, gatal, atau bahkan terbakar sinar matahari.

Selain itu, ketika anak-anak akan melewat masa pubertasnya, berbagai masalah kulit pun akan muncul. Misalnya timbul jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Tapi, kira-kira apakah perlu anak-anak menggunakan skincare? Lalu produk apa saja yang aman digunakan untuk anak-anak?

Agar pertanyaan-pertanyaanmu dapat terjawab, segera simak ulasan di bawah ini sampai habis!

Alasan Mengapa Skincare untuk Anak Itu Penting

skincare untuk anak pentingnya
Group of cute children lying on grass

Pasti kamu berpikir, untuk anak yang beranjak remaja memang sangat mungkin untuk menggunakan skincare. Tapi bagaimana dengan anak kecil, apakah aman untuk memperbolehkan mereka menggunakan skincare?

Pemikiran ini sangat wajar terlintas di benak Bunda, terlebih enggak sedikit produsen kosmetik ‘nakal’ yang menjual skincare dengan kandungan berbahaya.

Pada orang-orang dewasa saja, banyak masalah kesehatan dan kecantikan kulit yang timbul. Apalagi kalau untuk anak-anak, pasti enggak bisa membayangkan hal itu bakal terjadi.

Namun, sebenarnya penggunaan skincare untuk anak itu penting, lho. Penasaran? Cek ulasan berikut ini!

Kulit Anak-anak Masih dalam Proses Perkembangan

Sebenarnya, Bunda, di kulit manusia terdapat mekanisme perlindungan alami yang umumnya disebut dengan fungsi penghalang atau skin barier.

Skin barier ini pun telah dimiliki oleh anak-anak, namun dalam kekuatan yang berbeda. Hal ini dikarenakan kulit bayi dan anak-anak lebih lembut, sensitif, dan rapuh.

Enggak hanya itu, pada anak-anak proses perkembangan kulit juga masih berlangsung. Beberapa struktur atau sel kulit tertentu masih belum bekerja maksimal, seperti pada orang dewasa.

Kulit Anak-Anak Memiliki Pelembap Alami yang Lebih Rendah

skincare untuk anak

Alasan lain mengapa skincare untuk anak itu penting adalah karena kulit anak belum bisa menghasilkan kelembapan yang optimal.

Pada anak-anak, faktor pelembap alami kulit terbilang jauh lebih rendah dibandingkan pada orang dewasa ataupun remaja.

Apalagi pada bayi yang baru lahir, kulit mereka tidak memiliki amntel asam yang dapat menyeimbangkan lipid antar sel, yang bisa mempertahankan kadar air dalam kulit.

Hal inilah yang akhirnya membuat skincare anak itu penting. Terlebih kalau si kecil sudah aktif dan suka bermain di bawah teriknya sinar matahari.

Dengan kelembapan kulit yang terjaga dengan baik, kulit enggak akan mudah kering, iritasi, gatal, dan bahkan sampai terluka.

Resiko Terkena Sunburning Lebih Besar

skincare untuk anak

Bukan hal baru lagi, kalau teriknya sinar matahari bisa membawa dampak buruk untuk kesehatan kulit kita. Mulai dari membuat warna kulit jadi tidak rata, menimbulkan iritasi, sampai terkena sunburning.

Jangan dikira, anak-anak Bunda kebal dengan bahaya sinar UV. Justru sebalinya, resiko terkena sunburning dan masalah kulit lainnya akibat sinar matahari pun akan lebih besar.

Sebab lapisan kulit pada anak-anak terhitung lebih tipis dari orang dewasa. Faktor inilah yang dapat meningkatkan risiko munculnya masalah-masalah kulit yang diakibatkan oleh paparan sinar UV berlebihan.

Produk Skincare untuk Anak yang Aman Digunakan

produk skincare untuk anak

Perawatan kulit pada anak-anak terbilang lebih sederhana dibandingkan pada orang dewasa. Untuk itu, produk skincare untuk anak yang aman digunakan pun lebih sedikit.

Namun ingat, jangan sembarangan memilih produk perawatan kecantikan dan kesehatan kulit anak. Perhatikan kandungan, bahan aktif, dan komposisi yang ada dalam produk.

Bunda pasti penasaran, produk skincare untuk anak apa saja yang aman digunakan? Tunggu apalagi, baca ulasan ini sampai habis!

Sabun Wajah dengan Foam Lembut

Selain body wash, facial foam juga sangat penting untuk anak-anak. Sebab setelah seharian beraktivitas di luar ruangan, bermain dengan teman-teman, sekolah, pasti banyak debu dan polusi yang menempel di kulit.

Untuk itu, kegiatan mencuci wajah wajib dilakukan. Agar kulit anak tetap lembut dan enggak bakal gampang kering, pilihlah produk sabun wajah dengan busa yang lembut.

Ingat, jangan gunakan body wash sebagai sabun cuci muka. Karena hanya akan membuat kulit wajah anak semakin kering, kasar, bahkan bisa menimbulkan iritasi.

Toner

toner

Pada anak yang sudah masuk ke umur 10-12 tahun, umumya telah mengalami masa pubertas. Dalam masa ini pula, berbagai masalah kulit akan muncul di wajah.

Mulai dari munculnya jerawat, komedo, hingga beruntusan. Namun, Bunda enggak perlu khawatir, karena biasanya kemunculan masalah-masalah wajah ini pun enggak akan terlalu banyak.

Untungnya, pada usia 10-12 tahun atau ketika sudah pubertas, anak telah boleh memakai toner wajah. Yang berguna untuk menjaga dan menyeimbangkan kadar pH pada kulit anak.

Penggunaan toner ini pun cukup sederhana, hanya perlu diaplikasikan pada wajah menggunakan kapas. Dan dilakukan setelah mencuci wajah sampai bersih.

Krim Pelembap

jenis moisturizer

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa kulit anak-anak mudah sekali menjadi kering dan bahkan mengalami iritasi. Untuk itulah penggunaan krim pelembap wajah khusus anak-anak sangat diperlukan.

Ingat, ya, Bunda. Pilih produk pelembap wajah khusus untuk anak-anak, karena kandungannya akan sangat berbeda dengan krim pelembap untuk orang dewasa.

Sunscreen atau Tabir Surya

sunscreen

Produk yang satu ini sepertinya wajib banget dipakai oleh anak-anak, pasalnya sinar matahari bisa berdampak buruk untuk kesehatan kulit.

Sehingga menggunakan sunscreen atau tabir surya menjadi kebutuhan yang enggak bisa ditinggalkan. Terlebih kulit anak lebih sensitif dan rawan terkena sunburning dari paparan sinar matahari.

Tips Memilih Skincare untuk Anak-anak

skincare untuk anak-anak

Bunda telah tahu betapa pentingnya skincare untuk anak. Selain untuk membuat kulit tetap terlihat cantik, penggunaan skincare ini juga bisa melindungi kesehatan kulit anak.

Sayangnya, kita enggak bisa asal pilih dalam mencari prosuk skincare untuk anak yang aman. Sebab, kalau salah memilih produk, kulit anak malah beresiko terkena iritasi, lho.

Nah, agar Bunda enggak bingung, berikut beberapa tips memilih skincare untuk anak yang aman! Tentunya bisa Bunda praktekkan saat akan membeli produk perawatan anak.

Pilih Produk Berlabel Khusus untuk Anak

Produk perawatan tubuh yang dirancang untuk umum dapat berpotensi menimbulkan reaksi alergi pada kulit anak. Yang padasarnya lebih sensitif dan tipis dibandingkan dengan kulit orang dewasa.

Oleh sebab itu, penting untuk memilih produk skincare anak-anak yang mengandung bahan-bahan pembersih yang lembut, dan dapat menjaga kesimbangan alami kulit, juga dapat mempertahankan lapisan pelindung luarnya.

Hindari Produk dengan Kandungan Berbahaya

kandungan berbahaya dalam kosmetik

Sebelum membeli produk perawatan untuk anak, pastikan Bunda membaca terlebih dahulu komposisi produknya.

Hindari produk dengan kandungan yang berpotensi dapat mengiritasi kulit anak. Misalnya yang mengandung parfum, alkohol, paraben, pewarna, dan ftalat.

Karena kulit anak yang cenderung lebih tipis, kemungkinan kandungan-kandungan itu terserap ke dalam tubuh pun lebih besar.

Enggak hanya mengiritasi kulit, masalah kesehatan lain yang lebih kompleks bisa saja timbul, lho.

Pertimbangkan Produk Berlabel Hypoallergic

Produk dengan label hypoallergic biasanya diperuntukkan bagi pemilik kulit yang sensitif. Dengan tujuan, pemakaian produk skincare tersebut kulitnya enggak akan mudah teritasi.

Nah, pada beberapa produk skincare untuk anak sudah banyak yang telah berlabel hypoallergic, lho. Bunda bisa mempetimbangkan untuk membelikan si kecil dengan skincare ini.

Namun, bukannya bebas resiko, produk dengan label ini hanyalah meminimalisir kemungkinan adanya resiko iritasi. Jika anak Bunda mengalami gejala alergi seperti kemerahan dan gatal, ada baiknya segera hentikan pemakaian skincare.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, Bunda pasti sudah tahu kalau skincare untuk anak-anak sangat penting. Apalagi kalau mereka sudah aktif beraktivitas di luar rumah.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment