Fakta Essential Oil serta Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

essential oil (4)

Kamu mungkin udah enggak asing dengan kandungan skincare satu ini. Ya, essential oil merupakan minyak alami yang sangat sering digunakan dalam beberapa produk kosmetik, mulai dari perawatan kulit wajah dan tubuh, hingga berbagai jenis parfum.

Essential oil atau yang juga dikenal dengan nama minyak atsiri ini, didapatkan dari proses ekstrasi dari tanaman tertentu dan menghasilkan aroma wangi yang khas.

Umumnya, minyak astiri pun digunakan sebagai aromaterapi untuk merelaksasi tubuh, memperlancar aliran darah, hingga membuat stress dan tekanan pada pikiran berkurang.

Sementara itu, fungsi minyak atsiri dalam industry kosmetik pun cukup beragam. Beberapa jenis minyak atsiri sangat cocok dijadikan pengikat dan pengharum, bahkan ada pula yang memberikan berbagai manfaat baik untuk kecantikan kulit dan rambut.

Nah, untuk tahu lebih banyak soal minyak atsiri ini kamu bisa langsung baca ulasan lengkap di bawah, ya!

Manfaat Essential Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat essential oil untuk kecantikan

Kamu pasti sering mendengar atau barangkali melihat penggunaan minyak atsiri sebagai komponen dalam formula produk perawatan wajah.

Sebenarnya minyak atsiri memiliki banyak jenis, karena didapatkan dari berbagai jenis tanaman yang berbeda pula. Nah, hal inilah yang akhirnya membuat keberagaman manfaat dalam minyak esensial sendiri.

Namun, secara umum berikut beberapa manfaat essential oil untuk kecantikan kulit yang perlu kamu tahu.

Mengurangi Peradangan pada Kulit

Manfaat essensial oil untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mampu membantu mengurangi peradangan, termasuk pembengkakan, kemerahan, hingga rasa tak nyaman tertentu.

Beberapa jenis minyak atsiri yang didapat dari serai dan bunga eter mampu memberikan sifat anti radang, sehingag menenangkan berbagai gejala peradangan yang kamu alami.

Meski begitu, jenis-jenis minyak atsiri lain enggak bisa digunakan secara langsung pada area yang sedang terluka. Kamu perlu melarutkannya dengan minyak pembawa, seperti coconut oil, olive oil, mapun almond oil.

Hal ini untuk menghindari terjadinya iritasi lebih lanjut, yang bisa membuat kondisi kulit malah semakin parah dan mudah terluka.

Mengurangi Tanda-tanda Penuaan

mencegah penuaan dini

Penuaan emang enggak bisa kita hindari, meski begitu berbagai tanda yang muncul pada permukaan kulit masih bisa disamarkan atau dicegah dengan baik.

Salah satu cara mengurangi tanda penuaan pada kulit bisa dengan menggunakan minyak esensial. Sebab banyak dari berbagai jenis minyak esensial memiliki sifat anti aging yang sangat ampuh dan baik dalam merawat keremajaan kulit.

Jenis-jenis minyak esensial yang mampu mengatasi berbagai tanda penuaan dini adalah pomegranate oil, lemon oil, rosehip oil, rosemary oil, dan rosegreanium oil.

Berbagai jenis minyak esensial ini cenderung memiliki senyawa antioksidan yang sangat tinggi, sehingga mampu memperbaiki jaringan pada sel kulit dan membuatnya tampak jauh lebih sehat serta muda.

Membantu Mengatasi Jerawat

cara menghilangkan bekas luka (2)

Punya jerawat di wajah emang menyebalkan, terlebih kalau jerawat itu menimbulkan peradangan dan rasa tidak nyaman di kulit. Pasti bawaannya pengen segera menghempaskan jerawat itu secepat mungkin.

Nah, tahukah kamu beberapa jenis minyak atsiri ternyata bisa membantu mengatasi masalah jerawat membandel?

Ya, jenis minyak atsiri yang dimaksudkan adalah tea tree oil, lavender oil, juniper berry oil, hingga peppermint oil. Kesemuanya memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengontrol produksi sebum, membersihkan pori-pori kulit, hingga memiliki sifat antiinflamasi.

Karenanya, menggunakan jenis minyak esensial tersebut sebagai perawata jerawat diyakini sangat baik. Sebab meski mampu menghilangkan sebum berlebih dan membersihkan pori-pori, minyak esensial tersebut tak akan menyebabkan iritasi pada kulit.

Melindungi Kulit dari Bahaya Sinar Matahari

sinar ultraviolet untuk kulit (2)

Sudah bukan rahasia lagi, kalau sinar matahari bisa menyebabkan berbagai masalah pada kulit. Termasuk masalah hiperpigmentasi, penuaan dini, kulit yang kering dan kusam, hingga menyebabkan sun burning.

Minyak esensial dari geranium, peppermint, dan geranium disinyalir bisa meminimalisir berbagai dampak buruk sinar matahari pada kulit wajahmu.

Bahkan, ketiganya memiliki senyawa antiinflamasi yang cukup tinggi sehingga mampu menenangkan kulit setelah tersengat sinar matahari dalam waktu yang lama.

Selain itu, antioksidannya yang tinggi pun membuat ketiga minyak esensial di atas mampu memperkuat perlindungan kulit dan memperbaiki sel kulit yang bermasalah karena sinar UV.

Mencerahkan dan Memperaiki Tampilan Kulit

tips memilih skincare untuk remaja (2)

Tahukah kamu kalau minyak esensial juga dapat bekerja memperbaiki penampilan kulit, termasuk dalam membuatnya tampak lebih cerah dan bersih?

Ya, beberapa jenis minyak esensial seperti lemon oil, rosehip oil, hingga grapeseed oil memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit.

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat proses pembentukan kolagen dan regenerasi sel kulit baru jadi kian optimal.

Hasilnya, kulit-kulit lama yang tampak kusam pun dapat didorong untuk lepas dan diganditkan deng sel kulit baru yang jauh lebih sehat.

Manfaat Minyik Esensial untuk Kecantikan Rambut

manfaat essential oil untuk kecantikan rambut

Selain untuk menjaga dan mempercantik kulit, manfaat esensial untuk kecantikan rambut pun cukup beragam, lho.

Sehingga enggak heran, kalau minyak alami ini sering kali ditemukan dalam beberapa produk perawatan rambut, baik berupa hair oil, hair serum, maupun sampo.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

Manfaat minyak esensial untuk kecantikan yang pertama adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut. Bagi kamu yang bermasalah dengan kebotakan dini maupun penipisan rambut, bisa mencobanya, ya!

Kerontokan rambut bisa terjadi karena tubuh tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, juga kebiasaan terlalu sering menggunakan alat penata rambut, seperti catokan, pengeriting, maupun hairdryer.

Semua faktor tersebut akan membuat kelembapan alami pada rambut berkurang dan mengakibatkannya jadi rapuh, sehingga mudah patah maupun rontok.

Untuk mengatasi masalah penipisan rambut ini kamu bisa menggunakan peppermint oil yang membantu melancarkan peredaran darah di bawah kulit, sehingga meningkatkan ketebalan kulit kepala dan jumlah folikel rambut kamu.

Sementara itu, minyak atsiri lain seperti chamomile oil, lavender oil, sage oil, aprico oil, akan membantu merangsang proses pertumbuhan rambut jadi jauh lebih efektif dan cepat.

Membasmi Ketombe

sampo untuk rambut berketombe

Sama umumnya dengan kerontokan rambut, hampir semua orang pernah mengalami masalah ketombe yang berlebih. Salah satu penyebab munculnya ketombe adalah pertumbuhan jamur Malassezia pada kulit kepala.

Kamu dapat menggunakan minyak esensial tea tree, geranium, peppermint, dan rosemary sebagai pembasmi ketombe.

Keempat minyak essensial ini dapat membantu membersihkan kulit kepala, bekerja sebagai antiradang dan antisaptik yang dapat menenangkan rasa gatal akibat ketombe.

Tak hanya itu, kandungan antibakteri dan antijamurnya pun diduga ampuh menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe di kulit kepala.

Menutrisi dan Memberikan Kilau Alami Pada Rambut

Manfaat minyak esensial untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah mampu menutrisi dan memberikan kilau alami pada helaiannya.

Kamu pasti menyadari, dengan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita dengan optimal, secara tidak langsung akan mempengaruhi penampilan rambut sendiri. Salah satunya dengan membuatnya tampak berkilau alami dan jadi indah.

Cara Pemakaian Essential Oil yang Tepat dan Aman

essential oil (3)

Di samping manfaat essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut yang sangat beragam, minyak alami ini sayangnya bisa cukup iritatif pada kulit kamu.

Untuk itu, penggunaannya juga enggak boleh sembarangan. Demi menghindari masalah-masalah kulit karena pemakaian yang salah, ada baiknya buatmu untuk mengetahui bebeberapa hal berikut ini sebelum mengaplikasikannya ke kulit.

Perhatikan dan Pertimbangkan Efek Samping Minyak Essential Oil

salicylic acid

Sebelum nekat mencobanya sebagai perawatan kecantikan kulit dan rambut, kamu harus benar-benar memperhatikan serta mempertimbangkan efek sampingnya pada kulit maupuan rambut kamu.

Karena pada beberapa orang yang justru memiliki alergi pada aroma, atau mempunyai kulit sensitif, penggunaan minyak alami secara langsung maupun dijadikan sebagai campuran pengharum ruangan bisa menimbulkan efek negative.

Misalnya timbul pembengkakan, kemerahan pada kulit, sesak napas ketika menghirup aromanya, maupun berbagai rasa tak nyaman lainnya.

Tak hanya itu, bagi orang yang memiliki riwayat masalah kesehatan tertentu pun harus berkonsultasi pada spesialis maupun dokter sebelum benar-benar menggunakan minyak atsiri.

Sebab, pada kadar yang cukup tinggi, minyak atsiri bisa bersifat iritatif saat diaplikasikan secara langsung pada kulit. Karenanya kamu bisa mengencerkan minyak ini dengan air, carrier oil, atau menggunakannya saat sudah dalam bentuk kosmetik.

Hindari Jenis Essential Oil yang Bersifat Photosensitive

sinar ultraviolet untuk kulit (3)

Tahukah kamu kalau enggak semua jenis minyak esensial itu tahan di bawah sinar matahari? Ya, beberapa jenis tertentu bahkan bisa bersifat photosensitive, hingga sangat sensitif dengan sinar matahari bila kamu berada di luar ruangan.

Karena itu, penggunaan essential oil jenis ini kurang direkomendasikan. Sebab, penggunaannya hanya akan membuat kulitmu lebih sensitif dan mudah teriritasi jika terlalu lama berada di bawah paparan sinar matahari berlebihan.

Menggunakannya Secara Langsung

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa essential oil dengan konsentrasi yang cukup tinggi jika diaplikasikan secara langsung pada kulit akan membuat kulit teriritasi dan meradang.

Meskipun sebenarnya kondisi ini juga dipengaruhi oleh sensitivitas individual seseorang, tak ada salahnya juga untuk selalu berhati-hati dan menghindari berbagai pengaruh buruk yang bisa saja datang.

Terlebih karena hanya kamulah yang mengerti tubuhmu dengan baik, maka kenali dan pilih baik-baik minyak atsiri mana yang cocok dan tidak akan menimbulkan reaksi negative pada tubuh serta kulitmu.

Perhatikan Dosis Minyak Esensial yang Akan Dipakai

Setiap orang pastinya memiliki sensitivitas yang berbeda-beda, ini juga pastinya akan berpengaruh dengan banyak dosisi essential oil yang akan digunakan sebagai perawatan kulit.

Gunakan dosis sesuai kebutuhan dan kecocokannya dengan kulitmu, dengan demikian berbagai potensi buruk bisa lebih diminimalisir.

Sayangnya, orang dengan kulit yng cukup sensitif atau hypersensitive enggak direkomendasikan untuk menggunakan essential oil.

Karenanya, sebelum bener-benar menggunakannya, kamu perlu melakukan uji tempel dan memastikan bahwa dosis yang digunakan benar-benar aman untuk kulit wajah maupun rambutmu.

Larutkan Essential Oil dengan Carrier Oil Agar Aman

manfaat minyak jarak untuk kecantikan

Sebenarnya ada cara untuk menetralisirkan sifat iritatif essential oil. Ya, caranya dengan mencampur minyak alami ini dengan carrier oil atau minyak pembawa.

Minyak pembawa memiliki karakter yang cukup berbeda dengan minyak atsiri. Jika minyak atsiri identic dengan aromanya yang wangi, minyak pembawa justru sebaliknya, yakni tidak berbau atau bahkan memiliki aroma biji-bijian.

Selain itu, minyak pembawa juga memiliki sifat melembapkan dan menenangkan pada kulit. Sehingga terbilang sangat ramah dan tidak akan menimbulkan iritasi.

Karenanya dengan mengobinasikannya dengan minyak carrier akan menghasilkan ramuan yang sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit.

Carrier oil adalah minyak alami yang didapatkan dari ekstrak sayuran, biji-bijian, rempah, dan tumbuhan lain yang cukup aman untuk kulit tubuh dan kepala.

Ibu Hamil Harus Lebih Berhati-hati

masker alami yang aman untuk ibu hamil

Tahukah kamu kalau essential oil enggak direkomendasikan untuk ibu hamil? Ya, faktanya beberapa jenis minyak atsiri dikatakan dapat menembus ke jaringan kulit dan berpotensi mempengaruhi kandungan sehingga dapat memberikan efek langsung pada janin.

Lakukan Uji Tempel Terlebih Dahulu

Selain menghindari beberapa hal di atas, kamu pun harus melakukan pencegahan dengan melakukan uji tempel terlebih dahulu.

Hal ini untuk melihat reaksi minyak atsiri pada kulit, apakah bersifat iritatif atau aman untuk kulit tubuh dan kepala.

Langkah uji tempel pun sangat mudah, cukup oleskan atau aplikasikan sedikit minyak atsiri yang sudah dilarutkan ke bagian belakang siku.

Tunggu selama 30 menit hingga satu jam untuk melihat sensitivitas kulit terhadap minyak alami yang kamu pakai tersebut. Bila tidak ada gejala negative yang muncul, maka kamu bisa menggunakan minyak ini secara bertahap pada wajah maupun kulit kepala.

Well, itu adalah hal-hal yang berkaitan dengan essential oil yang perlu kamu ketahui. Mulai dari manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut, pun dengan hal-hal yang harus kamu perhatikan sebelum mencobanya.

Semoga artikel ini dapat membantumu, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment