Recommended Banget! Ini Dia Skincare untuk Kulit Kusam yang Harus Kamu Coba

skincare untuk kulit kusam

Siapa sih yang enggak pingin punya kulit wajah yang tampak segar dan glowing? Selain bisa menunjang rasa percaya diri, tentunya kondisi ini juga menandakan bahwa kita benar-benar menjaga kesehatan kulit dengan baik.

Sayangnya untuk membuat kulit wajah terlihat segar dan cerah tidaklah semudah yang dibayangkan. Malah seringnya muncul berbagai permasalahan pada wajah, misalnya kulit yang jadi kusam.

Penyebab masalah kulit yang satu ini bisa dibilang cukup beragam. Misalnya disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan, radikal bebas, menumpuknya sel kulit mati, dan masih banyak yang lainnya.

Memang, sih, kulit yang kusam tidak menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman pada wajah. Hanya saja, bagi beberapa orang kondisi ini bisa membuat kepercayaan diri menurun.

Kulit wajah yang kusam sebenarnya dapat diatasi dengan mudah, kok, Guys. Kamu bisa mulai dengan memenuhi gizi dan nutrisi dari dalam, hingga menggunakan skincare untuk kulit kusam.

But, wait! Sebelum terlalu jauh membahas cara mengatasi kulit kusam. Ada baiknya kalau kita mengenal terlebih dulu berbagai penyebab kulit jadi kusam dan tidak bercahaya.

Agar kamu bisa lebih aware dan dapat mencegah hal ini tejadi. Enggak perlu basa-basi lagi, cek ulasan berikut sampai habis, ya!

Berbagai Penyebab Kulit Kusam yang Harus Kamu Hindari

penyebab kulit kusam

Telah disinggung sebelumnya, kulit yang kusam bisa disebabkan oleh banyak faktor. Baik dari dalam tubuh, hingga paparan dari stressor lingkungan.

Memiliki kulit kusam bagi beberapa orang dianggap dapat menurunkan penampilan mereka. Hal ini disebabkan kulit yang kusam akan memberikan kesan wajah terlihat tidak segar dan tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Namun kamu enggak perlu khawatir, karena kulit kusam bisa dicegah, kok. Yakni dengan tahu apa saja penyebab kulit jadi kusam dan menghindarinya semaksimal mungkin.

Menumpuknya Sel Kulit Mati

Malas membersihkan wajah setelah seharian kulit terpapar polusi dan radikal bebas bisa bikin kulit wajah kita jadi kusam, lho.

Gimana enggak? Kebersihan kulit yang enggak dijaga dengan baik bisa membuat sel-sel kulit mati menumpuk dan menyumbat pori-pori wajah kita.

Hasilnya kulit jadi tidak sehat dan bisa menyebabkan warnanya berubah kusam. Bahkan kondisi ini pun bisa memicu masalah kulit lain, seperti munculnya jerawat dan komedo.

Sebab itu, ada baiknya kamu harus rajin membersihkan wajahmu setiap hari. Baik saat pagi sebelum menggunakan skincare, hingga malam hari setelah kamu beraktivitas seharian.

Untuk hasil yang lebih optimal, kamu juga bisa lakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Lakukan paling tidak sebanyak sekali hingga dua kali dalam seminggu.

Kondisi Kulit yang Kering atau Dehidrasi

kulit kering dan dehidrasi

Apakah kamu tahu, kalau ikap malas minum air putih juga bisa mempengaruhi kesehatan dan kecantikan kulit kita?

Yap, hal ini bisa membuat tubuh jadi dehidrasi. Yang akhirnya bisa berpengaruh pada volume aliran darah ke kulit kita.

Hasilnya wajah kita akan tampak kuyu, bahkan membuat kulit dan bibir jadi kering. Selain itu kondisi kulit yang kering juga bisa membuat garis-garis halus di wajah terlihat lebih jelas, lho!

Agar kulitmu enggak kusam, ada baiknya kamu banyak-banyak minum air putih. Paling tidak minum delapan gelas air putih dalam sehari.

Dan untuk merawat kondisi kulit yang terlanjur kusam dan kering, gunakan skincare dengan kandungan humektan yang dapat mengembalikan kelembapan pada sel-sel kulit wajahmu.

Radikal Bebas

polusi

Radikal bebas adalah salah satu penyebab utama munculnya berbagai masalah pada kulit wajah kita. Khusunya pada kulit wajah yang terlihat tidak sehat dan kusam.

Pada kasus yang lebih parah, radikal bebas pun dapat menimbulkan iritasi kulit dan memicu munculnya sel kanker.

Untuk itu, sangat penting bagi kita menggunakan skincare dengan kandungan antioksidan yang mampu melawan dampak buruk dari radikal bebas.

Dengan demikian kesehatan dan kecantikan kulit akan terjaga dengan baik. Jangankan kulit yang kusam, masalah-masalah wajah yang lain pun dapat dicegah kemunculannya.

Kurangnya Asupan Nutrisi dan Gizi oleh Tubuh

kurang nutrisi

Salah satu penyebab lain kulit wajah jadi kusam adalah kurangnya asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh. Yang sangat masuk akal, karena apa yang kita makan akan sangat berpengaruh pada penampilan luar kita.

Misalnya, saat kamu sering mengonsumsi kafein, gula dan minuman berakohol secara berlebihan. Kondisi kulit wajahmu juga akan terpengaruh, jadinya akan tampak kusam dan kering.

Sebaliknya, jika kamu mengonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan mineral, vitamin, serta antioksidan. Kulitmu akan jadi lebih sehat dan tampak lebih glowing.

Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

paparan sinar matahari

Sudah bukan hal baru lagi, kalau paparan sinar matahari yang berlebihan bisa memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan kulit. Termasuk menjadikannya terlihat kusam dan kering.

Bahkan pada kondisi yang lebih ekstrem, paparan sinar matahari bisa menyebabkan kulit jadi terbakar dan iritasi, lho.

Nah, buat kamu yang memiliki aktivitas di luar ruangan cukup tinggi, sebaiknya perhatikan baik-baik dampak matahari bagi kesehatan kulitmu.

Lindungi kulitmu dari paparan sinar UVA dan UVB dengan rutin mengaplikasikan sunscreen atau tabir surya setiap hari. Untuk hasil optimal, aplikasikan sunscreen sesering mungkin di kulitmu. Paling tidak, usapkan dalam rentang waktu 3-4 jam sekali.

Faktor Usia

faktor usia

Seiring bertambahnya usia rupanya juga membuat kulit tampak jadi lebih kusam. Pasalnya di usia yang semakin tinggi, kemampuan kulit kita untuk bergenerasi pun akan jadi semakin lambat.

Hasilnya kulit wajah bisa tampak lebih kusam dan kering. Bahkan garis-garis halus dan keriput akan muncul di kulit kita.

Kandungan yang Harus Ada dalam Skincare untuk Kulit Kusam

produk skincare untuk kulit kusam

Memilih produk perawatan kulit enggak boleh sembarangan, ya. Kamu harus memperhatikan kebutuhan dan tipe kulit wajahmu.

Begitupun saat akan memilih skincare untuk kulit kusam. Pastikan kandungan-kandungan yang ada dalam komposisi skincare aman untuk kulitmu. Jangan salah pilih dan malah memperparah kondisi kulitmu.

Nah, agar warna kulitmu kembali cerah dan tak lagi kusam, berikut beberapa kandungan yang idealnya ada dalam formula skincare untuk kulit kusam.

Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu kandungan yang berasal dari vitamin B3. Kandungan satu ini dapat bekerja dan membantu mencerahkan kulit yang tampak kusam.

Enggak hanya itu, niacinamide pun bisa membuat bekas-bekas jerawat, warna kulit yang tidak merata, hingga flek-flek hitam tersamarkan.

Sebab kandungan ini dapat meminimalisir produksi melanin di kulit kita dan mampu mencegah hiperpigmentasi.

Glycolic Acid

Kandungan dalam skincare kulit kusam yang kedua adalah glycolic acid, yang merupakan jenis terpopuler dari AHA.

Glycolic acid dinilai dapat mengatasi masalah kulit wajah yang kusam dengan baik. Sebab kandungan ini dapat meminimalisir munculnya garis-garis halus, menyamarkan bekas jerawat dan kerutan di wajah.

Tak hanya itu, gylcolic acid pun dapat membantu mencerahkan dan meratakan kompleksi kulit. Dengan demikian, wajah tampak lebih segar dan cerah dari sebelumnya.

Ekstrak Willow Bark

Kandungan lain yang dapat kamu temukan dalam skincare untuk kulit kering adalah ekstrak willow bark. Yang merupakan bagian dari salicylic acid dan dikenal baik untuk mengatasi inflamasi pada kulit.

Willow bark dinilai cukup efektif untuk menenangkan jerawat, peradangan dan iritasi pada kulit kita. Kandungan ini pun diklaim mampu membantu mencerahan kulit dan mengoptimalkan proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Vitamin C

Bukan hal baru lagi kalau vitamin C memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Termasuk untuk mengatasi kulit wajah yang tampak kusam.

Hal ini dikarenakan dalam vitamin C terdapat zat antioksidan yang cukup tinggi. Alhasil wajah jadi lebih terlindungi dari paparan radikal bebas dan kesehatan kulit makin terjaga baik.

Enggak hanya itu, vitamin C rupanya juga dapat membantu meningkatkan kolagen, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan melindunginya dari stressor lingkungan.

Karena manfaatnya yang sangat beragam inilah, kita sering menemukan kandungan vitamin C pada berbagai produk skincare. Khususnya yang bertujuan untuk mencerahkan dan meremajakan kulit kusam.

Ekstrak Kayu Akar Manis

Bahan alami yang satu ini berasal dari ekstrak akar manis, lho. Yang sebenarnya sudah sering digunakan dalam berbagai ramuan pengobatan herbal.

Enggak cuma enak dikonsumsi dan cocok digunakan dalam ramuan herbal, ekstrak akar manis juga berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

Hal ini dikarenakan dalam kayu akar manis terdapat banyak kandungan vitamin E. Yang mampu melembutkan dan menyehatkan kulit wajah kita.

Bahkan penggunaan ekstrak kayu akar manis dalam skincare untuk kulit kusam ini bisa membantu mencerahkan kembali kulit yang menggelap akibat paparan sinar matahari secara berlebihan.

Kojic Acid

Kandungan alami lain yang baik digunakan dalam skincare untuk kulit kering adalah asam kojic. Uniknya, asam kojic ini didapatkan dari jamur yang kerap digunakan untuk membuat sake, lho.

Kojic acid dapat bekerja menekan produksi enzim tyrosinase yang ada dalam tubuh. Hal ini pun berpengaruh kepada kesehatan kulit dan menjadikannya tampak lebih cerah.

Alpha Arbutin

Alpha arbutin adalah kandungan alami yang sebenarnya dapat ditemukan dalam berbagai tanaman dan buah-buahan. Khususnya pada blueberry, bearberrym kulit pir, dan gandum.

Zat ini rupanya dapat membantu mencerahkan kulit wajah yang kusam. Alpha arbutin dinilai lebih efektif dibandingkan arbutin ataupun zat turunannya yang lain.

Bahkan penggunaan alpha arbutin ini dinilai cukup aman dan tidak menyebabkan iritasi pada kulit.

Spirulina

Spirulina merupakan salah satu tanaman ganggang yang dapat kamu temukan hidup di air laut dan tawar.

Jenis ganggang satu ini kaya akan kandungan vitamin, mineral dan antioksidan yang baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Nah, hal itulah yang akhirnya menjadikan ekstrak spirulina cocok digunakan dalam skincare untuk kulit kusam.

Berbagai kandungan yang telah disebutkan sebelumnya, dapat memperbaiki sel-sel kulit, juga melindunginya dari dampak buruk radikal bebas dan paparan sinar matahari secara berlebihan.

Asam Hialuronat

Asam hialuronat adalah salah satu kandungan bahan aktif yang penting ada dalam skincare untuk kulit wajah yang kusam.

Asam hialuronat dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit wajah kita. Tak hanya itu, kandungan ini pun mampu menyamarkan gairs-garis halus dan kerutan di wajah.

Sehingga wajah akan tampak lebih bercahaya dan terlihat segar.

Rangkaian Skincare untuk Kulit Kusam

rangkaian skincare untuk kulit kusam

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa dalam merawat wajah kita enggak boleh sembarangan. Termasuk saat mengaplikasikan rangkaian skincare harian kita.

Karena nih, salah urutan dan pemakaian rupanya dapat membuat efek dari skincare yang kita pakai enggak maksimal. Bahkan kadang malah membuat kandungan dalam skincare tidak menghasilkan efek apapun.

Perawatan kulit kusam juga enggak jauh berbeda, malah kamu harus lebih selektif untuk memilih skincare tertentu.

Nah, agar wajahmu kembali cerah dan sehat, perhatikan rangkaian skincare untuk kulit kusam yang bisa kamu aplikasikan secara di bawah ini!

Cleanser

face cleanser

Telah disebutkan bahwa salah satu penyebab kulit jadi kusam adalah karena menumpuknya kotoran dan sel kulit mati di pori-pori wajah.

Untuk mencegahnya, maka enggak ada salahnya kamu rajin membersihkan wajahmu dengan menggunakan produk pembersih wajah.

Namun, jangan sembarangan pakai juga. Pilih cleanser dengan kandungan yang aman dan tidak keras, misalnya hindari yang mengandung parfum atau alkohol.

Sebab kandungan-kandungan tersebut malah berpotensi bikin kulitmu makin kering. Hasilnya bukan malah kembali cerah, yang ada justru timbul masalah-masalah kulit baru.

Toner

toner

Produk skincare untuk kulit kusam yang wajib kamu gunakan adalah toner wajah. Penggunaan toner bisa dibilang sangat penting, apalagi setelah melakukan proses pembersihan wajah.

Dengan menggunakan toner, kelembapan yang sebelumnya ikut terangkat bersama kotoran akan dapat dikembalikan lagi. Bahkan pH kulit juga akan menjadi lebih seimbang.

Penggunaan toner juga mampu membuat kulit lebih siap untuk menerima kandungan dari rangkaian skincare selanjutnya. Hal ini bisa meningkatkan efek dan manfaat skincare pada kulit.

Serum Wajah Juga Perlu!

serum wajah

Serum wajah adalah salah satu skincare yang dapat memberikan efek besar pada kesehatan dan kecantikan kulitmu.

Bagaimana enggak? Serum wajah diformulasikan dengan berbagai kandungan dan zat yang mampu mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah.

Mulai dari melembapkan, menghilangkan beruntusan, menyamarkan bekas jerawat, hingga membuat kulit tampak lebih cerah.

Oleh sebab itu, penggunaan serum wajah bisa kamu tambahkan dalam daftar rutinitas skincare untuk kulit kusam harianmu.

Pilih serum wajah dengan kandungan yang berguna untuk mencerahkan dan mengembalikan kelembapan pada wajah. Sesuaikan bahan-bahannya juga dengan kondisi wajahmu.

Pakai Moisturizer Sesuai dengan Kebutuhan Kulit

pelembap wajah

Setelelah ketiga rangakaian skincare sebelumnya kamu aplikasikan, pelembap atau moisturizer enggak boleh ketinggalan, dong!

Moisturizer bisa dibilang adalah salah satu produk skincare legendaris. Yang apapun jenis kulitnya, wajib punya produk satu ini.

Kamu telah tahu bahwa kulit yang kering atau dehidrasi bisa membuat wajah tampak kusam. Hal inilah yang membuat pelembap jadi produk skincare andalan untuk mengatasi kulit kusam.

Meski begitu, kamu juga enggak boleh sembarangan memilih dan memakai pelembap. Sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit wajahmu.

Untuk mengatasi kulit yang kusam, gunakan pelembap yang mengandung zat-zat humektan. Seperti asam hialuronat, dimektikon, gliserin, dan kandungan lain yang dapat menghidrasi kulit dengan baik.

Jangan Lupakan Sunscreen

sunscreen (4)

Paparan sinar matahari secara berlebihan adalah musuh kulit wajah sejuta umat. Gimana enggak? Sinar UVA dan UVB dari matahari bisa memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit kita.

Mulai dari membuat kulit kering, iritasi, menjadikannya lebih kusam dan gelap. Bahkan enggak sedikit pula yang mengalami sunburning, alias terbakar sinar matahari.

Wah, selain bikin penampilan enggak oke, bisa menimbulkan rasa tak nyaman dan sakit pula!

Oleh sebab itu, jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen tiap kamu akan beraktivitas. Apalagi kalau kamu sering berada di luar ruangan dalam waktu yang lama.

Usahakan rajin menggunakan sunscreen, paling tidak selama 3-4 jam sekali. Usapkan secara merata pada bagian kulit yang tidak tertutupi kain, termasuk wajahmu.

Gunakan Masker dengan Bahan Alami

jenis-jenis clay mask

Memakai masker emang enggak bisa dilakukan setiap hari, bahkan bisa dibilang sifatnya pun hanyalah opsional.

Namun enggak bisa dipungkiri kalau dengan mengaplikasikan masker secara rutin, kulit wajah kita akan jadi lebih sehat. Sebab masker dapat memberikan nutrisi dan efek menenangkan pada kulit kita.

Kini, untuk memudahkan dan menjawab semua permasalah kulit, masker diciptakan dengan beragam inovasi. Baik dari segi jenis, bahan hingga khasiatnya.

Untuk mencoba mengatasi kulit yang tampak kusam, kamu bisa mulai dengan menggunakan masker alami. Karena masker ini cukup aman dan resiko munculnya iritasi pun lebih minim.

Eksfoliasi Wajah Secara Teratur

moisturizer

Eksfoliasi wajah bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk. Dengan demikian, proses regenerasi sel-sel kulit baru akan lebih optimal. Hasilnya wajah akan jadi lebih sehat dan tampak lebih cerah.

Sebagai catatan, eksfoliasi wajah ini enggak bisa sering-sering kamu lakukan. Kalau kulitmu kering dan sensitif, cukup lakukan rutinitas kecantikan satu ini selama sekali seminggu.

Kalau kamu punya kulit yang cenderung berminyak, boleh dilakukan sebanyak dua kali seminggu. Ingat, lakukan dengan lembut dan jangan berlebihan.

Nah, Ladies, itu adalah beberapa hal mengenai skincare kulit kusam yang perlu kamu ketahui. Mulai dari penyebab kulit kusam, kandungan skincare yang efektif untuk mengatasinya, hingga rangkaian produk skincare yang bisa kamu coba.

Tahapan-tahapan di atas tentunya enggak akan langsung menunjukkan hasil dengan cepat. Perlu waktu agar skincare dapat bekerja dengan baik dan optimal.

Kalau kamu punya tips dan cerita menarik seputar kulit kusam, yuk bagiin di kolom komentar!

About Author

Related posts

Leave a Comment