Reusable Cotton Pads – Inovasi Produk Kosmetik Lebih Praktis dan Ramah Lingkungan

reusable cotton pads (4)

Setelah beraktivitas seharian di luar ruangan, pasti wajahmu terasa kotor dan lengket. Karena minyak wajah yang tercampur debu dan polusi udara.

Nah, kalau sudah begitu, hal yang paling ingin kita lakukan saat pulang ke rumah pasti membersihkan wajah yang kotor tersebut. Misalnya dengan menggunakan cleanser atau micellar water.

Saat mengaplikasikan berbagai skincare pembersih wajah ini, kamu juga pasti menggunakan aplikator. Yakni umumnya menggunakan kapas, yang lembut dan enggak bikin kulitmu mudah iritasi.

Sayangnya tanpa disadari , aktivitas untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit ini ikut menyumbang pencemaran lingkungan.

Misalnya, dilansir dari Tirto.id, bahwa industri kosmetik ini ikut menyumbang pencemaran lingkungan, terutama mikroplastik. Beragam jenis limbah ada dalam produk kosmetik harian, misalnya botol, palet yang digunakan tempat kosmetik, hingga kapas.

Untuk itu sekarang ada inovasi terbaru untuk menanggulangi masalah ini, yang disebut reusable cotton pads. Alternatif baru kapas yang lebih rama lingkungan karena dapat dipakai berkali-kali.

reusable cotton pads adalah  kapas dalam bentuk kain, sehingga dapat digunakan berkali-kali.

Kapas kain ini dibuat sedemikian rupa agar lembut di wajah, walau terkadang ada pula yang sengaja mendesain reusable cotton pads dengan 2 sisi. Yaitu satu sisi lembut dan satu sisi bertekstur untuk eksfoliasi.

Namun, apa sih untungnya bagi kita saat menggunakan reusable cotton pads?

Sebagai jawaban dari pertanyaanmu itu, yuk baca sampai habis!

Keunggulan Reusable Cotton Pads Dibanding Kapas Biasa

reusable cotton pads (3)

Sebelum berpindah menggunakan produk kosmetik tertentu, kamu pasti mempertimbangkan baik dan buruk dari produk tersebut.

Begitu pula saat menggunakan reusable cotton pads. Pasti kamu bertanya-tanya, apasih kelebihan produk inovasi terbaru kapas ini, dibanding yang biasanya. Nah, mari cari tahu sama-sama!

Lebih Hemat dan Dapat Digunakan Berkali-kali

lebih hemat

Keunggulan yang pertama adalah lebih hemat. Hal ini dikarenakan reusable cotton pads dapat digunakan berkali-kali.

Enggak hanya itu, untuk penggunaan sehari-hari dalam rangkaian rutin skincare harianmu. Paling tidak kamu membutuhkan lebih dari satu kapas.

Satu untuk membersihkan wajah dengan menggunakan micellar atau cleanser lain. Lalu lainnya untuk mengaplikasikan toner.

Dengan menggunakan reusable cotton pads, kamu cukup menggunakan satu kapas saja. Apalagi yang dibuat dengan ukuran diameter 6-7 cm, atau yang berdiameter hingga 12 cm.

Bahkan banyak juga kok yang memproduksi reusable cotton pads dengan dua sisi berbeda. Yang pastinya bikin produk ini jadi makin multifungsi.

Nah, biar kamu ada gambaran lebih jelas soal kehematan menggunakan reusable cotton pads ini. Mari kita kalkulasi dan bandingkan uang yang kamu keluarkan dalam setahun untuk membeli kapas.

Simpelnya, anggaplah kamu dalam sebulan menggunakan satu pak kapas dengan harga Rp. 12.000. Maka dalam setahun kamu paling tidak menghabiskan Rp. 144.000 (12.000 x 12) untuk kapas.

Sementara reusable cotton pads dapat digunakan selama 3-4 bulan, dengan harga per pcs-nya senilai Rp 7.500. Sehingga selama setahun kamu hanya perlu menghabiskan Rp 30.000 untuk membeli produk ini.

Jadi udah tahu dong, kenapa menggunakan reusable ini diklaim lebih hemat dibanding menggunakan kapas biasa.

Lebih Ramah Lingkungan

ramah lingkungan

Fungsi utama dari reusable cotton pads adalah untuk menanggulangi limbah di industri kosmetik. Nah, dengan menggunakan inovasi terbaru produk kapas ini kamu bisa menyelamatkan bumi dengan meminimalisir sampah kosmetik.

Sebenarnya, berbagai merk kosmetik ternama sering juga ikut mengampanyekan gerakan ramah lingkungan. Misalnya Innisfree yang juga pernah memproduksi skincare dengan kemasan yang mudah diuraikan.

Punya Bentuk yang Lebih Unik dan Menarik

reusable cotton pads (1)

Satu nilai plus lagi untuk kamu beautylovers, cotton pads ini umumnya didesain lebih lucu dan menarik. Kalau kapas biasa, desainnya bisa dibilang sangat standar dan sama saja. Kalau pun berbeda, lebih pada bentuk dan kehalusannya saja.

Banyak produsen yang membuat produk reusable cotton pads dengan corak dan warna yang lucu. Jadi enggak hanya fungsinya yang lebih baik dan beragam. Produk ini juga memberikan nilai keindahan tersendiri.

Dibuat dengan Fungsi Ganda

toner 1

Telah disinggung sebelumnya bahwa reusable cotton pads sering dibuat dengan dua fungsi.

Hal ini bisa kita lihat dari desain reusable cotton pads yang dibuat dengan dua sisi yang berbeda.

Satu sisinya cenderung dibuat lebih lembut, sementara sisi yang lain lebih kasar. Sisi yang lembut digunakan untuk mengaplikasikan toner.

Sementara sisi yang kasar digunakan untuk eksfoliasi atau proses pengangkatan kotoran di wajah kita.

Nah ini jelas jadi nilai lebih reusable cotton pads dibanding kapas biasa. Yang terkadang kurang efektif digunakan untuk mengangkat sisa kotoran make up dan polusi dari wajah kita.

Aman Digunakan

fungsi toner

Sebelum menggunakan produk perawatan wajah apapun, pasti mempertanyakan keamanan produk tersebut sangatlah wajar. Begitupun ketika kamu memikirkan keamanan reusable cotton pads pada wajah.

Apalagi dengan sisa kotoran dan make up yang menempel di atas kapas. Well sebenarnya kamu enggak perlu khawatir. Karena penggunaan reusable cotton pads ini sudah dinilai aman, kok.

Para ahli menekankan, kunci dari keamanan reusable cotton pads adalah dari kebersihannya. Kamu enggak bisa menerapkan frekuensi pembersihan yang sama dengan aplikator make up lain.

Kamu harus memastikan membersihkan reusable cotton pads tiap kali akan memakainya, atau setelah memakainya. Jadi harus benar-benar dicuci tiap hari ya, Guys.

Dengan demikian risiko bakteri dan kuman menempel pada reusable cotton pads akan semakin kecil.

Penggunaan dan Perawatan Reusable Cotton Pads

cotton pads (2)

Telah disinggung sebelumnya, reusable cotton pads perlu perawatan pembersihan yang rutin. Cara menyimpannya juga tidak boleh sembarangan.

Kalau tidak, bisa-bisa malah banyak bakteri yang menempel di atas kapas tersebut dan jadi berbahaya untuk kamu gunakan.

Nah, agar tak salah langkah dalam merawat dan menggunakan reusable cotton pads. Yuk simak dan ikuti tips-tips di bawah ini ya, Ladies!

Cuci terlebih dahulu sebelum digunakan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencuci kapas ini terlebih dahulu sebelum memakainya. Peraturan pertama ini juga berlaku saat sebelum pemakaian pertama produk tersebut.

Meski kamu dapat menggunakan sabun biasa saat membersihkannya. Enggak ada salahnya juga untuk merawat reusable cotton pads dengan lebih hati-hati, seperti menggunakan make up brush cleanser.

Dengan demikian, debu dan kotoran yang bisa saja menempel di cotton pads milikmu bisa dihilangkan dengan lebih baik.

Bersihkan produk dengan sabun setelah penggunaan

Setelah selesai menggunakan kapas ramah lingkungan ini untuk membersihkan wajah, kamu juga harus memberishkannya dengan sabun. Kalau bisa jangan biarkan dalam keadaan kotor untuk waktu yang lama.

Karena dengan membiarkan noda bekas kosmetik dan polusi terlalu lama di atas kain, malah bikin produk satu ini jadi susah untuk dibersihkan.

Setelah cuci, jemur hingga kering dan kemudian simpan di tempat yang bersih, ya!

Well, itulah hal-hal tentang reusable cotton pads yang barangkali belum kamu ketahui. Baik mengenai keuntungan, hingga bagaimana cara menggunakan dan merawatnya.

Sebenarnya, meski dapat dicuci hingga bersih, reusable cotton pads tetap akan terurai, bernoda dan menjadi lebih longgar saat semakin sering digunakan. Hal ini kemudian yang membuat fungsinya tak akan maksimal.

Maka dari itu, kamu hanya disarankan penggunaan produk inovasi kapas ini hanya dalam jangka waktu 3-4 bulan saja.

Mengingat cara penggunaan dan penyimpannanya yang mungkin cukup ribet, barangkali membuatmu malas untuk mencoba produk kecantikan satu ini.

Ditambah, bisa saja kapas yang kamu beli ternyata lebih murah daripada yang ditotal di atas. Jadi makin sedikit, deh, dorongan untuk mencoba produk inovasi satu ini.

Namun, yang perlu kamu ingat, Guys. Langkah sekecil apapun yang kamu lakukan untuk menyelamatkan bumi kita sangatlah berarti. Persoalan harga dan keuntungan lainnya ini hanya nilai plus yang bisa kamu pertimbangkan.

Jadi, gimana mau coba pakai reusable cotton pads, enggak? Diskusikan di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment