Cari Tahu Cara Iklan di Instagram dengan Mudah dan Efisien

Instagram belakangan ini menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan dan diunduh oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, jumlah selebgram, influencer, dan beauty reviewers sangat banyak ditemui dalam media sosial ini.

Berbasis untuk menonjolkan aspek visual, Instagram sangat cocok digunakan untuk mendukung kepentingan pekerjaan yang berhubungan dengan seni juga pemasaran.

Melihat tingginya antusiasme masyarakat ke Instagram dan bagaimana aplikasi ini memfasilitasi content creator dalam membuat konten promosi, tentu para pengusaha melihat peluang yang sangat besar untuk mengembangkan brand mereka di sini.

Lantas, apa sih sebenarnya hubungan Instagram dan bisnis yang tengah kamu jalani sekarang? Langsung simak ulasannya berikut ini deh!

Pengertian Instagram Ads dan Peluang Promosinya!

Kunci hubungan antara Instagram dengan bisnismu terletak dengan fitur Ads yang dimiliknya. Yap! Cara iklan di Instagram bisa jadi kunci yang bisa membuat bisnis dan brand kosmetikmu jadi lebih mudah berkembang.

Platform yang sejak tahun 2018 lalu telah memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif di Indonesia ini, sangat memadai jika digunakan untuk menaikkan brand awareness dan reputasi dari merk kosmetik yang kamu miliki.

Tak hanya itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tech In Asia juga menyebutkan bahwa 45 persen pengguna Indonesia mengaku sering membeli produk yang mereka lihat di Instagram. Well, enggak heran ya, kalau banyak pebisnis yang pake media ini untuk promosi!

Namun, sebenarnya apa sih Instagram Ads ini? Dilansir dari Niagahoster, dikatakan bawah Instagram Adas merupakan fitur iklan khusus yang diciptakan Instagram untuk mendukung para pelaku bisnis demi menaikkan branding.

Dalam platform ini kamu bisa menggunakan iklan lewat feed maupun stories Instagram. Kini, penggunaan Instagram Ads juga semakin mudah, fitur ini telah bergabung dengan Facevook Ads Manager. Sehingga cara iklan di Instagram pun akan hampir mirip dengan Facebook.

Baca Juga: Biaya dan Cara Iklan di Facebook yang Mudah!

Cara Membuat Instagram Ads untuk Pemula

Sama halnya dengan iklan Facebook, kamu juga harus memiliki halaman Facebook dulu sebelum melakukan langkah cara iklan di Instagram.

Nah, kaamu bisa mengikuti cara pembuatan Instagram Ads beriktu ini!

Buka Laman Facebook Ads Manager

Langkah yang pertama adalah membuka Facebook Ads Manager. Pastikan kamu telah login ke akun yang kamu miliki untuk halaman Facebook ini.

Buat Iklan Terpadu

Langkah selanjutnya adalah dengan membuat iklan terpadu, dengan memilih menu Kampanye dan memilih Buat Iklan.

Secara otomatis, Facebook akan memberikan dua pilihan, yakni Pembuatan Iklan Terpadu dan Pembuatan Iklan Cepat.

Iklan terpadu memungkinkan kamu membuat konten kampanye yang lebih lengkap dan bisa memenuhi segala kebutuhan yang kamu inginkan.

Menentukan Tujuan Iklan

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan tujuan Iklan yang akan kamu capai. Ada beberapa jenis tujuan iklan, yakni Kesadaran, Pertimbangan, dan Konversi.

Pilih Jenis Iklan

Pilih tujuan iklan yang kamu inginkan sebelumnya dan lanjut dengan memilih jenis iklan. Ada dua jenis iklan yang dapat kamu coba dalam cara iklan di Instagram, yakni Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran.

Tulis Nama Iklan dan Pilih Tujuan Trafik

Setelah menentukan jenis iklan yang akan kamu gunakan, maka cara iklan di Instagram selanjutnya adalah dengan menulis nama iklan memilih tujuan traffic ini.

Kamu bisa mengarahkan trafik pada lalulintas yang diharapkan seperti WhatsApp, Messenger, Website, dan berbagai media promosi online lainnya yang kamu miliki.

Tampilkan Promo

Cara iklan di Instagram yang selanjutnya adalah dengan menampilkan kampanye yang kamu buat. Untuk mengaktifkannya, kamu perlu mencentang pilihan Tampilkan Promo.

Tentukan Target Audience

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan target audience yang kamu inginkan. Dalam menentukan target ini, kamu perlu meneliti mana orang-orang yang potensial dan akan membeli produk yang kamu tawarkan.

Baca Juga: Cara Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Kosmetik dengan Mudah.

Menentukan Penempatan Iklan yang Kamu Buat

Setelah masalah target audience tersebut teratasi, langkah selanjutnya adalah dnegan menentukan penempatan iklan yang kamu buat.

Jika kamu memiliih sistem Penempatan Otomatis, maka iklan secara otomatis akan ditampilkan pada Facebook, Instagram, serta semua aplikasi yang berafiliasi dengan Facebook.

Namun, bila kamu ingin membatasi lokasi penempatan, kamu bisa mengedit pengaturan otomatis ini. Caranyam cukup pilih Edit Penempatan dan mencentang Instagram saja.

Mengatur Jadwal dan Durasi Iklan

Langkah selanjutnya adalah mentaur jadwal dan durasi iklan. Kamu bisa mengatur seberapa lama iklan yang kamu buat ini akan ditayangkan.

Hubungkan dengan Akun Instagram yang Kamu Miliki

Untuk menayangkan iklan yang kamu buat di Instagram, kamu perlu menghubungkan akun Facebook yang kamu miliki dengan akun Instagram.

Namun, jangan memakai Instagram pribadi ya, Guys. Ada baiknya kamu membedakan mana akun pribadi dan akun bisnis, dengan begitu proses jual beli serta promosi akan dapat berjalan dengan lebih efektif.

Atur Format Iklan

Setelah menghubungkan dengan Instagram, kamu bisa mengatur forma iklan yang akan dibuat. Nah, sama halnya dengan Facebook, dalam cara iklan di Instagram kamu juga bisa memiliki lima pilihan jenis format iklan.

Mulai dari Karosel, gambar tunggal, video tunggal, tayangan gambar slide, serta koleksi (gabungan antara video dan foto).

Buat Teks Copy yang Menarik

Selain memiliki gambar dengan kualitas yang sangat baik, kamu juga perlu membuat teks copy untuk menarik perhatian konsumen.

Karenanya, pada bagian ini kamu perlu menyusun deskripsi produk yang menarik, namun dikemas dalam kalimat yang sederhana dan singkat. Sehingga, audience dari Isntagram Ads kamu ini bisa memahami tujuan iklan dengan mudah.

Memilih Gambar, Mengatur Judul, dan Memasukkan Tautan

Langkah selanjutnya adalah dengan mengatur gambar, memilih judul, serta memastikan tautan yang harus disisipkan dalam teks copy.

Lakukan Pembayaran Instagram Ads

Untuk mengaktifkan iklan yang kamu buat di Instagram ini, kamu bisa langsung melakukan pembayaran. Baik lewat kartu kredit ataupun kartu debit yang kamu miliki.

Setelah kamu melunasi biaya promo tersebut, maka secara otomatis Facebook akan mereview iklan yang kamu buat dan menampilkannya bila kampanye ini telah memenuhi s&K yang berlaku.

Tips Mengoptimalkan Cara Iklan di Instagram

Setelah mengetahui bagaimana cara iklan di Instagram ini, tentu kampanye tak akan berjalan lancar kalau kamu enggak bisa memaksimalkannya dengan baik.

Nah, berikut ini ada beberapa tips untuk memaksimalkan cara iklan di Instagram yang kamu lakukan. Yuk, simak baik-baik!

Maksimalkan Promosi Lewat Instagram Stories

Langkah pertama untuk memaksimalkan cara iklan di Instagram adalah memanfaatkan promosi lewat Instagram stories dengan sebaik mungkin. Kamu mungkin mengira, efek yang dihasilkan oleh postingan ini enggak terlalu besar.

Padahal, meski hanya bertahan selama 24 jam saja, stories bisa menarik 52 persen pengguna Instagram untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk / brand tersebut.

Tak hanya itu, jenis postingan ini pun akan dapat menaikkan jumlah traffic dari akun Instagram yang kamu miliki.

Mengoptimalkan Aspek Visual yang Ada

Pada dasarnya, Instagram merupakan media sosial yang sangat menonjolkan aspek visual, baik itu berupa video ataupun gambar. Karenanya, ketika digunakan sebagai media promosi, apalagi untuk industri kecantikan, Instagram bisa memberikan fitur lengkap untukmu.

Karena itu, untuk mengoptimalkan cara iklan di Instagram kamu pun harus bisa menyediakan gambar atau video dengan kualitas yang tinggi.

Sehingga kamu dapat menarik perhatian audience, memanjakan mata mereka dan membuat mereka betah untuk melihat berbagai konten promosi yang kamu lakukan.

Buat Iklan yang Natural

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan untuk mengoptimalkan cara iklan di Instagram adalah pastikan gambar / video konten ini tapak natural di mata audience.

Kamu bisa melakukan riset mengenai konten kesukaan target audience kamu, apa saja yang membuat mereka tertarik, termasuk desain seperti apa yang mereka ikuti.

Setelah memahami bagaimana minat dan ketertarikan target audience dari brand kosmetikmu tersebut. Selanjutnya akan lebih mudah juga bagimu untuk menyusun konsep dan membuat konten promosi yang menengena bagi mereka.

Biaya untuk Iklan di Instagram Ads

Pada dasarnya, iklan di Instagram Ads sama saja dengan Facebook Ads. Artinya, biaya iklan yang kamu lakukan pun terbilang cukup terjangkau. Kamu bisa mengeluarkan modal minimal Rp. 25.000 untuk memulai iklan Instagram dalam sehari.

Nah, jika kamu mengalokasikan dana dengan nominal lebih besar. Maka, iklan yang kamu buat di fitur ini pun bisa menjangkau jumlah orang / target audience yang kamu inginkan dalam skala besar.

Kamu juga bisa menganggarkan dana iklan berdasarkan kurun waktu kampanye. Misalnya, kamu ingin beriklan selama satu minggu, maka kamu bisa menganggarkan dana sebesar Rp. 200.000 dalam kurun waktu tersebut.

Tak perlu khawatir soal sistem pembayarannya, kamu bisa dengan mudah membayarkan biaya iklan ini lewat kartu debit / kredit yang kamu miliki.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang cara iklan di Instagram. Mulai dari langkah-langkahnya, biaya, hingga tips pengoptimalan Instagram Ads tersebut.

Sebagai seorang Beautypreneur, pengetahuan ini sangatlah penting. Dengan begitu, kamu bisa mengoptimalkan strategi promosi dan branding yang kamu lakukan.

Tak hanya meningkatkan angka penjualan, dengan strategi yang tepat kamu bahkan membuat produkmu lebih diterima dan populer di kalangan pecinta kosmetik.

Menyadari pentingnya kegiatan promosi ini untuk brand kosmetik milikmu, Mash Moshem Indonesia memberikan layanan after sales pembuatan media pemasaran hanya untukmu.

Yap! Kami tak hanya akan membantumu memproduksi kosmetik dengan mudah, tapi juga bisa mendukung proses pemasaran yang kamu lakukan.

Mulai dari membuat berbagai media promosi, seperti foto / video promosi produk, company profile, katalog dan brosur, hingga FAQ.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment