Tak Perlu Ke Salon, Intip Berbagai Cara Mudah Rawat Rambut di Rumah Berikut Ini

conditioner

Kamu pasti enggak asing lagi dengan kalimat, rambut adalah mahkota perempuan. Yang emang ada benarnya, sebab rambut yang sehat dan berkilau dapat menunjang penampilan seseorang, meski enggak cuma khusus untuk perempuan.

Oleh sebab itu, merawat kesehatan rambut adalah hal yang sama pentingnya dengan menjaga bagian tubuh kita yang lain. Biasanya banyak orang yang mengandalkan salon kecantikan untuk merawat rambut mereka.

Padahal, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan murah di rumah untuk membuat rambut kita tetap sehat. Salah satunya dengan menggunakan masker rambut dari bahan-bahan alami.

Dalam berbagai produk perawatan rambut yang dijual di pasaran, sebenarnya enggak sedikit yang menggunakan ekstrak bahan-bahan alami dalam formulanya.

Begitu pula dalam kandungan produk masker rambut, yang juga pastinya diambil dari bahan-bahan alami. Misalnya penggunaan ekstrak lidah buaya, coconut oil, olive oil, dan lain sebagainya.

Penasaran apa saja masker rambut alami yang bisa kita buat sendiri di rumah? Yuk, cek ulasan di bawah ini sampai mentok banget, ya!

Masker Rambut Alami untuk Rambut Rontok

hair vitamin

Nah, dengan itu kamu enggak perlu terlalu bergantung dengan produk hair treatment yang ada di salon-salon kecantikan. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah di dapat sebagai masker rambut organik, contohnya lidah buaya dan buah alpukat.

Lidah buaya sangat dikenal dengan kemampuannya yang bisa merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan membuat akarnya kian kuat.

Kandungan mineral dan vitamin dalam lidah buaya juga akan membantu menjaga kelembapan alami di rambut, sehingga tidak mudah kering bila terlalu sering terpapar sinar matahari secara berlebihan.

Sementara itu, dalam alpukat kaya akan kandungan antioksidan yang sangat berguna meminimalisir dampak buruk radikal bebas pada lapisan kutikula rambut. Tak hanya itu, asam lemak omega-3 yang tinggi dalam alpukat pun akan menjaga lapisan rambut tetap kuat sehingga tidak akan mudah rontok.

Resep masker rambut alami dari lidah buaya dan buah alpukat

  • Siapkan gel atau daging lidah buaya secukupnya, kemudian campurkan dengan alpukat yang telah dihaluskan sebelumnya.
  • Oleskan dari akar rambut hingga ujungnya, seperti saat kamu menggunakan masker rambut pada umumnya.
  • Tunggu selama 10-15 menit kemudian bilas sampai bersih.

Dengan menggunakan bahan alami, kemungkinan kulit kepala teriritasi pun akan semakin kecil. Untuk itu, kamu pun bisa menggunakan perawatan ini lebih sering dan rutin. Misalnya sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, supaya hasilnya lebih maksimal dan rambutmu bisa sehat berkilau.

Masker Rambut Alami untuk Yang Suka Hair Styling

rambut rusak parah

Suka menata gaya dan warna rambut bukanlah hal yang salah, asal kamu juga tahu bagaimana cara menjaga rambut tetap sehat setelahnya.

Sebab, berbagai proses hair styling yang terkadang melibatkan panas bisa membuat rambut jadi lebih rapuh dan mudah patah.

Tak hanya itu, saat menggunakan zat kimia tertentu pada rambut, juga akan membuatnya cepat kering, kusut, dan tidak sehat.

Untuk mengatasi hal itu kamu bisa membuat masker rambut alami dari minyak kelapa dan madu. Kedua bahan ini sangat cocok untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak akibat proses hair styling.

Madu mengandung berbagai vitamin yang dapat memperkuat dan menstimulus produksi rambut baru.

Tak hanya itu, bahan alami ini pun akan mengembalikan kelembapan rambut yang menghilang akibat proses pemanasan dan kimiawi dari hair styling.

Sementara itu, minyak kelapa sejak dulu telah dikenal sebagai bahan alami yang bisa merawat kekuatan rambut.

Bahan yang juga dikenal dengan coconut oil ini memiliki sifat yang sangat mudah diserap oleh batang rambut. Sehingga nutrisi dan asupan proteinnya juga akan lebih mudah masuk dalam folikel rambut.

Cara membuat masker alami untuk rambut rusak

  • Campurkan minyak kelapa dan madu dalam takaran yang sama, sesuaikan dengan kebutuhan atau panjang rambutmu, ya.
  • Panaskan sejenak campuran tersebut, sambil diaduk agar cairan tidak terpisah.
  • Kemudian dinginkan beberapa lama.
  • Aplikasikan secara merata ke seluruh bagian rambut, dari akar hingga ke ujung.
  • Tunggu selama 35-40 menit, pokoknya sampai kandungannya terserap sempurna.
  • Gunakan masker ini sebelum kamu keramas, ya.

Masker Alami untuk Rambut Kering dan Kusut

rambut kusam dan kusut

Salah satu tanda rambut mengalami kerusakan adalah teksturnya yang terasa lebih kering dan sangat mudah kusut. Yang akhirnya, akan berpengaruh pada kekuatan rambut dan menyebabkan kerontokan.

Kamu juga dapat menagatasi masalah ini dengan menggunakan masker rambut alami.

Yang menggunakan minyak kelapa dan putih telur sebagai bahan-bahannya.

Putih telur dapat membantu mengembalikan protein yang hilang dari rambut, membantu menghirasi, dan memperkuat batang rambut.

Cara membuat masker untuk rambut kering dari putih telur

  • Kombinasikan dua putih telur dangn dua sendok makan minyak kelapa, atau sesuaikan takaran dengan volume dan panjang rambutmu.
  • Aduk hingga merata dan pasta masker rambut alami bisa terbentuk sempurna.
  • Oleskan pada batang rambut secara menyeluruh dan rata.
  • Tunggu selama beberapa saat, paling tidak antara 20-30 menit saja.
  • Kemudian bilas sambil keramas seperti biasanya.

Masker Alami agar Rambut Hitam Berkilau

masker rambut alami

Rambut yang sehat dan tampak hitam berkilau pasti jadi dambaan banyak orang.

Pasalnya, tak hanya penampilannya yang menarik, ini juga menunjukkan bahwa rambutmu berada dalam kondisi yang prima dan dirawat dengan baik.

Untuk mendapatkan rambut yang tampak hitam berkilau secara alami, kamu dapat membuat masker dari kombinasi telur madu dan cuka apel.

Cuka apel akan membantu mengangkat residu atau kotoran dari rambutmu. Kandungan asamnya yang tinggi juga akan membantu menangkal dampak buruk radikal bebas, yang bisa memudarkan pigmen alami rambut.

Resep masker rambut alami agar tampak hitam berkilau

  • Siapkan satu telur mentah, satu sendok teh madu dan satu sendok makan cuka apel. Kamu bisa sesuaikan jumlah bahan di atas dengan volume dan panjang rambutmu, ya.
  • Campur hingga merata dan terbentuk pasta masker rambut yang diinginkan.
  • Aplikasikan ke seluruh permukaan rambut kamu secara merata.
  • Tunggu beberapa saat, kemudian bilas rambut sambil keramas.

Kebiasaan yang Harus Kamu Perhatikan Agar Rambut Selalu Sehat

produk hair treatment

Selain melakukan perawatan dengan masker alami di atas, kamu juga harus menjaga kesehatan rambutmu dengan menerapkan berbagai kebiasaan yang benar.

Sebab, percuma saja kamu mengaplikasikan berbagai produk perawatan rambut kalau kebiasaan buruk yang mengakibatkan kerusakan rambut itu terus kamu lakukan.

Nah, kira-kira apa saja kebiasaan yang harus diperhatikan agar rambut selalu sehat? Langsung simak di ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Jangan Gosok atau Sisir Rambut dalam Keadaan Basah

Meski terlihat sepele, tapi kebiasaan menggosok rambut yang basah dengan handuk ini sebenarnya bisa berpengaruh pada kesehatan rambutmu, lho. Sebab, dalam kondisi tersebut rambut jauh lebih rentan mengalami kerusakan dan mudah sekali untuk rontok.

Untuk itu, akan lebih baik jika kamu menunggu sampai rambut yang basah sehabis keramas itu mengering dahulu. Baru setelah itu kamu bisa merapikannya dengan sisir atau melakukan perawatan rambut lainnya.

Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

menutrisi kulit

Tahu enggak? Kalau sebenarnya ada cara yang sangat mudah untuk menjaga kecantikan rambut dan kulit kita. Yap, apalagi kalau enggak dengan memperhatikan apa yang kita konsumsi, seberapa banyak nutrisinya dan sehatkah untuk tubuh kita.

Ini jadi kian penting tatkala nutrisi yang ada dalam makanan ini sangat berpengaruh bagi tubuh dan penampilan kita di luar.

Misalnya, salah satu senyawa yang dibutuhkan tubuh adalah vitamin D. Yang enggak hanya bagus buat tulang, namun juga sangat baik untuk merawat kesehatan kulit dan rambut.

Kurangnya asupan vitamin D oleh tubuh dapat berakibat buruk pada kesehatan kedua hal tersebut. Pada kulit, bisa membuat warna kulit jadi lebih kusam, elastisitas yang berkurang, hingga timbul penyakit kulit tertentu.

Sementara itu, defisit vitamin D ini juga berpengaruh pada kesehatan rambut kita. Yakni dengan membuatnya lebih rapuh, mudah rontok, dan tidak bisa beregenerasi dengan opimal.

Untuk itu, sangat penting buatmu untuk memperhatikan nutrisi dari makanan atau minuman yang kamu konsumi. Dengan begitu, kesehatan dan kecantikan rambutmu bisa terjaga dari dalam juga.

Gunakan Air Dingin untuk Keramas

Sebenarnya, suhu air yang paling baik untuk mencuci rambut adalah yang dingin atau biasa saja. Ini akan bisa membantu mencegah kerontokan rambut dan melancarkan peredaran darah di bagian kulit kepala.

Dengan begitu, kekuatan akar rambut akan senantiasa terjaga. Hasilnya rambutmu akan tampak lebih sehat, lembut dan berkilau alami.

Cuci Rambut dengan Sampo yang Tepat

vegan skincare

Saat mencuci rambut pun kita enggak bisa sembarangan, lho. Salah satunya dengan memperhatikan frekuensi keramas, yang tidak boleh terlalu sering dilakukan.

Sebab, ini akan membuat kulit kepala jadi mudah kering, memicu ketombe dan membuat rambutmu mudah kusut. Untuk itu, lebih baik cuci rambutmu selama dua hari sekali saja.

Selain memperhatikan frekuensinya, kamu juga harus menggunakan sampo yang tepat. Enggak hanya dari mahal atau tidaknya, melainkan sesuaikan kandungan dan fungsi sampo dengan kebutuhan rambutmu.

Misalnya, jikalau rambutmu sangat kering dan mudah kusut, maka gunakan sampo yang dapat melembutkan dan mengembalikan kelembapan alami pada kutikula.

Sementara jika rambutmu tergolong mudah berminyak dan berketombe, pilihlah sampo yang dapat memberikan kesegaran pada rambut dan berlabel anti-dandruff.

Kemudian rambut yang sering diwarnai, maka perlu memilih sampo yang berkandungan asam lemak dan asam amino yang tinggi. Sebab dua kandungan ini dapat membantu mengembalikan kekuatan rambut dengan menutrisinya.

Rutin Potong Ujung Rambut

Untuk menghindari keadaan rambut yang bercabang dan mudah patah, ada satu cara sederhana yang bisa kamu terapkan secara rutin, yakni dengan memotong ujung rambut secara berkala.

Kamu bisa melakukan cara ini paling tidak dalam kurun waktu 6-8 minggu sekali. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir kerusakan yang disebabkan oleh rambut bercabang.

Itu adalah berbagai cara dan tips merawat rambut di rumah sendiri. Yakni dengan menggunakan berbagai resep masker rambut alami, hingga melakukan kebiasaan yang baik untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Mudah untuk dicoba, kan? Tulis pengalamanmu mengenai tips-tips merawat rambut di rumah di kolom komentar, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment