Charcoal Mask – Manfaatnya untuk Wajah dan Cara Penggunaan yang Tepat Agar Hasil Maksimal

charcoal mask (2)

Agar penampilanmu selalu maksimal, menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan rangkaian skincare yang tepat dan rutin.

Produk yang tepat, bukan berarti yang harganya mahal dan bermerk terkenal.

Lebih dari itu, skincare haruslah dapat melengkapi nutrisi yang dibutuhkan oleh wajah kita. Serta dapat meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh berbagai stressor lingkungan, juga radikal bebas.

Radikal bebas dikenal sebagai salah satu penyebab berbagai masalah kulit. Enggak cuma membuat warna kulit jadi kusam, radikal bebas juga bisa memicu jerawat, komedo, hingga kanker.

Untuk itulah, skincare yang mampu bekerja sebagai antioksidan selalu menduduki posisi utama dan jadi incaran.

Meskipun ada banyak produk kecantikan yang menjanjikan berbagai manfaat serupa. Beberapa waktu lalu, black charcoal sempat populer dan diburu oleh pecinta skincare.

Hal ini disebabkan karena kandungan arang aktif diyakini baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.  Salah satu produk skincare wajah yang menggunakan charcoal sebagai bahan dasar adalah face masker wajah.

Mengapa black charcoal digunakan sebagai masker wajah? Apasih pentingnya buat kulit kita dan bagaimana cara yang tepat untuk menggunakannya?

Well, untuk menjawab semua pertanyaanmu itu, baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Manfaat Charcoal untuk Wajah

sleeping mask

Charcoal atau zat arang aktif sebenarnya telah sejak lama digunakan untuk merawat kesehatan tubuh. Bahkan dalam dunia medis, black charcoal sering digunakan dalam berbagai metoder pengobatan.

Jadi bisa dibilang, manfaat arang ini bukanlah hal yang baru ditemukan. Hanya saja penggunaannya dalam berbagai formula kosmetik baru populer saat ini.

Nah, buat kamu yang belum paham betul soal manfaat charcoal untuk wajah, cari tahu di penjelasan berikut ini, ya!

Mengangkat Kotoran dari Lapisan Terluar Kulit

manfaat skincare probiotik 2

Kondisi kulit yang kotor dapat memicu infeksi bakteri dan kuman di wajah. Dan akhirnya memicu berbagai masalah kulit, misalnya wajah jadi berminyak, muncul komedo, jerawat.

Nah, salah satu manfaat masker charcoal untuk wajah adalah mampu mengangkat kotoran dari wajah kita. Sebab bahan alami ini dapat mengikat bakteri dan zat beracun yang ada.

Sehingga saat menjadikannya sebagai masker, charcoal dapat mengangkat kotoran-kotoran yang menempel serta menumpuk di pori-pori wajah.

Dengan demikian wajah kita akan lebih bersih, sehat, dan tampak glowing. Enggak heran, ya, kalau charcoal sempat begitu diminati oleh banyak orang.

Recommended untuk Pemilik Kulit Berjerawat

jenis kulit

Selain bikin enggak nyaman, kulit yang terlalu banyak jerawat juga membutuhkan perawatan yang lebih rumit. Sebab salah sedikit saja, kandungan yang ada dalam skincare tertentu justru bisa membuat jerawat kian banyak dan makin buruk.

Penyebab jerawat sebenarnya ada banyak, mulai dari menumpuknya sel kulit mati, kontaminasi bakteri, sebum yang berlebihan, hingga salah menggunakan skincare tertentu.

Nah, makser charcoal dengan kandungan zat arang aktif bisa memberikan perawatan yang baik untuk pemilik kulit berjerawat.

Sebab charcoal dapat bekerja sebagai antibakteri, yang diklaim bisa mengobati jerawat di wajahmu dengan bekerja melawan bakteri serta kuman penyebab munculnya masalah kulit satu ini.

Yang jadi nilai plus-nya lagi, charcoal rupanya juga memiliki efek antiinflamasi. Yang artinya sangat membantu untuk menenangkan kulit yang meradang.

Jadi, cocok banget deh kalau digunakan untuk merawat wajah dengan jerawat yang meradang dan membengkak. Selain itu, bahan alami satu ini pun diklaim mampu mempercepat penyembuhan jerawat.

Kemampuannya yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan sebum yang menumpuk dari pori-pori, dapat mencegah munculnya jerawat.

Menetralkan Racun dari Gigitan Serangga

Pernahkan kamu digigit serangga hingga menyisakan bekas kemerahan, yang membengkak dan gatal? Well, itu menunjukkan bahwa ada racun yang ditinggalkan serangga itu ketika menggigit wajahmu.

Kalau kamu sedang mengalaminya, enggak perlu khawatir karena black charcoal rupanya bisa mengatasi masalah satu ini.

Makser charcoal bisa menetralkan zat racun yang disebabkan oleh gigitan serangga. Bahkan saat menggunakannya, kulitmu akan merasa lebih rileks dan kembali terasa nyaman.

Karena zat arang aktif dipercaya dapat menyerap racun dari gigiran serangga dan mengurangi gejala-gejala yang bisa saja muncul. Misalnya pembengkakan kulit, gatal, peradangan, dan adanya rasa perih.

Mampu Mengontrol Produksi Sebum

skincare untuk kulit beruntusan (6)

Sebum pada dasarnya adalah zat yang bisa melapisi bagian terluar kulit dan melindunginya dari berbagai stressor lingkungan.

Namun sayangnya pada sebagian orang, sebum diproduksi oleh kelenjar kulir dalam jumlah yang berlebihan. Hal ini kemudian membuat wajah terlalu lembap dan bahkan berminyak.

Dan kondisi ini malah bisa memicu berbagai masalah pada kulit, termasuk tersumbatnya pori-pori wajah, munculnya jerawat dan komedo, dan lain sebagainya.

Pemilik kulit berminyak sekarang enggak perlu merasa cemas lagi, sebab maskcer charcoal bermanfaat untuk mengontrol produksei sebum pada wajah.

Kandungan zat arang dapat bekerja serupa partikel yang bisa menyerap minyak di permukaan kulit. Akibatnya sebum di wajah bisa diminimalisir, bahkan pori-pori wajah pun bisa turut mengecil.

Membersihkan Wajah Secara Menyeluruh

manfaat charcoal mask

Sudah, cuci wajah tapi masih sering mendapatkan berbagai masalah kulit? Eits, jangan-jangan ada yang salah dengan caramu mencuci wajah? Atau bisa jadi ada kotoran yang masih tertinggal?

Pada dasarnya membersihkan wajah hanya dengan menggunakan cleanser, micellar water, atau hanya cuci muka saja, bida dibilang kurang efektif.

Untuk itulah, banyak dari ahli kecantikan yang merekomendasikan untuk melakukan pembersihan wajah dengan teknik double cleansing. Yakni dengan beberapa langkah, mulai dari pakai micellar water, cleanser, cuci muka, hingga pakai toner.

Tapi, enggak semua orang punya kesabaran dan ketlatenan yang sama. Dan untuk menjawab rasa rindu pada kepraktisan inilah, black charcoal bisa menjadi alternatif yang sangat ideal.

Sebab manfaat charcoal untuk wajah yang lainnya adalah bisa membantu membersihkan wajah dengan menyeluruh.

Telah disinggung sebelumnya bahwa charcoal bisa bekerja serupa partikel penyerap berbagai kotoran, zat racun dan kimia, hingga bakteri yang terdapat di permukaan kulit.

Bahkan partikel ini diklaim akan terangkat dengan sendirinya dari permukaan kulit, jadi wajahmu akan lebih mudah untuk dibersihkan.

Tips Penggunaan Charcoal Mask yang Tepat

tips memakai charcoal mask yang benar

Pernah enggak, sih, kamu merasa penggunaan masker wajah tertentu tidak memberikan hasil yang kamu dambakan? Atau bahkan tidak ada efeknya sama sekali pada wajahmu?

Hal itu bisa terjadi karena berbagai alasan, selain karena kecocokan pada kulit, juga bisa disebabkan oleh cara penggunaan yang salah.

Begitu juga saat kamu akan menggunakan charcoal mask. Kamu perlu memperhatikan beberapa hal khusus yang bisa membuat manfaatnya untuk kulitmu lebih terlihat.

Kira-kira apa aja, sih? Biar kamu enggak terlalu lama terjebak dengan rasa penasaran, cek beberapa tips penggunaan charcoal mask yang tepat di bawah ini!

Cuci Wajah Terlebih Dahulu

facial foam

Meski salah satu manfaat charcoal mask untuk wajah adalah dapat membantu proses pengangkatan kotoran. Kamu enggak boleh menyepelekan proses mencuci wajah sebelum menggunakan masker.

Sebab jika wajah bersih, berbagai senyawa penting dalam charcoal mask bisa dapat diserap dengan lebih maksimal oleh kulit kita.

Enggak hanya itu, dengan membersihkan wajah terlebih dahulu sel kulit mati akan dapat dengan mudah diangkat oleh charcoal.

Perhatikan Aturan Pakai Charcoal Mask

Setiap produk perawatan kecantikan biasanya diiringi dengan berbagai aturan dan cara pakai tersendiri. Hal ini untuk membantu pengguna mendapatkan manfaat paling optimal dari produk tersebut.

Begitu pula saat menggunakan charcoal mask. Kamu harus memperhatikan anjuran pakai yang ada dalam kemasan, seperti memperhatikan lama masker diaplikasikan, dan lain sebagainya.

Pada umumnya lama charcoal mask diaplikasikan hampir serupa dengan masker pada umumnya. Yakni sekitar 15-20 menit saja.

Lanjutkan Dengan Memakai Essence

manfaat essence

Setelah kandungan dalam charcoal mask terserap dengan sempurna di kulit, hal selanjutnya yang kamu lakukan adalah membersihkan wajahmu dari sisa-sisa masker.

Setelah benar-benar bersih, kamu bisa melanjutkan perawatan wajahmu yang lain. Misalnya dengan memakai essence, produk skincare yang punya beragam kandungan, namun bertekstur cukup ringan.

Pemakaian essence setelah memakai charcoal mask juga berguna untuk membantu menyeimbangkan kadar kelembapan pada wajah.

Sebab zat arang aktif yang ada bisa membuat kulit wajah kita jadi lebih kering dan terasa ketat. Penggunaan essence bisa memperbaiki dan menyeimbangkan kondisi ini, lho.

Jangan Lupakan Serum Wajah!

face oil

Setelah memakai essence ada baiknya kamu juga menggunakan serum wajah. Meski hampir mirip, tapi kedua skincare ini enggak sama, lho.

Serum wajah memiliki konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi, hal ini pun membuat teksturnya lebih kental dari essence.

Penggunaan produk skincare satu ini bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit kita. Dengan demikian berbagai kandungan dari charcoal mask dapat diserap dengan maksimal, dan dikunci agar tidak mudah menguap.

Perhatikan Frekuensi Penggunaan Charcoal Mask

Meski charcoal mask memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah kita, namun ada baiknya juga penggunaanya tidak dilakukan secara berlebihan.

Karena meski harus rutin pakai, tapi bukan berarti dilakukan setiap hari juga. Frekuensi pemakaian charcoal mask bisa kamu sesuaikan dengan jenis dan kebutuhan kulitmu sendiri.

Namun, secara umum idealnya penggunaan charcoal mask ini cukup dilakukan sebanyak sekali atau dua kali dalam seminggu.

Penggunaan masker wajah satu ini dalam jumlah yang berlebihan akan membuat kelembapan alami pada kulit menghilang. Akhirnya wajahmu bakal kering, bahkan bisa saja mengalami iritasi.

Perhatikan Kondisi Kulit Sebelum Memakai Charcoal Mask

skincare kulit berjerawat

Sebenarnya, hal yang paling penting adalah memperhatikan bagaimana kebutuhan dan kondisi kulitmu sebelum menggunakan produk skincare tertentu.

Karena enggak semua orang memiliki kecocokan dengan bahan kandungan yang sama, begitupun dengan charcoal mask.

Bagi pemilik kulit yang cenderung sensitif ada baiknya kamu lebih berhati-hati. Sebelum memakai, kamu bisa melakukan tes kecocokan dengan mengoleskan charcoal mask ke bagian kulit lainnya.

Jika setelah beberapa jam tidak ada reaksi alergi yang muncul, seperti gatal atau iritasi, maka kemungkinan besar cukup aman buatmu untuk mencoba menggunakan charcoal mask.

Setelah membaca ulasan di atas dapat dipahami mengapa masker charcoal mask begitu populer sebelumnya. Terutama di Indonesia, yang kebanyakan memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat.

Charcoal mask pastinya jadi oase tersendiri, yang mudah dan terbilang cukup aman digunakan untuk merawat kulit yang berjerawat.

Nah, apakah kamu sudah mencoba charcoal mask? Bagaimana hasil yang kamu dapatkan setelah menggunakan masker satu ini?

Atau barangkali kamu belum mencoba, dan tertarik setelah membaca informasi mengenai charcoal mask melalui artike ini?

Pokoknya, kamu bisa membagi pengalamanmu kepada pembaca yang lain lewat kolom komentar. Kalau kamu juga punya tips penggunaan charcoal mask yang lain, bisa juga kok kasih tahu kami!

Jangan lupa, like dan share!

About Author

Related posts

Leave a Comment