Bikin Kulit Jadi Kencang, Ini Fungsi Toner untuk Wajah yang Perlu Diketahui

toner daun sirih

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah memang sangatlah penting. Sebagai orang yang sangat memperhatikan penampilan, kamu juga pasti tidak hanya ingin terlihat cantik. Namun juga terlihat sehat dan fresh.

Nah, hal ini bisa kamu wujudkan dengan menggunakan produk perawatan wajah yang tepat,  misalnya toner wajah.

Bagi para pecinta kosmetik, toner pasti bukanlah hal yang asing lagi. Pasalnya produk skincare wajah ini bisa mengatasi banyak masalah kulit wajah. Juga sering digunakan dalam rangkaian perawatan wajah harian.

Karena posisinya yang cukup penting dalam urutan skincare harian, maka pemakainya juga terbilang sangat banyak. Hal ini kemudian memicu maraknya inovasi toner dari berbagai merk terkenal. Mulai dari menggunakan ekstrak tertentu, hingga yang mengandung manfaat khusus.

Toner umumnya digunakan setelah mencuci muka, hal ini dilakukan untuk mengangkat sisa kotoran dan minyak yang mungkin saja menempel di wajah. Dengan demikian kulit wajahmu bisa lebih siap lagi untuk menerima produk-produk skincare lainnya.

Selain fungsi yang telah disebutkan di atas, apakah kamu tahu hal-hal lainnya dari toner? Mulai dari jenis, manfaat, bahan-bahan yang digunakan, hingga bagaimana cara pengaplikasiannya.

Kamu penasaran? Yuk, kepoin ulasan di bawah ini sampai habis!

Beberapa Jenis Toner yang Perlu Kamu Ketahui

toner

Tahu enggak, kalau ternyata toner juga banyak jenisnya? Selama ini banyak yang belum tahu kalau toner ternyata banyak inovasinya. Karena kegunaannya yang sebagai pendukung, enggak sedikit yang asal atau menyepelekan jenis-jenis toner.

Misalnya nih, banyak dari kita yang kemudian memilih toner berdasarkan kebutuhan kulit. Namun kurang memperhatikan jenis toner apakah yang sebenarnya kita beli itu.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis toner yang perlu kamu tahu. Sehingga saat ingin beli, kamu bisa mempertimbangkan yang paling ideal untuk kondisi kulitmu.

Cleansing Toner

Jenis yang pertama adalah cleansing toner atau toner pembersih. Cara kerja toner ini adalah membersihkan sisa kotoran dan kosmetik yang menempel di wajah. Dan tertinggal meski telah mencuci muka.

Beberapa merk skincare yang terkenal bahkan memadukan cleansing toner dengan cleansing milk. Dengan demikian akan merasakan manfaat pembersihan dobel, yang mana jelas lebih efektif dan maksimal.

Hydrating Toner

Selain untuk mengangkat sisa kotoran dan memberikan pembersihan maksimal, ada juga toner yang dapat melembapkan kulit kita. Nah, toner ini yang kita sebut sebagai hydrating toner.

Dengan kulit yang lebih lembap, secara enggak langsung hydrating toner juga mampu mempersiapkan kulit wajahmu untuk menerima produk-produk skincare selanjutnya.

Hal ini dikarenakan kulit yang lembap lebih mampu menyerap bahan-bahan aktif dalam produk skincare dengan maksimal, dibanding kulit yang kering. Sehingga produk-produk selanjutnya yang akan diaplikasikan dapat memberikan mahttps://mashmoshem.co.id/skincare-kulit-kering/nfaat yang maksimal.

Jenis toner satu ini sangat cocok dan direkomendasikan untuk pemilik kulit kering dan sensitif, yang memerlukan kelembapan ekstra. Bahkan bagus juga jika digunakan untuk orang yang sudah mengalami penuaan kulit.

Refreshing Toner

Jenis toner yang ketiga adalah refreshing toner, yang diperuntukkan untuk kulit berminyak dan berjerawat. Dalam toner ini biasanya digunakan bahan-bahan yang mampu menyegarkan dan memberikan efek menenangkan pada kulit.

Misalnya bahan-bahan seperti aloe vera, mentimun dan lain sebagainya. Yang juga berguna untuk meringankan gejala peradangan pada kulit.

Exfoliating Toner

Kegunaan utama dari toner jenis ini adalah melakukan eksfoliasi, yakni dengan mengangkat sel kulit mati dan mengelupas lapisan terluar dari kulit. Sama halnya dengan cleansing toner, toner ini juga dapat membantu membersihkan sisa kotoran dan make up dari wajah kita.

Exfoliating toner umumnya terbuat dari perpaduan bahan aktif alpha dan beta hydroxy acid (AHA dan BHA), serta senyawa turunannya. Misalnya salicylic acid, glycolic acid, dan lactic acid.

Sayangnya pemilik kulit kering dan sensitif kurang cocok menggunakan produk ini. Sebab kandungan AHA yang ada bisa membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari. Bahkan bisa menjadikan kulit rentan mengalami iritasi, bengkak, dan gatal-gatal.

Maka exfoliating toner lebih cocok digunakan untuk orang yang punya kulit berminyak atau normal. Bila kulit kamu mudah berjerawat, pilihlah toner jenis ini. Karena kandungan salicylic acid dan glycolic acid yang sifat antimikrobanya dapat memerangi jerawat.

Clarifying Toner

Jenis toner selanjutnya yang akan kita bahas adalah clarifying toner. Yang merupakan toner dengan fungsi ganda, yakni sebagai pembersih dan penyegar.

Jenis toner ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit, bahkan yang memiliki jenis kulit berminyak. Karena diformulasikan untuk mengecilkan pori-pori, clarifying toner dapat mengurangi kadar minyak berlebih dan mencegah timbulnya jerawat.

Balancing Toner

Balancing toner memiliki fungsi utama untuk menyeimbangkan  pH kulit secara maksimal, khususnya setelah kamu mencuci muka. Dengan demikian toner ini bisa mendukung efektivitas wajah untuk menyerap skincare lainnya.

Pada dasarnya, jenis toner lain pun dapat berguna menyeimbangkan pH kulit. Namun, hasilnya tidak akan semaksimal dan seoptimal balancing toner. Kamu bisa juga menggunakan produk ini dengan metode double tone, yang dapat diaplikasikan sebelum memakai jenis toner lain.

Berbagai Fungsi Toner untuk Kesehatan dan Kecantikan Wajah

fungsi toner

Setelah mengetahui berbagai jenis toner, enggak ada salahnya untukmu mengetahui apa saja manfaat yang ada dalam toner. Karena fungsinya juga sebenarnya cukup beragam, bergantung pada kandungan dan komposisinya.

Berikut beberapa fungsi toner untuk kesehatan dan kecantikan untuk kulit wajah kita, Ladies. Simak sama-sama, yuk!

Mengangkat Sisa Kotoran dan Minyak

kulit berminyak (2)

Pada dasarnya, toner memang sangat bermanfaat untuk memaksimalkan proses pembersihan kulit. Yakni dengan mengangkat sisa kotoran, minyak, dan make up yang tertinggal setelah kamu cuci muka.

Dengan demikian, sisa kotoran dan minyak itu tidak akan menumpuk. Lalu malah menyumbat pori-pori wajah dan ahirnya memicu permasalahan kulit lainnya.

Melembapkan Kulit

Melembabkan Kulit

Toner dengan jenis tertentu, misalnya hydrating toner, clarifying toner, dan refreshing toner bisa memberikan kelembapan pada kulit. Karena mengandung asam amino, mineral oil, hyaluronic acid, serta bahan lainnya yang mampu mengembalikan kelembapan pada kulit wajah.

Dengan demikian pemakaian toner juga dapat mencegah hilangnya air dan kelembapan pada permukaan kulit. Dan akhirnya kulit jadi senantiasa lembap dan tidak mengalami kekeringan.

Mampu Mengatasi Jerawat

skincare kulit berjerawat

Meski tidak begitu efektif dan memberikan hasil yang cepat, toner dapat membantu mengatasi jerawat. Dalam toner yang terdapat kandungan asam salisilat dan benzoil peroksida dapat meredakan kondisi jerawat yang tergolong ringan.

Enggak hanya itu, fungsi toner dengan kandungan tersebut juga dapat menjaga pori-pori wajah tetap bersih. Sehingga dapat mencegah timbulnya masalah baru, seperti jerawat dan komedo.

Menghilangkan Bekas Jerawat

bekas jerawat

Apakah kamu tahu memakai toner juga bisa memudarkan noda-noda bekas jerawat? Well, bisa banget dong.

Kandungan asam glikolat dalam toner mampu membantu menyamarkan dan menghilangkan noda hitam ringan bekas jerawat. Sebagai catatan, pada bekas yang tergolong berat seperti bekas luka, tentu hasilnya juga tidak akan terlalu efetif.

Mengurangi Produksi Minyak Berlebih

toner 1

Enggak cuma pemilik kulit kering yang bisa pakai toner, karena produk skincare wajah satu ini juga bisa mengatasi masalah-masalah kulit berminyak. Yakni misalnya dengan membantu mengurangi produksi sebum berlebih pada kulit kita.

Dengan demikian, penggunaan rutin dari toner dapat membuat wajahmu lebih sehat dan segar. Bahkan karena minyak berkurang, riasan wajahmu juga bakalan lebih awet lho, Ladies.

Menyeimbangkan pH Kulit

Menyeimbangkan pH kulit

Tahu enggak sih, tingkat keasaman kulit (pH) dapat berubah-ubah. Yang diakibatkan oleh pengaruh produksi sebum, polusi, make up, atau bahkan menggunakan produk-produk perawatan wajah yang mengandung alkohol.

Nah, pemakaian toner bisa mengatasi masalah satu ini. Karena pada toner jenis tertentu, memiliki fungsi untuk menyeimbangkan keasaman kulit sesuai dengan pH alami.

Bahan-bahan yang Harus Ada dalam Toner

bahan kosmetik berbahaya

Agar fungsi toner untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah maksimal, kamu harus memperhatikan komposisi yang digunakan dalam formulanya. Nah, berikut ini adalah bahan-bahan yang idealnya harus ada di dalam toner.

Asam Hyaluronic

Asam hyaluronic merupakan senyawa alami yang sering digunakan dalam berbagai produk perawatan wajah dan tubuh. Bahan satu ini sangat bermanfaat untuk melembapkan dan mengencangkan kulit.

Dengan demikian, menggunakan toner dengan kandungan senyawa ini bisa membuat kulit wajah jadi selalu kenyal, sehat dan tampak lembut.

Chamomile

chamomile

Selain digunakan sebagai bahan minuman, chamomile juga sering digunakan dalam ekstrak skincare. Karena kandungan antioksidan, antiinflamasi dan anti bakteri alami yang ada dalam chamomile sangat berguna untuk memelihara kecantikan kulit.

Menggunakan toner dengan ekstrak chamomile dapat membuta kulit bertahan dalam melawan radikal bebas. Sehingga munculnya tanda-tanda penuaan dini juga bisa dihindari.

Lavender

minyak lavender

Selain aromanya yang harum, estrak lavender ternyata mampu mengurangi kondisi diskolorasi (warna tidak merata) pada kulit, termasuk menghilangkan bintik-bintik hitam.

Enggak hanya itu, menggunakan toner dengan kandungan minyak lavender juga dapat mengurangi noda kemerahan pada kulit. Bahkan bisa mengatasi hiperpigmentasi pada kulit, akhirnya wajahmu jadi tampak lebih cerah dan segar.

Glycerin

Glycerin adalah salah satu bahan yang sering digunakan dalam produk-produk skincare. Terutama dalam produk-produk pelembap wajah.

Karena glycerin dangat berguna unntuk menghidrasi kulit, menggunakan toner dengan kandungan ini dapat memperbaiki fungsi lapisan pelindung kulit, mencegah iritasi dan mempercepat penyembuhan luka.

Vitamin E

Bukan rahasia lagi kalau vitamin E sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Vitamin yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai buah dan sayur ini mengandung antioksidan yang tinggi.

Zat antioksidan ini sangat berperan untuk melindungi tubuh dari paparan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel dan jaringan tubuh.

Aloe Vera

manfaat lidah buaya

Aloe vera mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi kesehatan serta kecantikan wajah. Bahan alami ini berfungsi untuk menjaga kelembapan dan menangkal radikal bebas pada kulit.

Asam Amino

Bahan yang satu ini merupakan komponen untuk membantu menyusun jaringan di dalam tubuh, khususnya pada kulit. Yakni asam amino dapat membantu memproduksi jaringan kulit baru, sehingga kulit akan tetap kencang dan tampak awet muda.

Tips Cara Menggunakan Toner Agar Hasil Lebih Maksimal

melembutkan kulit

Ketika menggunakan skincare tentu enggak boleh asal, begitu juga saat mengaplikasikan toner di wajah. Dengan demikian efek yang dihasilkan bisa lebih maksimal.

Fungsi toner untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wajah juga bisa lebih baik. Nah, berikut ini ada beberapa tips menggunakan toner agar hasil yang bisa kamu dapatkan optimal. Yuk, cek bareng-bareng!

Gunakan toner setelah membersihkan wajah

cuci muka

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah tingkat kebersihan wajahmu. Fungsi toner sebagai pembersih wajah hanya akan efektif ketika kamu sudah mencuci wajah atau menggunakan krim pembersih lainnya terlebih dahulu.

Pastikan tangan sudah bersih

Yang satu ini emang wajib banget, ya. Kalau tangan yang kamu gunakan untuk mengaplikasikan toner ternyata kotor dan belum dicuci dengan benar. Bisa-bisa bakteri dan mikroorganisme lain malah mengontaminasi toner yang kamu pakai.

Bukannya malah bersih, kamu bisa jadi membuat wajahmu makin kotor dan terinfeksi oleh bakteri penyebab masalah pada kulit wajah.

Pakai kapas untuk pengaplikasian

Gunakan toner dengan menuangkannya ke atas kapas, lalu usapkan merata ke wajah kamu. Ingat ya, lakukan dengan perlahan dari sisi tengah wajah ke luar. Hindari juga area mata dan mulut.

Pemakaian kapas dapat membantu mengangkat kotoran dan minyak di permukaan kulit dengan lebih mudah. Dengan demikian wajahmu jadi lebih bersih.

Cukup gunakan dua kali sehari

Kamu cukup menggunakan toner selama dua kali sehari, tentunya setelah wajah dibersihkan. Untuk pemilik kulit sensitif, kamu bisa menggunakan toner secara rutin kalau tidak ada gejala iritasi.

Sementara kalau kulitmu sangat kering dan mengalami iritasi, sebaiknya gunakan toner lebih jarang.

Jangan lupakan pelembap

krim pelembab

Setelah memakai toner, ada baiknya kamu melengkapi perlindungan kulitmu dengan memakai pelembap wajah dan sunscreen. Dengan demikian, kulitmu akan jadi lebih sehat dan menawan. Kamu pun jadi lebih siap dalam menjalani aktivitas harianmu.

Nah itulah hal-hal mengenai toner yang barang kali belum kamu ketahui. Termasuk berbagai jenis toner, fungsi toner, hingga bahan-bahan yang baiknya ada dalam produk skincare tersebut.

Jika kamu memiliki tips lain yang belum disebutkan di atas, kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment