Bikin Wajah Cerah dan Lembut, Ketahui Berbagai Manfaat Lobak dalam Skincare Ini

manfaat lobak untuk kecantikan

Enggak hanya digemari karena rasanya yang lezat jika diolah sebagai makanan, lobak rupanya menyimpan berbagai manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, kulit, dan rambut kita.

Sebagai pecinta kosmetik dan skincare, kamu tentunya enggak asing lagi dengan Radish. Sebab bahan alami satu ini termasuk sering ditemukan dalam komposisi berbagai produk perawatan kecantikan, baik dalam kandungan skincare, body care, dan produk hair treatment.

Maraknya pemanfaatan ekstrak radish atau lobak ini disebabkan karena banyaknya nutrisi yang dimilikinya. Misalnya bagi kulit, lobak dapat memberikan kelembapan dan melindunginya dari berbagai ancaman buruk lingkungan.

Jenis Lobak yang Sering Digunakan Dalam Kosmetik

jenis-jenis lobak

Bahan alami yang juga seringnya dikenal dengan nama ilmiahnya, yakni Raphanus Sativus L. ini merupakan tanaman umbi yang berasal dari wilayah Tiongkok.

Di sana radish digemari karena rasanya yang lezat dan menyegarkan, hingga sering diolah sebagai bahan makanan lokal.

Lobak pun ada banyak jenisnya, berikut ini ada jenis radish (lobak) yang cukup sering digunakan dalam kandungan skincare dan kosmetik.

Lobak Putih (White Radish)

white radish

Lobak putih atau white radish merupakan bahan alami yang kaya akan vitamin, asam folat, dan antioksidan. Ketiga kandungan ini membuat lobak putih sangat baik digunakan sebagai formula produk kecantikan kulit dan rambutmu.

Lobak Merah (Radish)

lobak merah

Lobak merah atau yang kerap dikenal dengan radish ini merupakan salah satu jenis lobak yang cukup sering digunakan dalam berbagai produk kecantikan. Mulai dari masker, serum, krim, dan banyak lainnya.

Dalam lobak merah terdapat kandungan air yang cukup tinggi, yang dapat membantu menghidrasi kulit dengan sangat baik. Selain itu ada pula kandungan vitaminC, seng, dan fosfor, yang bisa membantu mengatasi kulit kering, mengobati jerawat, dan menenangkan ruam kulit.

Lobak Hitam (Black Radish)

Kalau kamu sering mengikuti tren skincare yang berkembang saat ini, pasti tahu banget jika black radish sedang marak-maraknya digunakan sebagai formula produk perawatan wajah.

Lobak yang berwarna hitam ini kaya akan kandungan mineral dan vitamin, yang dapat membantu menutrisi kulit wajahmu. Menjadikannya lebih bercahaya, kenyal, sehat, dan tampak awet muda.

Berbagai Kandungan dalam Lobak yang Baik untuk Kecantikan

gizi lobak

Gizi yang ada dalam lobak sebenarnya cukup banyak, yang bisa sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh, kulit, dan rambut kita.

Hal inilah yang kemudian membuat lobak jadi bahan yang cukup ideal digunakan dalam formula kosmetik atau skincare.

Kira-kira apa saja kandungan dalam lobak yang bermanfaat untuk kecantikan kulit dan rambut? Cek ulasan berikut ini!

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam lobak (radish) dan bermanfaat untuk kecantikan adalah vitamin A. Selain membuat wajahmu terlihat lebih segar dan sehat, vitamin ini juga berguna untuk mencegah munculnya masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Kandungan vitamin A yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit juga sangat membantu menormalkan fungsi kulit.

Enggak hanya itu, vitamin A pun dapat bekerja sebagai anti-aging. Yang membantu kulit wajah terlihat lebih cerah dan bersih, serta membuat kulit sehat dan tetap kencang seiring bertambahnya usia.

Vitamin C

Jenis vitamin satu ini pastinya sering banget kamu jumpai dalam berbagai produk skincare. Sebab banyaknya khasiat dan manfaat yang dapat diberikan oleh vitamin C pada wajah kita.

Vitamin C dapat membantu merangsang produksi kolagen, sehingga elastisitas kulit terjaga dan selalu membuatnya terasa mulus. Hasilnya, garis-garis halus dan kerutan pun tersamarkan, pori-pori mengecil dan kulit terlihat awet muda.

Kalsium

Enggak hanya sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang, kalsium juga berguna untuk merawat kecantikan kulit kita. Sebab jenis mineral ini dapat mempercepat regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Sebab itu, jika tubuh kekurangan kalsium, maka kulit bisa jadi lebih menipis, kering, dan tampak rapuh. Kondisi ini akan memicu munculnya berbagai masalah pada kulit.

Vitamin B6

Skin barrier atau lapisan perlindungan pada kulit sangat diperlukan untuk menangkal dampak buruk akibat pemakaian kosmetik tertentu, radikal bebas, hingga papapran sinar matahari yang berlebihan.

Melemahnya skin barrier akan memudahkan infeksi berbagai hal tersebut dalam kulit kita. Sehingga memicu munculnya banyak masalah pada kulit wajah kamu.

Nah, dalam lobak terdapat vitamin B6 yang berguna untuk membantu pembentukan asam amino, yang sangat penting untuk memelihara skin barrier.

Senyawa Antioksidan

Radikal bebas adalah salah satu hal yang paling berperan besar dalam menyebabkan berbagai masalah pada kulit wajah. Mulai dari memicu timbulnya komedo, jerawat, iritasi, hingga berbagai masalah lainnya.

Dalam lobak terdapat berbagai senyawa antioksidan, yang bisa membantu melawan damapak buruk radikal bebas. Senyawa-senyawa itu antara lain saponin, flavonoid, dan polifenol.

Senyawa Anti-mikroba

Enggak hanya bekerja sebagai antioksidan, lobak juga mengandung senyawa antimikroba yang dapat menjaga kesehatan kulit dengan membasmi bakteri-bakteri penyebab jerawat dan iritasi.

Dengan demikian, masalah-masalah kulit yang kerap dialami oleh sebagian besar orang tersebut dapat dicegah dan dirawat dengan baik.

Manfaat Lobak untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

Kamu telah mengetahui berbagai kandungan dan jenis dari lobak di ulasan sebelumnya. Nah, kandungan-kandungan tersebut juga memiliki manfaat baik untuk kecantikan, baik pada kulit dan rambut kita.

Apa saja, sih, kira-kira manfaat radish untuk kecantikan kulit dan rambut? Yuk, cek ulasan di bawah ini sampai habis, ya!

Menghidrasi Kulit

khasiat daun sirih untuk wajah

Kandungan air yang cukup tinggi pada lobak mampu menghidrasi kulit tubuh, dan membuatnya agar senantiasa lembap secara alami. Dengan begitu, kulit enggak akan mudah kering dan kusam.

Hal inilah yang membuat lobak sering digunakan dalam berbagai produk skincare yang bertujuan memberikan kelembapan lebih pada kulit.

Menjaga Elastisitas Kulit

manfaat hyaluronic acid untuk wajah

Kombinasi dari mineral, vitamin A dan C yang ada dalam lobak dapat menjaga kekenyalan kulitmu. Garis-garis halus dan kerutan pun enggak akan berani muncul di wajah.

Manfaat lobak yang satu ini menjadikannya sering digunakan dalam berbagai produk anti-aging. Enggak hanya itu, kandungan antioksidannya juga bisa membantu melawan radikal bebas yang seringnya jadi penyebab utama munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Membersihkan Kulit Wajah

slugging skincare

Lobak merupakan salah satu eksfoliator alami yang sangat efektif. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membantumu untuk menyingkirkan racun dari dalam tubuh, hasilnya kulit juga akan terlihat lebih sehat dan bersinar.

Mencegah Munculnya Gangguan pada Kulit

manfaat lobak untuk kecantikan (1)

Senyawa antimikroba dan antibakteri dalam lobak bisa membantu mencegah munculnya gangguan pada kulit wajah kita. Yakni dengan cara membasmi bakteri jahat yang dapat memunculkan jerawat, komedo, dan masalah lain pada kulit.

Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi dalam lobak pun terkenal efektif mengeringkan jerawat, membantunya cepat sembuh dan membuat bekasnya tersamarkan.

Membuat Kulit tanpak Bercahaya

manfaat niacinamide untuk kecantikan

Vitamin A dan C sering digunakan dalam kandungan skincare untuk membantu wajah jadi tampak cerah bercahaya.

Bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa vitamin C bisa menghambat produksi melanin dan mencegah hiperpigmentasi pada kulit wajah kita.

Menyamarkan Bintik-bintik dan Noda Hitam

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Bagi kamu yang resah karena banyaknya bekas jerawat yang enggak kunjung hilang, skincare dengan kandungan lobak bisa membantu menjawab keresahanmu ini, lho.

Sebab berbagai kandungan dalam lombak, baik vitamin A, C, B6, dan antikosidan, dikenal mampu menyamarkan bintik dan noda hitam yang ada pada wajah.

Mengendalikan Produksi Sebum

Enggak cuma baik untuk pemilik kulit kering, lobak juga bisa memberi banyak manfaat bagi orang yang kulitnya berminyak dengan mengendalikan produksi sebum.

Kulit wajah yang berminyak membuat wajah jadi lebih rawan terkena jerawat dan komedo. Sebab berbagai kotoran dan debu akibat polusi udara akan lebih mudah terperangkap di wajah, dan menyumbat pori-pori wajah.

Nah, vitamin A dalam radish bisa membantu menjaga kestabilan produksi minyak pada wajah, tanpa membuatnya jadi terlalu kering.

Mengatasi Kerontokan Rambut

manfaat serum rambut untuk atasi rontok

Selain manfaatnya yang sangat beragam untuk kulit, lobak juga rupanya bisa membantu mengatasi sejumlah masalah pada rambut kita, lho. Salah satunya untuk mengatasi kerontokan rambut.

Rambut rontok merupakan masalah yang sangat umum dialami oleh banyak orang, baik karena kurang bisa menjaga kesehatan rambut, salah memakai produk hair treatment, terlalu sering mengganti gaya rambut, dan lain sebagainya.

Kalau kamu adalah orang yang bermasalah dengan rambut rontok, lobak bisa menjadi solusi atas keluhanmu ini. Sebab kandungan dalam lobak bisa merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya jadi lebih kuat.

Membuat Rambut jadi Lebih Berkilau

produk hair treatment

Kandungan zat besi dan kalsium yang sangat tinggi dalam lobak sangat efektif untuk merawat kesehatan rambut. Sehingga membuatnya tampak lebih berkilau dan terasa sangat lembut.

Mengatasi Ketombe

manfaat lobak untuk kecantikan

Ketombe yang muncul seringnya bikin rambut terasa enggak nyaman, gatal, bau, bahkan terasa sangat lembap. Untungnya, lobak sangat berkhasiat untuk menghilangkan ketombe di kulit kepala.

Kalau kamu mengalami masalah satu ini, enggak perlu khawatir. Sebab manfaat lobak untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu mengatasi ketombe pada kulit kepala.

Kamu bisa menggunakan produk hair treatment yang mengandung ekstrak radish (lobak) untuk mengatasi ketombe yang kamu alami.

Memperkuat Akar Rambut dan Menyehatkan Kulit Kepala

manfaat lobak untuk kecantikan

Manfaat lobak untuk kecantikan yang lainnya adalah mampu memperkuat akar rambut, juga menyehatkan kulit kepala kita.

Ini dikarenakan kandungan air yang tinggi pada lobak enggak hanya baik untuk kulit, melainkan dapat juga membuat tubuhmu terhidrasi dengan baik. Hal ini pun akan berefek pada kekuatan akar rambut dan menjaga kulit kepala agar tetap sehat.

Nah, setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti udah makin paham dan kenal dengan lobak. Mulai dari berbagai jenisnya, kandungan yang ada di dalamnya, hingga manfaatnya untuk kecantikan kulit dan rambut.

Enggak heran, ya, mengapa lobak sangat populer digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Bisa jadi skincare, produk hair treatment, dan juga body care.

Well, sampai sini dulu pembahasan kita kali ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untukmu!

About Author

Related posts

Leave a Comment