Bikin Kulit Makin Lembut, Kepoin Sederet Manfaat Tamanu Oil untuk Kecantikan Ini

tamanu oil untuk kecantikan

Penggunaan minyak esensial dalam berbagai produk kecantikan kini sangat umum dan bisa dengan mudah kamu temukan.

Sebab, selain memiliki aroma yang khas dan menyenangkan. Minyak yang juga dikenal dengan minyak atsiri ini memiliki banyak khasiat untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit dan rambut.

Berbagai jenis minyak esensial yang sering digunakan dalam produk-produk perawatan kulit dan rambut antara lain minyak zaitun, minyak jojoba, minyak biji bunga matahari, minyak bunga kamelia, dan masih banyak yang lainnya.

Salah satu jenis minyak esensial yang tidak kalah berkhasiatnya untuk menjaga kecantikanmu adalah minyak tamanu. Yang sebenarnya sejak dulu, secara tradisional, telah digunakan untuk merawat kecantikan eksotis perempuan Asia Tenggara.

Minyak esensial satu ini dihasilkandari ekstrak biji buah pohon cemara yang disebut Calophyllum inophyllum. Pada penggunaan tradisional, minyak ini dipakai untuk mengobati masalah-masalah pada kulit.

Misalnya, mengatasi jerawat, kulit yang meradang karena psoriasis dan eksim, pun digunakan untuk memudarkan bekas luka pada kulit.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai apa saja manfaat tamanu oil untuk kecantikan, cek ulasan di bawah ini sampai habis ya!

Mengembalikan dan Menjaga Kelembapan Alami Kulit

pelembap

Banyak dari kita yang beranggapan kalau kulit yang tampak bebas kilap adalah kondisi yang paling ideal dan sehat. Faktanya, anggapan ini cukup keliru, lho.

Sebab, kulit yang memiliki skin barrier kuat akan lebih lembap dan tampak sedikit mengkilap. Atau istilah kerennya, glowing.

Kulit yang kering akan cenderung mudah teriritasi dan terluka. Tak hanya itu, warnanya pun akan tampak lebih kusam dan berbagai tanda penuaan dini akan lebih mudah terlihat atau muncul pada pemilik kulit kering.

Nah, manfaat tamanu oil untuk kecantikan kulit wajah yang pertama adalah membantu mengembalikan dan menjaga kelembapan alami pada kulit.

Ini dikarenakan kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak tamanu bisa terserap di dalam kulit, dan membuatnya jadi lebih kenyal dan tidak mudah kering.

Bahkan, enggak sedikit orang yang meyakini bahwa penggunaan tamanu oil secara rutin mampu merangsang proses regenerasi sel-sel kulit baru yang sehat.

Sehingga, kondisi kulit wajah yang sebelumnya bermasalah karena terlalu kering pun dapat diperbaiki dengan optimal.

Mengatasi Jerawat dan Memudarkan Bekasnya

muncul jerawat dan beruntusan

Manfaat tamanu oil untuk kecantikan wajah selanjutnya adalah mampu mengatasi jerawat dan membantu menyamarkan bekasnya secara alami.

Ini disebabkan dalam tamanu oil terdapat senyawa yang bekerja sebagai antibakteri, yang bisa mengatasi bakteri penyebab jerawat di kulit.

Bahkan, untuk kamu yang memiliki jerawat meradang, tamanu oil bisa membantu merawatnya dan memenangkannya. Sehingga, rasa nyaman akibat peradangan itu akan berkurang dan proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.

Selain membantu mempercepat sembuhnya jerawat, tamanu oil juga sangat efektif membuat bekas jerawat tersamarkan bahkan hilang dari wajahmu.

Tamanu oil terbukti mampu merangsang pembentukan sel kulit baru dan menstimulus produksi komponen pada kulit, khususnya kolagen dan glycosaminoglycan (GAG).

Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Kemampuan tamanu oil yang bisa merangsang produksi kolagen rupanya juga bisa memberikan manfaat lainnya untuk kulit wajah kamu, termasuk membantu menyamarkan bekas luka di kulit.

Lewat berbagai artikel ilmiah, tamanu oil telah terbukti mampu membantu menyembuhkan luka dan berbagai masalah pada kulit wajah kita.

Ini disebabkan, kandungan antiinflamasi dalam minyak tamanu oil yang mampu meredakan peradangan dan mennstimulus pembentukan sel kulit baru yang lebih sehat.

Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan

faktor usia

Gaya hidup dan lingkungan yang tidak sehat, bisa jadi salah satu faktor tubuh sangat rentan mengalami stres oksidatif. Yakni kondisi di mana paparan radikal bebas di tubuh lebih besar ketimbang zat antioksidan yang ada.

Hal ini pun menimbulkan berbagai masalah pada kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Misalnya, elastisitas kulit yang berkurang, kulit yang jadi kusam, hingga muncul flek hitam di area wajah.

Berbagai masalah tersebut pun sering dikaitkan dengan penuaan dini, lho. Wah, gawat, dong!

Jangan khawatir dulu, sebab dampak buruk dari radikal bebas di atas bisa kamu atasi dengan menggunakan tamanu oil secara rutin sebagai perawatan kecantikanmu.

Kandungan asam lemak yang ada dalam tamanu oil bisa merangsang produksi antioksidan alami dalam tubuh. Sehingga dampak buruk radikal bebas pun dapat diminimalisir dengan baik.

Enggak hanya itu, tamanu oil juga bisa merangsang pembentukan kolagen dan GAG, yang diyaknini mampu memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan pada kulit secara prematur.

Hebatnya lagi, jenis minyak esensial satu ini juga bisa menghambat penyerapan sinar ultraviolet ke dalam kulit. Sehingga kerusakan pada DNA pun akan dapat dicegah dan kulit jadi lebih sehat.

Bahkan, saat ini sudah banyak produk skincare anti-aging yang menggunakan minyak tamanu sebagai bahan dasar atau campuran dalam formulanya.

Memperbaiki Tampilan Mata Panda

produk skincare untuk mata panda

Mata panda memang tidak berpengaruh banyak pada kesehatan tubuh, namun pada beberapa orang kondisi ini dinilai cukup mengganggu penampilan mereka.

Sebab, mata panda akan memberikan kesan kusam, lelah, hingga tampak lebih tua pada wajah. Oleh sebba itu, banyak yang akhirnya berusaha keras untuk menyamarkan tampilan mata panda ini.

Kalau kamu memiliki mata panda, engga ada salahnya untuk mencoba menggunakan tamanu oil sebagai perawatan rutin. Karena, kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak esensial ini bisa membantu mencerahkan dan menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata.

Tak hanya itu, tamanu oil juga cenderung aman digunakan untuk kulit yang cukup tipis dan sensitif, misalnya area yang dekat dengan mata.

Mengatasi Eksim

Manfaat tamanu oil untuk kecantikan selanjutnya didapatkan dari sifat antiradang didalamnya. Minyak tamanu mampu membantu meredakan penyakit kulit yang dapat memicu peradangan, misalnya eksim, psoriasis, jerawat, hingga rosacea.

Sayangnya, kamu enggak bisa sembarangan mengaplikasikan tamanu oil pada wajahmu yang mengalami masalah-masalah ini. Kunjungi ahlinya atau lakukan tes sederhana terlebih dahulu sebelum menggunakannya pada kulit yang meradang.

Hal ini untuk mencegah munculnya efek-efek negatif yang malah akan memperburuk keadaan kulit wajahmu.

Samarkan Stretct Mark

menghilangkan stretch mark

Selain membuat tekstur kulit terasa kasar, bagi sebagian besar orang stretch mark pun dinilai dapat mengganggu penampilan.

Penyebab kemunculan stretch mark pun sebenarnya sangat beragam. Mulai dari masalah hormon, keturunan, kehamilan, obesitas, hingga kandungan berbahaya dalam produk kosmetik ilegal.

Nah, manfaat tamanu oil lainnya adalah untuk membantu menyamarkan stretch mark.

Ini dikarenakan kandungan antioksidan, antiinflamasi, dan sifat melembapkan dalam minyak atisiri satu ini yang mampu memperbaiki jaringan parut di kulit dan membuatnya jadi lebih lembut.

Merawat Kulit yang Terkena Sunburn

Satu lagi manfaat tamanu oil yang harus kamu ketahui dan perhitungkan adalah kemampuannya merawat kulit yang terkena sunburn.

Paparan sinar matahari berlebihan enggak hanya menimbulkan diskolorasi pada warna kulit kita, pada beberapa kasus yang parah, sinar matahari bisa menyebabkan kulit iritasi dan terbakar.

Untuk merawatnya, tamanu oil bisa jadi alternatif alami yang pas. Sebab, kandungan antioksidannya yang tinggi dan sifat antiradangnya, bisa memperbaiki kondisi kulit dan menenangkan peradangan yang dialami.

Cara Pakai Tamanu Oil yang Benar dan Aman

manfaat tamanu oil untuk kecantikan (2)

Sama halnya dengan minyak esensial lainnya, tamanu oil pun sebenarnya dapat menimbulkan reaksi iritasi atau alergi pada kulit. Apalagi, kalau kamu memiliki jenis kulit yang tidak cocok atau sangat mudah mengalami iritasi.

Karena itu, meski kamu tergiur dengan berbagai manfaatnya, ada baiknya untuk memperhatikan cara penggunaan tamanu oil dengan benar dan aman berikut ini.

Sebagai Campuran dalam Masker Alami

yogurt bahan masker organik

Minyak esensial cenderung tidak bisa digunakan secara langsung di kulit. Oleh sebab itu, biasanya penggunaanya akan dikombinasikan dengan bahan-bahan alami lain yang bisa mengimbangi atau meredakan efek iritatif yang bisa saja muncul.

Salah satu cara menggunakan tamanu oil yang aman adalah sebagai campuran dalam masker alami. Contohnya dengan mengombinasikannya bersama madu atau lidah buaya.

Dua bahan alami tersebut memiliki sifat shooting dan calming, yang bisa melembapkan, menyegarkan, serta meminimalisir peradangan pada kulit.

Kombinasikan dalam Berbagai Produk Skincare

skincare untuk kulit beruntusan

Selain masker alami, tamanu oil juga bisa dijadikan sebagai campuran dalam produk skincare ataupun body care.

Kamu bisa mengombinasikan minyak tamanu dalam sampo, kondisioner, body lotion, pelembap wajah, dan masih banyak lainnya.

Sebagai Perawatan Noda Wajah

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Untuk merawat dan menghilangkan noda pada wajah, kamu bisa mengaplikasikan minyak tamanu ke bagian yang bermasalah.

Caranya, larutkan beberapa tetes tamanu oil pada seperempat gelas air, kemudian oleskan pada dark spot di wajah.

Karena tanpa campuran apapun, penting juga untuk menghindari area kulit yang cenderung lebih sensitif. Misalnya pada bibir dan area mata.

Sebelum Pakai, Lakukan Tes Terlebih Dahulu

face oil

Walaupun dianggap aman untuk mengoleskan tamanu oil pada wajah, penting diingat bahwa penggunaan minyak alami ini tetap berpotensi memicu munculnya reaksi alergi.

Apalagi kalau kamu memiliki jenis kulit yang cenderung hypersensitif.

Untuk menghindari adanya kemungkinan atau efek samping yang enggak diinginkan. Oleskan minyak tamanu dalam jumlah sedikit pada area lengan atau belakang siku terlebih dahulu.

Tunggulah beberapa saat atau minimal sepuluh menit. Selanjutnya, jika muncul reaksi negatif maka ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan minyak tamanu di wajah.

Namun, jika tidak ada tanda-tanda buruk pada kulit setelah pengaplikasian minyak tamanu. Kamu bisa dibilang cukup aman untuk memakai minyak esensial ini sebagai perawatan kulit.

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment