Rahasia Cantik Khas Timur Tengah, Berikut Berbagai Manfaat Argan Oil Untuk Kecantikan

Setiap daerah, bahkan negara, memiliki budaya, dan pengetahuan tradisional sendiri-sendiri. Mulai dari yang berkaitan dengan seni, juga terkait pendidikan, hingga cara-cara tradisional untuk merawat kesehatan dan kecantikan.

Nah, di artikel kali ini kita akan membahas salah satu bahan alami yang sering digunakan sebagai rahasia cantik para perempuan Timur Tengah. Yap, apalagi kalau bukan argan oil atau minyak argan.

Sejak lama minyak argan digunakan untuk kecantikan, mulai dari merawat kulit wajah dan tubuh, hingga untuk menjaga kesehatan rambut mereka.

Argan oil adalah minyak alami yang terbentuk dari biji buah pohon argan. Pada mulanya minyak argan murni digunakan sebagai pengobatan domestik dan bahan makanan selama berabad-abad lamanya.

Namun, kini seiring berjalannya waktu, minyak argan pun enggak kalah tenarnya di dunia kecantikan. Karena sangat sering dalam formula-formula produk perawatan kecantikan yang dijual di pasaran.

Manfaat Argan Oil untuk Kecantikan

mengecilkan-pori-pori-wajah-4

Kaya akan berbagai kandungan vitamin (A dan E), asam lemak omega-6, dan asam linoleat. Juga karena kemampuannya sebagai zat antioksidan, menjadikan argan oil sangat sering dimanfaatkan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Enggak hanya itu, karakterstik argan oil yang tidak begitu pekat seperti minyak lainnya, membuat bahan ini lebih mudah digunakan. Karena tidak meninggalkan bekas lengkat, lebih mudah meresap, dan tidak menutup pori-pori wajah.

Selain karena kemudahan dan kandungannya tersebut, salah satu hal yang membuat minyak argan wajib diperhitungkan adalah manfaatnya untuk kecantikan.

Nah, biar kamu bisa tahu lebih banyak, berikut beberapa manfaat argan oil untuk kecantikan!

Melembapkan Kulit

melembutkan kulit

Entah itu di Timur Tengah ataupun di negara kita sendiri, teriknya matahari selalu jadi musuh utama kesehatan kulit kita.

Selain bisa mengakibatkan sunburning, paparan sinar UV yang berlebihan pun bisa mengangkat kelembapan alami yang ada di wajah kita.

Akhirnya kulit jadi kering dan mudah terkena iritasi. Untungnya kandungan vitamin E dalam argan oil juga turut membantu menjaga kelembapan kulit.

Sementara beberapa kandungan lain seperti, asam lemak omega-3 dan senyawa antioksidan, dapat meningkatkan produksi kolagen dan mencegah munculnya keriput serta garis-garis halus pada kulit.

Mengobati Jerawat

skincare untuk beruntusan (3)

Kulit berjerawat enggak hanya bikin penampilanmu kurang maksimal. Jerawat yang meradang dan dalam jumlah yang tidak sedikit, bahkan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan sakit.

Sifat antiradangan dan antioksidan dalam argan oil terkenal mampu meredakan peradangang pada kulit, termasuk yang diakibatkan oleh jerawat.

Memudarkan Stretch Marks

menghilangkan stretch mark

Meski tidak membahayakan, bagi sebagian orang adanya stretch mark di tubuh kerap kali memicu rasa tidak percaya diri.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang rela merogoh kocek yang dalam untuk menghilangkan stretch marks yang ada di kulit mereka.

Mulai dari serangkaian perawatan dengan alat-alat kedokteran, hingga menggunakan treatment cream tertentu.

Sebenarnya, senyawa antiinflamasi dalam argan oil dapat mengurangi peradangan dan membuat kulit jadi lebih elastis. Sehingga penggunaan bahan alami ini bisa membuat stretch mark memudar dan tersamarkan dengan perlahan.

Dapat Mencegah Penuaan Dini

skincare untuk kulit kusam

Telah disebutkan sebelumnya, argan oil dapat membantu melembapkan kulit wajah kita. Hal ini sebenarnya besar untuk menjaga kulit agar selalu tampak sehat, kencang, dan awet muda.

Karena dengan kadar air yang cukup pada jaringan kulit, akan mampu menjaga keelastisan kulit kita. Dengan demikian kemunculan kerutan dan garis halus di wajah dapat diminimalisir.

Enggak hanya itu, kandungan antioksidan dalam argan oil dapat bekerja menangkal radikal bebas. Yang diketahui sebagai penyebab munculnya berbagai masalah kecantikan, termasuk munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Rambut

produk hair treatment

Tak hanya bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit, argan oil pun rupanya bermanfaat untuk menyuburkan dan menjaga kelembapan pada rambut kita.

Enggak hanya itu, bekat kandungan vitamin E dan antioksidan yang ada dalam minyak argan, kulit kepala bisaterbebas dari ketombe.

Karena manfaatnya inilah, kamu pasti sering menjumpai argan oil digunakan dalam formula produk perawatan rambut. Misalnya pada hair serum, hair repair oil, dan juga sampo.

Mencegah Kerusakan Kulit Akibat Sinar Matahari

paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebihan dapat menimbulkan berbagai masalah kecantikan, termasuk dapat merusak kulit kita. Mulai dari warna kulit yang tidak merata, iritasi, hingga terbakar.

Dengan formula antioksidan dan antiinflamasi yang sangat tinggi, minyak argan dapat melindungi kulitmu dari dampak buruk sinar matahari dan stressor lingkungan lainnya.

Enggak hanya itu, kemampuan argan oil yang membantu merangsang produksi kolagen juga bisa memperbaiki kerusakan pada kulit yang diakibatkan sinar matahari.

Mempercantik Kuku Jari

Kuku jarimu rapuh? Atau barangkali kekuningan karena terlalu sering menggunakan kutek?

Argan oil bisa menjadi solusinya! Sebab nutrisi yang ada dalam minyak argan terbukti memiliki manfaat untuk menguatkan kuku yang rapuh sekaligus melembutkan kutikula.

Bahkan, penggunaan minyak argan juga baik untuk membantu mengurangi keriput pada punggung tanganmu.

Sebagai Pelembap Bibir  

Bibir sehat

Terlalu sering menggunakan lip produk, terkadang membuat bibir jadi lebih mudah kering dan pecah-pecah. Hal ini pun bisa membuat bibir mudah teritasi dan akhirnya warna alami bibir berubah jadi lebih gelap.

Nah, minyak argan dapat membantumu mengatasi masalah satu ini. Sebab minyak argan bisa membantu melembapkan dan menyembuhkan bibir yang kering serta pecah-pecah.

Mampu Mengontrol Produksi Minyak Wajah

aplikasikan proteleum jelly

Tak seperti minyak alami pada umumnya, argan oil terbukti mampu membantu menurunkan produksi sebum pada pemilik kulit berminyak.

Enggak hanya itu, argan oil juga terbilang lebih mudah diserap dan tidak meninggalkan residu di wajah. Oleh karenanya penggunaan argan oil pun tidak akan memicu munculnya komedo dan jerawat.

Menenangkan Kulit

mempercepat penyembuhan luka

Ketika kulit teritasi, mengalami alergi, atau bahkan muncul rosacea, akan timbul rasa tidak nyaman bahkan menyakitkan di bagian wajah.

Argan oil yang memiliki senyawa antiinflamasi mampu menenangkan kulit yang mengalami peradangan. Yakni dengan meminimalisir gejala-gejala yang bisa saja muncul, misalnya gatal, perih, dan bengkak.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

produk hair treatment

Kerontokan rambut bisa dialami siapa saja. Terlepas dari usia, berbagai faktor seperti stress, lingkungan yang tidak sehat, kebiasaan buruk, dan salah menggunakan produk perawatan rambut, juga bisa jadi penyebab rontoknya rambut.

Kerontokan ini harus segera diatasi, apalagi kalau rambut sudah jadi begitu tipis. Penggunaan argan oil pada produk hair treatment bisa menjadi solusi untuk persoalan ini.

Sebab beberapa penelitian menyebutkan bahwa manfaat argan oil yang lain adalah dapat merangsang pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Produk Kosmetik Berkandungan Argan Oil

cosmetic prod

Setelah mengetahui berbagai manfaat argan oil untuk kecantikan di atas, kamu pasti menyadari alasan mengapa bahan alami ini sangat marak digunakan dalam berbagai produk kosmetik.

Berikut ini beberapa jenis produk kosmetik berkandungan argan oil yang telah dijual bebas di pasaran. Yuk, kepoin!

Skincare Berkandungan Argan Oil

skincare berkandungan argan oil

Manfaat argan oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari melembapkan, melembutkan, hingga menangkal radikal bebas.

Hal inilah yang kemudian membuat argan oil sering digunakan dalam berbagai produk skincare. Misalnya pada toner wajah, argan oil bisa membantu menenangkan dan melembapkan kulit sehabis cuci muka.

Atau pada moiturizer, di mana kandungan vitamin E dari argan oil bisa membantu merangsang pembentukan kolagen. Sehingga kulit akan tampak kencang, sehat, dan berseri.

Berbagai produk skincare berkandungan argan oil lainnya meliputi facial foam, serum wajah, essence, masker wajah, balm, dan banyak lainnya.

Body Care dengan Argan Oil

Body Product

Enggak hanya untuk perawatan kulit wajah, argan oil juga bisa bermanfaat untuk kulit tubuh secara keseluruhan.

Kamu pasti sering menemukan kandungan argan oil pada berbagai produk body treatment, misalnya pada body losion, body wash, dan body scrub.

Kandungan vitamin E dan antioksidan dalam argan oil membantu memaksimalkan kerja produk beauty treatment untuk menyehatkan dan melindungi kulit tubuh kita.

Hair Treatment dengan Argan Oil

Argan oil juga banyak ditemukan dalam formula produk perawatan rambut. Hal ini dikarenakan manfaat argan oil yang mampu menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kita.

Mulai dari membantu merangsang pertumbuhan folikel rambut, memperkuat batang rambut, hingga selalu menjaga kelembapannya. Hal ini membantu rambut untuk tidak mudah kering dan rontok.

Berbagai produk hair treatment yang sering menggunakan argan oil dalam formulanya antara lain sampo, serum rambut, hair mask, hair tonic, dan vitamin rambut.

Nah, kamu telah mengetahui berbagai manfaat argan oil untuk kecantikan. Dan produk kosmetik apa saja yang menggunakan bahan alami ini dalam formulanya.

Apakah kamu tertarik mencoba produk kosmetik atau skincare berkandungan argan oil?

Well, mencoba produk kosmetik baru sebenarnya boleh saja kamu lakukan. Namun tetap perhatikan kondisi kulit wajahmu.

Sesuaikan kandungan produk dan perhatikan reaksi kulitmu saat menggunakan produk tersebut. Jika penggunaan skincare ini menimbulkan reaksi negatif, segera hentikan pemakaian produk tersebut.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment