Efektif Atasi Bintik Putih di Wajah, Cobain Skincare untuk Menghilangkan Milia Berikut Ini

mengecilkan pori-pori wajah (1)

Pernahkah kamu mengamati wajahmu dengan seksama, kemudian menemukan bintik-bintik putih serupa jerawat yang tidak bisa hilang dalam beberapa lama?

Yup, bintik putih serupa jerawat beruntusan ini disebut milium. Dan kalau jumlahnya ternyata cukup banyak, milium ini bisa kita sebut dengan milia.

Sayangnya, tidak secantik namanya, milia terkadang menimbulkan rasa tidak nyaman dan dirasa dapat membuat penampilan tidak maksimal.

Meski begitu, umumnya milia ini tidak terlalu berbahaya. Asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak, ya.

Milia cenderung ditemukan di areah bawah mata, namun tak jarang juga bisa tumbuh di bagian kulit wajah yang lain. Seperti pada sekitar hidung dan pipi.

Faktor yang menyebabkan munculnya bintik putih di wajah ini ada beragam. Mulai dari wajah yang tidak bersih, tersumbatnya pori-pori wajah dan lain sebagainya.

Kalau kamu menemukan milia di wajah, jangan terlalu panik dulu. Sebab milia bisa hilang sendirinya dan tak perlu diobati.

Kecuali kalau milia yang kamu alami tidak kunjung menghilang dan malah bertambah banyak. Maka mau tidak mau kamu harus memberikan perawatan khusus terhadap kulit wajahmu.

Sebelum membahas cara menghilangkan milia di wajah lebih jauh, mari cek fakta-fakat mengenai masalah kulit yang satu ini terlebih dahulu.

Mulai dari penyebab kemunculannya, cara mengatasinya, dan skincare apa saja yang bisa membantu menghilangkan milia dari wajah.

Penasaran? Langsung baca ulasan berikut ini!

Berbagai Penyebab Munculnya Milia di Wajah

faktor usia

Meski seringnya muncul pada kulit bayi, bukan berarti orang dewasa juga tidak berisiko mengalami milia. Malah dapat dibilang sangat umum dan wajar terjadi.

Namun, sebenarnya kemunculan milia ini dapat dicegah atau diminimalisir. Caranya cukup dengan menghindari berbagai penyebab munculnya milia di wajah berikut ini.

Menumpuknya Sel Kulit Mati

Sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan menyeluruh dapat menumpuk dan menghambat pori-pori wajah. Dan akhirnya memberikan dampak yang buruk pada kulit kita, termasuk memicu mulnya milia.

Hal ini disebabkan karena pengendapan protein, kotoran, dan minyak pada pori-pori akan menyebabkan penyumbatan kelenjar keringat.

Enggak hanya itu, sel-sel kulit mati yang menumpuk ini dapat membentuk sedimen dan akhirnya tidak bisa dikeluarkan dengan baik. Sedimen ini akhirnya membentuk milium baru pada kulit wajah kita.

Akibat Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan ternyata juga bisa memicu munculnya milia di wajah. Hal ini dikarenakan panas dari sinar UV dapat merusak sel kulit dan menimbulkan trauma.

Reaksi Alergi Terhadap Kandungan Skincare Tertentu

ciri muka alergi kosmetik

Penggunaan skincare atau kosmetik dengan kandungan yang keras pun berpotensi menyebabkan munculnya milia.

Hal ini dikarenakan kandungan yang terlalu keras dapat menyebabkan iritasi dan luka pada kulit. Pada luka ini akan rentan terkena infeksi bakteri dan menjadi sarang kotoran.

Rangkaian Skincare untuk Menghilangkan Milia di Wajah

skincare untuk menghilangkan milia

Selain menghindari berbagai penyebabnya, kamu yang telah memiliki milia di wajah enggak perlu khawatir. Sebab kini berbagai skincare yang dijual di pasaran telah banyak yang secara khusus mengklaim dapat mengatasi milia.

Penasaran, kan, skincare untuk menghilangkan milia apa saja yang bisa kamu coba? Yuk, simak penjelasan berikut ini sampai habis!

Membersihkan Wajah dengan Facial Foam yang Lembut

v

Rangkaian skincare untuk menghilangkan milia yang pertama adalah dengan rajin membersihkan wajah. Telah disebutkan bahwa salah satu penyebab munculnya milia di wajah adalah karena menumpuknya sel-sel kulit mati.

Oleh sebab itu, untuk menghindari dan mengatasi milia kamu perlu rajin membersihkan wajah. Kalau perlu, gunakan teknik double cleansing. Yakni dengan menggunakan make up remover, cleanser, hingga mencuci wajah.

Namun, ketika memiliki milia kamu enggak bisa sembarangan memilih produk sabun wajah. Pilihlah yang berbusa lembut dan tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah.

Ketika mengeringkan wajah pun gunakan handuk dan lakukan dengan lembut, agar tidak menimbulkan luka baru pada wajah.

Gunakan Toner

toner wajah

Selain mencuci wajah, menggunakan toner bisa memaksimalkan proses pembersihan wajah. Yakni dengan mengangkat sisa-sisa kotoran yang enggak bisa dibersihkan bahkan setelah kamu mencuci muka.

Toner juga mampu menghidrasi kulit kita dan mengembalikan kelembapan yang hilang ketika mencuci muka. Serta juga dapat memberikan efek menenangkan pada kulit wajah, termasuk area yang memiliki milia.

Aplikasikan Krim Berkandungan Retinoid

krim pelembab

Vitamin A adalah kandungan yang dinilai sangat baik untuk membantu menghilangkan milia. Oleh sebab itu, penggunaan krim wajah berkandungan retinoid sangat dianjurkan ketika ada milium di wajahmu.

Gunakan Sunscreen atau Tabir Surya

Tabir surya atau sunscreen adalah salah satu skincare untuk menghilangkan milia yang wajib kamu pakai. Sebab enggak hanya mencegah, pemakaian sunscreen juga akan meminimalisir kemungkinan milia bertambah banyak.

Salah satu hal yang dapat memicu munculnya milia adalah paparan sinar matahari berlebih. Nah, untuk menjaga agar kondisi wajahmu tidak bertambah parah, ada baiknya menggunakan sunscreen atau tabir surya setelah mengaplikasikan krim wajah.

Pakai Scrub Wajah Secara Rutin

scrub

Selain paparan sinar matahari yang berlebihan, menumpuknya sel kulit mati di pori-pori adalah penyebab milia di wajah yang lain.

Untuk itu, melakukan eksfoliasi wajah secara rutin dapat membantu mencegah munculnya milia. Karena bisa membantu mengangkat kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menupuk di pori-pori wajah.

Meski begitu, eksfoliasi juga enggak bisa dilakukan terlalu sering dan berlebihan. Cukup lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Ketika melakukan eksfoliasi, gunakan scrub dengan kandungan yang aman dan lakukan dengan lembut. Dengan demikian wajahmu enggak akan teriritasi dan memicu tumbuhnya milia lagi.

Merawat Milia Di Wajah dengan Bahan-bahan Alami

skincare kulit berjerawat

Enggak semua orang bisa dengan percaya diri berpindah produk skincare dari yang lama ke yang baru. Sebab pada beberapa orang, kulit wajah mereka bisa sangat sensitif sehingga rawan terkena alergi kosmetik.

Nah, buat kamu yang berkulit sensitif dan mempunyai milia di wajah, jangan khawatir. Karena cara menghilangkan milia di wajah enggak cuma bisa dilakukan dengan menggunakan skincare yang dijual di pasaran.

Kamu pun bisa menciptakan masker dan toner dari berbagai bahan alami. Penasaran, kan?

Berikut beberapa resep perawatan wajah dari bahan alami untuk menghilangkan milia di wajah.

Perasan Lemon

perasan lemon

Bahan alami untuk mengatasi milia yang pertama adalah lemon. Dalam air perasan lemon terdapat vitamin C dan beragam senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi.

Senyawa-senyawa ini dapat membantu membersihkan milia dengan mengeringkannya dengan lebih cepat. Enggak hanya itu, penggunaan lemon juga bisa membuat pori-pori kulit menjadi lebih kecil.

Cara penggunaan lemon ini cukup mudah, yakni dengan mengambil air perasan lemon dan mengoleskannya ke bagian kulit yang bermilia.

Saat mengoleskan air perasan lemon, lakukan dengan lembut. Setelah itu tunggu beberapa menit dan bilas dengan air hangat.

Pada beberapa orang, lemon mungkin bisa menyebabkan sensasi perih karena vitamin C-nya yang tinggi. Untuk itu, ada baiknya setelah malakukan cara ini, aplikasikan krim atau produk yang dapat menenangkan kulit.

Madu

madu

Bahan alami kedua yang berguna mengatasi milia di wajah adalah madu. Kandungan antimikroba dalam cairan manis ini dapat membantu mengurangi peradangan dan infeksi pada kulit.

Beberapa penelitian terhadap madu mengungkapkan bahwa bahan alami ini jika dicampur dengan ekstrak kayu manis dapat mengurangi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan kuman.

Milia memang tidak disebabkan oleh bakteri, namun pemakaian masker dengan bahan dasar madu bisa memperbaiki kondisi kulitmu dan mencegah adanya peradangan atau iritasi pada kulit.

Gula Pasir dan Kopi

kopi

Gula pasir dan kopi enggak cuma perpaduan yang hebat untuk jadi seduhan. Lebih dari itu, keduanya adalah bahan alami yang sangat baik untuk membantu perawatan wajah kita.

Gula pasir dan kopi bisa dijadikan sebagai scrub wajah alami. Sebab perpaduan dua bahan alami ini bisa membantu menghambat penumpukan keratin di bawah kulit dan dapat menghilangkan milia yang membandel.

Cara membuat scrub dari kopi dan gula pasir cukup mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan kedua bahan ini dan mencampurkan dengan sedikit air.

Ingat, ya! Hanya dengan sedikit air, dan biarkan gula pasir yang ada tidak larut seutuhnya. Setelah pasta scrub jadi, gosok bagian kulit yang bermilia dengan lembut selama 3-5 menit saja.

Setelah itu tunggu hingga 20 menit, kemudian bersihkan wajah dengan air hangat. Untuk hasil yang lebih optimal gunakan scrub wajah ini setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.

Cuka Apel

cuka apel

Beauty lovers pasti sudah familiar dengan bahan alami satu ini. Yap, cuka apel bisa dibilang sempat jadi bahan alami incaran banyak orang.

Hal ini dikarenakan banyak klaim yang mengatakan bahwa cuka apel dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk menghilangkan jerawat dan mengatasi milia.

Tapi benarkan begitu? Dalam cuka sari apel terdapat senyawa yang berguna sebagai astringent alami. Ini membuat cuka apel bekerja untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Enggak hanya itu bahkan kotoran dan sebum yang menumpuk pun akan dipaksa keluar dari pori-pori, hal inilah yang akhirnya membuat beruntusan milia ikut hilang.

Karena dinilai cukup keras, penggunaan cuka apel pada wajah juga enggak boleh sembarangan dan harus dalam dosis yang ringan.

Kamu bisa menggunakan cuka apel sebagai toner dengan caranya mengencerkan satu sendok teh cuka apel dalam air. Kemudian teteskan pada kapas dan usap dengan lembut pada wajah yang bermilia.

Setelah itu, tunggu beberapa menit dan kemudian bilas kembali. Untuk mencegah adanya iritasi dan reaksi alergi, gunakan pelembap wajah yang bisa menenangkan kulitmu.

Minyak Jarak Dingin

Bahan lainnya yang dapat membantu mengatasi milia di wajah secara alami adalah minyak jarak dingin. Dengan sifat emolien dan antiinflamasi yang dimiliki bahan alami ini, kesehatan dan kecantikan kulit akan dapat terjaga dengan baik.

Penggunaan minyak jarak dingin juga sangat sederhana. Cukup aplikasikan minyak jarak pada bagian kulit wajah yang bermilia, kemudian piijat dengan perlahan.

Jangan langsung dibilas, diamkan selama 15-30 menit terlebih dahulu sebelum kamu bilas dengan mencuci wajah.

Minyak Kelapa Murni

coconut oil

Enggak cuma ampuh untuk melembapkan kulit, minyak kelapa murni atau coconut oil juga adalah agen antiinflamasi yang cukup hebat.

Karena cara kerjanya yang mampu menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan dapat mengontrol peradangan, coconut oil juga dapat digunakan untuk menghilangkan milia di wajah.

Caranya, cukup siapkan satu sendok minyak kelapa dan pijat area wajah yang terdapat milianya. Kemudian tunggu selama beberapa menit, dan bilas wajah hingga bersih.

Air Mawar

rose water

Air mawar telah lama populer karena khasiatnya yang baik untuk menjaga kecantikan wajah. Bahkan pada beberapa produk perawatan, air mawar sering digunakan sebagai bahan dasar dan campuran dalam formulanya.

Bagian terbaik dari air mawar adalah minyak mineral yang dikandungnya. Sebab ekstrak air mawar dapat berkonstribusi sebagai antiperadangan pada kulit.

Hal inilah yang akhirnya membuat air mawar dianggap efektif untuk mengatasi dan menghilangkan milia di wajah kita.

Cara penggunaanya cukup mudah, semprotkan ekstrak air mawar yang telah dicampur dengan air sebagai face mist ke wajahmu. Kemudian tepuk-tepuk wajah dengan halus agar kandungan dapat terserap oleh kulit.

Lakukan perawatan wajah dengan menggunakan air mawar ini setidaknya dua hingga tiga kali dalam sehari.

Kayu Cendana dan Air Mawar

Air mawar enggak hanya bisa digunakan sebagai face mist atau face toner, kamu juga bisa memanfaatkan kandungan ini sebagai masker wajah.

Caranya dengan memadukannya bersama bubuk kayu cendana. Kedua bahan alami ini akan membantu menghilangkan kotoran dan keratin dari pori-pori kulitmu, sehingga dapat mengurangi milia yang ada di wajah.

Enggak perlu repot, cukup siapkan air mawar dengan satu sendok makan bubuk cendana untuk membuat pasta masker.

Setelah itu, oleskan masker ini ke seluruh permukaan kulit, terutama yang ada milianya. Tunggu selama 20-30 menit, baru kemudian bilas wajah dengan lembut.

Selain dapat mengurangi tampilan milia, penggunaan masker dengan kedua bahan alami ini akan membantu memberikan sensasi menenangkan pada kulit.

Bahkan harum dari air mawar bisa membuatmu rileks karena fungsinya sebagai aromaterapi.

Kentang

bahan alami (4)

Enggak cuma cocok digunakan sebagai menu makanan sehat dan rendah lemak, kentang juga menyimpan beragam khasiat yang menyehatkan kulit kita.

Ini karena dalam kentang terkandung banyak antioksidan, yang berguna untuk menangkal radikal bebas, mengontrol produksi sebum, hingga membantu pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk.

Kamu bisa memanfaatkan kentang sebagai masker alami. Hal yang perlu dilakukan juga cukup sederhana, yakni cuci dan kupas kentang hingga bersih.

Kemudian simpan kentang dalam lemari pendingin selama beberapa saat. Setelah itu, kupas dan parut kentang hingga halus. Nah, kamu bisa gunakan parutan kentang ini sebagai masker wajah.

Well, itu adalah berbagai hal mengenai milia, termasuk penyebab kemunculannya, hingga berbagai cara untuk menghilangkannnya. Termasuk menggunakan bahan alami, hingga mengikuti rangkaian skincare untuk menghilangkan milia.

Satu hal lain yang harus kamu perhatikan adalah tidak sembarangan menyentuh atau memencet milia. Baik dengan tangan atau menggunakan berbagai alat tertentu.

Sebab tindakan tersebut akan memicu munculnya luka, iritasi, yang bisa meninggalkan bebas hitam di wajahmu. Atau dengan kata lain ada masalah baru lagi yang harus kamu atasi.

Anyway, sampai di sini dulu, ya, pembahasan kita kali ini. Jangan lupa tuliskan pendapatmu mengenai skincare untuk menghilangkan milia di atas lewat kolom komentar.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment