Sering Berganti Gaya Rambut? Coba Produk Hair Treatment Terbaik Ini Agar Rambut Tak Rusak

produk hair treatment

Agar tampil maksimal, banyak perempuan menggunakan berbagai metode dan produk-produk kecantikan tertentu. Enggak hanya pada wajah, melainkan dari ujung rambut, hingga ke ujung kaki.

Sayangnya, enggak semua metode kecantikan ini baik digunakan dalam jangka panjang. Misalnya untuk mendapatkan model rambut tertentu, sering banget kita menggunakan alat penata rambut dan menggonta-ganti warnanya.

Padahal kegiatan tersebut malah membuat rambut rentan mengalami kerusakan. Apalagi kalau saat penggunaanya tidak diimbangi dengan mengaplikasikan produk-produk hair treatment terbaik.

Pemakaian hair treatment sendiri bisa dibilang jadi penyelamat yang dapat membantumu menjaga kondisi rambut pasca proses hair styling dan hair coloring.

Sebab produk hair treatment efektif melindungi kultikula agar tidak mudah rambut. Dengan demikian, batang rambutmu bisa jadi lebih kuat dan enggak mudah patah.

Tapi bukannya udah cukup dengan rajin mencuci rambut dan pakai conditioner?

Well, enggak sama sekali. Hair treatment pun enggak cuma terdiri dari dua produk itu, melainkan lebih lengkap lagi.

Hair treatment adalah rangkaian produk perawatan rambut yang fungsi utamanya untuk mencegah dan mengatasi rambut rusak.

Singkatnya, produk hair treatment memiliki peranan yang lebih kompleks dan lengkap untuk menjaga kesehatan rambut.

Biasanya perawatan rambut ini dilakukan setelah kamu menggunakan alat styling rambut, entah itu untuk meluruskan atau mengeriting. Perawatan ini juga berlaku buat kamu yang sering ngewarnain rambut, lho.

Nah, sebelum lebih jauh membahas tentang produk perawatan rambut terbaik yang bisa kamu coba. Ada baiknya, buatmu untuk tahu lebih banyak soal kesehatan rambut dan perawatannya berikut ini.

Ciri Rambut Rusak dan Membutuhkan Perawatan Khusus

produk hair treatment

Telah disinggung sebelumnya, kebiasaan menata rambut dengan menggunakan alat-alat hair styling bisa menyebabkan kerusakan pada kultikula.

Hal inilah yang kemudian membuatmu harus menggunakan berbagai produk perawatan rambut. Agar kesehatan rambut dapat terjaga dengan baik, dan dampak kerusakan yang parah bisa dihindari.

Tapi, apakah kamu tahu apa saja ciri-ciri rambut rusak dan membutuhkan perawatan khusus? Kalau belum, baca ulasannya di bawah ini!

Rambut Kusam dan Mudah Kering

rambut kusam dan kusut

Panasnya hair dryer dan alat-alat pengubah gaya rambut lainnya bisa menyebabkan efek yang serius pada rambut kita.

Misalnya dengan membuat rambut menjadi kering dan kusam. Kondisi ini menunjukkan bahwa rambut telah kehilangan minyak alami yang berguna sebagai pelembap.

Rambut yang kering pun, akan membuat kilauan alami yang ada memudar. Alhasil warna rambut tampak lebih kusam dan terlihat tidak sehat.

Warna yang kusam dan mudah kering ini pun menunjukkan bahawa rambutmu membutuhkan perawatan khusus. Kamu bisa menggunakan produk hair care atau hair treatment yang dapat mengatasi hal ini.

Rambut Bercabang dan Mudah Patah

rambut bercabang dan mudah patah

Ciri rambut rusak yang selanjutnya adalah ujung rambut yang bercabang dan mudah patah. Hal ini terjadi akibat lapisan kultikula rambut telah rusak.

Kondisi ini menyebabkan kelenturan rambut jadi kian berkurang dan menjadikannya mudah patah. Selain itu, kurangnya kelenturan pada rambut pun akan membuat rambut jadi bercabang.

Kamu bisa mengecek hal ini dari ujung rambut. Bila ada ujung rambut yang terbagi menjadi dua atau bercabang, kemungkinan kamu harus mulai memberikan perawatan khusus kepada rambutmu.

Pilihlah produk hair treatment yang cocok dengan kondisi dan kebutuhan rambutmu. Dan hindari mengganti gaya rambut dan mewarnai rambut terlebih dahulu.

Adanya Perubahan Warna pada Rambut

Perubahan Warna Rambut

Mungkin selama ini kamu mengira kalau warna rambut hanya akan berubah ketika usia kita bertambah atau saat dengan sengaja kita menggantinya.

Well, ternyata enggak juga, lho. Sebab kondisi kesehatan rambut juga berpengaruh pada warnanya. Misalnya saat rusak, rambut akan berubah lebih terang ketimbang rambut yang lebih sehat.

Kerusakan rambut ini biasanya juga dapat diakibatkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan. Atau bisa juga karena kita sering mengubah gaya rambut dan menggunakan alat-alat yang cukup panas dalam prosesnya.

Kondisi ini bisa kamu temukan dengan mudah ketika mempunyai rambut yang panjang. Warna rambut yang rusak akan cenderung lebih kontras, dan biasanya dapat ditemukan di bagian ujung rambut.

Enggak hanya itu, perubahan warna rambut juga dapat dialami setelah menggunakan produk-produk perawatan rambut yang memiliki kandungan tertentu.

Contohnya pemakaian sampo dengan kandungan penicillamine, yang rupanya dapat mengubah warna rambut asli kita dan dapat mempengaruhi kesehatan rambut.

Rambut Kian Menipis

rambut mengembang

Ciri rambut rusak satu ini mungkin bakal terlihat ketika kamu menyadari bahwa ada beberapa daerah kulit kepala yang tampak tak banyak ditumbuhi rambut.

Kondisi ini juga kerap disebut dengan rambut menipis, yang umumnya disebabkan oleh kerontokan pada rambut kita.

Kerontokan rambut enggak hanya terjadi karena terlalu sering menggunakan alat-alat styling yang panas, melainkan juga disebabkan oleh rasa stress, perubahan hormon, dan masih banyak lainnya.

Bahkan juga seringnya disebabkan oleh bertambahnya usia kita. Pada usia yang kian tinggi, pertumbuhan rambut mulai melambat. Folikel rambut pun akan berubah dan menghasilkan rambut yang lebih tipis dan kurang kuat.

Rambut yang Mengembang

rambut mengembang

Rambut yang mengembang dan keriting pada bagian kulit kepala yang lebih lembap, rupanya juga jadi tanda rambutmu sedang dalam kondisi yang tidak sehat.

Penyebabnya juga sama dengan ciri lain, yakni karena adanya kerusakan pada lapisan kutikula rambut. Di mana lapisan ini berfungsi untuk mengunci kelembapan rambut.

Kerusakan kutila rambut akan membuat kelembapan tersebut menjadi hilang dan membuat rambut jadi lebih ringan, kering, dan tampak mengembang.

Hal inilah yang membuat rambut mengembang menjadi pertanda bahwa seluruh lapisan pelindung pada rambut telah rusak.

Alhasil serat bagian dalam rambut pun dapat dengan mudah terpapar berbagai stressor lingkungan secara langsung. Yang kemudian menyebabkan kerusakan rambut berlanjut.

Rambut jadi Mudah Kusut

Pernahkah kamu merasa pada siang hari rambutmu jadi lebih mudah kusut dan terasa kasar? Well, kalau iya, tandanya rambutmu sedang tidak sehat dan membutuhkan perawatan khusus, lho.

Hal ini juga disebabkan karena adanya kerusakan pada lapisan kutikula. Pada rambut yang rusak, kutikula akan terlpas dan patah, yang kemudian akan membentuk ujung yang tajam.

Akibatnya, ujung kutikula pada tiap helai rambut akan saling bergesekan. Hasilnya rambut kita pun akan terlihat lebih kusut dari waktu ke waktu.

Kondisi ini juga diperparah karena jika kultikula rusak, maka kelembapan pada rambut juga akan mudah hilang. Rambut yang kering dapat menyebabkan helai rambut jadi gampang beriktan satu sama lain.

Akhirnya rambut jadi sulit diatur, tampak berantakan dan tidak rapi.

Berbagai Produk Hair Treatment yang Bisa Kamu Coba

produk hair treatment (2)

Nah, dari ciri-ciri rambut rusak dan membutuhkan perawatan khusus yang telah disebutkan di atas, apakah kamu mengalami salah satunya?

Atau barangkali malah mengalami beberapa ciri-ciri itu sekaligus? Well, kalau benar begitu, ada baiknya kamu lebih memperhatikan kesehatan rambutmu.

Yakni mulai dengan menggunakan produk-produk hair treatment yang bisa mengembalikan kesehatan pada rambutmu.

Meski enggak akan bisa mengembalikan kondisi rambutmu seperti semula dengan cepat, setidaknya penggunaan produk hair treatment yang pas akan mengurangi dampak buruk dan kerusakan berkelanjutan.

Di bawah ini ada beberapa produk hair treament yang bisa kamu coba di rumah. Enggak perlu ke salon, cukup aplikasikan sendiri secara rutin.

Yuk, kepoin!

Sampo

produk hair treatment (3)

Sampo adalah produk perawatan rambut yang cukup basic dan memang wajib kamu punyai. Sebab produk ini bisa membantumu membersihkan rambut dari berbagai kotoran, minyak dan polusi.

Apalagi kalau kamu adalah orang yang aktif berkegiatan di luar ruangan. Rambut dan kulit kepala jadi rentan terpapar berbagai kotoran dan polusi.

Seperti halnya memilih produk perawatan kulit, kamu juga harus memilih sampo yang cocok dengan jenis rambut dan kebutuhanmu.

Selain itu, kamu pun harus mencari produk sampo yang tidak menggunakan zat berbahaya dan rawan menyebabkan kerusakan pada helaian rambutmu.

Cara penggunaan sampo:

– Basahi rambut secara merata terlebih dahulu.

– Pakai sampo secukupnya, sesuaikan dengan panjang dan ketebalan rambutmu.

– pijat kulit kepala saat keramas.

– Bilas rambut hingga bersih.

Conditioner

conditioner

Setelah keramas dengan sampo, produk perawatan rambut lain yang perlu kamu pakai adalah conditioner.

Produk hair treatment ini akan membantumu merawat rambut dan menjadikannya lebih lembut, bersinar, dan mudah disisir.

Kamu dapat mencoba conditioner bermerk yang sama dengan sampo, atau juga bisa berbeda. Tentu, yang harus diperhatikan adalah kecocokannya dengan kulit kepalamu.

Cara mengaplikasikan conditioner

– Pakai conditioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Tuang secukupnya sesuai rekomendasi kemasan dan ketebalan rambutmu.

– Usapkan secara merata pada rambut. Kalau rambutmu panjang, aplikasikan dari bagian tengah hingga ke ujung rambut.

– Jangan pakai conditioner pada kulit kepala, ya.

– Kamu bisa menggunakan sisir di ujuang rambut untuk meratakan kondisioner.

– Setelah itu tunggulah selama kurang lebih 1-3 menit, lalu bilas dan tunggu hingga kering.

Seperti halnya sampo, penggunaan conditioner ini cenderung berbeda bagi tiap orang. Karena kondisi dan jenis rambutnya pun berbeda.

Hair Serum

produk hair treatment (4)

Serum rambut memiliki banyak fungsi, antara lain untuk membantu melindungi akar rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahair dan produk-produk hair styling.

Enggak hanya itu, hair serum juga berguna melemaskan rambut sehingga tidak mudah kusust, serta membuat rambut menjadi lebih berkilau.

Dalam serum rambut terdapat berbagai kandungan tinggi, seperti protein dan vitamin. Kandungan-kandungan ini dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut kita.

Cara mengaplikasikan serum rambut

Untuk hasil yang optimal, aplikasikan serum rambut pada pagi hari dan malam hari setelah keramas. Dengan demikian manfaat yang kamu dapatkan akan lebih maksimal.

– Aplikasikan produk dengan perlahan dan merata di bagian akar rambut, sambil pijat kulit kepala dengan lembut.

– Jangan langsung disisi, melainkan diamkan terlebih dahulu selama 15 menit.

– Untuk mengurangi resiko rambut rontok, gunakan sisir dengan gigi yang lebar.

Hair Vitamin

hair vitamin

Rambut juga memerlukan nutrisi tambahan agar tetap sehat, cantik, dan terawat. Setiap usai keramas dan memakai conditioner, usahakan mengaplikasikan vitamin rambut juga.

Namun ingat, jangan mengoleskan vitamin rambut langsung pada kulit kepalamu. Sebab hal ini bisa memicu rasa gatal, produksi minyak berlebih pada kulit kepala, bahkan dapat memunculkan ketombe.

Ketika menyimpan vitamin rambut, usahakan jauhkan dari paparan sinar matahari secara langsung. Jika memungkinkan, simpan produk ini dalam lemari pendingin.

Hal ini dapat membuat zat yang ada dalam serum rambut terjaga dan tidak teroksidasi dengan mudah.

Cara penggunaan serum rambut

  • Setelah keramas, tunggu rambut hingga setengah kering.
  • Oleskan vitamin rambut secukupnya, dari bagian tengah hingga ke ujung rambut
  • Keringkan rambut, tanpa dibilas.

Hair Mask

hair mask

Produk hair treatmenr yang baiknya kamu coba lainnya adalah hair mask atau masker rambut. Produk yang satu ini cocok banget buat kamu yang sering kali menggunkan catokan rambut.

Penggunaan masker rambut bisa memberikan nutrisi dan kekuatan pada batang rambut. Bahkan bisa dapat mengatasi berbagai tanda-tanda kerusakan yang muncul akibat pengaruh kimiawi.

Cara penggunaan masker rambut yang tepat

– Pastikan rambutmu sudah dalam kondisi bersih. Yakni telah dicuci dengan sampo dan dibilas dengan bersih.

– Akan lebih baik kamu tidak menggunakan conditioner sebelum mengaplikaskan masker rambut. Agar pori-pori rambut tidak tertutupi dan mampu menyerap kandungan masker dengan lebih optimal.

– Peras rambut sampai air setengah mengering.

– Oleskan masker rambut secara merata pada bagian akar rambut. Kemudian pijat lembut kulit kepala juga.

– Setelah selesai pada bagian akar rambut, oleskan kembali masker pada bagian tengah batang rambut hingga ke ujungnya.

– Supaya proses penyerapan lebih efektif dan efisien, tutup rambut dengan menggunakan handuk basah yang telah direndam air hangat.

– Tunggu beberapa saat, sesuai intruksi di kemasan produk.

– Bilas dengan air sampai bersih.

Hair Mist

membeli produk kecantikan

Hair mist merupakan produk hair treatment yang sifatnya tambahan atau opsional. Produk ini berguna untuk membuat tiap helai rambutmu lebih harum dan lembut dalam sekejap.

Bukan hanya itu, dalam hair mist pun terkandung zat-zat yang dapat bekerja untuk menjaga kekuatan rambut agar tidak mudah rontok.

Cara pemakaian hair mist

Hair mist merupakan produk hair treatment yang paling mudah digunakan. Bahkan tidak ada kondisi khusus yang menyebutkan kapan harusnya hair mist ini digunakan.

Sebab, karena kemudahannya ini, hair mist bisa dipakai di mana dan kapan saja. Caranya cukup semprotkan hair mist secara merata ke rambutmu.

Cara Memilih Produk Hair Treament Terbaik Sesuai Jenis Rambutmu

produk hair treatment terbaik

Kini berbagai jenis produk hair treatment telah banyak dijual di pasaran. Ragamnya pun sangat bervariasi, mulai dari segi fungsinya, bahan, cara penggunaan, hingga tekstur produk-produknya.

Hal ini tentu sedikit membingungkan, apalagi untuk orang yang baru pertama kali mencoba menggunakan hair treatment tertentu.

Bukan cuma merk dan harganya, kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal yang lebih krusial dan berpengaruh besar dalam efektivitas produk hair treatment tersebut.

Kira-kira bagaimana, sih, cara memilih produk hair tretament terbaik? Yuk, cek hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan di bawah ini!

Sesuaikan dengan Jenis dan Kondisi Rambutmu

produk hair treatment

Pertama perhatikan kondisi dan jenis rambutmu. Karena berbeda jenis rambutnya, maka berbeda pula permasalahan yang dialami.

Sama halnya dengan kulit, jenis rambut ini kita bagi menjadi tiga. Yakni rambut yang kering, rambut yang berminyak dan berketombe, dan rambut normal.

Produk Hair Treatment untuk Rambut Kering

Rambut yang dalam kondisi kering akan mudah rontok, kusut, dan bahkan kehilangan kilau alaminya. Hal ini diakibatkan kelembapan dalam kultikula telah menghilang.

Untuk itu, bagi kamu yang memiliki jenis rambut ini sebaiknya mencari produk yang dapat menghidrasi kulit kepala dan rambutmu dengan baik.

Dengan demikian, rambutmu akan kembali lembap, tidak mudah kering, dan bahkan dapat berkilau lagi. Hindari penggunaan produk perawatan yang justru membuat rambutmu kering.

Misalnya yang mengandung mint, charcoal, dan bahan-bahan lainnya yang bisa menarik kelembapan dari kutikula.

Produk Hair Treatment untuk Rambut Berminyak

Rambut yang berminyak menandakan produksi sebum di kulit kepala sangat berlebih. Hasilnya berbagai kotoran akibat polusi akan mudah menempel di rambut kita.

Hal ini kemudian memunculkan resiko adanya ketombe dan membuat kulit kepala jadi bau. Untuk mengatasi masalah kulit kepala berminyak pilihlah hair treatment yang dapat menetralkan produksi sebum.

Misalnya dengan memilih produk berkandungan mentol, yang mampu membuat kulit kepalamu jadi segar dan tidak mudah bau karena minyak berlebihan.

Perhatikan Kandungan dalam Hair Treatment

Untuk memperoleh hasil yang maksimal, kamu wajib membeli produk perawatan rambut dengan kandungan yang lengkap.

Kamu bisa mengetahui kandungan-kandungan ini dengan membacanya di kemasan produk. Sesuaikan juga kandungan utama yang ada dengan kebutuhan rambutmu.

Dengan demikian, permasalahan rambut yang kamu alami akan dapat terselesaikan dengan efektif.

Misalnya untuk mengatasi rambut yang kering dan kusut, pilihlah produk perawatan rambut dengan kandungan jojoba oil, avocado, vitamin E, vitamin B, dan lainnya.

Pilih Produk Berkandungan Silikon untuk Kerusakan Parah

rambut rusak parah

Kamu mungkin khawatir kalau silikon dapat merusak rambut. Namun sebenarnya kandungan ini juga cukup bermanfaat, apalagi kalau rambutmu damage parah.

Sebab sebenarnya silikon dibentuk dari campuran partikel halus yang aman untuk rambut kita.

Menggunakan produk ini sangat direkomendasikan untuk kamu yang kerusakan rambutnya cukup parah. Sebab, kondisi damage hair yang kamu alami bisa perlahan pulih.

Nah, itu adalah beberapa hal berkaitan dengan produk perawatan rambut yang mungkin saja belum kamu ketahui dengan baik. Mulai dari ciri rambut yang rusak, hingga cara mengatasinya dengan produk yang tepat.

Bagaimana menurutmu? Adakah dari tips-tips itu yang sudah kamu ketahui?

Jika ada saran dan cerita menarik soal perawatan rambut, bisa kamu bagikan di kolom komentar di bawah.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

startegi penjualan saat pandemi

Omset Kian Turun, Pahami Strategi Penjualan Produk Kosmetik Saat Pandemi

Selama pandemic covid berlangsung, banyak hal yang menyebabkan kebiasaan konsumsi masyarakat berubah. Karenanya, kamu bisa menentukan strategi penjualan produk kosmetik saat pandemi. Sebab, di masa yang tidak pasti ini banyak usaha yang ditutup secara sementara maupun permanen. Karenanya dengan...

Continue Reading

Leave a Comment