4 Minyak Essential Mampu Merawat Kesehatan Rambutmu, Apa Saja?

Memiliki rambut tebal dan sehat bisa menjadi salah satu alasan kamu tampil lebih percaya diri loh! Terlebih rambut adalah mahkota yang mampu menunjang penampilan kamu menjadi lebih sempurna.

Namun bagaimana jika rambut indahmu justru rontok dan menjadi kering akibat tidak ternutrisi dengan baik?

Hal tersebut bisa memicu menurunnya volume rambut dan menjadikannya terlihat lebih tipis. Jangan sampai itu terjadi, ya!

Salah satu perawatan rambut yang bisa kamu lakukan untuk mencegah masalah tersebut adalah dengan menggunakan essential oil secara rutin.

Essential oil ini mampu mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut kering, kusam, bercabang, maupun masalah rambut rontok.

Tidak hanya rambut, essential oil juga bisa membantu mengatasi masalah yang ada pada kulit kepala seperti ketombe dan kulit kering.

Nah, berikut beberapa jenis essential oil yang mampu merawat kesehatan rambut dan kulit kepalamu! Apa saja?

Rosemary Essential Oil

Rosemary essential oil berasal dari tanaman Rosmarinus officinalis yang telah banyak digunakan dalam perawatan rambut. Minyak ini dipercaya mampu memperlancar sirkulasi darah ke kulit kepala sehingga bisa meningkatkan pertumbuhan rambut kamu.

Minyak ini mengandung antioksidan tinggi sehingga mampu melindungi rambut dari radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada rambut, mencegah uban prematur, dan mengurangi penipisan pada rambut.

Kandungan Vitamin A dalam Rosemary bermanfaat untuk membantu produksi sebum pada kulit, menjadikan kulit lebih lembab dan mampu menyeimbangkan pH pada kulit kepala. Sehingga minyak ini dapat mencegah kulit kering yang mengakibatkan ketombe dan gatal-gatal.

Cara Pakai:

Hangatkan kurang lebih 10 tetes Rosemary essential oil dengan minyak lain seperti minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran minyak hangat ini pada kulit kepala hingga ujung rambut.

Bungkus rambut kamu dengan handuk hangat dan diamkan selama 10–30 menit. Setelah itu kamu bisa memakai shampo biasa dan akhiri dengan bilasan air dingin.

Dengan perawatan ini, Rosemary essential oil akan meresap pada folikel rambut dan mengangkat minyak serta kotoran yang menyumbat pori-pori.

Lakukan perawatan rambut ini 1–2 kali dalam seminggu untuk mengurangi minyak, mengendalikan ketombe, dan membuat rambut kamu semakin tebal.

Laveder Essential Oil

Lavender essential oil berasal dari penyulingan ekstrak bunga Lavandula Angustifolia yang dikenal sebagai aromaterapi sekaligus bermanfaat memberi perawatan pada rambut kamu. Selain memiliki harum yang menenangkan, minyak ini memiliki berbagai manfaat untuk rambut dan kulit kepalamu, loh!

Salah satu kegunaan dari minyak Lavender adalah sifatnya sebagai antimikroba dan antiseptik, sehingga minyak ini mampu mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada kulit kepala yang bisa menyebabkan masalah kulit seperti iritasi,  ketombe, dan gatal-gatal.

Tidak lupa salah satu kegunaan dari Lavender essential oil ini juga dapat mencegah perkembangan kutu rambut dan membasmi hama tersebut dari kepala kamu hingga tak tersisa.

Lavender essential oil juga mampu merangsang pertumbuhan rambut, meningkatkan sirkulasi darah pada kulit kepala, dan mampu mengurangi kerontokan pada rambut yang jika dibiarkan bisa menyebabkan kebotakan.

Gak mau kan punya rambut tipis dan tidak menarik? Jadi kamu bisa menggunakan minyak esensial ini untuk memelihara kesehatan rambut kamu, ya!

Cara Pakai:

Banyak cara yang bisa digunakan untuk memakai minyak esensial ini. Salah satunya adalah dengan mencampurkan minyak Lavender beberapa tetes pada shampo maupun kondisioner, tunggu beberapa saat, dan kemudian kamu bisa langsung membilasnya dengan air sampai bersih.

Kamu juga bisa menjadikan Lavender essential oil sebagai masker rambut dengan cara mencampurkan minyak ini dengan minyak lainnya seperti jojoba oil, almond oil, maupun olive oil.

Kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut. Pijat kepala secara perlahan dan merata, kemudian tunggu 5–10 menit atau bisa dibiarkan semalaman untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setelah dirasa sudah selesai, kamu bisa membilas rambutmu dengan air mengalir seperti biasa.  

Argan Essential Oil

Argan essential oil berasal dari biji pohon Argan (Argania Spinosa) yang kaya akan kandungan asam lemak, Vitamin E, omega-3, dan antioksidan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan rambut.

Minyak ini kaya akan nutrisi baik yang bisa melapisi kulit kepala dan batang rambut agar tidak mudah kering, memperkuat akar rambut, dan mencegah terjadinya kerontokan pada rambut.

Kandungan asam linoleat dan asam oleat pada minyak Argan mampu memperbaiki kerusakan rambut akibat radikal bebas maupun hasil dari perawatan salon. Sehingga rambut kusut, kering, dan bercabang akan mudah teratasi dengan menggunakan Argan essential oil ini.

Vitamin E yang terkandung dalam minyak Argan mampu meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperkuat strukturnya, sehingga rambut akan tampak lebih tebal dan sehat secara alami

Cara Pakai

Sama seperti minyak esensial lainnya, penggunaan minyak Argan cukup mudah untuk dilakukan sendiri di rumah.

Kamu bisa mencampurkan minyak Argan dengan minyak lainnya seperti minyak kelapa atau minyak zaitun, kemudian oleskan campuran minyak tersebut pada kulit kepala dan rambut secara merata.

Tutup rambut kamu dengan handuk dan tunggu kurang lebih 10-30 menit hingga minyak meresap sempurna pada kulit dan batang rambut.

Setelah itu, bilas rambut kamu menggunakan air bersih seperti biasa.

Kamu juga bisa mencampur 2-3 tetes minyak Argan dengan shampo maupun kondisioner, dan kemudian pakai seperti biasa. Ulangi pemakaian ini 1 sampai 3 sekali selama seminggu, rambutmu akan terasa lebih lembut dan sehat setelah rutin pemakaian.

Peppermint Essential Oil

Peppermint essential oil berasal dari tumbuhan dengan nama latin Mentha Piperita yang banyak ditemukan dalam produk kesehatan dan kecantikan, termasuk dalam perawatan rambut.

Kandungan menthol yang ada dalam minyak peppermint ini dikenal mampu memberikan aroma yang menyegarkan sekaligus memberi sensasi dingin saat diaplikasikan pada kulit kepala.

Minyak alami ini memiliki segudang manfaat untuk rambut loh! Salah satunya untuk merangsang pertumbuhan rambut secara maksimal sehingga mampu menjadi alternatif untuk kamu yang sedang mengalami masalah rambut rontok dan kebotakan.

Peppermint essential oil juga mampu membersihkan kulit kepala dan membantu membuka pori-pori yang tersumbat. Sehingga mendorong minyak alami pada kulit serta menjadikan kulit kepala tidak kering dan berketombe.

Cara Pakai:

Tidak jauh berbeda dengan minyak esensial lainnya, cara penggunaan Peppermint essential oil harus dicampurkan dengan bahan lain seperti shampoo atau kondisioner.

Kamu juga bisa menggunakan cara yang sama seperti mencampurkan minyak ini dengan minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak almond yang sudah dihangatkan terlebih dahulu. Kemudian kamu bisa mengoleskan campuran minyak tersebut pada kulit kepala hingga ujung rambut secara merata.

Diamkan rambut pada balutan handuk hangat dan tunggu hingga 15-30 menit sampai minyak meresap sempurna pada rambut dan kulit kepala. Kemudian sampai dirasa cukup, kamu bisa menggunakan shampo dan bilas rambut hingga bersih dengan air mengalir.

Perlu diingat bahwa kamu tidak perlu menggunakan Peppermint essential oil secara berlebihan agar tidak menyebabkan iritasi pada kulit kepala.

Nah itu adalah beberapa rekomendasi essential oil yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi masalah rambut yang mungkin sedang kamu alami sekarang.

Selain sangat mudah ditemukan di pasaran, minyak esensial juga sangat mudah digunakan sehari-hari dan bisa menyesuaikan dengan kebutuhan nutrisi rambutmu.

Terlebih tidak ada salahnya kan untuk terus merawat kulit kepala dan rambut, agar kamu juga lebih percaya diri dengan penampilanmu saat ini.

Tulis juga di komen rekomendasi essential oil apalagi yang bagus untuk perawatan rambutmu, ya! Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa share informasi ini pada teman-teman dan kerabat terdekat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

About Author

Related posts

Leave a Comment