Bikin Kulit Jadi Mulus, Berikut Berbagai Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah yang Bisa Dicoba

mengecilkan pori-pori wajah (1)

Semua orang pasti menginginkan kulit yang mulus, enggak ada masalah wajah yang berarti, dan yang selalu tampak menawan.

Sayangnya, hal ini cenderung susah diwujudkan. Apalagi kalau aktivitas kita sangat padat, dan akhirnya enggak ada banyak waktu yang diluangkan untuk merawat kulit.

Tapi pernah enggak, sih? Kamu bertanya-tanya, apa yang membuat wajahmu jadi rentan terkena jerawat dan komedo?

Jawabannya adalah pori-pori wajah yang membesar. Benar banget, enggak hanya bikin kulit tampak kasar, pori-pori wajah yang besar ini juga bisa memicu berbagai masalah kulit lainnya.

Bahkan, kondisi ini pun seringnya mempengaruhi kemampuan kulit kita menyerap kandungan skincare yang dipakai. Juga mempersulit riasan wajah dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Nah, kira-kira cara untuk mengecilkan pori-pori wajah yang efektif itu bagaimana?

Eits, sebelum terlalu jauh membahas cara mengatasinya, enggak ada salahnya kamu mengetahui efek buruk pori-pori wajah yang besar dan apa saja yang menyebabkan kondisi ini muncul di kulitmu.

Dengan demikian, kamu bisa lebih aware dan menghindari berbagai hal yang bisa membuat pori-pori kulit wajahmu semakin terbuka lebar.

Efek Pori-pori Wajah Besar

skincare untuk kulit kusam

Enggak cuma mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang besar pun dapat memicu berbagai masalah kulit yang lain.

Dari munculnya, jerawat dan komedo, minyak berlebih, dan masih banyak lainnya. Untuk penjelasan lebih lengkap, simak ulasan berikut ini, ya!

Wajah jadi Berminyak

Pori-pori besar menandakan bahwa produksi sebum yang dilakukan oleh kelenjar kulit sangatlah besar. Yang akhirnya membuat pori-pori merenggang dan mengeluarkan minyak berlebihan itu ke lapisan atas kulit.

Kondisi inilah yang kita ketahui sebagai wajah berminyak. Yang sayangnya, tidak terlalu bagus untuk kesehatan kulit.

Sebab debu, kotoran, dan polusi udara dapat dengan mudah terperangkap pada wajah yang berminyak. Yang akhirnya memicu berbagai masalah wajah, termasuk jerawat dan komedo.

Memicu Pertumbuhan Rambut

Pernah enggak sih, kamu menemukan rambut tumbuh di area wajah tertentu? Tanpa diduga-duga dan tumbuh begitu saja?

Yap, tumbuhnya rambut di area wajah ini disebabkan oleh pori-pori yang membesar. Sebab jika pori-porimu membesar, folikel rambut akan lebih mudah untuk mencapai permukaan kulit dibanding saat pori-pori wajahmu lebih rapat.

Mudah Berjerawat dan Berkomedo

merawat masalah kulit

Jerawat dan komedo adalah masalah kulit yang paling umum dan sering dialami oleh banyak orang, khususnya bagi pemilik kulit berminyak.

Hal ini disebabkan pemilik kulit berminyak juga cenderung memiliki pori-pori wajah yang besar. Dan rupanya memudahkan kotoran, debu, dan sisa kosmetik terperangkap di lapisan atas kulit. Dan akhirnya menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat dan komedo.

Membuat Riasan Wajah Tidak Flawless dan Bertahan Lama

manfaat memakai pewangi badan

Salah satu hal yang cukup mengganggu ketika memiliki pori-pori wajah yang besar adalah efeknya yang sangat berpengaruh pada hasil riasan wajah.

Siapa yang enggak pingin tampil mempesona di acara-acara penting? Demi itu, kita pasti rela mematut diri di depan cermin selama berjam-jam agar tampil maksimal.

Sayangnya, kalau punya pori-pori besar hal ini bisa susah diwujudkan. Gimana enggak? Pori-pori yang besar akan membuat riasan wajah tampak tidak flawless, bahkan pada beberapa kasus menyebabkan riasan tidak merata.

Enggak hanya itu, karena produksi sebum yang berlebih, riasan wajah pun cenderung tidak akan bertahan lama.

Berbagai Penyebab Pori-pori Wajah Membesar

skincare untuk kulit kering

Pori-pori wajah pada dasarnya merupakan lubang pada kulit yang berguna untuk mengeluarkan keringat dan sebum.

Karena itu, jika pori-pori wajah terlalu besar, maka sudah dipastikan wajahmu bakal terlihat sangat berminyak.

Kondisi ini sebenarnya dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari dalam tubuh kita sendiri, maupun pengaruh dari lingkungan.

Kira-kira apa saja penyebab pori-pori wajah membesar? Yuk, cari tahu sama-sama!

Meningkatnya Produksi Minyak Wajah

Enggak cuma menyebabkan wajah berminyak, sebenarnya pori-pori yang besar juga dipicu dari produksi sebum yang berlebihan.

Sebab saat sel kulit memproduksi sebum dengan kapasitas yang besar, maka mau tidak mau, pori-pori wajah akan melebar mengimbangi jumlah sebum yang akan dikeluarkan.

Kondisi ini bisa semakin diperparang akibat banyaknya kotoran dan sel kulit mati yang menumpuk, akhirnya lubang pada pori-pori akan tersumbat dan membuat lubangnya semakin terbuka serta makin jelas terlihat.

Faktor Keturunan

Salah satu penyebab utama pori-pori wajah yang besar adalah faktor keturunan. Terlebih memang jenis kulit tertentu, misalnya berminyak dan tebal, merupakan kondisi yang diturunkan dari orang tua kita.

Nah, hal ini menunjukkan bahwa jika orang tua atau saudara kandung kita cenderung memiliki kulit yang berminyak dan berpori-pori besar. Maka, sangat wajar kalau kamu juga mengalami kondisi kulit yang serupa.

Ini berarti, jika orang tua atau saudaa kandungmu cenderung memiliki kulit berminyak dan berpori=pori besar, maka akan sangat wajar kalau kamu mengalami hal serupa.

Pada pemilik kulit wajah yang berminyak, pori-pori wajah mereka pun cenderung besar. Sebab kelenjar sebum yang aktif memproduksi minyak, dapat membuat pori-pori semakin membesar untuk mengimbangi kadar minyak yang dikeluarkan.

Hal yang sama juga terjadi pada pemilik kulit tebal, pori-pori wajah mereka juga biasanya memiliki ukuran yang lebih besar.

Perubahan Hormon

Laju hormon pada tubuh sangat mempengaruhi penampilan kita, termasuk bisa menyebabkan pori-pori wajah menjadi lebih besar.

Hal ini sebenarnya sangat wajar terjadi, karena umumnya ukuran pori-pori tidaklah tetap. Melainkan mengikuti perubahan hormon yang ada dalam tubuh.

Misalnya pada perempuan yang tengah memasuki masa siklus bulanan mereka, maka kadar hormon pun akan kian meningkat.

Peningkatan hormon ini pun berpengaruh pada kondisi kulit wajah. Pada beberapa orang akan menimbulkan kulit berminyak, kusam, dan pori-pori semakin melebar.

Namun, saat masa itu telah berlalu, produksi sebum akan semakin menurun dan pori-pori wajah kembali mengecil.

Akibat Paparan Sinar Matahari Berlebihan

paparan sinar matahari berlebihan (1)

Sinar matahari yang berlebihan bisa menimbulkan berbagai masalah pada kulit kita, termasuk membuat pori-pori wajah semakin besar.

Hal ini dikarenakan kulit yang sering terkena paparan sinar matahari secara langsung, akan cenderung mengalami penebalan. Yang akhirnya membuat pori-pori wajah membesar.

Enggak hanya itu, sinar ultraviolet dari matahari juga mampu membuat produksi kolagen terhambat. Padahal kolagen berguna menjaga kulit tetap kencang dan pori-pori wajah tetap rapat.

Dengan rusaknya kolagen, elastisitas pada kulit kita akan semakin menurun, bahkan lubang pori-pori wajah juga akan semakin melebar.

Faktor Pertambahan Usia

faktor usia

Seiring bertambahnya usia kita, berbagai masalah kulit yang muncul di wajah pun tidak bisa terelakkan. Termasuk membesarnya pori-pori wajah.

Hal ini dikarenakan saat usia kita bertambah, maka kemampuan tubuh untuk memproduksi kolagen dan elastis pun akan semakin menurum.

Sebab itu, kulit kita akan terlihat kendur, muncul keriput, dan pori-pori wajah tampak membesar.

Terlalu Sering Mencuci Wajah

facial foam

Membersihkan wajah memang hal yang wajib dilakukan, terlebih kalau kita memiliki aktivitas yang padat dan wajah cenderung mudah kotor.

Sebab, kotoran dan minyak pada wajah jika tidak dibersihkan akan menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu tumbuhnya jerawat.

Sayangnya, membersihkan wajah pun tidak boleh dilakukan terlalu sering, sebab pori=pori wajah bisa jadi membesar.

Hal ini dikarenakan penggunaan sabun atau produk pembersih wajah jika digunakan terlalu sering dapat mengiritasi kulit kita juga. Akhirnya, kulit pun akan menebal dan pori-pori wajah juga turut membesar.

Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok selain memberikan efek yang buruk pada kesehatan tubuh, rupanya juga berpengaruh pada wajah kita.

Racun yang dihasilkan oleh asap rokok dapat merusak elastisitas pada kulit, dan mampu memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Tak hanya itu, merokok pun dapat merangsang produksi sebum secara berlebihan, hal ini kemudian membuat pori-pori wajah terbuka dan membesar.

Merokok pun dapat merangsang produksi sebum secara berlebihan, sehingga pori-pori wajah akan terbuka atau membesar.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah Secara Alami

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah, termasuk dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Nah, berikut ini ada resep untuk merawat pori-pori wajah yang besar secara alami. Kamu bisa coba di rumah sendiri!

Mengoleskan Es Batu di Wajah

Cara pertama ini tergolong sebagai cara yang cukup tradisional untuk mengecilkan pori-pori kulit. Umumnya, pemakaian kompres es batu di wajah ini dilakukan sebelum menggunakan kosmetik tertentu.

Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu mengusapkan es batu ke seluruh permukaan wajah selama 15 menit atau lebih, hingga kulit wajah terasa agak kaku.

Menggunakan Lidah Buaya

aloe vera

Lidah buaya memang salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Termasuk untuk menangani pori-pori wajah yang membesar.

Gel lidah buaya dapat memberikan sensasi menenangkan dan menyegarkan pada kulit kita. Dengan memakai gel ini secara rutin, pori-pori wajahmu secara perlahan akan menutup dan mengecil.

Menggunakan Masker dari Teh Hijau

green tea

Siapa yang enggak tahu khasiat dari teh hijau? Pasalnya bahan alami ini udah populer banget diketahui sebagai salah satu kandungan yang sering digunakan dalam formula skincare.

Hal ini disebabkan teh hijau kaya akan kandungan antioksidan yang mampu menangkal dan melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Enggak cuma bisa mencerahkan kulit, dengan rutin mengunakan masker dari teh hijau kamu bisa juga menutup pori-pori wajahmu yang membesar.

Memakai Masker Putih Telur

masker dari putih telur

Cantik emang butuh sedikit pengorbanan, Guys. Karena amis telur, enggak sebanding dengan khasiatnya yang sangat beragam untuk memanjakan kulit wajah kita.

Sebab pada bagian putih telur, terdapat banyak protein tapi rendah akan lemak. Nah, jika digunakan sebagai masker, protein yang ada dalam putih telur dapat mempercepat regenerasi sel-sel kulit.

Kalau emang enggak tahan banget dengan baunya, kamu bisa menambahkan beberapa tetes air perasan lemon pada masker putih terlu yang akan kamu buat.

Masker Jeruk Nipis

masker organik jeruk nipis

Jeruk nipis mengandung banyak vitamin E dan senyawa antibakteri yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan buah berasa asam ini sangat baik untuk membantu perawatan kulit wajah kita.

Nah, kamu bisa menggunakan perasan jeruk nipis sebagai campuran masker alamimu. Dengan demikian, bakteri dan kuman yang bersarang di pori-pori wajah juga akan dapat diatasi.

Enggak hanya itu, kandungan dalam jeruk nipis juga bisa membantu kulit wajahmu jadi lebih kencang. Ini juga menunjukkan bahwa pori-pori kulit bisa menutup kembali.

Pakai Air Lemon

masker wajah lemon

Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon juga kaya akan vitamin C dan antioksidan. Kandungan yang ada dalam lemon pun disinyalir dapat membuat kulit jadi cerah, kencang, dan bisa mengatasi produksi sebum berlebihan.

Jika produksi sebum dapat dikontrol, maka dengan sendirinya pori-pori wajah akan mengecil dan menyesuaikan dengan jumlah minyak yang dikeluarkan oleh kelenjar kulit.

Enggak hanya itu, dengan memakai air lemon kulit kita juga akan lebih sehat, karena berbagai bakteri dan kuman akan dihalau dengan baik.

Pepaya? Bisa Dong!

masker pepaya

Buah yang manis dan menyegarkan ini enggak hanya enak dirujak, melainkan bagus jika digunakan sebagai bahan perawatan pori-pori wajah yang membesar.

Sebab dalam buah pepaya terkandung banyak vitamin, misalnya vitamin A, C, dan E. Yang bisa menutrisi kulit wajah kita secara alami, bahkan bisa membantu proses eksfoliasi sel kulit mati dan membuat pori-pori wajah lebih bersih.

Masker Bengkuang

Bengkuang bisa dibilang jadi salah satu bahan alami yang sering dijumpai dalam berbagai produk kosmetik.

Karena selain khasiatnya yang mampu mencerahkan wajah, bengkuang rupanya memiliki banyak manfaat lain untuk kecantikan kulit. Salah satunya untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Dengan rajin menggunakan masker wajah dari bengkuang, kamu enggak hanya akan membuat pori-pori wajahmu tertutup. Namun kulit juga bakal terasa lebih lembut, kencang, dan tidak mudah berminyak.

Masker Alami dari Alpukat

masker alpukat

Buah favorit sejuta umat ini enggak cuma cocok digunakan untuk menu diet, melainkan juga bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit wajah.

Pasalnya dalam buah alpukat terdapat berbagai vitamin dan lemak sehat yang mampu menjadi nutrisi alami untuk kulit.

Nah, nutrisi inilah yang bakalan membantumu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar. Dengan rutin menggunakan masker alami dari alpukat, kamu juga bakal membuat kulitmu jadi lebih kenyal dan elastis.

Pisang

pisang

Enggak kalah dari alpukat, buah bewarna pisang dan kaya akan vitamin C ini bisa membantumu untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Bahkan mineral yang ada di dalam pisang pun disinyalir mampu merangsang proses regenerasi sel kulit baru, yang pastinya membuat kulitmu lebih sehat.

Stroberi

masker stroberi

Rasa asam manis dari stroberi emang bikin nagih, tapi selain rasanya yang menyegarkan, ternyata buah satu ini juga mengandung manfaat yang baik untuk kulit wajah kita.

Karena dalam buah stroberi terdapat senyawa yang berperan sebagai antibakteri. Yang mampu membasmi kuman dan bakteri jahat penyebab jerawat dalam pori-pori wajah.

Enggak hanya itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam stroberi juga mampu membantu mengontrol produksi sebum. Serta membuat kulit lebih kencang dengan menutup atau memperkecil pori-pori kulit.

Tomat

masker tomat

Tomat kaya akan kandungan senyawa lycopene yang dapat berkerja sebagai antioksidan. Oleh sebab itu, menggunakan tomat sebagai masker wajah bisa membantumu melawan dampak buruk radikal bebas.

Kandungan ini pula bisa mencegah penumpukan sel-sel kulit mati di permukaan kulit, dan menghindari kemungkinan pori-pori wajah terbuka dan tersumbat oleh berbagai kotoran.

Masker Mentimun

masker mentimun

Dalam mentimun terdapat kadar mineral dan air yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan inilah yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi dengan baik.

Karena inilah yang membuat bagian pori-pori wajah akan merapat, dan enggak bakal mudah dimasuki kuman dan bakteri penyebab jerawat.

Kentang

kentang untuk masker organik

Tahukah kamu, kalau kentang mampu menjaga kesehatan kulit wajah? Yap, ini dikarenakan dalam kentang terdapat senyawa antibiotik alami.

Senyawa ini bisa membantu membasmi kuman dan bakteri jahat yang terjebak dalam pori-pori kulit wajah.

Susu

susu murni

Fakta bahwa susu dapat memberikan manfaat untuk kulit kita bisa dibilang bukan hal yang baru. Sebab, bahan alami satu ini telah sangat umum digunakan dalam kandungan produk-produk perawatan wajah.

Dalam susu terdapat berbagai vitamin (B6 dan D), kalsium, dan probiotik. Yang dapat merangsang produksi kolagen, menghidrasi kulit, dan menjaga kulit wajah agar tetap kenyal.

Dengan banyaknya kolagen yang diproduksi oleh tubuh, ruang-ruang kosong antar sel kulit akan diisi dan pelebaran pori-pori wajah juga akan dapat dicegah.

Untuk mendapatkan manfaat susu ini, kamu bisa meracik masker organik sendiri. Atau kamu bisa membeli berbagai produk perawatan wajah dengan kandungan yang sama.

Yogurt

yogurt bahan masker organik

Enggak cuma susu, produk olahannya pun rupanya bisa memberikan banyak manfaat untuk kulit wajah kita. Salah satunya adalah yogurt, yang kaya akan vitamin, kalsium, dan zinck.

Berbagai kandungan dalam yogurt ini dapat menutrisi kulit secara alami. Serta menjaga kulit tetap sehat dengan merangsang proses regenerasi sel kulit yang baru.

MInyak Zaitun

masker dari minyak zaitun

Berbagai manfaat dari minyak zaitun untuk kulit wajah telah banyak beredar di artikel-artikel online. Kamu juga bisa membacanya secara singkat dalam komposisi atau kemasan produk kecantikan yang menggunakan kandungan ini.

Salah satu senyawa dalam minyak zaitun, yakni polifenol dan antioksidan, mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah, lho. Dengan demikian, wajahmu tidak akan mudah berjerawat, berminyak, dan mengalami berbagai masalah kulit lainnya.

Menggunakan Scrub dari Perpaduan Kopi dan Gula

kopi

Enggak cuma enak dijadikan seduhan dan dinikmati di pagi hari yang tenang, kopi dan gula juga bisa berkombinasi dengan sama epiknya untuk membuat kulit wajahmu makin glowing.

Yup, termasuk dalam hal mengecilkan pori-pori wajah yang besar. Perpaduan dari kedua bahan alami ini bisa dijadikan sebagai scrub wajah, yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati di bagian permukaan kulit.

Rangkaian Skincare untuk Mengecilkan Pori-pori Wajah

skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah

Telah disinggung sebelumnya, bahwa pori-pori wajah yang besar dapat memicu berbagai masalah pada kulit wajah. Bahkan juga mampu mempengaruhi hasil akhir riasan wajah yang kita pakai.

Untuk itu, enggak ada salahnya untuk menemukan cara mengecilkan pori-pori wajah yang tepat dan bisa dengan aman kamu coba.

Selain cara mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa menggunakan skincare sebagai alternatif.

Nah, kira-kira skincare apa saja sih yang bisa mengecilkan pori-pori wajah? Yuk, cek ulasan di bawah ini sampai tuntas!

Bersihkan Wajah dengan Produk yang Tepat

Salah satu rangkaian skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah dengan rajin membersihkan wajah.

Paling tidak lakukan rutinitas ini sebanyak dua kali sehari, yaitu saat pagi dan malam sebelum tidur.

Saat membersihkan wajah, pastikan kamu menggunakan produk yang tepat. Kalau perlu melakukan double cleansing.

Yang meliputi, membersihkan wajah dengan menggunakan cleanser atau micellar water, lalu dilanjut dengan mencuci muka.

Sebagai catatan, ada baiknya kamu memilih produk pembersih dan pencuci wajah sesuai dengan jenis kulitmu. Juga yang bersifat noncomedogenik.

Gunakan Toner

toner wajah

Toner merupakan salah satu skincare untuk mengecilkan pori-pori wajah yang perlu kamu punyai.

Sebab toner bisa membantu membersihkan wajah dari sisa kotoran yang barangkali belum terangkat setelah proses mencuci dengn sabun.

Enggak hanya itu, toner dengan kandungan pelembap biasanya mampu menghidrasi kulit dengan baik. Hal ini bisa membuat pori-pori wajah mengecil dan produksi sebum pun dapat lebih terkontrol.

Aplikasikan Moisturizer atau Pelembap Wajah

pelembap wajah

Hal yang harus kamu lakukan untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar adalah dengan menjaga kulitmu senantiasa lembap.

Oleh sebab itu moisturizer adalah salah satu produk skincare yang wajib kamu pakai. Namun ingat, pilihlah produk pelembap wajah sesuai dengan kondisi kulitmu.

Jika pori-pori wajahmu cenderung besar dan kulitmu berminyak, pilihlah pelembap yang ringan dan berbahan dasar air.

Dengan demikian, kondisi wajahmu tidak akan semakin buruk. Dan produksi sebum dapat lebih diatur.

Jangan Lupakan Sunscreen, ya!

Sunscreen

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa paparan sinar matahari berlebihan bisa membuat pori-pori wajah semakin membesar.

Untuk mencegah timbulnya dan parahnya pori-pori wajah membesar, ada baiknya kamu tidak melupakan tabir surya atau sunscreen.

Gunakanlah sunscreen ber-SPF tinggi, misalnya SPF 30 atau lebih agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari secara langsung.

Rajin Melakukan Eksfoliasi

scrub

Enggak bisa dipungkiri, banyak dari kita pasti sering absen membersihkan wajah dengan melakukan eksfoliasi.

Selain dikarenakan rasa malas, juga banyak yang merasa tidak ingin terlalu susah dan merepotkan diri melakukan rangkaian skincare satu ini.

Padahal dengan rutin melakukan eksfoliasi wajah, secara alami pori-pori kita akan makin kecil. Sebab sel-sel kulit mati yang menumpuk, seringnya malah membuat pori-pori wajah terlihat lebih besar.

Oleh sebab itu, ada baiknya kamu rutin melakukan eksfoliasi wajah. Paling tidak sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Pertimbangkan Menggunakan Clay Mask

clay mask

Clay mask terkenal karena kemampuannya yang dapat mengatasi wajah berminyak, mengangkat kotoran, dan sel kulit mati pada wajah.

Bahkan, clay mask juga bisa membantumu mengecilkan pori-pori wajah yang membesar.

Kamu bisa menggunakan clay mask sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Sebagai catatan, jangan memakai clay mask setelah melakukan eksfoliasi. Karena kombinasi dari dua perawatan wajah ini bisa menyebabkan iritasi kulit, terutama kalau kulitmu sensitif.

Nah itu adalah berbagai cara untuk mengecilkan pori-pori wajah yang membesar. Mulai dari membuat resep dari berbagai bahan alami yang bisa kamu temukan atau dapatkan dengan mudah.

Hingga menggunakan rangkaian skincare yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulitmu. Dari kedua cara ini kamu bisa pilih yang paling cocok dengan karakteristik kulitmu.

Bila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif dan merasa ragu menggunakan skincare baru, enggak ada salahnya untuk memakai atau membuat masker dari bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya.

Namun kalau kamu ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat terlihat, bisa banget mencoba rangkaian skincare yang direkomendasikan di atas.

Sebagai catatan, produk-produk tersebut juga bisa enggak kamu aplikasikan seluruhnya. Karena setiap orang memiliki kondisi kulit yang berbeda-beda, maka sekali lagi sesuaikan dengan kebutuhanmu sendiri.

Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan membantumu mengatasi pori-pori wajah yang besar. Jangan lupa bagikan pengalamanmu dan tips-tips lain yang kamu ketahui di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment