Melembapkan Wajah Hingga Bikin Awet Muda, Ini Manfaat Face Mist yang Wajib Diketahui

face mist

Siapa sih yang enggak pingin wajahnya terlihat cantik dan segar seharian? Apalagi, kalau dalam aktivitas harian kamu harus berhubungan dengan banyak orang. Pasti tuntutan untuk terlihat menarik itu lumayan besar.

Nah, hal itu bisa kamu realisasikan dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Misalnya dengan menggunakan face mist, yang dapat memberikan kesegaran dan kelembapan untuk kulit wajahmu.

Produk yang akhir-akhir ini tengah jadi tren ini, memang mampu membantu menghirasi kulit kita. Alhasil, wajah glowing bak artis Korea pun bukan hanya sekadar angan-angan ya, Ladies.

Buat kamu yang belum tahu, face mist ini merupakan produk perawatan wajah yang biasanya berbentuk spray dan sangat membantu untuk merawat kulit wajah kita. Nah, yang bikin face mist digemari adalah formulanya yang cenderung cocok digunakan oleh semua jenis kulit.

Enggak cuma itu, dasarnya kulit kita memang membutuhkan hidrasi dan nutrisi yang tepat. Dan hal ini bisa kita dapatkan ketika mengaplikasikan face mist.

Akan tetapi manfaat face mist ini sebenarnya banyak banget, lho. Enggak cuma melembapkan, berikut beberapa manfaat face mist yang harus kamu ketahui.

Beberapa Manfaat Face Mist yang Harus Kamu Tahu

manfaat face mist untuk wajah

Telah disinggung bahwa face mist memiliki banyak kegunaan untuk menyehatkan wajah. Hal ini karena face mist memiliki kandungan-kandungan yang sangat dibutuhkan oleh wajah.

Apa saja kira-kira manfaat face mist untuk wajah? Yuk, cari tahu sama-sama!

Menghidrasi Kulit

melembutkan kulit

Fungsi utama dari face mist adalah membantu menghidrasi kulit wajah kita. Untuk pemilik kulit kering, jenis skincare satu ini pasti sangat ideal untuk digunakan dalam rangkaian perawatan wajah harian kamu.

Cara penggunannya juga terbilang cukup mudah. Kamu cukup menyemprotkan sedikit face mist di wajahmu, kemudian tepuk-tepuk lembut menggunakan tisu atau kapas.

Dengan demikian face mist dapat terserap dengan baik dan akhirnya bisa bekerja secara maksimal.

Mengurangi Produksi Minyak Wajah Berlebihan

kulit berminyak

Selain sangat berguna untuk melembapkan kulit yang kering. Face mist juga sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak wajah yang berlebihan.

Banyak face mist yang memiliki kandungan bersifat astringen. Nah kandungan yang satu ini bisa membantu menyegarkan kulit wajahmu dan sangat bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih.

Meredakan Kulit Sensitif

skincare untuk kulit kering

Manfaat face mist selanjutnya adalah meredakan kulit sensitif, yakni dengan menyemprotkan produk ini ke wajah kita. Dengan demikian kemerahan dan gatal-gatal pada kulit bisa berkurang.

Hal ini dikarenakan dalam face mist terdapat berbagai bahan yang dapat bersifat anti peradangan. Yang sangat berguna meringankan gejala-gejala iritasi pada kulit wajah.

Sebagai catatan, ketika kamu memiliki jenis kulit sensitif. Ada baiknya menggunakan bahan yang tidak mengandung alkohol dan memilih yang berbahan alami. Misalnya yang mengandung ekstrak aloevera, mentimun, dan lain sebagainya.

Membantu Menyempurnakan Hasil Make Up

perempuan cantik

Tahukah kamu? Ternyata menyemprotkan face mist pada beauty blender dan kuas make up bisa bikin hasil riasan wajahmu makin sempurna.

Dikarenakan face mist dapat menambah intensitas pigmen warna kosmetik yang akan kamu gunakan. Dan trik yang menarik ini sudah banyak digunakan oleh banyak Make Up Artist (MUA) profesional, lho.

Harumnya Dapat jadi Aromaterapi

menyegarkan wajah

Selain sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah, ternyata face mist juga sangat berguna sebagai aroma terapi. Kandungan minyak esensial yang digunakan dalam formulanya bisa membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental.

Minyak esensial yang umumnya ditemukan dalam face mist antara lain lavender, mawar dan bunga-bungaan yang lain. Dengan menggunakan ekstrak lavender, aroma yang terbentuk memberikan sensasi menyegarkan dan efektif untuk meremajakan wajah.

Sementara face mist dengan minyak esensial mawar dapat memberikan aroma yang menenangkan, juga bisa membantu untuk melembutkan kulit kita.

Praktis dan Bisa Diaplikasikan Kapan Saja

manfaat face mist

Selain digandrungi karena kegunaannya, face mist juga sangat praktis digunakan. Kamu enggak perlu membilas wajah ketika mengaplikasikannya. Karena face mist dapat meresap ke wajah secara langsung sehingga menjadikan kulit kamu sehat.

Penggunaan face mist juga lebih fleksibel, kamu bisa pakai di pagi atau malam hari. Bahkan bisa dua-duanya sekaligus. Karena nih, face mist bisa membantumu untuk mempertahankan kelembapan kulit dan mendukung proses regenerasi kulit di malam hari.

Ideal untuk Semua Jenis Kulit

Menyeimbangkan pH kulit

Sifatnya yang ringan membuat face mist cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Enggak hanya itu, produk ini bisa membantu menyeimbangkan dan menjaga minyak kulit. Juga dapat mencegah kulit wajah jadi dehidrasi dan mengalami iritasi.

Sebagai Anti Aging

Manfaat Produk Perawatan

Karena dapat menjaga kelembapan kulit, face mist juga bisa dibilang mampu untuk jadi anti aging. Sebab dengan memakai face mist rutin, kamu bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kusam, munculnya guratan-guratan halus, dan sebagainya.

Meningkatkan Efektivitas Penyerapan Kulit

Tahu enggak, kalau kulit yang lembap dapat menyerap produk skincare apapun yang kamu pakai dengan lebih baik.

Jadi ketika kamu ingin memaksimalkan kerja atau efek dari penggunaan skincare tertentu, bisa deh kamu aplikasikan face mist terlebih dahulu.

Dengan demikian, kandungan dan nutrisi yang ada dalam skincare tersebut akan terserap dengan sempurna. Akhirnya efek yang dihasilan juga lebih maksimal dan efektif.

Kandungan yang Harus Ada Dalam Face Mist

kemasan skincare

Karena sedang ngetren, banyak banget produk inovasi dari face mist. Bahan-bahan yang digunakan juga akhirnya kian beragam.

Tapi dari sekian inovasi itu, kamu harus lebih selektif dan memilih face mist dengan kandungan terbaik. Agar manfaat face mist saat kamu gunakan akhirnya juga bisa lebih optimal.

Berikut ini ada beberapa kandungan yang harus ada dalam face mist. Yuk, simak sampai tuntas ya!

Humektan

Karena fungsi utama face mist yang menjaga kelembapan  kulit wajah. Maka kandungan yang paling baik ada pada face mist adalah bahan-bahan yang bersifat humektan.

Humektan merupakan agen pelembap yang biasanya digunakan dalam produk-produk kecantikan dan kesehatan. Misalnya pada skincare, body care, dan hair treatment.

Nah, di bawah ini ada beberapa humektan yang digunakan dalam face mist. Yuk, baca sama-sama.

Gliserin

Gliserin sangat umum digunakan dalam produk perawatan kecantikan. Kamu bisa menemukan bahan ini dalam krim pelembap, krim pembersih wajah, hingga pada face mist.

Hyaluronic acid

Bahan satu ini utamanya dicampurkan dalam produk skincare untuk mengatasi kerutan. namun asam ini uga dapat bertindak sebagai humektan, karena membantu melumasi kulit kering saat dikombinasikan dengan vitamin C.

Asam salisilat

Asam salisilat dikenal sebagai kandungan ampuh untuk mengatasi jerawat, seperti blackhead dan whitehead. namun, kandungan ini juga bisa melembapkan kulit. Asam ini juga membantu kandungan pelembap lain menembus kulit dengan efektif.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan sebelumnya, masih banyak kandungan lain yang bisa berfungsi sebagai humektan. Misalnya asam alfa hidroksi (AAH), urea, dan lain sebagainya.

Kandungan Bahan Pelembap Alami

bahan alami moisturizer

Selain hukmektan, kamu bisa juga nih mempertimbangkan kandungan alami yang ada dalam face mist. Kandungan-kandungan alami ini bisa mengoptimalkan manfaat face mist untuk wajah. Berikut ini ada beberapa kandungan alami yang dapat berguna sebagai pelembap.

Aloe Vera

manfaat lidah buaya

Sudah bukan hal baru lagi, kalau bahan yang satu ini bisa sangat berguna untuk menjaga kesehatan kulit wajah kita. Pasalnya dalam aloe vera terkandung banyak mineral dan vitamin yang mampu menjaga kelembapan kulit.

Dengan demikian, bahan alami ini sangat ideal untuk dijadikan bahan dasar face mist.

Cucumber (Mentimun)

masker mentimun

Bahan yang satu ini rupanya memiliki manfaat yang sangat beragam dalam memelihara kecantikan kulit. Mentimun memiliki sifat astringen yang dapat mengecilkan pori-pori wajah dan membuat kulit lebih segar.

Enggak hanya itu, mentimun yang mengandung 96% air dapat membantu untuk melembapkan kulit yang kusam dan kering. Oleh sebab itu, mentimun sering digunakan sebagai kandungan dalam toner dan face mist.

Rose water

air mawar

Bahan alami lain yang dapat digunakan dalam formula face mist adalah air mawar. Kandungan ini dapat membantu melembapkan kulit wajah kamu, lho.

Air mawar mengandung pelembap alami serta antioksidan yang dapat mencegah kulit kering dan kusam. Yang juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dini, seperti mengurangi kerutan dan garis halus pada wajah.

Selain bahan-bahan alami yang telah disebutkan di atas, masih banyak kok yang bisa dijadikan bahan dasar atau kombinasi dalam face mist.

Kandungan yang Harud Kamu Hindari Pada Face Mist

Oh ya, ketika memilih produk face mist yang tepat kamu juga harus meneliti kandungan yang ada dalam produk tersebut. Nah, berikut ini ada beberapa bahan yang harus kamu hindari. Agar saat digunakan manfaat face mist dapat menunjukkan hasil maksimal.

Alkohol

Meski alkohol sering digunakan dalam produk skincare, dan sangat berguna untuk membantu kulit menyerap produk dengan baik. Tetap saja, ada sisi negatif penggunaan alkohol dalam formula face mist.

Alih-alih melembapkan, kandungan alkoholo dalam face mist justru membuat kelembapan di kulit menghilang. Hasilnya kulit jadi semakin kering dan bahkan bisa pecah-pecah.

Retinoid

Pada dasarnya retinoid sangat berguna dalam mengatasi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan keriput. Namun, kandungan ini sangat tidak disarankan bagi kamu yang ingin mengembalikan kelembapan kulit.

Pemakaian face mist dengan kandungan retinoid justru akan membuat kulitmu kering. Bahkan bisa saja malah menimbulkan iritasi kulit.

Benzoyl Peroxide

Kandungan skincare satu ini sangat tidak cocok digunakan untuk orang yang ingin mengembalikan kelembapan kulit. Pasalnya pemakaian face mist dengan bahan ini justru bikin kulitmu makin kering.

Cara Membuat Face Mist dengan Kandungan Alami

membuat face mist

Kamu sudah mengetahui bagaimana face mist bisa begitu digemari oleh banyak orang dan sempat jadi tren. Mulai dari kandungannya yang baik, netral dipakai semua jenis kulit, hingga manfaatnya yang beragam.

Nah, melihat hal ini apakah kamu enggak tertarik untuk membuka usaha di bidang yang sama? Apalagi nih, membuat face mist dengan brand sendiri tidaklah sesusah yang kamu bayangkan.

Kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik yang terpercaya, misalnya PT Mash Moshem Indonesia. Yang merupakan perusahaan maklon kosmetik Tanah Air terpercaya dan telah berlisensi Badan POM.

Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami dalam formula face mist yang kamu inginkan. Bisa juga menyesuaikan dengan manfaat-manfaat yang ingin kamu hadirkan dalam face mist itu.

Penasaran tentang alur kerja dan pabrik kosmetik kami, kepoin di sini aja!

Kamu tidak perlu takut mengonsultasikan ide atau gagasanmu tentang produk kosmetik yang ingin kamu buat. Karena kami memiliki tim yang sangat ahli di bidangnya, yang juga dapat mewujudkan kosmetik impianmu.

About Author

Related posts

Leave a Comment