Cara Membuat Hair Mist dengan Aroma Kesukaan, Ide Bisnis yang Menjanjikan!

cara membuat hair mist

Kamu mungkin berpikir, kalau parfum tubuh adalah satu-satunya produk wewangian yang menjanjikan dalam industry kosmetik. Padahal, ada satu jenis aromatic lainnya yang cukup banyak diburu oleh pecinta kecantikan, lho. Yap, yang sedang kita bicarakan ini adalah hair mist!

Seperti namanya, hair mist merupakan jenis parfum yang memang dikhususkan untuk membuat rambut jadi lebih harum. Tak hanya bisa mengharumkan, produk ini pun bisa mengunci kelembapan pada rambut dan menjadikannya lebih mudah diatur seharian.

Bahkan pada beberapa merk, hair mist juga diformulasikan dengan UV filter. Sehingga dapat melindungi helaian rambut dari panasnya sinar matahari dan meremajakan batang yang terasa kasar.

Nah, karena manfaatnya yang cukup beragam ini, hair mist memiliki penggemar setia tersendiri. Sebagai contoh marik simak data dari Google Trend berikut ini.

Grafik di atas menunjukkan data pencarian Hair Mist sepanjang satu tahun terakhir. Dari sana kamu dapat tahu, bahwa peminatan terhadap hair mist cukup konstan dan kadang justru mengalami peningkatan.

Sayangnya, Ladies, enggak banyak variasi dan inovasi dari produk-produk hair mist di pasaran. Akhirnya, peminatnya di pasaran pun sulit bertambah.

Di satu sisi ini kesempatan besar buatmu, karena kamu bisa mencuri start dan melakukan inovasi baru. Tentu, lewat cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan dan khas sendiri.

Penasaran bagaimana caranya? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini, Beautypreneurs!

Bahan-bahan yang Baiknya Ada pada Hair Mist

manfaat minyak cendana untuk kecantikan (2)

Sebelum spill cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan, hal pertama yang harus kamu siapkan tentunya adalah bahan-bahan.

Hair mist tergolong produk yang sangat mudah diproduksi atau dibuat sendiri. Bahan-bahannya pun bisa dengan mudah kamu dapatkan dari berbagai toko atau situs penjualan online.

Meski begitu, ada beberapa bahan yang sebenarnya sangat direkomendasikan dan baiknya ada pada sebuah hair mist. Apa saja? Lihat daftarnya berikut ini!

Essential Oil

Bahan pertama yang baiknya ada dalam sebuah hair mist adalah essential oil. Bahan yang juga disebut sebagai minyak atsiri ini bisa bekerja sebagai pemberi aroma pada produk.

Untuk sebuah hair mist, kamu bisa menggabungkan berbagai jenis minyak atsiri yang berbeda. Bergantung selera dan aroma yang kamu inginkan.

Namun, yang perlu kamu perhatikan adalah enggak semua minyak atsiri ini aman digunakan langsung, ya. Apalagi minyak astsiri bersifat fotosensitif dan dapat menyebabkan gejala iritasi pada kulit.

Beberapa jenis minyak atsiri yang bisa kamu gunakan dalam hair mist antara lain:

Aroma Lavender

Lavender essential oil jadi salah satu jenis minyak atsiri yang sangat popular. Kamu bisa menemukan banyak produk wewangian dan kosmetika lainnya menggunakan bahan ini dalam formulanya.

Nah, kamu bisa memasukkan aroma lavender ini sebagai cara membuat hair mist dengan aroma kesuakaan. Tak hanya wangi, lavender bisa memberikan aroma yang menenangkan dan membantu tidur lebih nyenyak.

Rose Essential Oil

Jenis minyak atsiri yang bisa kamu gunakan selanjutnya adalah rose essential oil. Aroma ini juga sama populernya dengan lavender.

Aromanya yang lembut bisa membantu meredakan stress, membuat tidur lebih nyenyak, dan menambahkan kesan manis pada tampilanmu.

Lemon Seed Essential Oil

Diambil dari ekstraksi buah lemon, minyak esensial ini bisa jadi pilihan aroma yang menyegarkan untuk hair mist. Selain itu, bahan ini mengandung antioksidan yang cukup tinggi sehingga dapat melawan radikal bebas dan mencegah dampak buruk sinar matahari.

Vanilla

Buat kamu yang suka aroma lembut dan manis, vanilla bisa menjadi pilihan tepat. Tak hanya aromanya yang khas, vanilla juga memiliki sifat antiradang dan membuat stress berkurang.

Sebenarnya, selain empat aroma yang telah disebutkan di atas, kamu bisa menggunakan jenis minyak esensial lain yang menurutmu menarik. Misalnya peppermint essential oil, lemongrass essential oil, green tea, dan banyak lainnya.

Kamu bisa menyesuaikan jenis minyak atsiri ini dengan aroma kesukaanmu, Ladies.

Carrier Oil

Kalau ada minyak atsiri, maka baiknya diseimbangkan dengan penggunaan minyak pembawa atau carrier oil. Minyak pembawa bekerja untuk mengurai atau melarutkan kadar minyak atisiri, sehingga dapat meredakan risiko iritatif yang ada.

Minyak pembawa umumnya tak memiliki aroma hingga menguarkan aroma biji-bijian. Beberapa jenis minyak pembawa yang bisa kamu gunakan sebagai hair mist antara lain:

Jojoba Oil

Minyak yang didapat dari ekstraksi biji jojoba ini kaya akan kandungan asam lemak esensial dan vitamin E. Kedua kandungan ini dapat bekerja untuk melembapkan dan memperkuat rambutmu.

Extra Virgin Olive Oil

Minyak zaitun murni bisa kamu gunakan sebagai alternatif lainnya untuk melarutkan essential oil dalam cara membuat hair mist. Kandungan ini bisa membantu menenangkan kulit, menutrisi dan memperkuat rambut kamu secara alami.

Vitamin

Selain bahan-bahan utama yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa memberikan nilai lebih pada hair mist yang ingin diciptakan dengan menambahkan berbagai vitamin.

Dengan begitu, tak hanya membuat rambutmu lebih wangi dan kembali lembap. Hair mist ini juga akan membantu memberikan kebutuhan vitamin dan nutrisi pada rambut sepanjang hari.

Beberapa jenis vitamin yang baik untuk rambut adalah vitamin C, vitamin E, vitamin D, vitamin A, dan Vitamin B.

Kamu bisa menemukan penjelasan lengkap mengenai vitamin-vitamin tersebut di sini.

Mineral

Tak hanya vitamin, kamu juga bisa menambahkan mineral ke dalam formula hair mist-mu. Micronutrient ini bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan mencegahnya dari kerusakan akibat paparan eksternal. Seperti radikal bebas, sinar matahari, juga debu dan polusi kendaraan.

Cara Membuat Hair Mist dengan Aroma Kesukaan dengan Mudah

cara membuat hair mist

Ketika ingin berbisnis dengan hair mist buatan sendiri, kamu harus menyadari bahwa sangat penting untuk membuat trobosan dan inovasi pada produkmu.

Hal ini tentu tidak akan maksimal jika kamu melakukannya dengan setengah-setengah, ataupun mencoba membuat hair mist dengan bahan seadanya.

Mash Moshem Indonesia memiliki tim ahli yang dapat mengatasi persoalan ini untukmu. Formulator kami telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam menciptakan berbagai jenis kosmetika, termasuk berbagai jenis parfum.

Kamu bisa mempercayakan cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan ini kepada kami.

Tak hanya bisa menentukan arom, kamu juga bisa mendiskusikan mengenai apa saja spesifikasi hair mist yang kamu inginkan. Lantas bagaimana cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan di Mash Moshem Indonesia?

Gampang banget. Ikuti alur maklonnya di bawah ini ya, Beautypreneurs!

Diskusi Bahan dan Spesifikasi Produk

Langkah pertama dalam cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan adalah mendiskusikan bahan dan spesifikasi produk yang kamu inginkan.

Dalam proses ini, kamu bisa mengutarakan konsep produk yang kamu inginkan bersama tim Business Development kami. Seperti, aroma apa yang ingin kamu tambahkan, kandungan yang harusnya ada dalam produk tersebut, serta bagaimana manfaat produk tersebut nantinya.

Bila belum memiliki konsep detil mengenai produk ini, kamu tidak perlu khawatir. Tim kami sangat melek akan tren dan laju industry kosmetik, sehingga bisa membantumu dalam merumuskan ide/konsep hair mist yang tersebut nantinya.

Pembuatan Sample Formula

Kalau sudah sepakat soal spesifikasi dan bahan yang digunakan, maka kamu bisa beralih ke langkah selanjutnya. Benar sekali! Cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan selanjutnya adalah tahap perumusan sample formula.

Kami memiliki tim Research and Development (RnD), yang telah berpengalaman dan ahli di bidang formulasi kosmetik. Kamu tidak perlu khawatir dan mempercayakan formulasi hair mist impianmu kepada kami.

Tim RnD akan merangkai formula berdasarkan bahan dan spesifikasi yang telah disetujui sebelumnya. Kamu tidak perlu repot melibatkan diri dalam pembuatan sample ini, cukup tunggu hasilnya jadi dan dikirimkan kepadamu.

Nah, biasanya waktu pembuatan sample ini akan memakan durasi satu hingga dua minggu hari kerja. Setelah selesai, kami akan mengirimkan sample tersebut dan kamu bisa menilai kualitasnya sesuai preferensimu.

Bila sample ternyata tidak cocok dengan ekspektasi, maka kamu bisa mengajukan revisi dan tim kami akan meraciknya ulang untukmu. Sementara kalau kamu sudah puas dengan hasilnya, maka kita dapat beralih ke langkah selanjutnya.

Pengurusan Legalitas, Pembuatan Desain, dan Produksi Massal

Selesai dengan sample, maka kita bisa lanjut ke cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan lainnya. Yakni proses pengurusan legalitas, sertifikasi, pembuatan desain produk, hingga produksi hair mist secara massal.

Empat kegiatan ini dilakukan dalam satu waktu dan ringkas oleh tim kami. Kamu hanya perlu memantau dari jauh dan menunggu dengan manis sampai produkmu jadi.

Proses pengurusan legalitas ini meliputi pengajuan nomor registrasi Badan POM, HAKI, juga sertfikasi Halal produk. Selain itu, kami juga telah mengantongi sertifikasi vegan dan HAS yang bisa membuat produkmu mampu bersaing di pasar internasional.

Selanjutnya, proses pembuatan desain akan dilakukan oleh tim Multimedia kami. Tentu, kamu bisa turut berperan aktif dalam proses ini. Misalnya dengan mengajukan referensi desain, warna, atau logo yang ingin kamu buat.

Nah, pada proses produksi massal akan kami lakukan di pabrik produksi Mash Moshem Indonesia. Jangan khawatir soal kualitas, karena pabrik kami memiliki tim yang canggih dan dapat memproduksi dalam jumlah besar. Ini artinya, hair mist-mu bakal cepat selesai juga, lho!

Hair Mist Siap Dipasarkan!

Akhirnya sampai juga di step terakhir dalam cara membuat hair mist dengan aroma kesukaan. Setelah selesai produksi massal, kamu bisa segera memasarkan produk ini dengan massif.

Untuk mendukung kegiatan promosimu ini, Mash Moshem Indonesia memberikan banyak layanan aftersales yang buatmu. Mulai dari pembuatan FAQ, brosur, katalog, foto produk, video company profile, dan berbagai media promosi lainnya.

Nah, setelah mengetahui cara membuat hair mist sendiri dari artikel di atas, apakah kamu sudah siap memulai industri kosmetikmu bersama kami?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment