Enggak Ada Matinya, Berikut Tips Membuka Bisnis Salon Kecantikan Di Rumah

membuka bisnis salon kecantikan (3)

Industri kecantikan di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya bisnis-bisnis baru dalam bidang ini yang terus bermunculan.

Kemenprin menyebutkan pada tahun 2019 lalu pertumbuhan industri kecantikan mencapi 27 persen. Lebih lanjut, pertumbuhan ini dipicu oleh minat masyarakat akan kosmetik dan hal-hal mengenai kecantikan selalu meningkat.

Salah satu hal yang dapat membuktikan laju pertumbuhan bisnis kecantikan ini dengan munculnya salon-salon kecantikan.

Tidak hanya di kota-kota besar dengan pusat perbelanjaan modern, tetapi juga salon-salon kecantikan di pasar tradisional bahkan sebagai bisnis rumahan.

Dapat dibilang bisnis salon kecantikan ini enggak ada matinya. Terlebih minat masyarakat (khususnya perempuan) terhadap kecantikan sangatlah tinggi.

Misalnya, tren boleh berubah namun antusiasme masyarakat akan kecantikan itu selalu naik. Apalagi bagi beberapa orang, mengeluarkan uang untuk merawat tubuh tidaklah dianggap sebagai masalah besar.

Maraknya pertumbuhan bisnis salon kecantikan ini juga menunjukkan bahwa persaingan juga cukup tinggi. Untuk itu para pelaku bisnis ini dituntut untuk semakin kreatif dan inovatif dalam menciptakan atau mengikuti tren tertentu.

Begitu pun saat kamu ingin terjun dalam bisnis salon kecantikan. Kamu juga harus dapat menyesuaikan bisnisnya dengan perkembangan zaman dan transformasi digital.

Meski demikian, agar dapat bertahan di dunia kecantikan hal yang terpenting untuk kamu lakukan adalah selalu tekun dan tidak pernah berhenti belajar.

Dengan skill yang semakin baik, kamu juga pasti dapat mengikuti tren kecantikan yang berkembang di masayarakat.

Namun dengan peluang yang besar, bukan berarti kamu dapat sembarangan atau asal-asalan dalam membuka bisnis salon kecantikan.

Sama seperti bisnis pada umumnya, kamu harus menyusun rencana dan mempersiapkan segalanya dengan matang.

Penasaran, kan? Baca artikel ini sampai habis, ya!

Modal untuk Membuka Bisnis Salon Kecantikan

lebih hemat

Membuka bisnis salon kecantikan dan menjaganya agar berkembang tentu membutuhkan usaha serta modal yang tidak sedikit.

Namun jangan jadikan hal ini jadi hambatan, justru kamu harus bisa menyelesaikan dan menggali peluang yang ada.

Kamu bisa memulai bisnis salon sederhana dan membukanya di rumah sendiri. Jangan takut bisnis salon kecantikanmu enggak bisa berkembang dan maju.

Justru banyak kok ibu-ibu rumah tangga yang enggan keluar ke kota hanya untuk pergi ke salon. Nah, kamu bisa memanfaatkan celah ini.

Terlebih modal yang dibutuhkan pun akan lebih miring daripada menyewa lokasi atau tempat di pusat perbelanjaan dan di perkotaan.

Modal untuk membuka salon kecantikan dapat kita bagi menjadi dua. Yang pertama modal soft skill berupa keterampilan, dan kedua modal materiil meliputi uang dan sarana.

Keterampilan Membuka Salon Kecantikan

membuka bisnis salon kecantikan (2)

Keterampilan adalah modal yang utama untuk membuka salon kecantika. Tanpa ketrampilan yang mumpuni mana mungkin kamu dengan sembarangan memberikan jasa pada orang lain.

Selain akan membuat pelanggan tidak puas, salon kecantikan yang kamu bangun juga enggak akan pernah dilirik lho. Nah, kalau sudah begitu mana bisa berkembang, apalagi sampai sukses.

Untuk itu enggak ada salahnya kalau kamu mengasah ketrampilanmu di bidang kecantikan lebih dalam lagi. Misalnya dengan mengikuti kursus make up, potong rambut atau hair styling.

Dengan demikian kamu dapat memberikan pelayanan yang optimal dan memuaskan untuk pelangganmu. Dan dari pelanggan yang puas itu, nama salonmu juga akan dikenal baik oleh calon konsumen.

Modal Materiil

membuka bisnis salon kecantikan (5)

Setelah memiliki ketrampilan yang memadai, hal yang harus kamu persiapkan selanjutnya adalah modal materiil. Modal ini meliputi uang untuk membeli sarana dan alat untuk membuka salon kecantikan.

Karena membukanya di rumah sendiri, kamu enggak perlu repot untuk membayar sewa tempat. Cukup perhatikan alat yang kamu butuhkan.

Untuk mempermudahmu melakukan persiapan, simak rincian pengeluaran di bawah ini.

NoAlat atau BarangHarga (Rp)
1Make up set200.000
2Hair dryer300.000
3Catokan rambut300.000
4Kursi untuk cream bath2.000.000
5Kursi untuk antrean (3)1.000.000
6Bahan-bahan (obat rambut, dll)1.000.000
7Alat-alat kecantikan lain (brush, sisir, gunting, dsb)1.000.000
Tabel Rencana Modal Membuka Salon Kecantikan

Itu dia besarnya modal yang bisa kamu siapkan untuk memulai bisnis salon kecantikan. Tentu saja anggaran ini enggak bisa sepenuhnya sama dan tak dapat dijadikan patokan, ya.

Sebab sebenarnya kamu bisa menyesuaikan kebutuhan tersebut dengan besarnya uang modal yang kamu miliki sekarang. Kamu bisa membeli alat dan bahan yang paling kamu prioritaskan terlebih dahulu.

Untuk kelengkapan alat-alat lainnya, atau menambah kuantitasnya bisa kamu lakukan saat bisnismu sudah berjalan cukup lancar.

Langkah Praktis Membuka Bisnis Salon Kecantikan

membuka bisnis salon kecantikan (1)

Setelah mengetahui hal-hal apa yang harus kamu miliki dan persiapkan untuk memulai bisnis salon kecantikan. Selanjutnya kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini agar dapat memulai bisnis tersebut dengan baik.

Sesuaikan Layanan yang Disediakan dengan Keahlian

membuka bisnis salon kecantikan (4)

Salon kecantikan memiliki cakupan penyediaan jasa yang luas. Mulai dari memberikan jasa rias wajah, potong rambut dan hair styling, hingga menyewakan berbagai pakaian pesta.

Nah, untuk awalan membuka bisnis salon kecantikan, ada baiknya kamu tentukan terlebih dahulu layanan apa yang ingin kamu berikan. Namun sesuaikan dengan keahlian yang kamu miliki juga.

Dengan begitu kamu dapat memberikan layanan terbaik pada konsumen dan membuat mereka betah untuk berlanggan di salon kecantikanmu.

Untuk memulai bisnis ini, kamu enggak perlu menyediakan layanan yang terlalu rumit seperti perawatan wajah yang menyeluruh, atau yang memerlukan banyak peralatan canggih lainnya.

Cukup awali dengan jasa yang ringan dan sederhana, misalnya dengan merias anak-anak remaja yang hendak di wisuda, hingga hair styling sederhana.

Nah, ketika sudah memiliki modal yang lebih besar kamu bisa memperluas cakupan layanan jasa salonmu.

Jangan terlalu terburu-buru untuk mendapatkan kesuksesan instan, karena seremeh apapun usaha yang coba kamu mulai pasti membutuhkan ketekunan.

Dengan ketergesaan, bisa-bisa malah banyak detail dan modal yang keluar di luar kontrol kita. Sementara ketika kita mengembangkan usaha secara bertahap, akan lebih mudah mengatur modal dan keuntungan yang didapat.

Rancang Daftar Rencana Bisnis

riset

Pebisnis yang baik akan memulai usaha mereka dengan membuat rancangan perencanaan bisnis. Begitupun saat ingin membuka bisnis salon kecantikan.

Agar pekerjaanmu teratur dan tidak terlewat, buatlah rancangan rencana bisnis salon kecantikan secara garis besar dan juga secara mendetail.

Mulai dari menentukan tema dan target pasar salon, jenis keahlian atau jasa yang disediakan, perlengkapan, pembiayaan, jalur promosi, dan masih banyak lainnya.

Dengan menyusun rancangan ini kerjamu akan jauh lebih tertata dan sistematis. Karena tiap hal yang dicantumkan dalam daftar juga berhubungan dan penting dalam membuka bisnis salon kecantikan milikmu.

Misalnya, dalam daftar itu hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan konsep salon dan target pasar. Kalau mau buka salon kecantikan rumahan pasti target pasarmu adalah ibu-ibu kompleks dan perempuan muda yang ada di sana.

Maka, kamu bisa sesuaikan konsep salon kecantikanmu berdasarkan lingkungan itu. Yakni dengan memberikan pelayanan yang sederhana, ekonomis, namun tetap memiliki kualitas.

Penyusunan daftar perencanaan ini barangkali akan sedikit menyulitkan, apalagi kalau kamu enggak punya pengalaman sebelumnya.

Nah, kamu bisa mendapatkan informasi dari kenalan yang telah membuka salon atau memiliki pengalaman. Diskusikan juga sebaiknya langkah apa yang baiknya kamu ambil.

Lakukan Anggaran Biaya

riset

Kamu telah mengetahui kisaran besar biaya atau modal yang diperlukan dari uraian sebelumnya. Namun yang telah dituliskan di atas bisa saja berbeda, bergantung dengan konsep dan jasa yang ada di salon kecantikanmu.

Nah, karena itu kamu perlu membuat anggaran biaya lagi yang lebih rinci. Terlebih jika modal yang kamu miliki tidaklah besar, maka sangat perlu menghitung seberapa banyak biaya awal yang diperlukan.

Jangan lupa hitung juga presentase dana yang akan diperlukan untuk peralatan dan bahan pada bulan-bulan berikutnya.

Sebagai catatan, kalau kamu ragu untuk mencari dan menggunakan modal pinjaman. Maka cukup manfaatkan modal yang ada terlebih dahulu.

Jangan takut bahwa bisnismu bakal susah berkembang karena minimnya pelayanan. Yang penting, jalankan dulu dengan tekun, maka sedikit demi sedikit orang akan mengenal salon kecantikanmu.

Dan dari sanalah kamu bisa mengembangkan usaha salon kecantikan tersebut. Jadi usahakan tidak tergoda dengan hasil instan dan malah membuatmu kalang kabut sendirian, ya!

Promosi Itu Penting!

Setelah keahlian dan rancangan rencana usaha telah disusun, biaya juga sudah dianggakan. Maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah melakukan promosi.

Beruntungnya, kini untuk mempromosikan salon kecantikan yang akan kamu jalankan bisa dilakukan jauh hari sebelum benar-benar dibuka.

Dengan demikian, kamu bisa promosi sembari mempersiapkan segala keperluan yang kamu butuhkan. Dan ketika hari H, kamu bisa menunjukkan pada konsumen yang datang keahlian dan pelayanan terbaikmu untuk mereka.

Akan lebih menguntungkan kalau kamu sebelumnya pernah bekerja di salon-salon besar atau memiliki jangkauan sosial yang luas. Karena kamu bisa memulai promosi melalui klien lama atau kenalan-kenalanmu tersebut.

Berikan mereka diskon pembukaan salon, karena siapa, sih, yang enggak suka diskon? Beri juga mereka apresiasi dan kesan yang baik saat memberikan layanan.

Sehingga mereka akan terdorong untuk merekomendasikan salon kecantikan yang kamu buka pada rekan-rekan mereka lainnya.

Sementara untuk menarik konsumen baru, kamu bisa mempromosikan bisnismu melalui media sosial, menyebar brosur dan memasang banner yang cukup besar di dekat lokasi salon.

Jangan Sampai Ketinggalan Tren Terkini

iklan media sosial

Tren kecantikan dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan, bergantung dengan gaya hidup dan arus budaya yang berkembang.

Nah, biasanya tren ini bisa dilihat dari aktivitas masyarakat yang aktif menggunakan media sosial. Dari sini kamu bisa mengetahui jenis make up look apa yang sedang tren.

Mulai dari gaya riasan wajah, gaya rambut, busana, hingga kosmetik apa yang lagi populer. Berbagai tren ini dapat kamu terapkan dan tawarkan pada pelanggan salon kecantikanmu.

Enggak hanya itu, mereka juga akan terkesan karena “pengetahuanmu” tentang tren kecantikan terbaru. Sehingga para pelanggan akhirnya akan terus mengandalkan jasa yang kamu tawarkan di kemudian hari.

Tetap Berkomitmen Dengan Usaha yang Kamu Mulai

Langkah yang satu ini udah sering disinggung sebelumnya, yakni terus berkomitmen. Artinya kamu enggak boleh tergiur dengan kesuksesan instan, melainkan selalu tekun dan bekerja keras.

Untuk memulai usaha memang dibutuhkan waktu dan kesanbaran ekstra. Namun komitmen ini yang akan menentukan keberhasilan bisnis salon kecantikan yang kamu buka.

Bentuk dari konsistensi dan komitmen ini bisa berupa pelayanan yang selalu maksimal, serta selalu memberikan usaha terbaik apapun situasinya.

Ingat ya, meski susah tapi yakinkan dirimu kalau bisa melewati fase tersebut dengan baik. Karena usaha keras kita enggak akan pernah sia-sia, pasti ada saja yang akan kita dapatkan sebagai hasilnya.

Jadi, jangan mudah menyerah, ya! Yakin kalau kamu bakal selalu bisa untuk maju dan berkembang.

Tips Biar Bisnis Salon Kecantikanmu Kian Meroket

scale-up

Setelah berhasil membuka usaha salon kecantikan milikmu, sekarang PR yang harus kamu kerjakan adalah menjaga dan mengembangkan bisnis itu.

Namun, hal apa saja sih yang harus dilakukan agar bisnis salon kecantikan yang kamu jalankan bisa berkembang dan sukses?

Nah untuk menjawab pertanyaanmu itu, berikut beberapa tips hasil rangkuman dari berbagai sumber agar bisnis salon kecantikanmu kian meroket.

Pelajari sama-sama, yuk!

Perhatikan Kualitas Hasil Jasa dan Lakukan Evaluasi

menyiapkan daftar

Agar bisnis salon kecantikan yang kamu jalankan tetap stabil dan bahkan bisa menunjukkan peningkatan. Kamu harus memperhatikan kualitas hasil jasa yang kamu tawarkan.

Jangan karena sudah laris dan banyak pengunjung, lantas kamu malah asal-asalan dalam memberikan penawaran. Alhasil pelanggan pun juga tidak akan merasakan hasil perawatan yang maksimal.

Hal inilah yang akhirnya membuat pelanggan kecewa dan membuat bisnismu tidak bisa berkembang dengan baik.

Usahakan lakukan evaluasi secara rutin per bulan, untuk melihat hal apa saja yang membuat pelanggan tidak ingin kembali atau sebaliknya.

Dengan demikian kamu bisa mengetahui di mana hal yang harus diperbaiki, dan pelayanan apa yang harus ditingkatkan.

Berikan Diskon dan Penawaran Menarik untuk Pelanggan

Iklan kosmetik

Diskon dan penawaran menarik selalu menjadi hal yang paling ampuh untuk memikat kesetiaan pelanggan kamu.

Mereka akhirnya jadi terikat dan setia menggunakan jasa salon kecantikan yang kamu tawarkan. Bahkan dari beberapa pelanggan setia itu, akan ada yang merekomendasikan salonmu kepada lingkaran sosial mereka.

Nah, untung banget akhirnya. Enggak hanya bikin pelanggan lama setia, namun kamu juga berkemungkinan besar akan menerima pelanggan baru.

Bangun Kesan Ramah dan Terbuka Pada Pelanggan

membuat face mist

Mayoritas pelanggan salon kecantikan seringnya didominasi oleh perempuan, khususnya ibu-ibu muda dan perempuan dewasa.

Nah, kamu bisa menarik perhatian ibu-ibu muda ini dengan membangun kesan ramah dan terbuka kepada mereka. Mulai dari menciptakan obrolan yang hangat, memberikan pelayanan yang menyenangkan, dan lainnya.

Karena dengan pergi ke salon kecantikan, mereka enggak cuma pingin cantik. Sebagian besar perempuan juga suka melakukan “Me Time” setelah menjalani hari yang berat dan padat.

Dan salah satu aktivitas “Me Time” yang sering dilakukan adalah yang berkaitan dengan kecantikan, termasuk pergi ke salon.

Jadi untuk meningkatkan mood dan menumbuhkan ketertarikan mereka pada salon kecantikanmu, buatlah mereka nyaman saat datang ke sana.

Sebab enggak dapat dipungkiri, rangkaian perawatan kecantikan yang dilakukan juga cukup panjang serta memakan waktu yang tidak sebentar.

Berikan After Sales Service yang Menarik

iklan niaga

After sales service merupakan salah satu bentuk promosi yang terbilang ampuh untuk meningkatkan brand awareness bisnismu.

After sales service ini banyak sekali bentuknya, mulai dari pemberian souvernir, memberikan voucher khusu dan masih banyak yang lainnya.

Tujuan dengan memberikan pelayanan ini yakni untuk mengikat dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Meski hasilnya tidak langsung tampak begitu saja, after sales service sangat berguna untuk meningkatkan reputasi dari bisnismu.

Untuk tahu lebih jauh soal after sales service, kamu bisa baca di sini.

Nah, itu adalah hal-hal yang perlu kamu persiapkan ketika ingin membuka usaha salon kecantikan. Mulai dari modal, langkah-langkah awal yang harus kamu lakukan, hingga tips-tips untuk membantu mengembangkan bisnis tersebut.

Sebenarnya dalam memulai usaha kamu akan menemukan berbagai tantangan dan rintangan. Tapi ingat, kamu enggak boleh mudah menyerah. Melainkan harus menemukan cara untuk mengatasi itu.

Semoga tips-tips di atas dapat membantumu dan memberikan gambaran ketika ingin membuka usaha salon kecantikan.

Nantikan tips-tips lain seputar bisnis kosmetik di artikel selanjutnya! Jangan lupa comment, share dan like-nya, ya.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment