Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis, Promosi Jadi Dinamis!

cara memanfaatkan instagram story untuk bisnis

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat popular di dunia. Di Indonesia, platform ini bahkan selalu mengalami kenaikan pengunjung dari tahun ke tahun. Enggak heran kalau akhirnya banyak pengusaha yang menggunakan Instagram sebagai alat pemasaran bisnis mereka.

Selain memiliki pasar yang luas dan dapat menjangkau beragam audience, Instagram juga hadir dengan fitur-fitur menarik. Tentu, semua fitur ini sangat mendukung proses kreatif dalam menciptakan konten promosi yang interaktif dan dinamis.

Salah satu jenis fitur yang sangat membantu dan dapat kamu manfaatkan sebagai media promosi adalah Instagram Story. Meski hanya bertahan selama 24 jam saja, konten promosi lewat fitur ini bisa memberikan dampak yang cukup signifikan untuk bisnismu.

Dilansir dari Business Insider, tercatat lebih dari 200 juta orang telah menggunakan Instagram Story tiap harianya. Jumlah ini pun diperkirakan akan terus mengalami peningkatan, karena pengguna Instagram pun juga semakin bertambah.

Jumlah penggunanya yang besar menunjukkan bahwa Instagram Story memang menyimpan potensi tersendiri untuk menyita perhatian konsumen.

Lantas bagaimana cara memanfaatkan Instagram Story untuk bisnis? Konten seperti apa yang menarik?

Langsung baca artikel di bawah ini sampai habis ya, Beautypreneurs!

Cara Memanfaatkan Instagram Story untuk Bisnis yang Kreatif

cara memanfaatkan instagram story untuk bisnis

Instagram story merupakan fitur yang pada dasarnya digunakan untuk berbagi cerita dan kegiatan sehari-hari. Jika dibandingkan dengan feed Instagram, pengguna lebih sering menggunakan Instagram story tiap harinya.

Selain itu, karena kontennya dikemas dengan lebih dinamis, banyak orang yang juga lebih suka melihat story daripada scroll feeds Instagram.

Melihat perilaku tersebut, kamu bisa memanfaatkan Instagram story sebagai media pemasaran. Penasaran gimana caranya?

Simak beberapa cara memanfaatkan Instagram Story untuk bisnis berikut ini, ya!

Menentukan Tujuan Promosi atau Iklan

Langkah pertama dalam cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis adalah menentukan tujuan promosi atau iklan. Well, langkah ini juga digunakan di semua jenis kegiatan promosi apapun.

Ketika kamu menentukan secara spesifik tujuan promosi ini, maka akan lebih mudah bagimu untuk membentuk konsep konten selanjutnya.

Misal, brand kosmetikmu masih tergolong baru, karenanya kamu ingin membuat masyarakat lebih mengenal brand dan produk yang kamu miliki. Maka konten yang harus dipakai haruslah yang dapat menaikkan engaged akun.

Seperti membuat pertanyaan (QnA), atau mengajak berdialog konsumen, hingga konten-konten hard selling mengenai produk kosmetikmu.

Konsepkan Konten Sekreatif Mungkin

Kamu harus menyusun tujuan promosi, menyesuaikan tema dan jenis konten dengan target audience, hingga mengemasnya semenarik mungkin.

Perlu kamu perhatikan, dalam Instagram story ruangnya tidak sebesar feeds. Di mana ada bagian gambar/video, serta caption secara terpisah.

Sebab itu, kamu harus bisa memanfaatkan ruang Instagram story dengan baik. Misalnya membuat copy yang jelas, singkat, namun mudah dipahami oleh audience. Kamu juga bisa menggunakan emoji atau stiker untuk membuat kesan lebih ramah.

Manfaatkan Fitur Stiker yang Tersedia

Cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis selanjutnya adalah dengan menggunakan fitur stiker yang ada. Kamu bisa memilih stiker sesuai dengan kebutuhan promosimu, seperti stiker lokasi, link, hingga “Dukung Bisnis Kecil”.

Stiker ini bisa memberikan konversi ke halaman bisnis yang kamu kelola dan menjangkau lebih banyak pengguna Instagram. Misalnya, pada stiker link kamu dapat menempelkan alamat website, toko online, hingga lapakmu di berbagai e-commerce.

Dengan begitu pembeli akan lebih mudah menemukan toko kosmetikmu, serta bisa melakukan pembelian dengan praktis.

Penggunaan fitur stiker ini bisa memberikan banyak keuntungan buatmu. Karena akun bisnismu pun akan menerima lebih banyak kunjungan saat di-mention oleh pengguna Instagram lainnya.

Buat Konten Promosi yang Interaktif

Tak hanya menarik, kamu juga bisa membuat konten interaktif di Instagram story. Cara ini sangat berguna untuk meningkatkan engage akun dan menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk tujuan ini, misalnya menggunakan stiker QnA, polling, dan kuis. Ketiganya bisa kamu kreasikan untuk membangun brand knowledge mengenai brand kosmetik yang kamu miliki.

Kamu juga bisa berbagai informasi terkait produk yang kamu jual, merekomendasikan produk tertentu sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

Memakai Tagar yang Tepat dan Relevan

Langkah selanjutnya dalam cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis adalah dengan memakai tagar yang relevan dan tepat. Penggunaan tagar (hashtag) ini juga penting ketika kamu akan membuat konten Instastory, lho.

Yap! Tagar akan membantu membuat visibilitas konten promosimu lebih baik. Karena sistem pencarian di Instagram selalu diintegralkan dengan kata kunci yang digunakan dalam tagar.

Tak melulu harus menggunakan tagar yang sudah ada, kamu bisa membuatnya sendiri, lho. Apalagi kalau tagar yang kamu pakai ternyata memiliki banyak audience dan jadi viral.

Hal ini akan membuat visibilitas brand kosmetikmu di Instagram jadi jauh lebih baik. Akan ada lebih banyak pengguna yang menemukan akun bisnismu lewat tagar viral yang telah kamu ciptakan sebelumnya.

Memanfaatkan Konten dari Audience

Cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis selanjutnya bisa menggunakan konten dari audience. Yap! Cara ini juga dikenal dengan sebutan User Generated Content (UGC).

Contoh-contoh konten yang tergolong sebagai UGC ini adalah review konsumen, testimoni produk, konten dari komunitas tertentu, dan banyak lainnya.

Untuk mengolah UGC ini cukup mudah, kamu bisa membuat kampanye soal konten sosial dan kemudian meminta audience untuk membagikannya ke media sosial mereka.

Metode ini terbukti bisa memberikan banyak keuntungan bagi pengusaha. Baik untuk meningkatkan awareness, kunjungan akun semakin bertambah, hingga mampu meningkatkan penjualan dengan cukup signifikan.

Arsipkan Story pada Highlight

Mengarsipkan konten promosi yang kamu lakukan adalah hal yang baik untuk dilakukan. Karena, cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis ini bisa memberikan kemudahan untuk konsumen.

Well, meski begitu enggak semua konten promosi harus kamu simpan di highlight, ya. Pilih konten yang berisikan tentang deskripsi produk, poster promosi bulanan, lokasi, tata cara penggunaan produk, pemesanan, hingga bentuk-bentuk testimoni.

Menggunakan Ads pada Instagram Story

Setelah rutin membuat konten organic, enggak ada salahnya untuk meningkatkan jangkauan audience dari akun Instagrammu lewat Ads atau iklan.

Saat sering swipe InstaStory kamu pasti sering kali menemukan konten pemasaran dari akun yang tidak pernah kamu follow sebelumnya. Yap! Itu adalah salah satu jenis pemasangan ads pada Story Instagram.

Cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis ini sangat direkomendasikan untuk kamu coba. Apalagi, kalau tujuanmu adalah menjangkau konsumen baru dan meningkatkan kunjungan pada toko/akun bisnismu.

Sebab cara kerja ads ini adalah dengan membaca minat konsumen berdasarkan apa yang sering mereka cari di search engine. Baik dari Google, Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya.

Karenanya, iklan ini akan sampai pada orang-orang yang memang berminat dengan jenis produk/jasa yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Cari Tahu Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Efisien

Manfaat Menggunakan Instagram Story untuk Bisnis

Sebenarnya enggak sedikit orang yang juga meremehkan penggunaan Instagram story untuk bisnsi. Sebab, konten yang tak bisa bertahan lama dan dinilai tidak memiliki jangkauan yang luas.

Namun, tahukah kamu kalau manfaat menggunakan Instagram story untuk bisnis ini sebenarnya cukup beragam? Seperti yang telah dirangkumkan dalam beberapa poin berikut ini!

Menciptakan Konten Teaser dan BTS

Salah satu manfaat menggunakan Instagram story untuk bisnis adalah kamu bisa membagikan momen BTS dan konten teaser kepada audience-mu.

Kamu bisa menjelaskan bagaimana proses pembuatan, pengemasan, pengiriman, bahkan mengenalkan tiap anggota tim yang ada di perusahaan.

Konten-konten seperti ini enggak hanya akan mampu memberikan engage yang baik pada akun. Melainkan, juga membuat hubunganmu dengan konsumen menjadi lebih baik.

Meningkatkan Traffic Akun dan Membangun Awareness

Mempromosikan bisnis lewat Instagram story juga bisa membantu meningkatkan traffic akun dan membangun brand awareness. Karena fitur ini memungkinkanmu untuk membangun komunikasi yang interaktif dengan followers.

Misalnya, kamu bisa membuat konten QnA soal produk atau masalah kecantikan yang dialami audience. Selanjutnya kamu bisa memberikan jawaban berupa video, gambar, atau teks yang memuat rekomendasi produk untuk mengatasinya.

Kamu juga bisa membuat jumlah kunjungan akun meningkat dengan menautkan link website, menyuruh audience untuk klik tautan di bio, dan menggunakan hashtag yang relevan.

Membantu Meningkatkan Followers Instagram

Instagram story sangat identic dengan konten yang ringan namun eye catching. Karenanya, meski tak bertahan selama feed, konten ini bisa menghasilkan trafik yang tinggi bila kamu dapat mengolahnya dengan baik.

Tak hanya itu, ketika berhasil membuat konten yang menarik maka orang juga akan tergoda untuk mengikuti akun Instagram bisnismu.

Untuk mendapatkan banyak followers lewat Instagram story, kamu bisa membuat konten yang berisikan flash discount. Sama seperti namanya, diskon ini diberikan dalam waktu yang cukup singkat, yakni hanya sampai story tersebut ada.

Dengan begitu, konsumen akan merasa penasaran dan mengikuti akunmu untuk menunggu kesempatan mengklaim diskon khusus tersebut.

Di dunia yang sudah serba digital ini, kamu harus bisa bergerak cepat dan memanfaatkan moment untuk mengembangkan bisnismu. Termasuk mempelajari cara memanfaatkan Instagram story untuk bisnis.

Tak hanya dapat membuat konten yang dinamis, kamu juga bisa meningkatkan engaged akun dan berinterkasi dengan lebih intens bersama konsumen. Tentu, ini merupakan hal yang sangat bagus kalau kamu mau membuat brand berkembang dan mendapatkan awareness yang baik.

Untuk membuat konten promosi di Instagram story yang menarik, tentu kamu membutuhkan konten dan media pemasaran yang memadai bukan?

Well, kalau maklon di Mash Moshem Indonesia kamu bisa mendapatkan layanan aftersales ini, lho. Yap! Kami bisa membantumu menyediakan berbagai kebutuhan promosi untuk brand kosmetikmu. Mulai dari foto dan video produk, company profile, FAQ, brosur, katalog, dan banyak lainnya.

Menarik, kan? Di mana lagi kamu bisa ketemu perusahaan maklon kosmetik yang totalitas banget?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment