Biar Gak Salah Kaprah, Berikut Perbedaan Skincare dan Make Up yang Perlu Kamu Tahu

perbedaan skincare dan make up

Setiap orang pasti ingin selalu tampil cantik dan menawan setiap hari. Akhirnya banyak yang rela mengeluarkan produk-produk kecantikan, misalnya skincare dan make up.

Ngomong-ngomong soal skincare dan make up, ternyata masih banyak di antara kita yang salah kaprah dan menganggap keduanya adalah hal yang serupa. Padahal perbedan skincare dan make up sangatlah jelas terlihat.

Misalnya pada tahun 2019 lalu, ada kasus razia make up di kalangan murid Sekolah Menengah Atas (SMA). Yang lucunya enggak cuma produk make up aja yang disita, melainkan produk skincare juga, lho.

Padahal skincare dan make up beda banget, dong. Misalnya dari segi sifat, kalau make up itu sifatnya dekoratif, gunanya merias wajah. Nah, kalau skincare untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit kita.

Dari hal mendasar seperti itu saja sudah terlihat perbedaannya. Namun biar makin jelas dan mencegah adanya salah kaprah lagi, baca ulasan di bawah ini sampai habis, ya.

Dari Segi Pengertian

berdasarkan jenis dan fungsi produk

Perbedaan pertama bisa kita lihat dari pengertiannya. Skin care berarti perawatan kulit, atau sebuah produk untuk membuat kulit lebih bersih dan sehat. Penggunaan skincare pun lebih sering karena ingin mengatasi masalah-masalah kulit.

Misalnya ketika kamu memiliki kulit yang kering, kusam bahkan iritasi. Kamu pasti akan membeli produk yang dapat mengatasi masalah tersebut, misalnya dengan membeli pelembap atau krim pereda iritasi kulit.

Sementara make up sendiri dapat diartikan sebagai berdandan atau berhias, yang dilakukan untuk memperindah beberapa bagian wajah. Make up tidak dapat memberikan manfaat menyehatkan untuk kulit kita.

Kegiatan menggunakan make up juga serupa dengan menggambar atau melukis, namun medianya adalah wajah kita. Jadi beda banget ya, sama skin care yang artinya merawat kulit.

Dari Segi Jenis dan Fungsinya

berdasarkan jenis dan fungsi produk

Perbedaan skincare dan make up juga bisa dilihat dari jenis dan fungsinya. Telah disinggung sebelumnya, kalau skin care itu artinya merawat kulit. Sementara make up berarti berdandan atau berhias.

Nah, dari pengertian secara harfiah itu saja kita bisa mengerti fungsi keduanya sudah pasti beda juga.

Skincare berfungsi untuk memelihara kesehatan dan kecantikan kulit. Sejalan dengan fungsi itu, jenis-jenis skincare juga terdiri dari produk-produk yang sangat berguna untuk menyelesaikan permasalahan kulit dan merawat kesehatan.

Skincare terdiri dari produk perawatan kulit wajah, misalnya sabun pencuci wajah (face wash), toner, pelembap wajah (moisturaizer), tabir surya (sunscreen), eye cream, pelembap bibir (lip balm), dan lain sebagainya.

Beda lagi nih sama make up yang berfungsi untuk memperindah tampilan luar kita, jatuhnya seperti dekoratif atau hiasan aja nih. Tapi tidak memberikan efek memelihara kesehatan kulit seperti skincare.

Produk-produk make up juga beda banget sama skincare. Misalnya primer, foundation (alas bedak), BB dan CC cream, juda lip stick, maskara, eyebrow pencil, dan lain sebagainya.

Secara psikologisnya menurut ahli make up memiliki dua fungsi, yaitu seduction dan camouflage.

Orang yang menggunakan make up untuk membuat dirinya lebih menarik berarti menggunakan make up dengan fungsi seduction. Setekah menggunakan meake up pengguna merasa dirinya cukup menaraik terlihat menjadi semakin menarik.

Yang ketiga, yaitu camouflage. Seperti namnaya make up difungsikan utnuk mengkamuflase atau menyamarkan kekurangan fisik. Misalnya ketika orang tidak percaya diri dengan kulit mereka yang berjerawat atau penuh luka.

Wajar banget kalau produk-produk make up seperti ini dilarang untuk digunakan oleh anak di bawah umur. Apalagi kalau diaplikasikan saat akan ke sekolah, selain kurang bagus untuk kesehatan kulit juga akan kesannya berlebihan.

Tapi kalau skincare beda lagi ya, Bun. Karena udah jelas nih, dari fungsinya untuk menjaga kesehatan kulit. Saat di sekolah anak juga pasti sering terpapar sinar matahari, jadi produk skincare (misalnya sunscreen) sangat diperlukan untuk melindungi kulit.

Waktu Pengaplikasian Produk

skincare malam

Selain dari pengertian, fungsi dan jenis produknya. Perbedaan skincare dan make up juga bisa dilihat dari segi waktu pengaplikasian produknya, nih.

Menggunakan skincare bisa dilakukan dari pagi hingga malam hari. Penggunaan skincare di pagi hari dapat memberikan perlindungan pada kulit kita dari paparan sinar matahari.

Sementara menggunakan skincar di malam hari dapat memberikan banyak manfaat pada kulit wajah. Kandungan yang ada dalam skincare bisa menutrisi kulit, membuat proses regenerasi lebih optimal.

Sementara penggunaan make up tidak bisa sefleksibel penggunaan skincare. Umumnya make up hanya digunakan mulai dari pagi hari dan pada acara-acara tertentu saja.

Penggunaan make up di malam hari sangat tidak dianjurkan, ya. Karena bukan malah cantik, wajah juga bakal lebih rentan terkena masalah kulit. Seperti munculnya jerawat, komedo, dan lain sebagainya.

Durasi Efek Juga Berbeda

Menyeimbangkan pH kulit

Perbedaan skincare dan make up selanjutnya bisa dilihat dari durasi efeknya, lho. Bagi pengguna skincare, hasil atau efek yang diiginkan pastinya tidak bisa kelihatan dalam sekejap.

Jangankan dalam waktu menit atau jam, untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cerah kamu setidaknya harus menunggu berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan lamanya.

Sejalan dengan lamanya hasil itu terlihat, penggunaan skincare secara rutin dan teratur juga akan memberikan dampak postif pada kulit dalam jangka waktu yang panjang pula.

Jelas beda banget dengan menggunakan make up. Hasilnya emang cepat, kamu tinggal menyapukan foundation, BB cream atau produk make up lainnya di wajah. Dan, voila! Wajahmu bakal cantik elegan dengan seketika.

Namun efeknya enggak akan bertahan lama seperti skincare, ketika kamu berkeringat dan make upnya luntur wajahmu juga bakal kembali seperti semula. Ya enggak ada efek jangka panjangnya, gitu.

Langkah-langkah Pemakaian Produk

berdasarkan langkah penggunaan

Perbedaan yang lain bisa kamu lihat dari langkah pemakaiannya. Skincare selalu diaplikasikan secara berurutan, mulai dari produk pembersih dilanjut dengan rangkaian skincare lainnya.

Yang bisa kamu baca secara lengkap di pemakaian skinacare pagi dan malam hari.

Sementara make up dipakai setelah skincare diaplikasikan. Dengan demikian riasan wajah yang kamu gunakan akan lebih tahan lama dibanding tidak menggunakan skincare sebelumnya.

Pada umumnya, penggunaan make up dimulai dari foundation, bedak, eyeshadow, dan lain sebagainya. Well, sebenarnya urutan ini juga tidak baku dan tiap orang pun memiliki teknik pengaplikasian yang berbeda.

Itulah perbedaan antara make up dan kosmetik yang perlu kamu ketahui. Mulai dari segi pengertian, jenis dan fungsinya, waktu pemakaian, hingga durasi efek yang diinginkan.

Karena semua orang memiliki ragam kulit yang berbeda-beda, kondisi maupun masalah yang dialami pun berbeda. Ada orang yang memiliki kulit kering dan sensitif, berminyak, atau bahkan kombinasi. Akhirnya penggunaan skincare dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit mereka.

Penggunaan produk-produk make up lebih berfungsi untuk menghias wajah dalam durasi yang singkat. Dan tidak memberikan efek menyehatkan seperti penggunaan skincare secara rutin.

Nah, dari penjelasan-penjelasan tersebut kamu pasti udah bisa membedakan antara skincare dan make up. Jadi jangan keburu salah paham dan malah salah beli produk!

Oh ya, kalau kamu punya pendapat lain soal perbedaan make up dan skincare bisa kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment