Resep Masker Alami untuk Ibu Hamil – Aman dan Efektif Atasi Masalah Kulit Selama Kehamilan

masker alami yang aman untuk ibu hamil

Selama mengandung, beberapa perempuan sering mengalami masalah kulit. Ada yang merasa kulitnya jadi lebih kering, lebih berminyak, lebih sensitif, hingga mudah berjerawat.

Sayangnya, ibu hamil enggak bisa sembarangan dalam memilih skincare atau kosmetik. Sebab ada beberapa kandungan yang dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin.

Kandungan itu seperti retinoid, hidrokuinon, salicylic acid, minyak esensial, dan benzoil peroxide.

Namun, ada alternatif lain yang bisa ibu-ibu pertimbangkan ketika ingin menjaga kecantikan kulit. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti yang dilansir dari Alodokter, sebenarnya semua zat yang terbuat dari bahan alami untuk perawatan wajah terbilang aman untuk ibu.

Nah, salah satu cara tepat dan alami yang bisa kamu coba untuk merawat wajah selama hamil adalah dengan menggunakan masker buatan sendiri. Tentunya dengan menggunakan bahan- bahan alami.

Penasaran, kan? Cus, baca ulasan ini sampai habis!

Masker Alami untuk Ibu Hamil – Ampuh Atasi Jerawat

muncul jerawat dan beruntusan

Jerawat, komedo, dan beruntusan adalah masalah kulit yang sangat rawan dialami oleh ibu hamil.

Ketiga masahal ini dapat timbul karena kondisi wajah yang berminyak, adanya kotoran dan sebum yang menyumbat pori-pori, hingga karena perubahan hormon.

Berikut ada beberapa resep masker alami untuk mengatasi jerawat yang bisa kamu coba.

Oat dan Yogurt

masker oatmeal

Kedua bahan ini emang legendaris banget, oat kaya akan antioksidan dan yogurt penuh vitamin.

Cara membuat masker wajah alami dari kedua bahan ini pun terbilang cukup sederhana. Yakni cukup campurkan yogurt dan oat hingga mengental, kemudian oleskan di wajah dan tunggu selama 15 menit.

Setelah semua kandungan terserap dengan baik, bilas bersih wajahmu. Selain jadi masker alami aman untuk ibu hamil ini, kombinasi keduanya juga dapat mengangkat sel kulit mati dan membuatnya halus.

Perpaduan Mentimun, Oatmeal dan Yogurt

yogurt bahan masker organik

Kalau oatmeal dan yogurt saja bisa membuat kulit Ibu mulus, maka dengan menambahkan mentimun akan ada sensai menyegarkan yang terasa saat masker digunakan.

Dalam mentimun terdapat berbagai mineral yang bisa mengembalikan kelembapan pada kulit dan memberikan sensasi menyegarkan.

Kombinasi ketiga bahan alami ini cocok dan aman digunakan untuk ibu hamil.

Cara pembuatan masker alami untuk ibu hamil ini juga mudah, cukup masukkan satu mentimu kecil dan satu cup oatmeal dalam blender.

Kemudian haluskan dan campur dengan satu sendok teh yogurt.  Setelah selesai, oleskan ke wajah Ibu yang sudah bersih. Tunggu hingga 30 menit lalu cuci wajahmu.

Masker Alami Untuk Ibu Hamil Pemilik Kulit Kering

masker alami untuk ibu hamil

Selain kulit yang mudah berjerawat, enggak jarang ibu hamil juga mengalami kulit wajah yang kering.

Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon saat kehamilan, yang mampu menyebabkan kulit kehilangan elastisitas dan kelembapannya.

Bahkan pada beberapa ibu hamil, kondisi kulit kering ini dapat menyebabkan kulit terkelupas, gatal, hingga iritasi.

Nah, tapi kamu enggak perlu khawatir. Karena masalah kulit kering ini pun dapat diatasi dengan menggunakan masker alami secara rutin.

Berikut ini beberapa masker alami untuk ibu hamil yang efektif mengatasi kulit kering.

Kombinasi Alpukat, Minyak Zaitun, dan Madu

alpukat

Alpukat adalah buah yang kaya akan vitamin E dan antioksidan. Enggak hanya itu, alpukat pun dipercaya dapat memberikan manfaat yang sangat beragam untuk kulit.

Termasuk dalam mengembalikan dan menjaga kelembapan pada sel kulit kita.

Hal yang sama juga berlaku pada minyak zaitun dan madu. Yang udah enggak diragukan lagi berbagai manfaatnya untuk kecantikan kulit.

Cara membuat masker dari ketiga bahan ini cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan satu buah alpukat, campur dengan satu sendok teh minyak zaitun, dan satu sendok makan madu.

Campurkan ketiga bahan tersebut hingga merata, jika sudah oleskan ke wajahmu. Ingat, pastikan kondisi wajahmu sudah dalam keadaan bersih, ya!

Setelah itu, tunggu selama 15-20 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih dengan menggunakan air hangat.

Paduan Pepaya, Madu, dan Susu

masker pepaya

Probiotik dalam susu adalah salah satu kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit ibu hamil. Sebab, ia berfungsi untuk menjaga dan merangsang produksi zat pelembap alami pada kulit.

Enggak hanya itu, dalam buah pepaya terdapat berbagai vitamin dan aktioksidan. Yang enggak hanya mampu memperbaiki kondisi sel kulit, juga ampuh melawan radikal bebas.

Dengan demikian, penggunaan masker wajah alami dari ketiga bahan ini akan dapat membuat wajahmu terhidrasi dengan baik.

Cara pembuatan resep masker untuk ibu hamil satu ini juga tergolong mudah. Setelah semua bahan tersedia, campurkan buah pepaya yang telah dihaluskan sebelumnya dengan satu sendok makan madu, dan dua sendok teh susu.

Setelah adonan merata, oleskan masker ke wajah yang telah dibersihkan. Kemudian tunggu selama 20 menit, lalu cuci wajah hingga bersih.

Masker Alami Untuk Ibu Hamil – Mengatasi Kulit Berminyak

menutrisi kulit

Kulit yang terlalu berminyak biasanya ditandai dengan penampilannya yang terlihat berkilauan.

Pada ibu hamil kondisi ini biasanya terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah, yang rupanya juga terjadi pada pori-pori kulit.

Nah, hal inilah yang membuat kelenjar minyak di kulit bekerja lebih ekstra dan memproduksi lebih banyak minyak di wajah.

Sebum sebenarnya berguna untuk melindungi kulit kita, namun jika diproduksi berlebihan enggak jarang malah menimbulkan berbagai masalah pada kulit.

Misalnya, kotoran dan debu yang mudah menempel, kemudian mengendap serta menyumbat pori-pori. Hal ini pun akhirnya memicu munculnya komedo serta jerawat.

Well, tapi ibu-ibu hamil cantik enggak perlu khawatir. Sebab wajah yang berminyak juga bisa kita atasi dengan menggunakan masker alami.

Mau tahu, kan? Yuk, cek resep masker alami untuk ibu hamil yang efektif atasi kulit berminyak di bawah ini!

Masker Alami dari Stroberi

Buah Stroberi rupanya enggak hanya enak jika dijadikan sebagai dessert. Buah berasa asam ini pun rupanya bermanfaat untuk membantu mengontrol minyak pada kulit kita, lho.

Kandungan vitamin C yang tinggi, dapat jadi senjata utama dalam masker alami yang sangat baik untuk melawan kulit berminyak, menutrisi serta memperbaiki kondisi kulit ibu hamil.

Cara pembuatan masker ini cukup sederhana, campurkan stoberi dengan beberapa bahan lain. Seperti lemon, putih telur, dan madu.

Stroberi yang telah dihaluskan akan dicampurkan dengan bahan-bahan tambahan tersebut ke dalam sebuah mangkuk kecil.

Setelah masker terbentuk, kamu bisa mengaplikasikannya ke seluruh area wajah. Tunggu hingga masker mengering, paling tidak selama 10 menit.

Kombinasikan Madu dan Brown Sugar

Brown sugar merupakan salah satu bahan alami yang bisa membantu merawat kulit wajah. Fungsinya bisa untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit.

Cara pembuatan masker alami dari madu dan brown sugar cukuplah sederhana. Kamu hanya perlu mencampurkan keduanya dalam satu wadah dan mengaduknya hingga kental.

Setelah itu, oleskan masker ini ke wajahmu dan tunggu hingga 15-20 menit. Kemudian cuci wajah hingga bersih.

Pisang, Minyak Zaitun, dan Air Lemon

pisang

Tahu enggak, sih? Buah pisang rupanya memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyerap minyak berlebih pada wajah kita.

Sementara itu, lemon dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan membuat wajah tampak lebih bercahaya.

Sudah dibayangkan, dong! Bagaimana wajahmu selama hamil ketika rutin menggunakan masker alami yang satu ini.

Yap, pastinya glowing banget!

Cara pembuatannya sederhana saja, yakni dengan menghaluskan pisang terlebih dahulu. Kemudian tuangkan minyak zaitun dan air lemon ke dalam wadah yang sama.

Aduk merata hingga tercipta pasta masker. Setelah itu oleskan pada seluruh wajah, dan diamkan selama 15 menit.

Masker Alami dari Almond dan Madu

masker untuk ibu hamil

Almond enggak hanya bagus untuk mengangkat sel-sel kulit mati, namun juga dapat mengurangi produksi sebum berlebihan, lho.

Oleh sebab itu, penggunaan almond sebagai bahan pembuatan masker alami sangat direkomendasikan untuk ibu hamil yang bermasalah dengan kulit berminyak.

Langkah-langkah pembuatannya juga cukup mudah, lho. Caranya haluskan almond terlebih dahulu, kemudian campurkan dua sendok makan madu.

Aduk merata hingga mengental. Setelah pasta masker terbentuk, oleskan pada wajah yang sudah bersih.

Kalau bisa pijat perlahan dengan gerakan memutar. Kemudian tunggu selama 10-15 menit, baru kamu bilas wajah dengan air hangat.

Nah, itu adalah beberapa resep masker alami untuk ibu hamil yang aman untuk dicoba. Kamu bisa menambahkan bahan-bahan alami lainnya yang cocok untuk mengatasi permasalahan kulit yang kamu alami.

Memang, ketika hamil kondisi tubuh juga akan berubah. Dan hal ini pun akan berpengaruh pada penampilan kita.

Meski begitu, kamu juga enggak boleh asal dalam memilih berbagai produk skincare untuk ibu hamil. Sebab enggak sedikit skincare yang mengandung bahan-bahan aktif yang bisa berbahaya untuk kesehatan janinmu.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buatmu. Jangan lupa juga untuk berbagi pengalaman dan resep masker wajah alami untuk ibu hamil lainnya di kolom komentar.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment