Punya Banyak Selulit? Ketahui Tips Memilih Krim Penghilang Stretch Mark Berikut Ini

menghilangkan stretch mark

Pernah enggak, sih, kamu memperhatikan kondisi kulit tubuhmu dan menemukan garis-garis putih di daerah tertentu? Yang biasanya juga terasa kasar seperti jaringan parut?

Yap, kondisi kulit seperti itu dinamakan dengan stretch mark atau selulit. Yang sangat umum terjadi pada kebanyakan orang, khususnya yang mengalami obesitas, dan ibu hamil.

Selulit memutus ikatan antara elastin dan kolagen pada kulit, sehingga membuat area kulit yang sama tampak kusam.

Selulit sebenarnya tidak membahayakan bagi kesehatan, dan karena itu tidak membutuhkan perawatan khusus.

Namun, pada beberapa orang dianggap cukup mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri mereka.

Selulit sebenarnya tidak berbahaya bagi kesehatan, namun pada beberapa orang dianggap cukup mengganggu penampilan.

Kalau kamu juga merasa tidak percaya diri dengan selulit yang kamu miliki, jangan khawatir, ya! Sebab di era yang kian modern ini, selulit lebih mudah untuk disamarkan.

Penasaran, kan? Eits, sebelum kita terlalu jauh membahas tentang cara untuk menghilangkan atau menyamarkan selulit, ketahui dulu beberapa penyebab munculnya selulit di kulit berikut ini.

Berbagai Penyebab Munculnya Selulit atau Stretch Mark

skincare untuk hilangkan selulit (1)

Telah disinggung sebelumnya bahwa selulit disebabkan oleh tumpukan lemak di antara jaringan kulit dengan lapisan otot di bawahnya.

Kondisi ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yang bisa meningkatkan risiko kamu mengalami selulit. Untuk lebih jelasnya, cari tahu sama-sama, ya!

Hormon

Faktor pertama yang meningkatkan munculnya selulit adalah kondisi hormon kita. Hormon yang dimaksuda adalah insulin, noradreanalin, tiroid, dan prolaktin, yang memiliki peranan penting dalam proses pembentukan selulit.

Pada perempuan dewasa, adanya hormon estrogen juga diduga berperan sebagai penyebab munculnya selulit.

Terlebih saat menjelang menopause, hormon esterogen pada perempuan pun menurun dan mengakibatkan aliran darah ke jaringan ikat di bawah kulit turut menurun.

Faktor Genetik

Selain dipengaruhi oleh perubahan hormon yang ada dalam tubuh. Dari beberapa kasus selulit pun seringnya diakibatkan dari faktor genetik.

Diet

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa kelebihan berat badan atau obesitas menjadi salah satu penyebab munculnya selulit.

Area kemunculan selulit biasanya juga sama dengan area yang memiliki banyak lemak. Misalnya pada paha, pantat, lengan atas, dan betis.

Enggak hanya itu, makanan yang mengandung terlalu banyak lemak, karbohidrat, dan garam juga lebih berisiko mengalami selulit pada kulit mereka.

Gaya Hidup

Gaya hidup terbukti memiliki pengaruh yang besar pada penampilan kita, termasuk pada kecantikan kulit.

Selulit rupanya juga banyak disebabkan karena kebiasaan atau gaya hidup yang tidak terlalu sehat, misalnya merokok, malas berolahraga.

Memakai Pakaian Dalam Terlalu Ketat

Penyebab munculnya selulit yang satu ini cukup tidak terduga dan tak banyak yang tahu. Pakaian dalam yang terlalu ketat rupanya menjadi salah satu faktor yang meningkatkan munculnya selulit, lho.

Sebab pakaian dalam yang terlalu ketat akan menghambat aliran darah di sekitar pangkal paha dan pantat kita. Sehingga resiko munculnya selulit pun semakin meningkat.

Oleh sebab itu, sebaiknya gunakan pakaian dalam yang berbahan lebih nayam dan dengan ukurang yang tidak terlalu ketat.

Pertambahan Usia

Telah disinggung sebelumnya, bahwa salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya selulit adalah karena pertambahan usia.

Karena semakin bertambahnya usia kita, maka semakin menurun pula produksi kolagen pada kulit. Hal inilah yang membuat kulit semakin tipis, cenderung jadi kendur, dan kurang elastis.

Hasilnya mempermudah timbulnya selulit pada kulit. Selain itu, semakin menuanya usia kita maka ada perubahan pada hormon esterogen, yang memicu munculnya stretch mark.

Tips Memilih Krim Penghilang Selulit yang Sesuai Denganmu

skincare untuk hilangkan selulit (2)

Stretch mark atau selulit enggak hanya bisa dihilangkan dengan perawatan dokter. Ada cara lain yang lebih ekonomis dan mudah dilakukan, yakni dengan menggunakan krim penghilang selulit secara rutin.

Meski begitu, kamu juga harus menyadari bahwa metode ini akan memberikan efek atau hasil yang diinginkan dalam waktu yang relatif lebih lama.

Saat memilih produk kecantikan atau perawatan lainnya, pastinya ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan. Begitu pulas saat akan memilih krim penghilang selulit yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Nah, agar bisa menemukan yang pas untukmu, berikut ini beberapa tips memilih krim penghilang selulit yang bisa kamu praktikkan.

Pilih Krim Penghilang Strecth Marks Berkandungan Bahan Pelangsing

Telah disebutkan sebelumnya bahwa selulit terbentuk akibat timbunan lemak yang menekan lapisan kulit luar kita. Oleh sebab itu, ada baiknya memilih krim yang dapat mengatasi hal ini dengan baik.

Kamu bisa mulai dengan menggunakan krim penghilang stretch mark dengan kandungan pelangsing, yang bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan pembakaran lemak.

Untuk hasil yang efektif, saat mengaplikasikan krim penghilang stretch marks ini pijat bagian yang berselulit dengan lembut.

Pilih yang Mengandung Pelembap

Salah satu hal yang membuat kesehatan kulit kita terawat adalah karena kandungan air dalam jaringan kulit seimbang. Dengan demikian kulit juga tidak akan mudah kering, mengendur, dan terlihat kencang.

Ketika menggunakan krim penghilang stretch mark yang mengandung pelembap, kamu juga bisa merawat kecantikan kulitmu, sekaligus menyamarkan selulit yang ada.

Krim yang dapat melembapkan kulit biasanya mengandung kolagen dan hyaluronic acid. Kedua bahan ini dapat menjaga kadar air dalam kulit.

Pilih yang Bertekstur Agak Padat

Cara pemakaian krim penghilang selulit yang diaplikasikan ke kulit sembari dipijat perlahan, membuatnya jadi lebih mudah dilakukan kalau teksturnya agak padat.

Sebab krim yang bertekstur lebih lembut akan lebih licin, hasilnya pemijatan pada area stretch marks tidak akan maksimal.

Meski demikian, beberapa orang pasti memiliki preferensinya masing-masing mengenai tipe tekstur yang diinginkan.

Intinya kamu bisa menggunakan produk mana pun yang nyaman untuk kamu pakai, dan tidak menimbulkan masalah kulit atau reaksi negatif lainnya.

Perhatikan Bahan Alami yang Ada dalam Krim Penghilang Stretch Mark

bahan alami skincare untuk mata panda

Selain zat aktif seperti capcaisin yang membantu membakar jaringan lemak, bahan alami yang ada dalam krim penghilang stretch mark juga bisa kamu pertimbangkan.

Berikut beberapa bahan alami yang cukup bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark dari kulit kita.

Kopi

kopi

Kopi adalah salah satu bahan alami yang diklaim ampuh membantu menghilangkan selulit. Hal inilah yang kemudian membuat kopi sering digunakan dalam resep scrub atau lulur alami yang bisa dibuat di rumah.

Selain itu, kopi juga mampu membantu proses penyembuhan sel-sel kulit yang rusak atau bermasalah. Yakni dengan merangsang produksi kolagen pada kulit kita.

Vitamin A

Bahan alami lain yang bisa membantu menyamarkan selulit adalah vitamin A, atau yang kerap dikenal sebagai retinoid dalam dunia kecantikan.

Vitamin A ini sangat berkhasiat untuk membuat kulit lebih halus dan terlihat awet muda. Dengan menggunakan krim penghilang stretch mark berkandungan ini, kamu bisa menyamarkan selulit yang muncul di kulitmu.

Coconut Oil

coconut oil

Bahan alami lainnya yang sering ditemukan dalam krim penghilang stretch mark adalah coconut oil. Kandungan ini kaya akan vitamin E dan asam lemak yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kita.

Mulai dari menjaga kulit tetap lembap, menjadikannya lebih lembut, hingga membuat permukaan kulit lebih halus.

Selain itu, minyak kelapa cenderung cepat diserap oleh kulit. Juda dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang terlanjur menumpuk.

Gula Pasir

masker alami untuk ibu hamil (4)

Selain rasanya yang manis, gula pasir merupakan bahan yang dipercaya sebagai agen mikrodermabrasi alami, lho.

Gula pasir dipercaya mampu membantu proses pengelupasan area yang memiliki selulit, dan membuatnya memudar dan semakin samar seiring berjalannya waktu.

Minyak Zaitun

masker dari minyak zaitun

Kandungan alami lainnya yang bisa membantu menghilangkan stretch mark adalah minyak zaitun. Yang rupanya juga kaya akan kandungan vitamin E, antioksidan, antiinflamasi, dan komponen bermanfaat lainnya.

Berbagai senyawa yang ada dalam minyak zaitun ini dapat membantu proses menghilangkan stretct mark. Termasuk meredakan gejala mengganggu dari selulit itu sendiri, misalnya rasa gatal pada area stretch mark.

Senyawa antiinflamasi dalam minyak zaitun dapat mengurangi rasa gatal pada kulit. Sementara senyawa antioksidan, ikut membantu mengembalikan kondisi kulit yang telah rusak.

Lidah Buaya

manfaat lidah buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat yang menangkan dan menyembuhkan pada kulit kita. Sebab dalam gel tersebut terkandungan enzim, mineral, bermacam-macam vitamin, serta asam lemak yang dapat memelihara kecantikan.

Dengan menggunakan krim penghilang stretch mark berkandungan lidah buaya, kamu bisa merawat dan mengurangi penampilan stretch mark pada kulit tubuhmu.

Gunakanlah krim ini secara rutin dan aplikasikan dengan lembut, agar kulitmu tidak teriritasi atau terluka.

Itulah hal-hal mengenai stretch mark atau selulit dan tips memilih krim penghilang stretch mark yang sesuai denganmu.

Yang harus diingat adalah stretch mark sebenarnya tidak memerlukan perawatan secara khusus, karena sifatnya yang tidak membahayakan kesehatan kita.

Dan meski banyak produk kecantikan yang menawarkan manfaat menghilangkan stretch mark sampai mengembalikan tekstur mulanya, sebenarnya selulit cenderung susah hilang.

Kamu enggak perlu stress atau merasa tidak percaya diri karena ini. Sebab dengan adanya selulit, kamu tidak kehilangan apapun, melainkan hanya terlihat lebih manusiawi.

Satu rahasia lagi, kecantikan yang paling asli itu saat kamu menerima dan percaya pada dirimu sendiri.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment