Tak Cuma Mencerahkan, Kepoin Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit dan Rambut Ini

manfaat vitamin C untuk kecantikan (2)

Buat kamu yang sudah mengikuti berbagai tren skincare, pasti udah enggak asing lagi dengan manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit dan rambut.

Pasalnya vitamin C sangat sering digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, baik dalam skincare, body care, hingga produk hair care.

Memang tidak mengherankan, sebab vitamin C merupakan salah satu kandungan yang sangat dibutuhkan dalam merawat kulit dan rambut agar sehat serta terlindungi dari berbagai kerusakan akibat sinar matahari.

Manfaat vitamin C untuk kecantikan ini bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi makanan berkandungan senyawa tersebut, ataupun menggunakan produk perawatan kecantikan yang mengandung bahan tersebut.

Berbagai Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

manfaat vitamin C untuk kecantikan

Kulit adalah organ terbesar dari tubuh kita, yang fungsinya dapat menjadi garda pertama dalam melindungi jaringan yang ada di bawahnya dari dampak buruk polusi eksternal.

Nah, karenanya untuk menjaga fungsi kulit agar selalu optimal dan bekerja dengan baik, kamu membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang.

Meliputi protein, asam lemak tak jenuh, mineral, air, hingga aneka vitamin. Di antara berbagai nutrisi yang dibutuhkan tersebut, vitamin C juga menjadi salah satu yang harus kamu penuhi, lho!

Memang apa saja manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit sampai memiliki peran yang begitu penting? Yuk, cek ulasannya di bawah ini sama-sama!

Mencegah Kerusakan Akibat Paparan Radikal Bebas

meningkatkan tampilan kulit

Radikal bebas merupakan salah satu penyebab berbagai masalah kecantikan kulit yang sangat umum terjadi. Seperti munculnya jerawat, warna kulit yang kusam dan kering, hingga berbagai masalah penuaan pada kulit.

Nah, untungnya vitamin C adalah satu sumber antioksidan yang sangat baik untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. Senyawa ini bahkan bisa merawat dan mencegah kerusakan sel serta jaringan kulit pada paparan radikal bebas.

Berperan Penting dalam Pembentukan Kolagen

kulit sehat

Kolagen merupakan salah satu protein yang banyak ditemukan pada jaringan ikat tubuh, salah satunya pada kulit. Karenanya, protein ini berperan penting dalam menjaga elastisitas dan kekenyalan kulit.

Sayangnya, produksi kolagen pada tubuh bisa semakin berkurang seiring pertambahan usia seseorang. Hal inilah yang akhirnya membuat keriput dan garis halus muncul di kulit wajah.

Namun, kamu enggak perlu khawatir, salah satu manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit yang pertama adalah merangsang produksi kolagen.

Melindungi Kulit dari Dampak Buruk Radiasi UV Berlebihan

melindungi dari sinar matahari

Selain molekul radikal bebas, sinar matahari pun memiliki dampak yang buruk pada kulit jika terpapar dalam waktu yang lama.

Sinar matahari memang memiliki banyak manfaat untuk memicu produksi vitamin D, yang dibutuhkan untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit.

Namun, jika terlalu banyak terpapar sinar matahari, hal ini akan memberikan efek negative pada kulit. Termasuk perubahan warna kulit, hiperpigmentasi, iritasi, bahkan mengalami sun burning.

Kabarnya, kerusakan yang disebabkan oleh sinar matahari berlebihan ini bisa dicegah berkat kandungan vitamin C pada kulit kamu.

Sebab, beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C juga memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Sehingga terbukti efektif dalam mencegah kerusakan dan mengurangi peradangan ataupun efek iritasi akibat terbakar radiasi sinar ultraviolet.

Bahkan vitamin C juga bisa mencegah terbentuknya flek hitam atau sunspot yang ada pada kulit wajah kamu.

Menurunkan Risiko Adanya Kanker Kulit

Semakin tinggi usia seseorang dan tingginya polusi lingkungan kian hari, hingga akhirnya bisa membuat sel dan jaringan kulit rentan mengalami kerusakan. Hal ini bisa menjadi semakin buruk dan membuat risiko adanya kanker kulit semakin tinggi.

Berdasarkan satu riset kesehatan, diketahui bahwa efek antioksidan dan antiradang pada vitamin C ternyata juga baik untuk memperbaiki jaringan pada kulit yang mengalami kerusakan.

Efek ini pun sama besarnya untuk berperan dalam mencegah berbagai terjadinya kanker kulit. Sehingga akan sangat penting untukmu memperoleh asupan nutrisi ini secara rutin tiap hari, akhirnya kesehatan kulit terjaga.

Berbagai Manfaat Vitamin C untuk Kecantikan Rambut

manfaat vitamin c untuk rambut

Selain baik untuk menjaga kesehatan kulit, manfaat vitamin C untuk kecantikan dan kesehatan rambut juga enggak kalah banyaknya.

Saking baiknya, kamu bisa menemukan berbagai jenis produk perawatan rambut dengan kandungan vitamin C. Nah, kira-kira apa saja manfaat vitamin C untuk kecantikan rambut? Langsung cari tahu dari ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

khasiat susu untuk kecantikan

Tahukah kamu kalau asupan vitamin C pada tubuh kita memiliki peranan yang sangat besar terhadap kesehatan dan kecantikan rambut?

Vitamin C sangat berperan dalam pembentukan kolagen dan mendorong pertumbuhan rambut kamu. Karenanya, bila tubuh mengalami deficit vitamin C, maka kemungkinan kerontokan dan penipisan rambut akan semakin terjadi.

Membuat Rambut Lebih Lebat

manfaat serum rambut (1)

Ketika kulit kepala ternutrisi dengan baik dan kian sehat, maka pertumbuhan rambut pun akan semakin optimal. Bahkan kekuatan rambut juga akan terjaga, tidak mudah rapuh, dan terhindar dari kerontokan.

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang bisa mendukung fungsi kulit kepala. Sebagai salah satu antioksidan alami, vitamin ini akan membantu memberikan perlindungan ekstra pada rambut dan kulit kepala, serta membuatnya jauh lebih sehat.

Mencegah Adanya Ketombe

sampo untuk rambut berketombe (1)

Selain bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan bau yang kurang sedap, penumpukan ketombe di kulit kepala pun bisa membuat folikel rambut tersumbat.

Kondisi ini akan memberikan pengaruh lanjutan pada kulit kepala dan menghambat pertumbuhan rambut baru yang sehat.

Nah, salah satu manfaat vitamin C untuk kecantikan rambut adalah membantu melawan pembentukan bakteri penyebab ketombe di kulit kepala.

Selain menyingkirkan ketombe dan mencegah adanya penumpukan di folikel, manfaat ini pun bisa membantu mendorong pertumbuhan baru yang lebih sehat.

Menghambat Adanya Uban di Rambut

mencegah penuaan dini

Tak hanya mencegah adanya penuaan dini di kulit, vitamin C juga bisa memberikan manfaat yang sama untuk rambutmu. Ya, apalagi dengan menghambat perubahan warna dan kemunculan uban di batang rambbut.

Kemampuan vitamin C dalam menutrisi, melindungi, dan memperbaiki jaringan rambut serta kulit kepala ini memungkinkan untuk mempertahankan warna alami rambut.

Berbagai Sumber Vitamin C yang Bisa Kamu Coba

jenis vitamin yang baik untuk kulit

Setelah melihat berbagai manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit dan rambut di atas, kamu pasti udah enggak sabar ingin menggunakan kandungan ini sebagai bagian dari perawatan kecantikan harianmu, bukan?

Nah, untungnya vitamin C bisa didapatkan dengan cukup mudah. Lebih jelasnya, simak berbagai sumber vitamin  C yang bisa kamu coba di bawah ini, ya!

Menggunakan Produk Kosmetik Berkandungan Vitamin C

cara mengatasi jerawat di pantat (3)

Telah beberapa kali disebutkan sebelumnya bahwa vitamin C kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, mulai dari rambut, hingga ke ujung kaki.

Hasil penelitian pun menunjukkan bahwa penggunaan produk kosmetik berkandungan vitamin C pada kulit diketahui dapat membantu mengurangi jumlah sel kulit yang rusak atau bermasalah.

Baik yang disebabkan oleh pertambahan usia, kurangnya nutrisi, maupun akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas secara berlebihan.

Produk perawatan kecantikan yang menagdnung vitamin C pun dapat membantu mengatasi masalah dehidrasi, dengan mendorong produksi kolagen yang bisa menjaga kadar air dalam jaringan kulit.

Kamu bisa memilih produk perawatan yang kamu butuhkan dengan kandungan vitamin C ini. Hasilnya pun dijamin kian optimal, karena biasanya banyak bahan aktif lain yang ditambahkan untuk mendukung kerja vitamin C bagi kecantikan kulit.

Melalui Bahan-bahan Alami Berkandungan Vitamin C

jenis buah untuk kecantikan

Selain menggunakan produk-produk yang telah dijual bebas di pasaran itu, kamu pun bisa mendapatkan manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit dan rambut melalui bahan-bahan alami yang mengandung nutrisi ini.

Bahan alami yang dimaksudkan bisa dari buah, sayur, maupun jenis minuman herbal seperti berbagai jenis teh yang baik untuk perawatan kulit.

Buah-buahan seperti tomat, cerry, nanas, pisang, lemon, jeruk, mangga, dan kiwi, dikatakan memiliki nutrisi vitamin C yang sangat tinggi. Sehingga dapat memnuhi asupan harian senyawa ini dalam tubuh kamu.

Selain mengonsumsinya, kamu pun bisa memanfaatkan berbagai bahan alami tersebut sebagai masker organic di rumah.

Perawatan yang rutin dan tekun akan menghasilkan manfaat yang sama efektifnya dengan menggunakan produk perawatan kecantikan hasil olahan vitamin C.

Nah, itu adalah berbagai manfaat vitamin C untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu ketahui. Apakah selama ini kamu sudah mengonsumsi vitamin C dengan cukup setiap hari?

Kalau belum, mulai perbaiki asupan gizi dalam makanan yang kamu konsumsi dan jaga pola hidup sehat, ya. Karena yang cantik di luar itu juga merupakan hasil dari tubuh yang sehat.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

manfaat emolien untuk kecantikan

Bantu Lembapkan dan Lindungi Kulit, Ini Manfaat Emolien untuk Kecantikan

Menjaga kelembapan kulit merupakan hal yang sangat penting bagi kesehatan kulit wajah, menghindarkannya dari kulit yang kering, mengelupas, maupun terasa kasar. Untuk menjaga kelembapan kulit ini sangatlah mudah, selain memenuhi asupan air yang cukup, kamu pun dapat menggunakan berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment